cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : 25794647     EISSN : 2579874X     DOI : -
Core Subject : Education,
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK" : 23 Documents clear
STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING DI SEKOLAH MIN 7 LANGKAT Kahar Mashuri
Jurnal Binagogik Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.176 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v9i1.32

Abstract

Riset ini bertujuan buat mengenali Proses, Penerapan serta hasil Nilai perencanaan pelaksanaanstrategi pendidikan IPS lewat Pelaksanaan Model Role Playing dalam tingkatkan prestasi hasil belajar siswakelas VI pada mata pelajaran IPS MIN 7 Langkat yang terletak di Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat,dan hambatan dalam pelaksanaan strategi pendidikan IPS melalui Pelaksanaan Model Role Playing dalamtingkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI serta berikutnya upaya yang ditempuh buat menanggulangikendala- hambatan dalam mempraktikkan strategi pendidikan IPS melalui Pelaksanaan Model Role Playingdalam tingkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS di MIN 7 Langkat. Ada pulatata cara yang digunakan dalam riset ini ialah riset kualitatif. Metode pengumpualan informasi ialah denganmetode observasi, interview/ wawancara serta dokumentasi.Sebagian tahapan riset ini berbentuk tingkat yangmeliputi perencanaan, penerapan, pengamatan, serta refleksi. Hasil riset meyakinkan kalau strategipendidikan IPS memalui penerapan Model Role Playing bisa tingkatkan prestasi siswa dalam pelajaran IPSkelas VI MIN 7 Langkat. Hasil observasi di lapangan menampilkan kalau dari sesi I, sesi II, serta sesi IIInampak terjalin pergantian yang signifikan pada proses pendidikan IPS. Perihal ini bisa dibuktikan denganpergantian kedatangan ataupun prestasi yang tiap harinya kian bertambah, ditambah siswa lebih aktif sertabergairah dalam proses pembalajaran IPS.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV MIS MT AZ – ZAKY MEDAN Amir Danis; Dwi Lestari
Jurnal Binagogik Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (659.162 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v9i1.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi Siklus Hidup. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Modern Terpadu Az-Zaky pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah hasil tes belajar IPA dan lembar observasi KBM siswa dan guru. Metode penelitian menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam tindakan kelas yang telah dilaksanakan bahwa dari 30 siswa yang mengikuti tes awal (sebelum tindakan) siswa yang dikatakan tuntas sebanyak 12 siswa (40%) dengan nilai rata-rata 63,63. Pada tes II (setelah tindakan siklus I) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (60%) dengan nilai rata-rata perolehan 70,93. Sedangkan pada tes III (setelah tindakan siklus II) juga mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (90%) dengan nilai rata-rata 84. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV materi Siklus Hidup Hewan.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS I MIS MT AZ – ZAKY MEDAN Sri Ramadhani; Zahratun Muthia Zaen
Jurnal Binagogik Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.023 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v9i1.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia melalui permainan kartu bergambar. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Modern Terpadu Az-Zaky pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini juga merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian ini yang sudah dilaksanakan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada tahap prasiklus adalah 66. Jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM ada 10 siswa (43%). Kemudian setelah diadakan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajarnya menjadi 73 dan jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM ada 14 orang siswa (61%). Pada sisklus II hasil belajarnya meningkay menjadi 79 dan jumlah siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM ada 18 orang siswa (78%). Selain itu penggunaan media kartu bergambar juga dapat meningkatkan aktivitas siswa pada proses pembelajaran dikelas. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II yang tadinya 60,09% menjadi 75,93%. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I materi nama-nama buah dan Hewan.
ANALISIS TEKNIK DASAR SISWA PEMULA PADA KELUARGA BESAR PADEPOKAN PENCAK SILAT ELANG PUTIH KOTA LUBUKLINGGAU Romdhon; Rudi Erwandi; Helvi Darsi
Jurnal Binagogik Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.928 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v9i1.37

