cover
Contact Name
Muhammad Risal
Contact Email
muhammadrisal2012@gmail.com
Phone
+6282158754039
Journal Mail Official
jurnal.adm.reform@unmul.ac.id
Editorial Address
Jl. Muara Muntai, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Administrative Reform
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 23376709     EISSN : 26156709     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jar
Lingkup dan fokus naskah Jurnal Administrative Reform mencakup bidang Administrasi Negara. Tujuan dari penerbitan Jurnal Administrative Reform adalah sebagai media publikasi ilmiah dalam rangka pengembangan khasanah ilmu pengetahuan di bidang Administrasi Negara. Jurnal Administrative Reform memuat tulisan ilmiah yang berasal dari hasil penelitian yang terkait dengan administrasi negara, serta tulisan ilmiah di bidang pemerintahan, birokrasi, pelayanan publik, manajemen, organisasi, dan politik dari kalangan akademisi, praktisi serta para profesional di bidang Administrasi Negara.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM" : 20 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ALOKASI DANA GERAKAN DESA MEMBANGUN DI KECAMATAN MALINAU KOTA KABUPATEN MALINAU PROVINSI KALIMANTAN UTARA ., Samuel; Idris, Adam; Irawan, Bambang
Jurnal Administrative Reform Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.53 KB) | DOI: 10.52239/jar.v3i1.555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Gerakan Desa Membangun Di Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau dalam pengelolaan Dana Gerakan Desa Membangun (Dana Gerdema) menggunakan asas diskresi atau dengan kata lain membuat kebijakan yang dalam pengelolaannya berbeda dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat dengan berpatokan pada kebutuhan masyarakat desa di Kabupaten Malinau, dalam implementasi kebijakan alokasi dana gerakan desa membangun di Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau belum berjalan dengan efektif, karena pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan masih belum optimal, hal ini terlihat dari manfaat dan perubahan yang diterima masyarakat belum sesuai dengan harapan yaitu masih adanya angka kemiskinan dan perubahan yang belum dirasakan oleh masyarakat, serta masih rendahnya SDM yang terlibat. Hal tersebut juga menjadi faktor penghambat Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa Membangun Di Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau.
STUDI TENTANG FUNGSI KEPEMIMPINAN SEKRETARIS DAERAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR DI BALAI KOTA SAMARINDA Sartika, Dardanella Yama; Djumlani, Achmad; Kalalinggi, Rita
Jurnal Administrative Reform Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.421 KB) | DOI: 10.52239/jar.v3i1.546

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan maksud untuk mendapatkan deskripsi yang mendalam tentang fungsi kepemimpinan Sekretaris Daerah Kota Samarinda dalam meningkatkan kinerja aparatur pada kantor Balai Kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kinerja melalui fungsi kepemimpinan Sekretaris Kota. Data yang didapatkan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Sekretaris Daerah Kota Samarinda sudah menjalankan fungsi kepemimpinannya dalam meningkatkan kinerja aparatur, fungsi yang berjalan optimal yaitu fungsi konsultasi, fungsi partisipasi, dan fungsi delegasi sedangkan fungsi yang tidak optimal adalah fungsi instruksi dan fungsi pengendalian. Kurang optimalnya fungsi instruksi dan fungsi pengendalian karena lambatnya penyaluran dana APBD, kesadaran masyarakat masih kurang, dan sebagian besar aparatur memiliki persepsi yang beragam.
KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN DOKUMEN PERJALANAN REPUBLIK INDONESIA DI KANTOR IMIGRASI KELAS I SAMARINDA Wahyu Purwanto; Dan Buntu Paranoan; Achmad Djumlani
Jurnal Administrative Reform Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.864 KB) | DOI: 10.52239/jar.v3i1.560

