cover
Contact Name
Yafid Effendi
Contact Email
mbjtm@umt.ac.id
Phone
+6281320262711
Journal Mail Official
mbjtm@umt.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan No.1/33, RT.007/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia 15118
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
ISSN : 25495038     EISSN : 25804979     DOI : -
Motor Bakar adalah jurnal online prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang berisi tentang artikel hasil penelitian dibidang Konversi Energi, Perancangan dan Teknik Manufaktur serta Rekayasa Teknik Otomotif. Sebagai wadah bagi para dosen maupun mahasiswa dalam membuat karya ilmiah, karena sesuai dengan tuntutan perguruan tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, maka dibuatlah Jurnal Teknik Mesin.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2021): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin" : 8 Documents clear
PEMBUATAN DUST COLLECTOR UNTUK TANGKI PENYIMPANAN NIBS DI PT. Y Mochammad Johansyah; Amir Amir; Yusuf Randy
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2021): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i1.5856

Abstract

Kebersihan tempat kerja adalah faktor penunjang dari terciptanya kenyamanan dalam bekerja, Hal ini membuat pekerja merasa tidak nyaman apabila udara disekitar tempat bekerja tercampur dengan debu dan menyebabkan ketidaknyamanan dalam bekerja.  Dalam hal ini tim dari divisi teknik membuat sebuah alat yaitu mesin cyclone collector yang bertujuan untuk memperoleh efisiensi dari bahan baku yang terbuang dan mempunyai nilai jual. Metode yang digunakan dalam pembuatan alat ini adalah metode observasi, studi literatur, interview dan eksperimen dalam membuat cyclone collector.  Alat ini berfungsi untuk menghisap debu yang masih memiliki nilai jual dan selama ini dibuang bersama waste. Lubang udara dalam sebuah tangki diperlukan untuk sirkulasi udara dalam tangki agar tidak terjadi deformasi akibat tekan udara yang berlebih. Untuk itu tim teknik membuat inovasi berupa alat yang dapat menghisap bahan yang memiliki nilai jual dan bisa di olah kembali.
ANALISIS KEGAGALAN PITOT-STATIC SYSTEM PADA JENIS PESAWAT CRJ1000 MENGGUNAKAN ADTS Hendra Harsanta; Bambang Suhardi Waluyo; Hafiz Norian Adiyat
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2021): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i1.5814

Abstract

Sebuah pitot/static probe yang terdapat di setiap sisi depan pesawat merupakan komponen yang berfungsi menerima tekanan statis dan dinamis untuk diteruskan ke komponen Air Data Computer (ADC) yang dapat memberikan data ketinggian dan kecepatan untuk pilot pada Primary Flight Display 1 (PFD 1) dan copilot pada Primary Flight Display (PFD 2). Nilai data pada PFD 1 dan PFD 2 yang ditampilkan harus sama, jika ditemukan ada perbedaan nilai data ketinggian atau kecepatan pesawat, indikator akan menyala yang menandakan adanya ketidaksamaan nilai dan muncul”EFIS COM MON” caution message. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan alat Air Data Test Set yang berfungsi untuk menghitung nilai ketidaksamaan antara PFD 1 dan PFD 2 diikuti pengecekan nilai limitasi yang berlaku berdasarkan Aircraft Maintenance Manual. selain itu, menggunakan teori estimasi untuk mendapatkan nilai rata-rata interval penggantian pitot static probe sejak komponen pertama kali dipakai hingga dilakukan pelepasan yang disebut Time Since Now (TSN) dan sejak komponen mulai hingga selesai dioperasikan dalam satu kali penerbangan yang disebut Cycle Since Now (CSN). Hasil analisis dengan menggunakan ADTS menunjukkan adanya nilai ketinggian yang out of limit, dimana hal ini disebabkan dari faktor internal yaitu pada komponen ADC, nilai interval rata-rata penggantian pitot static probe selama 15 kali berdasarkan TSN (Time Since Now) yaitu antara 5974.74 sampai 9812.52 dan berdasarkan CSN (Cycle Since Now) yaitu antara 5216.08 sampai 8632.44.
PERANCANGAN CONVEYOR PADA MESIN PEMBUAT MIE OTOMATIS Ellysa Kusuma Laksanawti; Efrizal Efrizal; Dani Andry Kusuma
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2021): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i1.5815