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik dasar siswa pemula pada keluarga besar padepokan Pencak Silat Elang Putih Kota Lubuklinggau. Jenis Penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini deskriptif adalah maksudnya disini peneliti hanya ingin mengetahui Teknik Dasar Keluarga Besar Padepokan Pencak Silat Elang Putih Kota Lubuklinggau. Adapun subjek penelitian diambil dari tingkat sabuk putih yang berjumlah 8 siswa dengan jumlah laki-laki sebanyak 3 orang dan perempuan sebanyak 5 orang. Prosedur penelitian ini dengan rancangan sebagai berikut: Melakukan observasi dan pengamatan Teknik Dasar Siswa Pemula Perguruan Keluarga Besar Padepokan Elang Putih, Melakukan wawancara pada pelatih Perguruan Keluarga Besar Padepokan Elang Putih, Data yang diperoleh dari hasil observasi, pengamatan dan wawancara tersebut kemudian dicatat, Dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah hasil temuan yang didapatkan oleh peneliti dari tempat penelitian yang telah dilakukan, maka dari itu dapat dikemukakan pembahasan yang berdasarkan tujuan penelitian pada bab 1, yaitu: Mendeskripsikan Teknik Pukulan Bandul, Tebasan, Tangkisan Silang dan Tangkisan siku. Penelitian ini sudah dilaksanakan sesuai prosedur ilmiah, akan tetapi masih mempunyai keterbatasan diantaranya, kurangnya maksimal hasil penelitian. Sebenarnya peneliti telah mengumpulkan data yang cukup banyak namun ketika mengorganisasikan dan menganalisisnya masih kurang maksimal, yang pada akhirnya tertampilnya analisis dan kesimpulan yang cukup sederhana. Maka dari itu analisis dan interpretasi harus perlu mendapatkan perhatian lebih dan harus perlu dilatih secara terus menerus supaya peneliti dapat memperluas dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan teoritis dari data fakta sebenarnya terjadi yang didapatkan selama penelitian di lapangan.
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI SHALAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS BAGI PESERTA DIDIK KELAS III MI TARBIYATUL ATHFAL WEDUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Dita Kurniawati; Nurul Afifah; Ahmad Fauzan
Jurnal Binagogik Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.998 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v9i1.38

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan dan hasil belajar materi shalat pada peserta didik kelas III semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil capaian keaktifan peserta didik kategori tinggi dari siklus I capaian sebesar 68,48%. Sedangkan pada siklus II capaian total sebesar 85,87%. Ini menunjukkan ada peningkatan sebesar 17,39%. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 nilai rata-ratanya 67% peserta didik yang tuntas, sedangkan pada pertemuan 2 nilai rata-ratanya 72% yang tuntas. Hasil belajar siklus II pertemuan 1 nilai rata-ratanya 80% yang tuntas dan pada pertemuan 2 nilai rata-ratanya 89% yang tuntas. Dengan demikian hipotesis penelitian ini terbukti. Tindakan dikatakan berhasil jika ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar dari siklus I ke suklus II dan persentase peserta didik yang mencapai nilai KKM (tuntas) sudah mencapai minimal 75%. Maka PTK ini dinyatakan telah berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GAYA BELAJAR VISUAL PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD Astriz Permata Mulia; Nila Kesumawati; Ali Fakhrudin
Jurnal Binagogik Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.729 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v9i1.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis gaya belajar visual pada materi pecahan kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian development research dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 91 Palembang yang berjumlah 25 peserta didik. Penelitian ini mengikuti pengembangan model ADDIE dengan lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Dari hasil validasi ahli diperoleh rata-rata hasil penilaian sebesar 3,55% dengan kategori sangat valid. Pada uji kelompok kecil (small group) dan hasil penilaian guru didapatkan hasil rata-rata sebesar 91,87% sehingga dapat dinyatakan sangat praktis. Pada tahap uji lapangan (field test) diukur keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 0,73 dengan kategori tinggi sehingga dapat dinyatakan efektif dalam mendukung kegiatan pembelajaran terhadap hasil belajar. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis gaya belajar visual pada materi pecahan kelas IV SD yang dikembangkan sudah tergolong Lembar Kerja Peserta Didik yang valid, praktis, dan efektif.
PERAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDI KHALIFAH SERANG Febby Zulyani; Indhira Asih Vivi Yandari; Damanhuri; Reksa Adya Pribadi
Jurnal Binagogik Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.758 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v9i1.40

Abstract

Penelitian ini dilandasi dari peran guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh yang berbasis penguatan pendidikan karakter mandiri, peran guru dalam proses penguatan pendidikan karakter mandiri melalui pembelajaran jarak jauh, peran guru dalam melakukan evaluasi pendidikan karakter mandiri dalam pembelajaran jarak jauh. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru sudah mampu membuat rencana pembelajaran dengan baik serta dapat menjelaskan indikator-indikator karakter mandiri, dalam proses pelaksanaan penguatan pendidikan karakter mandiri melalui pembelajaran jarak jauh ini dilakukan kegiatan pembelajaran dimulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti hingga kegiatan penutup. Serta dengan melakukan evaluasi penilaian sikap khususnya pada karakter mandiri pada pembelajaran jarak jauh.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CARA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ SISWA KELAS VI SD NEGERI 11 MEULABOH TAHUN AJARAN 2021/2022 Razali
Jurnal Binagogik Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.139 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v9i1.41