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja aparatur kantor Imigrasi Kelas I Kota Samarinda dalam memberikan pelayananan pada masyarakat beserta faktor yang mendukung dan menghambat kinerja aparatur. Penelitian ini berjenis diskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian pada Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda. Penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diolah dengan menggunakan analisis model interaktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan kinerja aparatur dalam pelayanan pembuatan dokumen perjalanan RI (Paspor) di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Samarinda termasuk baik namun belum optimal. Kualitas hasil pembuatan paspor telah dilakukan sesuai dengan prosedur dan penuh kecermatan sehingga minim kesalahan; Ketepatan waktu penyelesaian telah sesuai dengan peraturan yaitu maksimal 4 hari kerja; Pelayanan oleh petugas dilakukan dengan sopan dan penuh keramahan Keadilan dalam pelayanan dilakukan melalui metode antrian sehingga tidak menimbulkan konflik diantara pemohon dan lebih memberi kepastian; Penyelesaian pekerjaan belum mencapai efektifitas karena jumlah pegawai dengan beban kerja belum seimbang, sehingga seringkali pemeriksanaan berkas memakan waktu lebih lama. Adapun faktor yang mendukung kinerja aparatur antara lain adanya dasar hukum yang jelas dan prosedur yang mengatur pelayanan pembuatan paspor serta komitmen dan dukungan pimpinan, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya jumlah pegawai, ruang pemotretan yang sempit, dan sering matinya listrik di Kota Samarinda sehingga mengganggu penyelesaian pekerjaan oleh petugas.
PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KANTOR CAMAT LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA Khairuddinata .; Aji Ratna Kusuma; Adam Idris
Jurnal Administrative Reform Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.49 KB) | DOI: 10.52239/jar.v3i1.551

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan disiplin di Kantor Camat Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartangera. Hal ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan disiplin terhadap prestasi kerja pegawai dan menganalisis variabel yang berpengaruh dominan terhadap prestasi kerja pegawai di Kantor Camat Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartangera. Responden dalam penelitian ini adalah semua Pegawai Negeri Sipil non Esselon di Kantor Camat Loa Kulu kabupaten Kutai Kartangera. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner, yang diatur dalam skala 1-5, skor 1 untuk respon tidak baik dan 5 untuk respon yang sangat baik. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan beberapa Analisis Regresi dengan menggunakan Software SPSS versi 15.00. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa motivasi dan disiplin Pegawai Negeri Sipil Kantor Camat Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartangera bisa dikategorikan baik. Motivasi Pegawai Negeri Sipil terutama didukung oleh kesempatan tinggi bagi karyawan untuk mengembangkan potensi diri mereka dalam pekerjaan mereka, sementara disiplin tercermin dari ketaatan mereka terhadap setiap instruksi dari atasan terkait tugas mereka, ketaatan mereka pada semua ketentuan yang berlaku saat datang dan pulang menurut jam kerja yang berlaku.
IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MEWUJUDKAN KESETARAAN GENDER DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA Sitti Maimanah; Dan Buntu Paranoan; Muhammad Jamal Amin
Jurnal Administrative Reform Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.893 KB) | DOI: 10.52239/jar.v3i1.556

Abstract

Penelitian ini ditujukan Untuk mengetahui implementasi dan hasil yang dicapai dari program pemberdayaan perempuan dalam mewujudkan kesetaraan gender di Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriftif. Teknik yang digunakan dalam menentukan sumber data adalah Nonprobabilty Sampling dengan metode Purposive Sampling. Untuk Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis data interaktif sebagaimana yang dikemukakan oleh Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa seluruh program pemberdayaan perempuan telah berhasil di implementasikan oleh Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara, hanya saja belum berhasil mewujudkan kesetaraan gender di Kabupaten Kutai Kartanegara.Faktor pendukung implementasi program pemberdayaan perempuan dalam mewujudkan kesetaraan gender di Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu adanya regulasi yang mendukung kegiatan pemberdayaan perempuan dalam mewujudkan kesetaraan gender yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2011 dan Peraturan Bupati Nomor 52 Tahun 2013. Sedangkan faktor penghambat implementasi program pemberdayaan perempuan adalah minimnya anggaran yang dialokasikan untuk membiayai program pemberdayaan perempuan, kualitas SDM di BKBP3A, keterbatasan informasi, sikap aparatur pelaksana dan kurangnya sosialisasi.
PROFESIONALISME APARATUR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN SIMPANG RAYA KECAMATAN BARONG TONGKOK KABUPATEN KUTAI BARAT Dede Damaiyanto; Aji Ratna Kusuma; Abdullah Karim
Jurnal Administrative Reform Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.306 KB) | DOI: 10.52239/jar.v3i1.547

