cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
uppm@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
ISSN : 23016671     EISSN : 25806416     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Januari dan Juli).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan" : 13 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVENT DIVISION) PADA SISWA KELAS XI TAV (TEKNIK AUDIO VIDEO) B SEMESTER I TAHUN AJARAN 2017/2018 Galih Toni Purwanto; Nani Mediatati; Yosaphat Haris Nusarasriya
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.985 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan  keaktifan dan hasil belajar siswa dalam  mata pelajaran PPKn dengan mengunakan  metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievent Division. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan tes. Analisis data yang dilakukan dengan membandingkan hasil sebelum diberi tindakan dan sesudah diberi tindakan yang berkaitan dengan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievent Division) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TAV B. Keaktifan siswa mengalami dari kondisi awal (pra siklus) sebesar 51,5% menjadi 72,7% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 93,9% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal (pra siklus) sebesar 39,3% menjadi 72,7% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 100% pada siklus II. Kata kunci: Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa, Student Teams Achievent Division.
NILAI – NILAI KARAKTER BANGSA PADA NOVEL “RANAH 3 WARNA” DAN “RANTAU 1 MUARA” KARYA AHMAD FUADI SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER Lili Tansliova
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.763 KB)

Abstract

Abstrak ; Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang sarat dengan nilai – nilai positif. Oleh karena itu kajian mengenai novel dapat dilakukan untuk menemukan nilai – nilai positif tersebut agar dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Tulisan ini mencoba untuk mendeskripsikan nilai – nilai karakter bangsa pada novel “Ranah 3 Warna” dan “Rantau 1 Muara” karya Ahmad Fuadi. Selain itu, tulisan ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kedua novel tersebut serta mengetahui kontribusi yang dapat diberikan dari nilai – nilai karakter yang terdapat pada novel terhadap pendidikan karakter. Penulis menggunakan metode analisis deskriptif karena penulis berupaya mendeskripsikan nilai – nilai karakter bangsa yang terdapat pada kedua novel yang menjadi objek dalam penelitian ini. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat tujuh belas nilai karakter bangsa pada novel “Ranah 3 Warna” karya Ahmad Fuadi. Sedangkan pada novel “Rantau 1 Muara” karya Ahmad Fuadi memuat enam belas nilai karakter bangsa. Tiap – tiap nilai karakter bangsa yang terdapat pada kedua novel tersebut memiliki rincian wujud nilai karakter yang beragam. Kedua novel sama – sama menekankan pada nilai karakter religius, kerja keras, semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa novel dapat memberikan kontribusi terhadap pendidikan karakter yang sedang diupayakan oleh dunia pendidikan Indonesia. Hal ini dikarenakan pendidikan karakter sesungguhnya membutuhkan keteladanan yang tidak hanya didapatkan dari orang – orang di sekitar peserta didik, melainkan juga dapat ditemukan pada karakter tokoh fiktif seperti pada novel. Kata-kata kunci : Nilai karakter  bangsa,  Novel, Kontribusi, Pendidikan karakter.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SDN 4 BANDA ACEH Agus Kistian
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.909 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa,. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Banda Aceh yang berjumlah 50 siswa, sedangkan teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling semua populasi dijadikan sebagai sampel. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar yang diberikan secara essay sebanyak 10 soal. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi hasil  belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari nilai tersebut diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,11  > 1,67, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) siswa dapat mencapai  ketuntasan hasil belajar pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 4 Banda Aceh. Kata Kunci : Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Matematika
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA Dazrullisa Dazrullisa
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.813 KB)