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi dengan penerapan Metode Active Leaning Tipe Quiz pada siswa kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Model penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh yang berjumlah 21 siswa. sedangkan objek penelitian ini yaitu pembelajaran IPA pada materi Cara Perkembangbiakan Hewan melalui penerapan Metode Active Leaning Tipe Quiz. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan pedoman penilaian tes. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Active Leaning Tipe Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh, hal ini dapat dilihat dimana pada siklus I siswa yang tuntas hasil belajar hanya 66,67% atau 14 siswa sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas hasil belajar mencapai 90,47% atau 19 siswa, namun peneliti menyadari bahwa ada 2 siswa yang belum tuntas belajar dikarenakan juga dengan berbagai faktor dari siswa itu sendiri. Adanya peranan dari guru dalam menerapkan Metode Active Leaning Tipe Quiz sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pada materi Cara Perkembangbiakan Hewan di kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh, dimana terlihat pada siklus I aktivitas siswa dimana pada siklus I mendapat persentase rata-rata adalah 66,67% namun di siklus II meningkat menjadi 90,48%. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Metode Active Leaning Tipe Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pada materi Cara Perkembangbiakan Hewan di kelas VI SD Negeri 11 Meulaboh.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SDIT AL-MUHAJIRIN Aprilia Lismawati; Damanhuri; Reksa Adya Pribadi; Zerri Rahman Hakim
Jurnal Binagogik Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.211 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v9i1.45

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 khususnya pada perencanaan pembelajaran yang bermuatan penguatan karakter cinta tanah air, proses pelaksanaan implementasi pendidikan karakter cinta tanah air melalui kegiatan pembelajaran, serta perilaku peserta didik setelah diterapkannya pendidikan karakter cinta tanah air. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 1. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman ialah proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran yang bermuatan penguatan karakter cinta tanah air yang dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran melalui program penguatan pendidikan karakter cinta tanah air dan teknis guru dalam melaksanakan pembelajaran, dalam proses pelaksanaan implementasi pendidikan karakter cinta tanah air ini dilakukan melalui kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Serta dengan persiapan yang matang dalam proses pembelajaran dan bimbingan dapat diketahui perilaku peserta didik setelah diterapkannya pendidikan karakter cinta tanah air melalui kegiatan pembelajaran baik dari aspek afektif, kognitif dan psikomotor.
RELASI SOSIAL SISWA DALAM KEBHINEKAAN DI SD MULTI ETNIK Tri Astuti; Puji Hardati
Jurnal Binagogik Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.267 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v9i1.46

Abstract

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk, terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, budaya dan adat. Keragaman atau multietnik tersebut harus mampu diakomodir dengan baik agar tidak menimbulkan konflik antar masyarakat, baik di bidang sosial, budaya maupun pendidikan. Lembaga pendidikan atau sekolah mestinya harus mampu memberikan bekal nilai toleransi pada siswanya yang memiliki latarbelakang budaya majemuk agar mereka mampu berhubungan baik atau berelasi social di sekolah. Tujuan penelitian adalah (1) Mengkaji dan menganalisis relasi sosial antara siswa. (2) Menganalisis hambatan yang dihadapi siswa dalam melakukan relasi sosial di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kulitatif dengan jenis studi kasus karena data berupa kata-kata dan kalimat dari objek penelitian yang diteliti. Lokasi penelitian di SD PHB (Pelita Harapan bangsa) kota Tegal. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah multietnik. Tekning pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan observasi. Validitas data dengan teknik triangulasi sumber. Analisis data dengan Teknik analisis data kualitatif dengan adaptasi model interaktif Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dikatakan bahwa siswa berinteraksi dengan temannya dengan cara a) Memahami cara hidup temannya, baik melalui interaksi langsung maupun tidak langsung, b) Berusaha menerima perbedaan budaya diantara mereka, c) Meredam egosentrisme dan primordialisme dalam diri mereka karena faktanya mereka sedang bersekolah di SD yang majemuk. Hambatan yang dihadapai siswa dalam menghadapi perbedaan di kelas adalah a) Sifat yang masik belum dewasa, b) cara berpikir yang belum berkembang, c) kurangnya kegiatan sekolah yang bertema multikultural yang dikemas secara santai. Simpulan dari artikel ini adalah siswa di SD PHB kota Tegal memiliki relasi baik dengan teman-temannya, walaupun mereka memiliki perbedaan budaya dan agama. Hal tersebut dimaksudkan agar satu sama lain dapat beradaptasi di sekolah. Adaptasi sosial sangat penting dilakukan dalam kebhinekaan di sekolah multi etnik.

Page 1 of 3 | Total Record : 23


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2024): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 2 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol 10, No 1 (2023): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 9, No 2 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 9 No. 2 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol 9, No 1 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol. 8 No. 2 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 8, No 2 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 1 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 8, No 1 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 7, No 2 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 2 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 2 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 6 No. 1 (2019): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 1 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 2 (2018): Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 2 (2016): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 2, No 1 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 1, No 2 (2014): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2014): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar More Issue