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan profesionalisme aparatur serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di kantor Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan maksud untuk mendapatkan deskripsi yang mendalam tentang profesionalisme aparatur di kantor Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Data yang didapatkan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme aparatur di kantor Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat ditinjau dari tingkat pendidikan aparatur sudah cukup baik; sistem dan prosedur pelayanan yang belum ada; serta etika dan moral aparatur yang masih rendah. Belum optimalnya dalam menerapkan profesionalisme aparatur di lembaga tersebut disebabkan oleh kurang memadainya sarana penunjang dalam memberikan pelayanan; masih lemahnya kedisiplinan pegawai; dan terbatasnya alokasi sumber dana atau anggaran untuk mengembangkan kompetensi aparatur.
IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NO.04 TAHUN 2010 TENTANG PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA Asmi Riyandi Elvandar; Hartutiningsih .; Dan Buntu Paranoan
Jurnal Administrative Reform Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.294 KB) | DOI: 10.52239/jar.v3i1.561

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 04 Tahun 2010 tentang Pelayanan Administrasi Pelayanan Terpadu Kecamatan dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di Kantor Camat Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Analisis data yang digunakan adalah model Interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman melalui tahapan-tahapan.Dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 04 tahun 2010 tentang pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten), di Kantor Camat Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara secara implementatif menunjukkan indikasi cukup baik. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil temuan di objek penelitian, yang didasarkan atas sub fokus penelitian yang ditetapkan. Secara akumulatif pelayanan administrasi terpadu telah menunjukkan perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan, meski demikian masih ada beberapa faktor yang perlu dilakukan pembenahan, terutama mengenai sarana operasional perlu ditingkatkan agar layanan pada masyarakat dapat diselesaikan tepat waktu.
PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURUBDALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN 001 SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR Nurmala Widhowaty; Aji Ratna Kusuma; Abdullah Karim
Jurnal Administrative Reform Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.661 KB) | DOI: 10.52239/jar.v3i1.552

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mengetahui upaya pengembangan kompetensi guru dikaitkan dengan implementasi kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan beberapa informan dan key informan dan observasi di lokasi penelitian. Analisis data dilakukan dengan Analisis Data Model Interaktif (Miles dan Hubberman).Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya-upaya pengembangan kompetensi guru dalam rangka implementasi kurikulum 2013 di SDN 001 Sangatta Utara adalah dengan mengikuti program kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kutai Timur. Dari data menunjukkan bahwa kualifikasi guru di SDN 001 Sangatta Utara sudah cukup baik, karena seluruh guru telah memiliki kualifikasi minimal S1 atau D4. Disisi lain guru yang belum memperoleh sertifikasi masih cukup banyak. Ini menunjukkan kompetensi guru di sekolah tersebut masih rendah. Pelatihan kurikulum 2013 secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Program pendampingan guru masih kurang efektif, karena jumlah guru yang mengikuti program ini sangat sedikit, tidak seimbang dengan jumlah guru yang ada di sekolah tersebut. Sebagai faktor pendukung yaitu adanya dukungan kebijakan pemerintah melalui program-program pengembangan kompetensi guru  serta ketersediaan dana dan sarana-prasarana yang cukup. Faktor penghambat diantaranya kemauan dan kemampuan guru yang rendah, dan adanya keterlambatan penyediaan sarana penunjang pembelajaran seperti buku-buku, serta keterbatasan kemampuan dari instruktur pelatihan.
PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA DI DESA LUNG ANAI KECAMATAN LOA KULU Sri Murni; Muhammad Jamal Amin; Nur Fitriyah
Jurnal Administrative Reform Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.717 KB) | DOI: 10.52239/jar.v3i1.557

