cover
Contact Name
Mustakim Sagita
Contact Email
mustakim_sagita@unigha.ac.id
Phone
+6281360046356
Journal Mail Official
lppm@unigha.ac.id
Editorial Address
Gle Gapui-Sigli, Kabupaten Pidie
Location
Kab. pidie,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Sosial Humaniora Sigli
ISSN : 26153688     EISSN : 27160270     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan dua nomor dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 41 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023" : 41 Documents clear
Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Program Linear Deyvita Tanor; James U.L. Mangobi; Vivian E. Regar
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v6i1.1433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui keefektifan penggunaan Problem Based Learning(PBL) dalam pembelajaran materi program linier.Penelitian ini terdiri dari empat indikator keefektivan pembelajarn, yaitu Hasil belajar siswa, respon siswa pada pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran, dan kemampuan guru dalam memantau pembelajaran. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan diSMA Negeri 1 Motoling pada smester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian adalah 29 siswa kelas XI MIPA 3. Teknik akuisis data yang digunakan yaitu Teknik tes, observasi atau pengamatan, serta analisis data. DariHasil penelitian menyimpulkan penggunaan model Problem Based Learning(PBL) dalam pembelajaran materi program linier dinilai efektif. Hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya empat indikator keefektifan penggunaan model pembelajaran, yaitu: (1) Hasil belajar siswa materi program linear dikategorikan tuntas secara klasikal (2) balasan siswa mengenai pembelajaran positif. (3) kegiatan siswa dalam pembelajarn dinilai baik. (4) Kemampuan belajar guru dalam mengelolah pembelajaran dinilai sangat baik.
PERAN PENGAWASAN OJK TERHADAP KEGIATAN KREDIT PADA PERBANKAN (DI BCA KCU INDRAPURA SURABAYA) Ismail Ismail; Ali Fahmi; Windo Yugo Vio Aero
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v6i1.1185

Abstract

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melekat tugas sekaligus kewenangan dalam bidang keuangan di Indonesia, termasuk perbankan, salah satunya terkait dengan kegiatan perkreditan. Berdasarkan uraian tersebut, perlu ditelaah peran OJK dalam melakukan pengawasan perbankan terhadap kegiatan perkreditan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, studi lapangan di BCA KCU Indrapura Surabaya, dengan mengumpulkan data berupa wawancara, dokumentasi, serta literatur terkait. Hasil penelitian yang diperoleh adalah OJK dalam melakukan pengawasan terhadap lembaga perbankan khususnya dalam kegiatan perkreditan belum berjalan secara maksimal. OJK hanya mengandalkan sistem pelaporan yang tidak dapat dilakukan oleh setiap kantor cabang, namun kantor pusat berhak melaporkan hal-hal terkait perkreditan. Dalam hal ini, pembaruan sistem OJK sangat diperlukan. Bank maupun nasabah juga perlu memperhatikan segala kebijakan yang ada agar kegiatan perbankan di Indonesia termasuk perkreditan dapat berjalan dengan baikKata kunci: Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank, Perkreditan
RIBA DALAM PANDANGAN AL-QUR’AN DAN HADIST Muhammad Alyaafi; Muhammad Raffi Andhera
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v6i1.1531