Abstract

Berawal dari permasalahan yang ada di industri rumahan pada proses pembuatan mie dan yang dilakukan dengan metode konvensional, dimana kurangnya fasilitas alat otomatis mengharuskan para karyawan melakukan pengolahan secara manual, hal ini tentunya menyebabkan produktifitas dan kualitas produk UKM tersebut kurang maksimal. Produktifitas dan kualitas di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya mengharuskan pekerja lebih teliti dalam hal pengolahan, kelelahan pekerja yang membuat kurang maksimalnya dalam menggunakan waktu, serta kecepatan dari pekerja itu sendiri. Oleh sebab itu penulis merancang mesin pembuat mie secara otomatis yang dipadukan dengan conveyor yang disesuaikan dengan industri rumahan, setelah memahami dan mempelajari masalah yang ada. Penelitian ini menggunakan metode observasi untuk mengumpulkan data/informasi mengenai mesin pembuat mie otomatis yang efektif. Pada tahap perencanaan menggunakan studi lapangan, metode interview, studi literatur. Proses pelaksanaan dimulai dari survey harga material, desain, pembuatan komponen, dan perakitan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam perancangan pembuatan alat mesin pembuat mie otomatis ini menggunakan Software Inventor. Produk yang dihasilkan dari mesin mie otomatis 1 kg/menit dan manual 400 gr/menit. Hasil dari perhitungan kecepatan conveyor didapatkan 0,62 m/s.
ANALISIS KARAKTERISTIK DAN STRUKTUR MIKRO HASIL HEAT TREATMENT MATERIAL RODA GIGI TRANSIMI MOBIL PRODUKSI DAIHATSU ASTRA 1000 CC MT TYPE ENGINE 1.0 L 1KR-FE 13 Rofiroh Rofiroh; Ahmad Iskandar; Rifan Alamsyah
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2021): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i1.5848

Abstract

Mobil produksi Daihatsu Astra 1000 cc MT type Engine 1.0 L 1KR-FE 13  merupakan kendaraan dengan konsep low cost green car yang menggunakan sistem perpindahan daya berupa mekanisme roda gigi transmisi. Sistem roda gigi transmisi dibutuhkan untuk memperoleh karakteristik mesin yang mampu menghasilkan torsi yang besar. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pada roda gigi transmisi melalui proses heat treatment untuk mendapatkan kualitas yang sesuai dengan standar dan ketangguhan yang tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini diawali dengan pengambilan sempel roda gigi transmisi mobil produksi Daihatsu Astra 1000 cc MT Type Engine 1.0 L 1KR-FE 13 untuk pengujian komposisi kimia, kekerasan dan struktur mikro. Proses heat treatment terdiri dari proses hardening kemudian proses quenching dengan media pedingin Oli SAE 40 dan proses tempering. Maka melalui penelitian ini, roda gigi transmisi setelah proses heat treatment diharapkan memiliki karakteristik dan stuktur mikro yang meningkat sehingga kekuatan material yang dicapai maksimum dan mempunyai umur pakai yang lama. Setelah proses heat treatment dan pengujian hasil yang diperoleh berupa kekerasan dengan rata-rata 209,1 HV sebelum heat treatment menjadi 559,4 HV. Kandungan karbon dari 0,230 % sebelum heat treatment menjadi 0,260 % dengan menunjukkan adanya struktur martensit temper yang terdiri dari partikel-partikel sementit dalam matrik ferit dan sesuai dengan standar AISI 1023 dan mempunyai kekerasan dua kali lebih tinggi. Dengan hal ini menjadikan roda gigi tidak mudah rusak karena gesekan yang menyebabkan aus maupun patah akibat beban yang tinggi sehingga masa pakai menjadi lebih lama dan menghemat biaya akibat kerusakan.
ANALISIS RANCANG BANGUN KOLAM IKAN SEBAGAI PENYEDIA SUMBER AIR UNTUK RAM PUMP Yafid Effendi; Slamet Riyadi
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2021): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i1.5819

Abstract

Kolam merupakan lahan yang dibuat untuk menampung air dalam jumlah tertentu sehingga dapat digunakan untuk pemeliharaan ikan dan atau hewan air lainnya. Berdasarkan pengertian teknis (Susanto, 1992), kolam merupakan suatu perairan buatan yang luasnya terbatas dan sengaja dibuat manusia agar mudah dikelola dalam hal pengaturan air, jenis hewan budidaya dan target produksinya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk perancangan kolam ikan sebagai sumber air dan pengujian alat Ram Pump pada kolam budidaya ikan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, observasi, perancangan desain, fabrikasi dan analisa hasil. Observasi dalam penelitian ini adalah pemilihan kekuatan pada material dan penghitungan kapasitas air dalam kolam. Perancangan desain dibantu oleh software Autocad. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ikan membutuhkan pengairan hampir setiap hari tepatnya diwaktu siang hari. Hal ini dilakukan agar supaya kondisi temperatur dalam kolam ikan tetapstabil. Disamping itu, kebutuhan sirkulasi air sangat diperlukan karena bisa mengalirkan kotoran yang terdapat pada permukaan kolam ikan ke pipa pembuangan air sehingga ikan tetap mendapatkan kondisi ruang yang baik. Maka dari itu dibutuhkan pompa air dan terdapat jadwal yang tepat untuk waktu pengairannya. Pompa air ini sangat berfungsi untuk mengatur sirkulasi dan temperatur air yang terdapat pada kolam karena dengan pengairan ini temperatur kolam dari yang sebelumnya panas akibat terik matahari menjadi ideal dengan penambahan air tersebut.
PENGARUH KINERJA EVAPORATOR DAN HEAD PIPE TERHADAP PENGKONDISIAN SUHU RUANG Sumarno Sumarno; Parta Parta; Rohmat Nur Hidayah
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2021): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i1.5853

