cover
Contact Name
Ilham Fitrahriansyah
Contact Email
kppub.hki@unsika.ac.id
Phone
+6282117345670
Journal Mail Official
jprmedcom@unsika.ac.id
Editorial Address
Jl. H.S. Ronggowaluyo Teluk Jambe Karawang 41361
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Journalism, Public Relation, and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM)
ISSN : -     EISSN : 27156508     DOI : http://dx.doi.org/10.35706/
JPRMEDCOM diterbitkan sebagai upaya Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang untuk mempromosikan pendekatan interdisiplin yang mengakomodasi penelitian terkini di Indonesia terkait dengan jurnalistik, public relation dan media ilmu komunikasi. JPRMEDCOM berharap dapat menerbitkan temuan penelitian secara teratur dan berkala, dan menjadi jurnal rujukan untuk bidang jurnalistik, public relation, media dan ilmu komunikasi di Indonesia. Bentuk elektronik dari JPRMEDCOM diharapkan dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia dan memberikan manfaat bagi publik yang lebih luas.
Articles 46 Documents
Komunikasi Wanita Dewasa Yang Belum Menikah Dengan Orang Tua Aan Widodo
Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM) Vol 1 No 1 (2019): JPRMEDCOM
Publisher : Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jprmedcom.v1i1.3029

Abstract

Rata-rata setiap wanita mempunyai target usia menikah. Namun tidak semuanya sesuai dengan target usia pernikahan yang diinginkan. Antara lain mereka lebih mengutamakan karir dibandingkan dengan pernikahan. Ada juga sebagian anggapan bahwa ketika menikah karir akan terhambat, kenyataannya hal ini juga didukung oleh banyaknya perusahaan yang menerapkan kontak kerja bahwa wanita tidak diperbolehkan menikah pada rentang waktu tertentu selama masih baru bekerja. Ketika sudah melewati target usai dan bahkan melewati batas usai ideal menikah bagi wanita yang dibenturkan pada  norma, aturan dan adat istiadat Masyarakat, idealnya usia pernikahan bagi seorang wanita pun mejadi masalah, bukan hanya bagi diri wanita namun juga bagi orangtua wanita yang menuntut. Penelitian ini berfokus pada bagaimana komunikasi wanita dewasa yang belum menikah dengan orang tua. dengan pertanyaan penelitian (1) Bagaimana tindak komunikasi wanita dewasa yang belum menikah dengan orang tua diwilayah bekasi (2) Bagaimana Pengalaman Komunikasi wanita dewasa yang belum menikah dengan orang tua (3) Bagaimana pola komunikasi komunikasi wanita dewasa yang belum menikah dengan orang tua.   Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi dan paradigma konstruktivisme. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan yang kemudian dianalisa dengan teknik mereduksi hasil wawancara, memverifikasi dan kemudian menarik kesimpulan.  Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pola komunikasi wanita dewasa yang belum  menikah dengan orang tua terjadi dalam dua bentuk komunikasi, yaitu komunikasi wanita dewasa yang belum menikah dengan ibu, dan pola komunikasi wanita dewasa yang belum menikah dengan ayah.  Pola komunikasi wanita belum menikah dengan ibu lebih sering dilakukan dibandingkan dengan komunikasi dengan ayah. Setiap komunikasi mengenai pernikahan yang menyangkut wanita dewasa yang belum menikah selalu dimulai oleh orang tua dengan mulai dengan pertanyaan, membanding-mandingkan dengan orang lain. Dan diakhiri oleh wanita dewasa yang belum menikah dengan memberikan penjelasan, pemahaman atau mengabaikan pertanyaan.Kata Kunci: Wanita Dewasa, Menikah, Komunikasi
Pengaruh Kegiatan Marketing Public Relations “Saturday Barbeque Night” Terhadap Pembentukan Citra Swiss Bel Inn Hotel Karawang Zainal Abidin; Siti Nursanti; H. Lukmanul Hakim; Putri Uli Handayani Br. Saragih
Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM) Vol 1 No 1 (2019): JPRMEDCOM
Publisher : Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jprmedcom.v1i1.3254

