cover
Contact Name
Wiwit Kurniawan, S.Pd., M.A
Contact Email
dosen01157@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25025406     EISSN : 26862344     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2023): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis" : 8 Documents clear
Meta-Analisis: Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Johan Syahbrudin; Anita Anggraini; Kustitik Kustitik; Fitriyah Fitriyah; Ratna Wahyu Wulandari; Eka Ary Wibawa
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 8, No 1 (2023): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v8i1.29216

Abstract

Salah satu media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan multimedia interaktif. Banyak penelitian yang telah membahas tentang efektivitas dari penggunaan multimedia interaktif ini. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitian meta-analisis guna memperoleh ringkasan suatu hasil penelitian tentang pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model literature review dengan metode metaanalisis korelasi yang terfokus pada pembelajaran fisika. Sampel penelitian ini berjumlah 21 artikel penelitian di Indonesia yang memenuhi semua kriteria yang diperlukan dalam studi meta analisis, baik dari segi desain penelitian, ketersediaan data atau informasi, dan tujuan penelitian. Hasil studi meta analisis ini memberikan informasi bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar fisika, tapi pengaruh ini dalam kategori sedang dengan rata-rata effect size 0,746. Perolehan agregat effect size tersebut juga dirasa sudah cukup karena tidak ada bias publikasi hasil studi meta-analisis. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi para pendidik fisika di Indonesia supaya dapat memanfaatkan multimedia interaktif sebagai salah satu variasi pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar.Kata Kunci: Meta-Analisis, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar
Pengaruh Budaya Korea (K-Pop) Terhadap Sikap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Merilla Gia Cinta; Sulastri Sulastri; Nurdiyana Nurdiyana; Setiawati Setiawati; Suanto Suanto
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 8, No 1 (2023): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v8i1.29221

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan apakah terdapat pengaruh budaya Korea terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK Al Fajar Kedaung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, variabel X adalah budaya Korea, variabel Y adalah sikap disiplin belajar, dan jumlah sampel adalah 56 siswa kelas X. Metode pengumpulan data untuk variabel X dan Y adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada responden atau siswa. Dan dari hasil penelitian ini berdasarkan uji linier diperoleh persamaan dimana signifikansi (Sig) = 0,16 < 0,05 yang maknanya bahwa Variabel X memberikan pengaruh negatif kepada variabel Y. Dan berdasarkan pengujian hipotesis juga dapat diketahui bahwa variabel budaya Korea berpengaruh signifikan sebesar 10,5% terhadap disiplin belajar, terlihat pada R square dan signifikansi (sig) = 0,015 < 0,05 dan t hitung > t tabel (t hitung = 2,516 > 1,67252) Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh dari variabel Budaya Korea terhadap Sikap Disiplin Belajar. Kata Kunci: Budaya Korea, disiplin belajar, siswa.
Analisis Keaktifan Belajar dan Pemahaman Konsep Mahasiswa menggunakan Model Joyful Learning pada Perguruan Tinggi Candra Abdillah; Dameis Surya Anggara
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 8, No 1 (2023): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v8i1.29217

Abstract

Tujuan penelitian yaitu menganalisis peningkatan keaktifan belajar dan pemahaman konsep mahasiswa menggunakan model joyful learning pada perguruan tinggi. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitaif dengan metodologi quasi eksperimen desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Pamulang dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keaktifan belajar dan tes pemahaman konsep.. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif (mean, median, modus) dan statistika inferensial (independent sample t test, uji N-gain). Hasil penelitian menunjukkan : (1) rata-rata keaktifan belajar mahasiswa yang menerapkan model joyful learning sebesar 81% sedangkan pada mahasiswa yang menerapkan model konvensional sebesar 65%; (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep mahasiswa yang diajar model joyful learning dengan nilai rata-rata 84,63 dan mahasiswa yang diajar model konvensional dengan nilai rata-rata 76,12; dan (3) mahasiswa yang diajarkan model joyful learning mengalami peningkatan pemahaman konsep yang paling tinggi dengan persentase 57,14% pada kriteria medium.Kata kunci: joyful learning; keaktifan belajar; pemahaman konsep; perguruan tinggi.
Efektivitas Persepsi Media Power Point dan Kemandirian Belajar pada Penguasaan Penulisan Report Text Mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Widya Dharma Husada Tangerang Anggraini Karditiawati
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 8, No 1 (2023): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v8i1.29222

