cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
serunaibudidaya@gmail.com
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
serunaibudidaya@gmail.com
Editorial Address
Jalan Gaharu no. 147 Kelurahan Jati Makmur Kecamatan Binjai Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
ISSN : 20899467     EISSN : 26215616     DOI : 10.37755
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Serunai Bahasa Indonesia merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus . Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada bidang Bahasa Indonesia. Artikel yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi di tempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggungjawab penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) OKTOBER 2021" : 8 Documents clear
P E N I N GK A T AN H AS I L B E LA J A R SI S W A D A LAM M E N U L I S KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA BINA TARUNA Prina i Yelli; Nurul Hasanah; Ardana Nugrahani
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 2 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) OKTOBER 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i2.456

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Swasta Bina Taruna Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2020/2021 melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan sample penelitian siswa kelas VII SMP Swasta Bina Taruna yang berjumlah 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian menulis karangan deskripsi siswa. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata deskripsi siswa pada tahap pratindakan dengan pascatindakan. Skor rata-rata menulis deskripsi siswa sebelum diberi tindakan adalah 57,2, setelah diberi tindakan pada akhir siklus I skor rata-rata menjadi 68,45. Skor rata-rata menulis deskripsi siswa pada akhir siklus II, yaitu 82,3. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan.
KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA DALAM NOVEL KAU, AKU, DAN SEPUCUK ANGPAU MERAH JENNI MARLINA SITANGGANG
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 2 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) OKTOBER 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i2.383

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian antropologi sastra yang terdapat dalam novel Kau, aku, dan sepucuk angpau merah karya Tere Liye yang mencakup : Nilai Hubungan Manusia dengan Tuhan, dan Nilai Hubungan Manusia dengan Manusia.Kajian Antropologi sastra adalah kajian sastra yang meneliti seperti apa hubungan sastra dengan budaya dan digunakan juga sebagai alat dalam tindakan bermasyarakat. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Hermeneutika, sumber data penelitian ini adalah novel Kau, aku, dan sepucuk angpau merah.Kata kunci : antropologi sastra, novel, sastra, budaya
Analisis Makna Konotatif Dalam Novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini Karya Marchella FP Cahyaningtyas Diah Andini; Fathiya Khairunnisa; Rizki Annisa; Frinawaty Lestarina Barus
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 2 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) OKTOBER 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i2.385

Abstract

ABSTRAKNovel ini berisikan nilai-nilai kehidupan yang secara implisit maupun eksplisit terkandung di dalamnya. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan makna konotatif yang ada di dalam novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marchella FP. Metode pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pembahasan pada penelitian ini mengenai makna konotatif positif dan negatif dalam novel. Adapun data yang dipakai dalam penelitian ini adalah novel yang ditulis oleh Marchella FP dengan judul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Peneliti menggunakan data berupa satuan-satuan lingual berwujud kosa kata yang ada di dalam novel. Teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat dipakai dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penemuan dari penelitian ini, ditemukan ragam konotasi sebanyak 20 konotasi, dengan konotasi positif 9 kata dan konotasi negatif 11 kata.Kata Kunci: konotatif, negatif, novel, positif
PERANAN GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING SMA SWASTA SWAKARYA BINJAI Fheti Wulandari Lubis; Dewi Rulia Sitepu; Susi Susanti
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 2 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) OKTOBER 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i2.461