Abstract

Berawal dari ketertarikan peneliti untuk mengangkat bagaimana Swiss Bel Inn membentuk citranya dengan menggunakan kegiatan marketing public relations. Kegiatan marketing public relations yang diangkat oleh Swiss Bel Inn ini berbentuk special event berjudul Saturday Barbeque Night yang diadakan secara rutin oleh Swiss Bel Inn Karawang pada Sabtu malam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan Marketing Public Relations berpengaruh terhadap pembentukan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekaatan kuantitatif dengan analisis data path analysis dengan dukungan dari teori Integrated Marketing Communication. Teori Integrated Marketing Communications adalah teori yang menerangkan bahwa terdapat strategi dalam proses bisnis yaitu seputar membuat perencanaan, pembangunan, pengeksekusian, dan pengevaluasian pelaksanaan program komunikasi merek yang terkordinasi pada konsumen, pelanggan, atau sasaran lain yang relevan dengan audiens ekternal dan internal. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa bentuk, isi dan frekuensi kegiatan marketing public relations yang dilakukan oleh Swiss Bel Inn Karawang yaitu special event Saturday Barbeque Night berpengaruh terhadap pembentukan citra Swiss Bel Inn Karawang bagi responden dilihat dari segi presepsi, kognisi, afeksi serta motivasi.Kata Kunci: Marketing Humas, Event, Citra
Tantangan dan Peluang Pelaksanaan CSR di Era Disrupsi Bagi Humas Korporasi Ilham Gemiharto; Eka Yusup
Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM) Vol 2 No 1 (2020): JPRMEDCOM
Publisher : Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jprmedcom.v2i1.3746

Abstract

Humas korporasi dalam era disrupsi selain harus memiliki keterampilan dasar komunikasi, namun juga dituntut untuk memiliki pola pikir terbuka, dan memiliki kompetensi komunikasi yang kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Kompetensi tersebut perlu dikuasai oleh petugas humas korporasi mengingat saat ini tidak ada sektor yang mampu bertahan dari era disrupsi saat ini tanpa mau berubah dan meninggalkan cara-cara lama yang sudah ketinggalan zaman. Era disrupsi ini memunculkan tantangan dan peluang yang harus segera disikapi dengan cepat dan tepat, sebelum tergilas oleh korporasi lain dalam bidang yang sama.  Petugas humas harus terus mencari ide-ide kreatif untuk dapat terus meraih citra yang baik dari publik, khususnya mereka yang selama ini berkontribusi secara signifikan dalam kemajuan korporasi. Tulisan ini membahas mengenai bagaimana tantangan dan peluang pelaksanaan CSR di era disrupsi saat ini khususnya bagi humas korporasi. Penelitian mengenai tantangan dan peluang pelaksanaan CSR di era disrupsi ini merupakan hasil kajian dari berbagai literatur mengenai pelaksanaan CSR di era disrupsi yang telah terbit dalam beberapa tahun terakhir ini. Tantangan terbesar bagi humas korporasi saat ini adalah bagaimana agar citra dan eksistensi perusahaan dapat bertahan di tengah era disrupsi saat ini.  Korporasi yang menyadari tantangan tersebut menjadi sangat peduli dengan perkembangan teknologi komunikasi dan menyadari adanya perubahan drastis dalam perilaku konsumen mereka. Korporasi tersebut melakukan pembenahan dengan berinvestasi pada penggunaan teknologi komunikasi terkini dan melatih divisi humas mereka untuk menguasai teknologi tersebut. Pelaksanaan kegiatan CSR oleh humas korporasi kini memanfaatkan media online dan media sosial dalam mempromosikan korporasi melalui kampanye pelestarian lingkungan dan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat.Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Era Disrupsi, Humas, Korporasi
Analisis Peran Dilema Media Massa dan Terorisme Yulia Sariwaty; Maya Retnasary
Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM) Vol 1 No 1 (2019): JPRMEDCOM
Publisher : Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jprmedcom.v1i1.3033

Abstract

Media massa sebagai penyedia informasi bagi publik memiliki peran besar dalam menyampaikan isu, wacana maupun peristiwa. Kegiatan aksi terorisme merupakan salah satu peristiwa menarik yang menjadi pemberitaan media massa. Media massa dan teroris sama-sama memiliki kepentingan, dimana media membutuhkan aktifitas teroris sebagai bahan pemberitaan dan teroris membutuhkan media dalam menyampaikan pesan dan penghubung dari eksistensi kegiatan kelompoknya kepada publik. Media massa seringkali tidak menyadari jika kegiatan publikasi yang dilakukan kontra produktif dengan upaya pemerintah dalam penanganan aksi terorisme. Wawancara langsung dengan anggota teroris yang menyampaikan pesan dengan penggunaan istilah-istilah atau terminologi tertentu, secara tidak langsung akan berdampak negatif terhadap khalayak luas, dikarenakan respon yang beragam yang diterima oleh public saat menyimak pesan yang disampaikan dalam konten pemberitaan.Kata Kunci: Media Massa, Terorisme
Pengaruh Relasi Pemimpin dan Anggota Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan RSUD Kabupaten Karawang Lina Suciati; Siti Nursanti
Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM) Vol 2 No 1 (2020): JPRMEDCOM
Publisher : Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jprmedcom.v2i1.3751

