cover
Contact Name
Afis Pratama
Contact Email
afistama@gmail.com
Phone
+6285669613344
Journal Mail Official
afistama@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur I, Bendan Duwur, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50235, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Joined Journal (Journal of Informatics Education)
Published by Universitas IVET
ISSN : 26219484     EISSN : 26208415     DOI : https://doi.org/10.31331/joined.v1i1
The scope of this journal specializes in topics related to Informatics Education, learning using information technology, and innovation in other informatics field.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 (2021)" : 8 Documents clear
Analisis Efektifitas Penggunaan E-Learning Berkolaborasi dengan Video Converence pada Mata Kuliah Algoritma dan Struktur Data Di Masa Pandemi COVID-19 Henny Prasetyani; Kurniawati Kurniawati
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i1.1685

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana efektifitas penggunaan e-learning yang dikolaborasikan dengan aplikasi video confence pada mata kuliah algoritma dan struktur data di masa pandemi covid-19 karena perkuliahan di lakukan secara daring. Pembelajaran dengan berbasis e-learning yang telah disediakan oleh universitas yang beralamat www.kuliah.ivet.ac.id serta aplikasi video conference yaitu Zoom Meeting. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan media e-learning (www.kuliah.ivet.ac.id) berkolaborasi dengan Zoom dan bahan ajar untuk mata kuliah algoritma dan struktur data. Hasil yang diperoleh yaitu : (1) efektifitas pembelajaran dengan menggunakan media e-learning (kuliah.ivet.ac.id) berkolaborasi dengan Zoom pada matakuliah algoritma dan struktur data menunjukkan ada perbedaan antara kelompok mahasiswa kelas regular dan mahasiswa kelas karyawan; (2) efektifitas pembelajaran dengan e-learning berkolaborasi dengan Zoom lebih tinggi pada mereka yang memiliki akses internet lebih lama; (3) ada pengaruh efektifitas penggunaan e-learning berkolaborasi dengan Zoom dalam pembelajaran dengan hasil belajar sehingga penerapannya cocok dilakukan selama pandemi covid 19.
Penerapan Blended Learning Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Dalam Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa SMK YATPI Godong Moh Abdul Wahid; R Irlanto Sudomo; Afis Pratama
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i1.1676

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan blended learning menggunakan google classroom pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Yatpi Godong. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Yatpi Godong. Sumber data penelitian terdiri atas data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menentukan kesimpulan akhir dari penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan blended learning menggunakan google classroom pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMK Yatpi Godong sudah berlangsung cukup baik; (2) kendala yang dialami oleh guru dan siswa ketika melaksanakan pembelajaran jarak jauh menggunakan google classroom, dapat teratasi dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka; (3) penerapan blended learning menggunakan google classroom pada mata pelajaran simulai dan komunikasi digital di SMK Yatpi Godong secara keseluruhan bisa dibilang lebih dari cukup dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: blended learning, google classroom, simulasi dan komunikasi digital, hasil belajar
Sistem Informasi Pariwisata Kabupaten Tabanan Berbasis Website Ni Wayan Ayu Suartini; Mitha Amartya Rosalinda
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i1.1624

Abstract

The island of Bali has many beautiful places and there are still many people who don't know about them. One of them is located in Tabanan Regency, where there are still many who do not know the tourism. Therefore, the Website-Based Tabanan Regency Tourism Information System is created where this website is used as a tool in the delivery of information on tourism areas in Tabanan Regency to people who want to know the tourism areas in Tabanan. If the community will become more familiar with tourist attractions in Tabanan Regency, the food of the surrounding residents will also increase. Keywords: Tabanan Regency Tourism Information System Based Website
Prototype Pemantau Suhu dan Penyiraman Green House dengan Wemos Berbasis IOT Reni Veliyanti; Dani Sasmoko
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i1.1652

Abstract

Green House managers are experiencing problems due to changes in climate which are very sudden and extreme nowadays, this has resulted in damage to ornamental plants. Therefore, a system that is able to monitor temperature and humidity levels in the air is needed so that ornamental plants can maintain their beauty. Research also developed an automatic watering system using Arduino and Wemos with a firebase database that can ease watering work. In testing the tool runs smoothly even though there is a slight difference in temperature readings but the flushing device can flush accordingly at 7 am and the fan runs when the temperature exceeds 270C to cool the room.
Sistem pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Algoritma Multifactor Evaluation Process (Studi Kasus: XYZ Department Store Regional Priangan Timur) Lia Amelia
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i1.1681

