cover
Contact Name
Nirfayanti
Contact Email
nirfa@umma.ac.id
Phone
+6282393232829
Journal Mail Official
equals@umma.ac.id
Editorial Address
Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros, 90511, Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kab. maros,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 26222329     EISSN : 26222442     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika" : 6 Documents clear
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Disposisi Matematis Getari Ratna Pertiwi; Yanti Mulyanti; Pujia Siti Balkist
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/equals.v5i2.1388

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang harus dimiliki peserta didik. Dalam belajar matematika peserta didik sering kali mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari disposisi matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang yang masing-masing diambil dari hasil angket disposisi matematis pada kategori tinggi, sedang, dan rendah Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara. hasil penelitian ini, yaitu: 1) siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi berada pada kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi, 2) siswa yang memiliki disposisi matematis sedang berada pada kemampuan pemecahan masalah kategori sedang, 3) siswa yang memiliki disposisi matematis rendah berada pada kemampuan pemecahan masalah kategori rendah.
Efektivitas Model Pembelajaran Berpikir Induktif Mahasiswa Melalui Bantuan Media Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Ekonomi Nely Salu Padang; Mulyati Mulyati
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/equals.v5i2.1521

Abstract

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang telah menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran pada mata kuliah matematika ekonomi, diperlukan suatu metode tertentu agar pembelajaran lebih hidup, salah satunya adalah model pembelajaran berpikir induktif. Dalam kegiatan induktif ini di bawah bimbingan dan arahan dosen melalui google classroom, mahasiswa aktif belajar matematika secara individu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran berpikir induktif berbantuan Google Classroom pada Program Studi Ekonomi Pembangunan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan ditinjau dari 3 aspek yaitu aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar, dan lembar angket respons siswa. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) aktivitas siswa selama pembelajaran berpikir induktif berbantuan google classroom aktif ditunjukkan oleh 85,15% siswa melakukan aktivitas seperti yang diinginkan peneliti; (2) ketuntasan belajar siswa secara klasikal ditunjukkan oleh 86,96% siswa memenuhi standar; dan (3) respons siswa yang positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berpikir induktif berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran matematika ekonomi dikatakan efektif.
Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Induktif Selama Masa Pandemi Covid-19 Aisyah Aisyah; Rahmawati Rahmawati; Hunaeda Hunaeda; Rezky Rianti; Sari Sari
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/equals.v5i2.1532

Abstract

Salah satu upaya meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah pendekatan induktif. Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan induktif selama masa pandemi Covid-19. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini dilibatkan MA Darussalam Barandasi Maros yang pembelajarannya berlangsung secara tatap muka dengan enam rombongan belajar pada tahun ajaran dimana penelitian dilaksanakan. Berdasarkan analisis dengan menggunakan uji tes, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pada tes kemampuan awal (pretest) nilai tertinggi dan terendah sebesar 40 dan 10. Sedangkan pada tes setelah di beri perlakuan (posttest) nilai tertinggi dan terendah sebesar 93 dan 81. Dari hasil lembar pengamatan aktivitas siswa yang diisi setiap pertemuan maka diperoleh persentase aktivitas positif siswa melalui pendekatan induktif adalah 84,75%, sehingga aktivitas siswa dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria aktivitas siswa secara klasikal yaitu ≥ 70% siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru untuk mengarahkan dan membimbing siswa dalam mencapai hasil belajar yang lebih baik, dapat memberikan manfaat dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran matematika dan kualitas dari siswa dan sekolah, serta memberikan sumbangsih positif pada dunia pendidikan.
Pengaruh Metode Inside-Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah Makassar Syamsuriyawati Syamsuriyawati; Khaerani Khaerani; Dedy Setyawan
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/equals.v5i2.1547

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inside-outside circle terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI SMA Hang Tuah Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Hang Tuah Makassar, dengan pengambilan sampel secara random. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis yakni post-test berupa 5 soal esai yang telah divalidasi oleh ahli. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis dan uji t sampel independen sebagai uji hipotesis. Hasil analisis berdasarkan uji t sampel independen, diperoleh nilai 0,005 < ½α (0,005 < 0,025) dengan nilai thitung > ttabel yaitu (2,909 > 1,674) yang menunjukkan adanya perbedaan dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode inside-outside circle terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI SMA Hang Tuah Makassar.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Spasial Siswa Sugian Nurwijaya
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/equals.v5i2.1563

Abstract

Pengembangan kemampuan spasial menjadi salah satu tujuan utama pendidikan matematika di seluruh dunia, dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan pembelajaran berbantuan augmented reality terhadap kemampuan spasial siswa SMA Negeri 6 Ambon. Kemampuan spasial dapat bermanfaat untuk memvisualisasikan dan menganalisis informasi tentang permasalahan yang berkaitan dengan geometri. Populasi pada riset ini yaitu semua siswa kelas X SMA Negeri 6 Ambon yang terdiri dari 5 kelas. Selanjutnya sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA2 dan kelas X MIPA1 yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan spasial yang berupa tes uraian. Analisis Statistik Deskriptif dan statistik inferensial digunakan untuk menganalisis data penelitian ini. Hasil riset ini dengan statistik deskriptif didapatkan yaitu: 1) Rerata pretest kelas eksperimen sebesar 57,16 sedangkan rerata posttest kelas eksperimen sebesar 84,33; 2) rerata pretest kelas kontrol sebesar 41,50 sedangkan rerata posttest kelas kontrol sebesar 62,16; 3) hasil kemampuan spasial mengalami peningkatan dilihat dari nilai N-Gain kelas kontrol dengan kelas eksperimen sebesar 0,63 termasuk pada kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh hasil analisis p<0,05 pada taraf signifikan 5% yang berarti ada perbedaan rerata skor kemampuan spasial siswa pada kedua kelas. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan augmented reality terhadap kemampuan spasial siswa.
Pemahaman Siswa Pada Materi Fungsi Eksponen Ditinjau Dari Teori APOS Di Kelas X MAN Kota Palangkaraya Oktaviana Ainun Ratnawati; Emy Artuti; Jackson Pasini Mairing
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/equals.v5i2.1564

Abstract

Hasil Ujian Nasional (UN) SMA pada mata pelajaran matematika di tahun 2018 mengalami penurunan yang sangat signifikan yaitu 4,67% dibandingkan dengan hasil UN di 2 tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa ditinjau dari teori APOS (Aksi, Proses, Objek, dan Skema) untuk mengetahui penyebab turunnya hasil UN dengan letak pemahaman siswa. Jenis penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif dilaksanakan di kelas X MIPA-5 MAN Kota Palangkaraya pada tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian 23 siswa dan diperoleh 3 siswa sebagai wakil subjek yang memenuhi kriteria pemilihan subjek. Urutan analisis data dimulai dari subjek berkemampuan sedang 2 siswa dan berkemampuan tinggi 1 siswa ditinjau dari teori APOS dan dilanjutkan dengan memetakan ke salah satu level dari triad perkembangan skema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan sedang (S18) hanya berada pada tahap Aksi, jika dipetakan pada teori triad perkembangan skema hasilnya subjek tidak masuk level manapun dari triad. Subjek dengan kemampuan sedang (S16) berada pada tahap aksi dan proses, jika dipetakan pada teori triad perkembangan skema hasilnya subjek berada di level intra (level 0). Subjek dengan kemampuan tinggi (S03) berada pada tahap aksi, proses, dan objek jika dipetakan pada teori triad perkembangan skema hasilnya subjek berada di level inter (level 1).

Page 1 of 1 | Total Record : 6