Abstract

Kepuasan pegawai menjadi salah satu faktor penyebab terciptanya suasana dan budaya kerja yang positif dalam sebuah organisasi. Pemimpin menjadi faktor yang tidak kalah penting dalam keberhasilan pencapaian tujuan organisasi. Diperlukan seorang pempimpin yang dapat membina hubungan baik serta komunikasi yang efektif antara bawahan dan atasan untuk menciptakan sebuah budaya organisasi. Penelitian ini akan melihat sejauh mana pengaruh relasi pimpinan terhadap kepuasan anggota kerja di RSUD Karawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuisener. Hasil penelitian dari 92 kuisener yang dibagikan menunjukan adanya pengaruh relasi pimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan di RSUD Karawang. Perlakuan positif pimpinan berpengaruh kepada kepuasan dan produktifitas kerja karyawan di RSUD Karawang.Kata Kunci: Relasi Pimpinan, kepuasan kerja, Produktifitas
Penggunaan Applikasi Whatsapp dalam Komunikasi Pemimpin di Era Digital: Studi Kasus Penggunaan WAG “Calon Prof 2025 YAD” oleh Rektor Unsika 2014-2020 Ana Fitriana P.
Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM) Vol 2 No 1 (2020): JPRMEDCOM
Publisher : Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jprmedcom.v2i1.3745

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat mendukung perkembangan terutama di bidang komunikasi. Salah satu bentuk perkembangannya adalah media komunikasi yaitu applikasi whatsaaps, penggunaan whatsaap group sebagai media komunikasi merupakan hal yang mendasar dalam komunikasi yang terjadi di institusi hal ini dikarenakan memudahkan proses komunikasi dari atasan ke bawahan dan sebaliknya. Hal ini juga dilakukan oleh Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang yaitu dengan membangun Whatsaaps Group “Calon Prof 2025 YAD” sebagai bentuk komunikasi di era digital yang memiliki pengaruh positif bagi anggota group yang di dominasi oleh para dosen dari berbagai Fakultas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bentuk komunikasi Rektor kepada dosen melalui whatsaaps Group sebagai sarana motivasi dan berbagi informasi. Metode penelitian adalah studi kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan adanya keunikan peristiwa komunikasi dalam percakapan yang terjadi melalui WhatsApp Group yaitu Peran pemimpin tetap diperlukan sebagai figur panutan dalam memotivasi bawahan hal ini dapat dilihat dari pesan-pesan yang disampaikan secara teks di whatsaap Group agar proses interaksi melalui komunikasi antara rector dan dosen dapat terwujud yaitu sesuai dengan nama group menjadi professor di tahun 2025 yang akan datang.Kata Kunci: Komunikasi Pemimpin, Rektor, Whatsapp Group
Evaluasi Strategi Kehumasan dalam Mengelola Reputasi Universitas Jenderal Soedirman sebagai Pusat Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Berkelanjutan Abimanyu Nour Pratiwi
Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM) Vol 1 No 1 (2019): JPRMEDCOM
Publisher : Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jprmedcom.v1i1.3034

Abstract

Keberadaan humas dalam sebuah institusi menjadi penghubung antara lembaga dengan publiknya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa saat ini tidak ada organisasi yang tidak membutuhkan humas. Perguruan tinggi sebagai sebuah organisasi penyedia layanan jasa pendidikan juga perlu mengelola citranya. Hal ini akan berkaitan dengan kepercayaan publik terhadap aspek kualitas pendidikan serta komponen mendasar lainnya yang melekat pada institusi pendidikan. Sehingga citra positif dapat terwujud, ketika perguruan tinggi secara nyata mengelola pendidikannya dengan mengacu pada konsep good university governance. Sehingga citra positif ini pula, yang nantinya akan menjadi nilai tambah bagi para calon mahasisiwa dalam menentukan pilihannya. Dengan demikian PR harus mempunyai program kerja yang jelas dan rinci, termasuk mencari fakta, merencanakan, mengkomunikasikan bahkan juga mengevaluasinya. Evaluasi kinerja yang dilakukan humas saat ini sudah dapat meningkatkan kinerja humas karena dari hasil evaluasi tersebut dapat diketahui kekurangan dan apa saja yang perlu diperbaiki oleh humas, namun humas belum melakukan analisis untuk citra universitas seperti analisis SWOT. Hasil akhir dari kegiatan pencitraan yang dilakukan humas UNSOED adalah meningkatnya reputasi UNSOED yang berpengaruh pada minat calon mahasiswa baru yang meningkat tiap tahun dan banyaknya lulusan UNSOED yang dengan mudah mendapatkan pekerjaan segera setelah lulus.Kata Kunci : Audit, Kehumasan, Reputasi, Perguruan Tinggi
Media Online dan Diskriminasi Rasial Papua Safira Adnin Karlina; Nabila Kusuma Wardhani
Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM) Vol 2 No 1 (2020): JPRMEDCOM
Publisher : Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jprmedcom.v2i1.3750