Abstract

The management of human resources in a company affects many aspects that determine the success of the company. One of the efforts made is the selection of employees. Based on the interview results, XYZ Depstore in the process of recruiting employees is carried out regionally and is still carried out manually with the weight of the criteria that have not been detailed, this raises several problems including requiring a lot of time, the occurrence of human errors which cause unfair and inaccurate calculations. So that we need a system with a certain algorithm that automatically ranks prospective employees with accuracy, fairness and faster among the many applicants. In developing the system, the Multifactor Evaluation Process (MFEP) algorithm is used with three criteria and its weights that have been determined, namely 20% document, 10% psychological test and 70% interview. The system development method used is extreme programming. The system generates a sequence of recommendations for candidate employees who deserve to be accepted to help the company make decisions. Also equipped with features for prospective employees to submit application documents and personal data online, job vacancies information, selection announcements and report generation. Functional testing of the system is carried out using the black box method, showing the results of all the scenarios that have been made. The results of the calculation on the system are compared with the results of calculations on Microsoft Excel using 30 alternative prospective employees, showing the same calculation results, so that the accuracy rate is 100%.
Kajian Filosofis Pembelajaran Daring Pendidikan Vokasi di Era Pandemi COVID-19: Analisis Fungsional Sarana Pembelajaran Daring Terhadap Esensi Pembelajaran Dhega Febiharsa; Djoko Kustono
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i1.1530

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem pembelajaran secara signifikan, dari tatap muka menjadi belajar di rumah. Suatu keadaan dimana memaksa guru dan murid harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan terbatas. Berbagai sarana pembelajaran daring dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya dimanfaatkan untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Fenomena ini menarik peneliti untuk melakukan kajian terhadap kaidah pembelajaran dari, fasilitas pembelajaran daring dan menghubungkannya dengan makna pembelajaran secara filosofis. Studi literatur digunakan untuk mendapatkan teori-teori yang mendukung kajian yang dilakukan. Selanjutnya peneliti mengidentifikasi layanan atau fasilitas pembelajaran daring dari sisi filosofis atas aktivitas atau interaksi guru dan siswa dengan sarana pembelajaran daring tersebut. Dari kajian dan identifikasi yang dilakukan didapatkan bahwa sebagian besar sarana pembelajran daring tersebut secara filosofis telah mewakili konsep atau esensi dari pembelajaran secara kualitatif
Implementasi Algoritma Kriptografi Caesar Cipher dan Rail Fence Cipher untuk Keamanan Data Teks Menggunakan Python Dewi Purnamasari
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i1.1697

Abstract

Security and confidentiality in communicating become a necessity so that the information sent and received is not misused by irresponsible parties. Cryptography not only provides a tool for information security but is also a useful technique for the security and confidentiality of information. This study aims to implement the Caesar Cipher and Rail Fence Cipher algorithms to determine the encoding process and also to determine the effectiveness of the encryption time and description of the two cryptographic techniques. The processing time of the two methods shows that the description time is longer than the encryption process. The average execution time of the Caesar Cipher algorithm is faster than the Rail Fence Cipher. The average encryption time is 0.0000802 second and the description time is 0.000131 second, however Rail Fence is more secure because the text process is sent in a zig zag form, so the received ciphertext is more secure than Caesar Cipher. Caesar Cipher is faster because the letter encoding process is shifted as many keys as desired. Keywords: Caesar Cipher, Rail Fence Cipher, Key, ziq zaq, Plaintext, Chipertext
Rancang Bangun Sistem Kontrol Otomatis Peralatan Listrik Berbasis Arduino Uno Debbi Ayu Shintya Dewi; Handini Arga Damar Rani
Joined Journal (Journal of Informatics Education) Vol 4 No 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/joined.v4i1.1740

Abstract

Sistem kontrol/kendali merupakan sebuah inovasi yang hadir karena ketertarikan manusia untuk menciptakan sebuah alat lainnya sekaligus pada sebuah sistem di satu titik. Dengan berkembangnya teknologi, Arduino menjadi sangat populer dikalangan mahasiswa dan pelajar saat ini. Mereka mengembangkan arduino dengan bootloader dan software yang user friendly. sehingga menghasilkan sebuah board mikrokontroller yang bersifat open source yang bisa dipelajari dan dikembangkan oleh mahaswa, pelajar, profesional, pemula dan penggemar elektronika maupun robotika diseluruh dunia. Tujuan penelitian ini 1) Mempermudah penggunaan sistem kontrol ini untuk orang yang mempunyai kecacatan fisik seperti lumpuh dan segala kecacatan fisik untuk bergerak. 2) Alat sistem kendali peralatan listrik ini bertujuan untuk mempermudah kita, karena tidak perlu lagi berpindah tempat hanya untuk menyalakan dan mematikan suatu peralatan listrik. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem kontrol otomatis peralatan listrik yang telah dirancang mampu mengontrol penggunaan peralatan melalui smartphone/android. Modul Bluetooth HC-05 dapat digunakan sebagai alternative remote untuk menghidupkan relay, sehingga dapat digunakan untuk menghidupkan perangkat listrik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8