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru Bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis cerpen dengan model Experiential Learning SMA Swasta Swakarya Binjai sebanyak 1, guru Bahasa Indonesia. Sedangkan sampelnya terdapat sebanyak 1 guru Bahasa Indonesia. Instrument penelitian ini adalah tes uraian yang digunakan untuk mengukur kemampuan menulis cerpen dengan angket guru. Hipotesis yang dapat diajukan adalah guru Bahasa Indonesia sangat berperan dalam kemampuan menulis  cerpen dengan mengunakan model Experiential Learning SMA Swasta Swakarya Binjai tahun pembelajaran 2020/2021. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kuantitatif, metode deskriptif merupakan suatu prosedur untuk memecahkan masalah yang diselidiki dengan mengambarkan fakta-fakta yang ada di lapangan. Hasil penelitian adalah terdapat peranan guru Bahasa Indonesia dalam peranan guru Bahasa Indonesia model Experiential Learning SMA Swasta Swakarya Binjai. yang ditunjukan dengan nilai mampu 38,70 % sangat mampu 29, 33% sangat tidak mampu 9, 30% tidak mampu 13,25% dengan demikian hasil penelitian ini menyatakan kemampuan menulis cerpen dalam peranan guru Bahasa Indonesia dengan model Experiential Learning di SMA Swasta Swakarya Binjai. Berada dalam kategori baik dibandingkan dengan tanpa mengunakan model Experiential Learning.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN VIDEO YOUTUBE PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KARYA KARTINI Jepri Arizal; Mardiati Mardiati; Jumiatik Jumiatik
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 2 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) OKTOBER 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i2.457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks berita menggunakan media video youtube pada siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Kartini.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru (peneliti) untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil dengan mengubah cara, metode, pendekatan atau teknis yang berbeda dari biasanya. subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Kartini yang berjumlah 16 siswa. objek penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan media video youtube CNN Indonesia pada kegiatan pembelajaran menulis teks berita.Hasil pengelolaan data ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita menggunakan media video youtube  mengalami peningkatan.  Hal ini dapat dilihat pada hasil tes yang dilakukan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan pada kelas VIII SMP Swasta karya kartini.  Pada hasil tes di siklus I nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa ialah 66.5.sedangkan hasil nilai rata-rata yang dicapai pada siklus II ialah 80.6. Dalam  presentasi peningkatan tes menulis teks berita  siklus I dan siklus II 20.4%. Hal ini menunjukkan antara hasil tes pada siklus I dan pada silus II terjadi peningkatan.Peningkatan nilai rata-rata ini membuktikan keberhasilan pembelajaran menulis teks berita menggunakan media video youtube.Saran dalam penelitian ini adalah untuk menjadikan pembelajaran menggunakan media video youtube  sebagai alternatif pembelajaran yang dapat dilaksanakan sebagai upaya membantu siswa memahami materi pembelajaran menulis teks berita.
PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN KINERJA GURU TETAP SMP PERGURUAN BUDDHIST MANJUSRI PEMATANG SIANTAR Aulia Dhristina Sinaga; Johari Lubis; Nathanael Sitanggang
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 2 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) OKTOBER 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i2.462

Abstract

Kualitas pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh kinerja guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, salah satu cermin peningkatan mutu pendidikan di sekolah adalah prestasi guru dalam meningkatkan mutu lulusan yang produktif, dengan semangat kinerja mengajar guru yang tinggi akan menciptakan lulusan dengan kualitas yang berilmu dan berkarakter. Kinerja atau performance dapat diartikan sebagai prestasi kerja, pelaksanaan kerja, pencapaian kerja, hasil kerja atau unjuk kerja .Kinerja adalah perbuatan dan prestasi serta keterampilan yang ditunjukkan oleh seseorang di dalam melakukan perbuatan atau pekerjaan. Kehadiran guru dalam proses pembelajaran di sekolah masih tetap memegang peranan yang penting. Peran tersebut belum dapat diganti dan diambil alih oleh apapun. Hal ini disebabkan karena masih banyak unsur-unsur manusiawi yang tidak dapat diganti oleh unsur lain. Guru merupakan factor yang sangat dominan dan paling penting dalam Pendidikan formal pada umumnya karena bagi siswa, guru sering dijadikan tokoh teladan bahkan menjadi tokoh identifikasi diri. Guru dituntut memiliki kinerja yang mampu memberikan dan merealisasikan harapan dan keinginan semua pihak terutama masyarakat umum yang telah mempercayai sekolah dan guru dalam membina anak didik. Dalam meraih mutu Pendidikan yang baik sangat dipengaruhi oleh kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya sehingga kinerja guru menjadi tuntutan penting untuk mencapai keberhasilan Pendidikan. Secara umum mutu Pendidikan yang baik menjadi tolak ukur bagi keberhasilan kinerja yang ditunjukkan guru. Guru professional adalah guru yang memiliki kompetensi utama yaitu kompetensi pedagogic dan kompetensi professional. Mengingat pentingnya peran guru dalam menentukan kualitas Pendidikan, berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas guru baik melalui Pendidikan, pelatihan, pemagangan maupun program lain termasuk sertifikasi. Namun demikian data di lapangan menunjukkan masih banyaknya permasalahan yang dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas guru. 
KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK DALAM NOVEL ASSALAMUALAIKUM BEIJING KARYA ASMA NADIA M Ali Sidiqin; Sri Ulina Beru Ginting
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 2 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) OKTOBER 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i2.458