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis apa-apa saja peranan CSR dalam meningkatkan pembangunan masyarakat desa Di Desa Lung Anai dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif metode kualitatif, dengan fokus penelitian peranan CSR meliputi : pembangunan infrastruktur, pembangunan masyarakat dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia, dan kesejahteraan masyarakat serta kendala yang dihadapi dalam meningkatkan pembangunan masyarakat desa dengan adanya program CSR. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan CSR (Corporate Social Responsibility) dalam meningkatkan pembangunan masyarakat desa di desa Lung Anai Kecamatan Loa Kulu ternyata mempunyai implikasi dalam mendorong perubahan atau peningkatan pembangunan desa. Meskipun secara keseluruhan belum merata hasil pembangunan yang dirasakan masyarakat desa, tetapi telah menunjukkan adanya perubahan yang cukup berarti terhadap perkembangan dan kesejahteraan masyarakat serta keadaan sosial ekonomi masyarakat, dengan program pembangunan infrastruktur jalan lingkungan dan bangunan fasilitas umum, peningkatan SDM, kesejahteraan masyarakat baik ekonomi sosial, kesenian dan budaya. Kendala yang dihadapi yaitu kondisi geografis wilayah yang cukup jauh dari Pusat Kecamatan, potensi sumber daya manusia yang dimiliki Desa Lung Anai masih belum memadai serta pengelolaan CSR yang belum maksimal, kurangnya kerjasama antara Forum dan Desa dalam perencanaan suatu pembangunan serta pengawasan yang masih terbatas.
PENGEMBANGAN KOMPETENSI APARATUR MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR Widia Eka Wardani; Achmad Djumlani; Dan Buntu Paranoan
Jurnal Administrative Reform Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.367 KB) | DOI: 10.52239/jar.v3i1.548

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan kompetensi pegawai Melalui Pendidikan dan Pelatihan dan faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat di Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur. Fokus untuk menjawab tujuan yaitu pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang terdiri dari pelaksanaan pendidikan formal dan diklat yang terdiri dari diklat administrasi, diklat teknis dan diklat kepemimpinan. Penelitian yang dilakukan termasuk diskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian pada  Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur..Fokus penelitian yang ditetapkan meliputi pengembangan kompetensi melalui pendidikan formal, dan pendidikan dan pelatihan, baik yang dilakukan melalui pelatihan administrasi umum, pelatihan bidang teknis, maupun pendidikan dan pelatihan kepemimpinan. Sumber data diambil dari data primer berasal dari wawancara dengan informan terpilih, dan juga dari pengamatan langsung di lokasi penelitian. Sedangkan data sekunder berasal dari informasi atau data yang dimiliki oleh instansi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangan oleh Miles dan Huberman melalui tahapan-tahapan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan kompetensi Pegawai di Kantor Dinas Perhubungan Kalimantan Timur yang jelaskan melalui sub fokus pelaksanaan pendidikan formal dan diklat pegawai (administrasi, teknis dan kepemimpinan) yang telah dilakukan  belum mencapai hasil yang optimal, untuk mampu menghasilkan aparatur yang mempunyai pendidkan Sarjana dan Magister, Kurang optimalnya pengembangan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan disebabkan oleh kurangnya alokasi dana yang dianggarkan untuk melakukan diklat bagi aparatur, serta masih adanya bagi aparatur yang kurang berminat untuk mengikuti diklat dan meningkatkan pendidikan formal mereka.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2015 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2022): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 10, No 1 (2022): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 9, No 2 (2021): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 9, No 1 (2021): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 8, No 2 (2020): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 8, No 1 (2020): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 7, No 2 (2019): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 7, No 1 (2019): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 6, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 6, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 6, No 4 (2018): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 6, No 3 (2018): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 5, No 4 (2017): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 5, No 3 (2017): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 5, No 2 (2017): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 5, No 1 (2017): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 3, No 2 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 2, No 4 (2014): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 2, No 3 (2014): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 2, No 1 (2014): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 1, No 4 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 4, No 4 (2016): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 3, No 4 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 3, No 3 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 2, No 2 (2014): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 1, No 2 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM More Issue