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerja dari evaporator serta head pipe saat proses pengkondisian udara pada mesin pengkondisian udara (Air Conditioner). Mesin pengkondisian udara yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah satu AC tipe Split berdaya 1⁄2 PK. Penelitian diawali dengan pengukuran kecepatan putar pada fan cooling unit atau blower indoor. Data kecepatan ini selanjutnya dipergunakan sebagai acuan untuk mengetahui besar tekanan udara yang dihasilkan melalui putaran pada blower indoor tersebut. Penelitian dilanjutkan dengan mengambil data suhu udara yang dihasilkan oleh kerja evaporator serta mengukur suhu pada pipa – pipa yang ada pada unit evaporator. Pada penelitian ini penulis telah menentukan aturan suhu yaitu 18oC, 20oC, dan 22oC sebagai acuan pengaruh kerja dari evaporator terhadap pengkondisian udara. Penelitian ditutup dengan melakukan pengamatan terhadap head pipe atau pipa kapiler dengan patokan pengkondisian udara yang telah ditentukan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja evaporator terhadap pengkondisian udara yang semakin panas maka kerja evaporator semakin berat. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengukuran parameter yang telah dilakukan oleh penulis. Seiring meningkatnya temperatur udara maka distribusi temperatur dan pola aliran udara juga mengalami peningkatan dan terdisribusi secara merata didalam ruangan.
ANALISIS MESIN PRESSURE JUS BUAH (MESIN X-1 IPX4) TIDAK TERCAPAI PRESSURE 1500 BAR PADA PRESSURE INDIKATOR Ali Rosyidin; Jamaludin Jamaludin
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2021): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i1.5828

Abstract

Analisis ini dilatar belakangi perlunya hasil maksimal dari pada peroses pengambilan sari pati dari buah yang akan dijadikan jus atau minuman yang akak di kemas dan di jual di pasaran untuk memenuhi permintaan masyrakat.  Tujuannya untuk mengetahui kurangnya tekanan atau Pressure dalam pengoperasian mesin Pressure X-1 IPX4 pada saat proses pengambilan sari pati buah akibat dari kebocoran pada sill alat, kurangnya tekanan oli, reservoyi r yang bocor dan lain-lain. Dengan adanya analisa dari peralatan Mesin X-1 IPX4 ini diharapkan mendapatkan hasil optimal pada saat proses produksi dan efektifas alat serta mengurangi beban maintenance akibat tidak mengehaui bagian mesin yang rusak. Kebocoran sill yang terjadi ini perlu di minimalkan, karena menggangu kinerja mesin Press X-1 IPX4 dan kerugian hasil produksi. Pemeliharaan korektif perlu diterapkan pada mesin Press X-1 IPX4 untuk memberi perbaikan. Pemeliharaan korektif sementara yang dikerjakan karyawan pabrik adalah dengan mengganti sill kembali tersebut. Analisa awal dilakukan dengan menghitung respon yang bekerja pada mesin Press X-1 IPX4 akibat kebocoran tersebut. Dari survei didapat bahwa kebocoran terjadi pada bagian tabung oli pada  mesin Press X-1 IPX4 yang mendapat tekanan langsung dari reservoir sehingga tidak tercapainya persure 1500bar pada Pressure Indikator.
ANALISIS PERFORMANCE VELG VROSSI HONDA SCOOPY DENGAN FINITE ELEMENT ANALYSIS METHOD (FEAM) MENGGUNAKAN SOLIDWORKS Ahmad Iskandar; Agus Sulaeman; Rofiroh Rofiroh; Pratama Rizky
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2021): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v5i1.5811

Abstract

Perkembangan dunia otomotif dari tahun ke tahun semakin meningkat dan bergerak sangat cepat. Hal ini didukung oleh keadaan dimana saat ini kendaraan bukan lagi menjadi hal mewah. Berdasarkan Badan Pusat Statistik kendaran sepeda motor pada tahun 2018 berjumlah 106.657.952 dan pada tahun yang berikutnya tahun 2019 berjumlah 112.771.136 dengan presentase pertahun 6,20%. Velg merupakan komponen penting bagi setiap kendaraan, berfungsi pada sistem suspensi kendaraan yang menumpu beban static dan beban dinamik pada suatu kendaraan. Standar velg kendaraan bermotor diatur dalam SNI 1896:2008 yang mengacu pada JASO C 614- 87 Disc Wheel for Automobile, JIS D 4103-1998 Disc Wheel for Automobile, dalam beberapa syarat mutu dan kualitas. Metode FEA dapat menyelesaikan masalah struktur kompleks pada mekanika benda padat untuk menghasilkan solusi berupa tegangan, regangan, defleksi hingga umur fatigue. Disamping itu metode ini juga perlu adanya pendukung oleh perangkat lunak berbasis CAE seperti program Solidworks. Solidworks mampu menghitung regangan dan tegangan pada velg Honda Scoopy. Untuk mempermudah menghitung secara numeric serta membuat desain velg Honda scoopy.

Page 1 of 1 | Total Record : 8