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari kemampuan menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia oleh siswa kelas XI SMA Swasta Melati Binjai tahun pembelajaran 2020/2021. Selain itu untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami dan menerapkan unsur intrinsik dan ekstrinsik pada novel Indonesia yang terdapat pada KD 7.2 di dalam KTSP SMA kelas XI. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskripsi kualitatif, Populasi pada penelitian ini adalah 22 siswa, yang terdiri dari 1 kelas yaitu XI-IPA, yang dijadikan sampel adalah seluruh jumlah populasi dari jumlah siswa yaitu 22 siswa. Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan kriteria dalam penskoran kemampuan menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik novel oleh siswa. Hasil analisis data menunjukan kemampuan menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia oleh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Melati Binjai tahun pembelajaran 2017/2018 berada pada klasifikasi baik dan persentase daya serap mencapai 73%, yaitu terdapat pada kriteria sedang.Selain itu siswa juga mempunyai kelebihan dalam aktif berbicara dan berpendapat karena siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi. Siswa juga memiliki rasa percaya diri untuk bertanya kepada guru jika siswa tidak mengerti tentang materi yang telah disampaikan. Perlu adanya peningkatan lagi proses pembelajaran siswa belajarnya pada pembelajaran menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik novel terutama pada siswa kelas XI agar dapat terus meningkatkan kualitas supaya menjadi lebih baik lagi.
METAFORA ER DEMU BAYU PADA SUKU KARO; KAJIAN STLISTIKA Sri Ulina Beru Ginting; Erlinda Nofasari
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 2 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) OKTOBER 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i2.460

Abstract

Pesta Perkawinan Er Demu Bayu pada suku Karo merupakan salah satu pelasanaan pengambilan impal oleh  anak dari kalimbubu mempelai pria. (anak perempuan dari abang/adik laki-laki dari ibu mempelai  pria). Proses pelaksanaan perkawianan adat Er Demu Bayu terdapat metafora pada petuah petuah pada pesan pesan nasehat yang disampaikan oleh penutur sukut, anak beru dan kalimbubu . Peneliti mengkaji Metafora yang terdapat pada pesta Adat Er Demu Bayu secara kajian stilistika .metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitataif deskriptif , dengan menggunakan  metode wawancara dan pengamatan secara langsung pada proses menjalankan adat er demu bayu pada tuturan secara lisan yang disampaikan oleh penutur dalam adat. Proses hasil pengumpulan data kemudian di analisis  dan diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemaknaan metafora sangat berkaitan erat dengan proses pemetaan referen sekunder (representamen) ke dalam referen primer (objek) yang mengungkap pesan-pesan kearifan budaya Karo (interpretan).Metafora yang terdapat pada perkawinan er demu bayu  antara lain adalah metafora ke-ada-an (being), metafora kosmos (cosmos), metafora tenaga (energy), metafora substansi (substance), metafora permukaan bumi (terrestrial), metafora benda mati (object), metafora tumbuhan (living), metafora binatang (animate), dan metafora manusia (human). Makna dari setiap metafora itu berbagai macam, yaitu menggambarkan kesempurnaan, kemewahan, kesakralan, dan keindahan dari segala rupa yang  Selain itu metafora juga berisi tentang harapan-harapan dan doa doa yang di panjatkan kepada kedua mempelai pengantin, serta sembuyak, kalimbubu dan anak beru.

Page 1 of 1 | Total Record : 8