Abstract

Abstrak: Pendidikan  menjadi jalur utama guna  menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan  berbasis  kearifan  lokal. Pendidikan yang  memanfaatkan  keunggulan  lokal dan  global  dalam  aspek ekonomi, seni budaya, SDM, bahasa, teknologi informasi dan  komunikasi, ekologi dan lain-lain kedalam kurikulum sekolah yang akhirnya bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik yang dapat dimanfaatkan untuk persaingan global. Selain itu, kearifan lokal juga dapat menajdikan minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran khususnya matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan peelitian deskriptif kualiatatif. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan kegiatan pembelajaran dan wawancara terhadap siswa serta angket minat belajar dan tes akhir. Data dianalisis secara kualitatif berdasarkan indikator minat belajar siswa yang diamati. Berdasarkan hasil angket sebanyak 76,16%  siswa berminat mempelajari pembelarajan matematika berbasis kearifan lokal. Selain itu hasil belajar siswa juga berpengaruh, dimana ketuntasan belajar sudah mencapai nilai KKM sebesar 63 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 82,08% dan nilai rata-rata kelas sebesar 16,41. Dari keseluruhan 27 siswa, seluruhnya tuntas. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Kearifan Lokal, Minat Belajar.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DI KELAS IV SD NEGERI PAYA PEUNAGA Febry Fahreza; Junikar Junikar
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.947 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan lesson study terhadap karakter siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IVB SD Negeri Paya Peunaga, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan pendekatan lesson study pada siswa kelas IVB SD Negeri Paya Peunaga, sebagai upaya menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah IV/B SD Negeri Paya Peunaga sebanyak 28 (dua puluh delapan) siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data adalah Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display). Dari hasil penelitian ditemukan terdapat penerapan pendekatan lesson study terhadap karakter disiplin dan tanggung jawab siswa memiliki dampak positif dalam meningkatkan terhadap karakter disiplin dan tanggung jawab siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu sebelum perbaikan (14,28%), siklus I (64,28%), siklus II (85%). Jadi kesimpulan pembahasan adalah penerapan pendekatan lesson study memiliki dampak positif terhadap kerjasama antara siswa, hal ini ditunjukkan adanya tanggung jawab dalam kelompok dimana siswa yang lebih mampu mengajari temannya yang kurang mampu. Kata kunci: Pendekatan Lesson Study, Karakter
ANALISIS TEKS ANTOLOGI PUISI MENOLAK KORUPSI 2A Netti Marini
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.514 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui srtruktur fisik dan struktur batin pada antologi puisi menolak korupsi 2a. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini maka penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan moralitas yang terdapat pada antologi puisi menolak korupsi 2a. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelian kualitatif dengan cara analisis deskriptif . Alasan penulis menggunakan metode tersebut karena penulis berupaya mengetahui dan mendeskripsikan struktur fisik, struktur batin dan deskripsi moralitas para koruptor pada antologi puisi menolak karupsi 2a yang menjadi objek dalam penelitian ini. Instrument penelitiuan ini daalah dengan menggunakan teknik dokumentasi. Penggunaan teknik dokumentasi ini dilakukan dengan cara membaca sumber data berupa puisi dengan tujuan mengindetifikasi data sesuai dengan teori yang dogunakan. Setelah memperoleh data penelitian ini selanjutnya analisis terhadap data penelitian dilakukan dengan teknik analisis isi. Proses analisis data dapat dilakukan dengan menguasai unsur fisik dan unsur bartin serta deskripsi moral para koruptor yang terdapat pada antologi puisi menolak korupsi 2a. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur fisik pada antologi puisi menolak korupsi 2a ini menggunakan diksi dan kata konkret yang bernada sindiran. Antologi puisi menolak korupsi 2a bertipografi dalam bait-bait lurus. Struktur batinnya dominan bertema penolakan korupsi di Indonesia. Perasaan yang tergambar adalah perasaan marah, protes, gelisah dan merindukan suasana keadi;an yang disertai sikap mengejek dan menyindir pemerintah Indonesia supaya menolak korupsi. Kata kunci : Analisis teks, antologogi puisi, menolak korupsi, struktur fisik, struktur batin, deskripsi moral.
DESKRIPSI BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR PADA SISWA SMP KELAS VIII Ollyfia Kristihana; Novisita Ratu
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1031.496 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir kritis dalam memecahkan masalah bangun datar pada siswa SMP kelas VIII di SMP Pangudi Luhur Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah trianggulasi metode. Subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu 3 siswa kelas VIII di SMP Pangudi Luhur Salatiga dengan kemapuan matematika tinggi. Data pada penelitian ini berupa pemberin tes. Simpulan dalam penelitian ini yaitu subjek MB memiliki tingkat berfikir kritis kategori tinggi karena pada ketiga soal yang diberikan subjek MB mampu melampaui 5 tahapan pada soal nomor 1, 6 tahapan pada soal nomor 2, 4 tahapan pada soal nomor 3. Subjek DL memiliki tingkat berpikir kritis kategori sedang karena pada soal nomor 1 subjek dapat melampaui 4 tahapan, pada soal nomor 2 dapat melampaui 3 tahapan dan pada soal nomor 3 dapat melampaui 4 tahapan berpikir kritis. Subjek VM dikategorikan memiliki tingkat berpikir kritis rendah karena pada soal nomor 1 subjek dapat melampaui 2 tahapan, pada soal nomor 2 dapat melampaui 3 tahapan dan pada soal nomor 3 dapat melampaui 4 tahapan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah memiliki tingkatan yang berbeda. Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan bagi guru tentang tingkat berpikir kritis siswa SMP kelas VIII dalam memecahkan masalah terkait meteri bangun datar dan bagi siswa untuk lebih meningkatkan berpikir kritis pada masalah matematika.Kata Kunci : Berpikir kritis, Bangun Datar, Pemecahan Masalah
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENJASKES KELAS X DI SMA SEKOLAH RAKYAT BABELAN – BEKASI Muflikhul Fajri
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.394 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran penjaskes kelas X di SMA Sekolah Rakyat Babelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik dan dengan pendekatan korelasi. Penulis menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil sampel secara acak sebanyak 67 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu dengan menggunakan angket sebanyak 26 butir pertanyaan/pernyataan untuk mengetahui motivasi belajar dan menggunakan test (nilai rapot) mata pelajaran penjaskes kelas X di semester 1 untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah koefisien korelasi product moment dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian, dapat diperoleh nilai koefisien korelasi rxy=0,84 dan koefisien determinasi KD=70,56%. Dan dari pengujian hipotesis diketahui bahwa thitung=12,,47 dan ttabel=1,668, yang berarti bahwa thitung˃ttabel ( t hitung lebih besar dari t tabel ).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan kuat antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran penjaskes kelas X di SMA Sekolah Rakyat Babelan – Bekasi.Kata kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Peserta Didik.
ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWAPADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALA NAGAN RAYA Syah Hadiid Thaariq; Reza Novi Yanda
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.102 KB)