Abstract

 Riba, as the practice of adding or taking additional money in money lending transactions, is an important concern in Islamic law. In the Al-Qur'an and Hadith, usury is expressly prohibited and is considered a major sin that must be avoided by Muslims. The background to this problem involves historical aspects, where the practice of usury became a concern at the time of the Prophet Muhammad SAW and required decisive action. The practice of usury violates the principles of justice and can reinforce social inequalities and economic imbalances. In the era of the modern financial system, the practice of usury also affects the global financial sector, presenting a dilemma for Muslims who want to implement Islamic economic principles. Therefore, a deep understanding of the views of the Qur'an and Hadith regarding usury is important in developing an economic system that is just and in accordance with Islamic teachings. This study aims to analyze the prohibition of usury in the Qur'an and Hadith and its implications in the context of Islamic economics. Through a detailed analysis of relevant verses of the Qur'an and hadiths, a deep understanding of the concept of usury, its impact on society, and applicable Islamic economic alternatives is presented. Thus, this research provides a better understanding of usury in the view of the Qur'an and Hadith, so that it can encourage critical thinking and concrete solutions in carrying out economic activities in accordance with Islamic teachings.Keywords : Riba, Al-quran, Hadits. 
PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BILANGAN BULAT Cheylin Ningsi Mengko; Anekke Pesik; Rosiah Juliati Pulukadang
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v6i1.1477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui hasil belajar Materi Bilangan Bulat yang diajarkan dengan mengunakan Media pembelajaran Quizizz dengan yang diajarkan menggunakan Media Papan tulis dan LKPD. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Talawaan. Subjek penelitian ini yaitu Kelas VIIA yang menggunakan media pembelajaran Quizizz dan Kelas VIIB yang menggunakan media Papan Tulis dan LKPD. Pengumpulan data diperoleh dengan memberikan pretest kepada kedua kelas sebelum dilakukannya perlakuan, selanjutnya diberikan posttest setelah diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan Metode Quasi Experimental Design, dengan desain penelitiannya yaitu Posttest Only Control Group design. Pengujian analisis data ini dengan menggunakan (uji-t) dengan nilai t hitung = 3,87307 t tabel = 1,68709  maka tolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Pembelajaran Quizizz Lebih dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Media Papan Tulis dan LKPD pada materi bilangan bulat.
ONLINE SHOPPING HABIT SEBAGAI BUDAYA MASYARAKAT MODERN (STUDI KASUS MASYARAKAT ERA DIGITAL) Shelaisha Ayu Citra Lestari; Ajeng Nurul Izzah; Nadilla Putri Agustin
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v6i1.1434

Abstract

Di era modern saat ini, masyarakat tidak dapat terpisahkan oleh internet. Partisipasi masyarakat dalam penggunaan internet ini ialah yang dapat menyebabkan masyarakat memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan oleh internet termasuk dalam hal berbelanja online. Dari tahun ke tahun masyarakat ini semakin tertarik dan minat dengan berbelanja secara online yang dimana hal itulah bisa membuat masyarakat kecanduan serta rela menghabiskan waktunya untuk melihat-lihat suatu barang yang ada di salah satu marketplace tersebut, lalu membelinya tanpa melihat kegunaan barang tersebut dikarenakan adanya promo atau voucher gratis ongkir dan hal ini mengakibatkan masyarakat menjadi kalap lalu membeli barang-barang itu tanpa memperdulikan manfaat akan barang tersebut penting atau tidaknya. Dalam penelitian ini menggunakan riset kualitatif dan menggunakan metode pendekatan studi kasus, yang dimana penelitian ini akan mengkaji mengenai perilaku konsumtif masyarakat yang terjadi karena adanya dampak dari toko online serta bentuk konsumtif masyarakat dalam berbelanja online serta penelitian ini menggunakan teori dari Jean Baudrillard tentang masyarakat konsumsi karna sangat berkaitan dengan kehidupan masa kini dimana masyarakat ini suka sekali memuaskan keinginan membeli barang bukan atas dasar kebutuhan. Kebiasaan berbelanja ini kemudian mulai menjadi suatu gaya hidup dan budaya baru dalam masyarakat.Kata kunci: konsumtif, budaya, belanja online,masyarakat,gaya hidup 
Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Materi Perbandingan Trigonometri Eunike Priskila Lisade; James Uriel Livingstone Mangobi; Benidiktus Tanujaya
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v6i1.1413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi perbandingan trigonometri peserta didik yang di ajar menggunakan model Problem Based-Learning dan peserta didik yang di ajar menggunakan model Direct Instruction. Desain penelitian ini adalah Randomized Subjects Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tamako pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini di ambil 2 kelas yaitu kelas X 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes berupa soal pada kedua kelas setelah diberi perlakuan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik uji-t dan hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai     . Karena nilai  maka tolak . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar materi perbandingan trigonometri peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Kata kunci: perbandingan trigonometri, model Problem Based-Learning, model Direct Instruction.
PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN PKn DI MTS SABILIT TAQWA Khairul Anwar; Jusrianto Jusrianto; Haspidawati Nur; Daniel Parubang
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v6i1.1402

Abstract

Artikel ini membahas tentang Pemanfaatan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran PKn di MTs Sabilit Taqwa. Penelitian ini memfokuskan pada proses pembelajaran PKn dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia Interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. instrumen pengumpulan data melalui oservasi, angket (kuisioner) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif. Pemanfaatan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran PKn di MTs Sabilit Taqwa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII MTs Sabilit Taqwa dengan populasi jumlah 25 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa pemanfatan multimedia interaktif sangatlah efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII/PKn di MTs sabilit taqwa. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 71,84 lebih rendah dari pada tes akhir, 89,12. Selain itu, α lebih tinggi dari p-value (0,05 0,00). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfatan multimedia interaktif sangatlah efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII/PKn di MTs sabilit taqwa
PERAN GURU DENGAN KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MEMBANGUN STUDENT WELL-BEING PADA SEKOLAH MENENGAH Firli Andini; Ikaputera Waspada; Neti Budiwati; Sumartini Susanto
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v6i1.1490

