cover
Contact Name
Asep Amam
Contact Email
jurnalwahanapendidikan@gmail.com
Phone
+6285220520401
Journal Mail Official
jurnalwahanapendidikan@gmail.com
Editorial Address
Jln. R.E. Martadinata No. 150 Tlp. (0265) 772192
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Wahana Pendidikan
Published by Universitas Galuh
ISSN : 23552425     EISSN : 27156796     DOI : 10.25157
Core Subject : Education,
Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun (Januari dan Agustus). P-ISSN: 2355-2425 dan E-ISSN : 2715-6796 Wahana Pendidikan is a high-quality open access peer-reviewed research journal published by the Teaching and Education Faculty of Galuh University (UNIGAL). Wahana Pendidikan provides a platform that welcomes and recognizes high-quality original empirical research articles on education written by researchers, academics, professionals and practitioners from around the world.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2022): Januari" : 9 Documents clear
PENDEKATAN SCIENTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PENGGUNAAN NOVEL SEJARAH DI KELAS XI SMA N 4 SIDOARJO Luluk Masruroh
Wahana Pendidikan Vol 9, No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i1.6869

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan scientifik dalam pembelajaran sejarah melalui penggunaan novel sejarah. Metode yang digunakan pada penulisan artikel ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan kegiatan belajar mengajar semua mata pelajaran di SMA Negeri 4 Sidoarjo untuk kelas XI berdasarkan penerapan Kurikulum 2013 yang menekankan pada kegiatan siswa yang terpusat pada siswa (student centered). Berkaitan dengan hal tersebut kegiatan belajar mengajar Sejarah juga dituntut untuk mampu mendorong peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga pelajaran Sejarah yang selama ini dianggap membosankan akan terasa lebih menyenangkan. Dalam hal ini guru mengajar materi Sejarah dengan menekankan pada kegiatan siswa dengan menggunakan novel Sejarah. Pembelajaran dengan menggunakan novel sejarah sejalan dengan kurikulum sejarah 2013 yang memakai pendekatan scientific. Hal ini dapat dilihat bahwa langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan novel sejarah intinya sama dengan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific. Pada langkah pertama pembelajaran novel sejarah siswa diminta untuk menentukan topik yang akan dibahas. Pada langkah yang kedua siswa menyeleksi novel sejarah yang relevan hal ini dapat dilakukan dengan saling bertanya antar siswa atau siswa kepada guru. Langkah ketiga memberikan latar belakang sejarah bagi fiksi sejarah yaitu dengan mendiskusikan berbagai hal terkait dengan isi cerita dari novel sejarah tersebut. Langkah keempat yaitu menganalisis fiksi sejarah ini digunakan dengan berbagai kegiatan pengayaan sesuai dengan kegiatan mengasosiasi. 
BENTUK-BENTUK PERILAKU VERBAL ABUSE YANG DILAKUKAN ORANG TUA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI DESA SUKAREJA KECAMATAN WARUREJA KABUPATEN TEGAL DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA siti nur janah; Agus Riyanto; Khusnul Khotimah
Wahana Pendidikan Vol 9, No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i1.6516

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku verbal abuse yang dilakukan orang tua pada anak usia prasekolah di desa Sukareja, kecamatan Warureja, kabupaten Tegal, dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Pada penelitiam ini, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang terlibat dalam penelitian ini yaitu sebanyak 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, menggunakan  teknik simak bebas cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu dan teknik hubung banding bedakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ditemukan adanya verbal abuse yang dilakukan orang tua ada anak usia prasekolah di desa Sukareja, kecamatan Warureja, kabupaten Tegal dengan berbagai macam bentuk. Bentuk-bentuk verbal abuse yang ditemukan yaitu (a) tidak sayang atau dingin 21,4%, (b) intimidasi 52,3%, (c) mengecilkan atau mempermalukan anak 11,9%, (d) kebiasaan mencela anak 7,1%, (e) tidak mengindahkan atau menolak anak 4,7%, dan (f) hukuman ekstrem 2,3%. Penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
MANAJEMEN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI DI ERA INDUSTRI 4.0 Romdah Romansyah; Sari Rahayu; Hendi S Muchtar; Rita Sulastini
Wahana Pendidikan Vol 9, No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i1.6866