Abstract

Abstrak : Efektifitas media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman siswa kelas XI SMAN 1 Kuala. Tujuan penggunaannya adalah untuk mengetahui penggunaaan media audio visual terhadap pemahaman siswa. Siswa susah memahami materi pembelajaran dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran yang membuat siswa bisa memahami materi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket, observasi dan tes. Yang menjadi tempat penelitian ini yaitu SMAN 1 Kuala. Hasil belajar siswa di kelas eksperimen mendapatkan rata-rata pada tes awal yaitu 66,12 dan mengalami peningkatan pada tes akhir dengan rata-rata 77,25. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata tes awal yaitu 61,33 dan mengalami peningkatan pada tes akhir yaitu 63,6. Hasil uji-t terhadap penilaian tes awal diperoleh t-hitung < t-tabel (1,016 < 2,042) pada α = 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berangkat dari kemampuan awal yang sama. Sedangkan hasil uji-t terhadap hasil tes akhir diperoleh t-hitung > t-tabel (21,06 > 2,042) pada α = 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesuai hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Pemahaman siswa kelas eksperimen lebih meningkat dari pada kelas kontrol.  Media pembelajaran audio visual lebih efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem peredaran darah manusia kelas XI SMAN 1 Kuala. Kata kunci : Media Audio Visual, Pemahaman, Sistem Peredaran Darah Manusia.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI GERAK DASAR LOMPAT JAUH MELALUI MODIFIKASI ALAT BAN SEPEDA DAN KARDUS PADA SISWA KELAS V DI SDN XVI MARGAHAYU BEKASI Hasan Basri
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 9, No 2 (2018): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.558 KB)

Abstract

Abstrak:Hasil Belajar Materi Gerak Dasar Lompat Jauh Melalui Modifikasi Alat Ban Sepeda Dan Kardus Pada Siswa Kelas V Di SDN  XVI Margahayu Bekasi.Skripsi.Penjaskesrek, Universitas Islam “45” Bekasi.Tujuan penelitian yaitu “untuk mengetahui hasil belajar materi gerak dasar lompat jauh melalui modifikasi alat ban sepeda dan kardus”. Permasalahan penelitian adalah   “untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar materi gerak dasar lompat jauh melalui modifikasi alat ban sepeda dan kardus?” Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SDN XVI Margahayu Bekasi dengan total seluruh sampel berjumlah 36 siswa dari kelas 5 tahun ajaran 2017/2018Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindak kelas (PTK), dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut : (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, (4) tahap refleksi. Hasil penelitian ini  dapat disimpulkan bahwa : Instrumen ini di buat oleh peneliti sendiri sesuai dengan referensi dan pengamatan Berdasarkan data yang diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas V di SDN XVI Margahayu Bekasi dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata pada pra siklus adalah 68.Siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa, atau sebanyak 33 siswa belum tuntas. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 73,6. Siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dan sebanyak 21 siswa yangbelum tuntas. Nilai rata-rata pada siklus II adalah 78,5. Siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa, dan sebanyak 4 siswa yangbelum tuntas. Kata-kata kunci:Hasil Pembelajaran, modifikasi alat ban sepeda dan kardus.

Page 1 of 2 | Total Record : 13