Abstract

Pengepungan asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya menuai kontroversi. Tindakan aparat dalam menangani kasus jatuhnya bendera nasional ke dalam selokan dengan menggunakan gas air mata semakin kontroversional ketika peristiwa tersebut diberitakan media, seperti Detik.com dan Tirto.id. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pembingkaian berita, khususnya penerapan ideologi dan ekonomi politik media, untuk mendekati pemberitaan yang objektif dan independent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian meunukkan bahwa Detik.com melakukan pembingkaian berita dengan melakukan pemihakan kepada aparat dengan penunggalan sumber berita tanpa melakukan verifikasi ataupun konfirmasi ke pihak berseberangan serta penggunaan frasa “keras kepala” membuat mahasiswa Papua berada di pihak yang bersalah dan juga mengabaikan latar belakang peristiwa. Sedangkan pembingkaian berita yang dilakukan oleh media Tirto.id memberikan sudut pandang pemberitaan yang tidak membenarkan tindakan aparat menangani mahasiswa Papua, dan mewajarkan mengapa banyak massa reaksioner di luar Papua yang menuntut atas diskriminasi rasial dan persekusi yang dilakukan ormas dan aparat.Kata Kunci: Media Online, Analisis, Framing, Papua, Rasisme, Pan dan Kosicki
Analisis Semiotika Makna Seksi dalam Iklan Shopee Versi Blackpink Dara Novita Andisya Tanjung; Mayasari Mayasari; Yanti Tayo; Kusrin Kusrin
Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM) Vol 1 No 1 (2019): JPRMEDCOM
Publisher : Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jprmedcom.v1i1.3061

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai semiotika makna seksi dalam iklan shopee versi blackpink. Iklan merupakan salah satu jalan untuk mempromosikan sesuatu, seperti iklan shopee yang menggunakan blackpink sebagai modelnya, untuk menarik perhatian khalayak luas. Penelitian ini juga berfokus pada iklan shopee versi blackpink yang diambil dari youtube. Penelitian ini menggunakan teknik semiotika Roland Barthes untuk menganalisis makna denotasi, konotasi, dan mitos yang ada dalam iklan. Iklan shopee versi blackpink ini lebih memperlihatkan cara berpakaian blackpink yang terbilang seksi dan terbuka, juga memberi tahu para khalayak bahwa tren berpakaian yang dikenakan blackpink adalah tren modern karena banyaknya anak muda yang mengikuti nya, dan iklan shopee versi blackpink dibangun dengan membuat prespektif bahwa wanita seksi dan menggunakan pakaian terbuka bisa lebih menarik perhatian banyak orang, jadi shopee menjadikan blackpink sebagai model iklan karena untuk menarik lagi banyak minat pelanggan agar lebih memilih shopee sebagai aplikasi berbelanja onlineKata kunci : Iklan Shopee, Semiotika Roland Barthes, Blackpink, Seksi
Pemanfaatan Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada UMKM Snack Indochip Monika Teguh; Aviana Benita; Ni Ketut Ayu Sari Utari Dewi
Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM) Vol 2 No 1 (2020): JPRMEDCOM
Publisher : Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jprmedcom.v2i1.3748

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini, pembangunan usaha khususnya di bidang industri makanan dan minuman berlangsung cepat. Banyak bermunculan usaha– usaha baru khususnya produsen dalam industri makanan dan minuman baik dalam skala kecil, menengah, hingga skala besar. Oleh karena itu, selaku pengusaha yang bergerak dalam industri makanan harus memperhatikan komunikasi pemasarannya agar tetap dapat bertahan ditengah persaingan. Snack Indochip merupakan bisnis makanan UMKM yang memproduksi keripik dengan rasa khas telur asin, dengan merek Three O’Clock. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan Snack Indochip sehingga dapat mempertahankan penjualannya ditengah peningkatan persaingan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada tiga kategori sumber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber yaitu membandingkan data dari tiga sumber kategori informan. Hasil penelitian ini menunjukkan Snack Indochip telah melaksanakan komunikasi pemasaran terpadu dimana kegiatan yang dilakukan antara lain personal selling, direct marketing, publicity, online marketing dan sales promotion. Kegiatan unggulan yang selama ini memberikan kontribusi besar adalah personal selling dan sales promotion. Sedangkan kegiatan direct marketing dan advertising yang dilaksanakan Snack Indochip masih belum maksimal, sehingga perlu dilakukan pengembangan kedepannya.Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terpadu, UMKM, Snack Indochip