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai hipotesis efektivitas persepsi media power point dan kemandirian belajar pada penguasaan penulisan Report Text mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Responden adalah 115 mahasiswa semester satu Kesehatan Masyarakat STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Penerapan metode yang dilakukan yaitu kuantitatif dengan menggunakan kuesioner untuk pengambilan data primer. Pada analisa penelitian, digunakan analisis regresi berganda dengan software SPSS. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa (1) persepsi media power point memiliki efektivitas yang signifikan pada penguasaan penulisan Report Text mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Widya Dharma Husada Tangerang sebesar 6,23%. (2) persepsi kemandirian belajar memiliki efektivitas yang signifikan pada penguasaan penulisan Report Text mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Widya Dharma Husada Tangerang sebesar 10,19%, dan (3) persepsi media power point dan kemandirian belajar secara bersamaan memiliki efektivitas yang signifikan pada penguasaan penulisan Report Text mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Widya Dharma Husada Tangerang sebesar 14,9%, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti yaitu 85,1%. Kata kunci: media belajar; kemandirian belajar; penguasaan penulisan Report Text
Analisis Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Mahasiswa Universitas Pamulang di Masa Pandemi Covid-19 Haidilia Maharani; Derizka Inva J; R.R. Mardiana Yulianti
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 8, No 1 (2023): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v8i1.29218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang dirasakan mahasiswa Universitas Pamulang terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh/daring dan untuk mengetahui dampak mana yang paling dominan, apakah dampak positif atau dampak negatif. Metode penelitian yang dipilih untuk penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian ilmiah yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena dalam konteks sosial secara alamiah dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan fenomena yang diteliti Adapun metode pemilihan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara serta observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak yang paling dirasakan oleh mahasiwa atas kebijakan pembelajaran jarak jauh/daring adalah dampak negatif, yaitu materi yang disampaikan dosen kurang optimal diserap atau dimengerti dan mahasiswa merasakan gangguan pada mata karena selalu menatap layar HP dalam jangka waktu yang lama. Kata Kunci : Pembelajaran jarak jauh; dampak pembelajaran jarak jauh; pandemi Covid-19
Relationship between Student Motivation with Differentiated Learning and Student Learning Modalities Denna Ananda Yushinta; Astry Fajria
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 8, No 1 (2023): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v8i1.29223

Abstract

Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan memberikan arahan kepada anak atas segala bakat bawaannya, sehingga memungkinkan mereka mencapai tingkat keselamatan dan kesenangan yang setinggi-tingginya sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat. Konsekuensinya, guru hanya dapat membantu anak-anak mengembangkan kekuatan inheren mereka sehingga mereka dapat mengubah perilaku mereka (tidak secara esensial) dan mengembangkan kekuatan inheren mereka. Metode yang dilakukan dalam artikel ini adalah studi kasus menggunakan observasi laapangan dan wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi erat hubungannya dengan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih giat dalam belajar. Kata kunci: Motivasi; Modalitas Belajar; Berdiferensiasi; Pembelajaran
Pola Komunikasi Guru Dalam Mengatasi Faktor Penghambat Komunikasi Pada Anak Autisme Dengan Sesama Teman Sekolah (Studi kasus pada Guru di Sekolah Khusus Al-Ihsan 02 Kota Cilegon) Dony Mahendra
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 8, No 1 (2023): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v8i1.29219

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru dalam mengatasi faktor penghambat komunikasi pada anak autisme dengan sesama teman sekolah di Sekolah Khusus Al-Ihsan 02 Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara. Informan dalam penelitian ini merupakan guru di Sekolah Khusus Al-Ihsan 02 Kota Cilegon dan seorang Psikolog Anak. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa (1) pola komunikasi guru untuk mengatasi faktor penghambat komunikasi yaitu dengan cara mewawancarai orang tua terlebih dahulu agar guru mengetahui pola dan identifikasi dari permasalahan si anak. (2) Hambatan komunikasi yaitu respon komunikasi yang minim karena anak autisme kurang rasa percaya diri dalam menyesuaikan dengan lingkungan baru, sulit untuk memusatkan fokus/perhatian karena anak lebih asyik dengan dunianya sendiri, frekuensi komunikasi yang rendah dikarenakan (3) strategi komunikasi guru dalam mengatasi faktor penghambat berkomunikasi adalah dengan menggunakan 5 tahapan : (a) kontak, (b) keterlibatan, (c) keakraban, (d) perusakan, dan (e) pemutusan. guru harus memberikan pertanyaan agar anak tidak pasif, dan guru harus pro aktif dalam bertanya kepada orang tua atau pengasuh si anak agar anak mau memulai komunikasi. Kata kunci : pola komunikasi; faktor penghambat komunikasi; anak autisme
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Muatan Pelajaran Materi Keberagaman Suku dan Budaya di Indonesia di Kelas IV SD Novi Ekarahmasari
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 8, No 1 (2023): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v8i1.29220

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline yang layak digunakan oleh siswa kelas IV SD dalam muatan pembelajaran IPS pada materi Keberagaman Suku dan Budaya di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah statistik deskriptif kuantitatif. Media pembelajaran interaktif articulate storyline termasuk ke dalam kategori Sangat Baik dengan nilai 92,36%. Multimedia pembelajaran articulate storyline sangat diminati oleh siswa kelas IV SD. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian uji coba one to one dengan nilai 98% dan berdasarkan tabel likert media pembelajaran articulate storyline termasuk ke dalam kategori Sangat Baik dengan rentang skor 75% - 100% dan layak digunakan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: Pengembangan Media; Media Pembelajaran Interaktif; Articulate Storyline.

Page 1 of 1 | Total Record : 8