Abstract

Dengan adanya pandemic Covid-19 ditemukan terdapat peserta didik yang mengalami learning loss dan mengalami stress akademik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah dengan pendekatan kualitatif, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka atau literatur. Disini diperlukan peran dari guru sebagai pendidik untuk memiliki kompetensi social emosional (KSE) mulai dari self awareness, self management, relationship skills, responsible decision making, social awareness dan relationship skills. Lalu dengan melihat adanya keberagaman karakteristik peserta didik, maka sesuai dengan yang kurikulum Merdeka Belajar, pendidik juga dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi baik dari segi diferensiasi proses, produk, isi dan lingkungan belajar. Tujuan dari implementasi kompetensi social emosional dan pembelajaran berdiferensiasi ini adalah untuk tercapainya student well-being.Kata kunci: Kompetensi Sosial Emosional, Pembelajaran berdiferensiasi, School Well-being, Sekolah Menengah Atas
HARAPAN (HOPE) WANITA DARI KELUARGA BROKEN HOME DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN MENIKAH DI KABUPATEN MINAHASA Ivannia Sonnia Christabela Montolalu; Tellma Monna Tiwa; Gloridei Lingkanbene Kapahang
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v6i1.1442

Abstract

ABSTRAK Harapan merupakan sebuah kemampuan yang harus dimiliki individu dalam mencapai tujuan yang diinginkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Harapan (Hope) Wanita dari Keluarga Broken Home dalam Mengambil Keputusan Menikah di Desa Panasen Kecamatan Kakas Barat Kabupaten Minahasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua orang, pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara semi terstruktur dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua subjek memiliki kemampuan harapan yang baik dalam mengambil keputusan menikah meskipun orang tua mereka bercerai. Subjek terbukti memiliki kemampuan harapan yang baik dibuktikan melalui Goal, Agency Thinking dan Pathway Thinking dengan 6 aspek, yaitu Harga Diri, Afeksi Positif, Persepsi Kontrol Perilaku, Pemecahan Masalah, Daya Saing, Optimis. Individu yang memiliki kemampuan harapan yang baik adalah individu yang mampu berusaha dalam mencapai tujuannya, salah satunya dalam mengambil keputusan menikah.Kata kunci : Harapan, Broken Home, Menikah.  
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING DI SMA N 1 INDRAJAYA Mariati Mariati; Ilyas Ilyas; Lia Ulfa
Jurnal Sosial Humaniora Sigli Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jsh.v6i1.1636

Abstract

Pemecahan masalah adalah upaya mancari jalan keluar dari suatu masalah yang dihadapi oleh siswa.  Ada beberapa  faktor  yang  mempengaruhi kesulitan penyelesaian masalah siswa, antara lain pemahaman yang lemah tentang prinsip dan aturan fisika, kekurangan dalam memahami soal, dan tidak cukup motivasi dari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Fisika di SMA Negeri 1 Indrajaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.  Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data bahwa nilai rata-rata prestest pada kelompok eksperimen sebesar 40,91 dan nilai rata-rata postest  sebesar 86,36 sehingga terjadi peningkatan hasil belajar atau N-Gain sebesar 75,52% dengan kategori tinggi.   Sedangkan, nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 46,00 dan nilai rata-rata postest  sebesar 70,50 sehingga terjadi peningkatan hasil belajar atau N-Gain sebesar 44,79% dengan kategori sedang. Ketuntasan klasikal pada pretest kelompok kontrol sebesar 4,54% dan kelompok eksperimen sebesar 0%,  ketuntasan klasikal pada posttest kelompok kontrol sebesar 55,00% dan kelompok eksperimen sebesar 90,91%. Nilai t hitung yang diperoleh sebesar 6,498 lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel (n1+n2-2,  0,05)  = 2,021, yang berarti penerapan model pembelajaraan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indrajaya pada materi suhu dan kalor.Kata Kunci : Kemampuan Menyelesaikan Soal, Problem Solving