Abstract

Era industri 4.0 membawa arah perubahan dalam berbagai aspek kehidupan ekonomi, sosial, budaya bahka dunia pendidikan sehingga diperlukan kemampuan perguruan tinggi untuk bisa adaptif dan relevan dengan dunia kerja atau dunia industri. Oleh sebab itu perkembangan yang terjadi menyebabkan dalam dunia kerja harus membuat perubahan, kompetensi dan keterampilan yang mempunyai kompetensi. Mahasiswa diarahkan dan dibentuk dalam kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, berkolaborasi dalam mengoptimalkan perannya di era industri 4.0 ini. Kegiatan dalam proses pembelajaran harus diarahkan pada pemenuhan keterampilan teknologi yang berbasis data. Oleh sebab itu, perguruan tinggi harus meminij program strudinya yang  terencana dan tertuang didalam struktur kurikulum. Maka dari itu manajemen kurikulum perguruan tinggi perlu direvisi agar bisa mencetak lulusan yang memiliki kompetensi dan dapat bersaing dan menjawab tuntutan era indutri 4.0. Perguruan tinggi harus melakukan perubahan dalam manajemen kurikulum secara tepat guna bisa menjawab tuntutan dan tantangan tersebut. Mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi kurikulum.
PEMANFAATAN MUSEUM TAMBAKSARI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X MAN 6 CIAMIS TAHUN AJARAN 2018/2019 Bela Nurul Kusuma Dewi; Sri Pajriah; Wulan Sondarika
Wahana Pendidikan Vol 9, No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i1.6860

Abstract

ABSTRAKMuseum Tambaksari merupakan salah satu objek wisata sejarah dan edukasi di kota Ciamis yang memberikan informasi dan pengetahuan mengenai geologi atau ilmu bumi, seperti bebatuan serta fosil tulang-belulang. Pembelajaran sejarah dengan melakukan kunjungan ke museum dapat memberikan pengetahuan sejarah bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Museum Tambaksari sebagai sumber belajar sejarah, serta kendala yang dihadapi guru sejarah dan siswa dalam memanfaatkan Museum Tambaksari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian pada pemanfaatan Museum Tambaksari sebagai sumber belajar sejarah siswa kelas X MAN 6 Ciamis tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan Museum Tambaksari sebagai sumber belajar sejarah harus sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Kurikulum 2013 yaitu materi Zaman Pra-Aksara dengan Kompetensi Dasar (3.2) memahami corak kehidupan masyarakat pada Zaman Pra-Aksara dan (4.2) menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada Zaman Pra-Aksara dalam bentuk tulisan. Kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa yaitu terdapat dalam hal keterbatasan waktu, perizinan dari pihak sekolah, ruangan museum yang kecil, serta petugas museum yang bukan orang berijazah disiplin ilmu sejarah. Kata kunci: Pemanfaatan, Museum Tambaksari, Sumber Belajar Sejarah  ABSTRACTTambaksari Museum is one of historical and education object at Ciamis city that give information and knowledge about geology or geography, like a rocks and fossil bones. History learning through visiting to museum can give aducation about history for studens. The purpose of this research are to knowledge the utilization of Tambaksari Museum as historical learning resource, and problem that confronting by history teacher and studens to exploit Tambaksari Museum. This research use research method qualitative descriptive and the research focus to utilization of Tambaksari Museum as historical learning resource X grade studens of MAN 6 Ciamis school year 2018/2019. Data collection technique through observation, interview, literature and documentation. The result of this research to adduce that utulization of Tambaksari Museum as historical learning resource must be accordance to Learning Administration Program (RPP) based on 2013 Curriculum that is Pre-Literacy material with basic competencis (3.2) to comprehed the life style of society at Pre-Literacy and (4.2) prepare the reasoning result about life style of society at Pre-Literacy on writring form. The problem that confronting by teacher and studens are time limitation, licensing from school, small museum room, and museum officer who is not a person has diploma in history. Keywords: Utilization, Tambaksari Museum, Historical Learning Resources            
METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar) Mely Laila Azhar; Sri Pajriah; Aan Suryana
Wahana Pendidikan Vol 9, No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i1.6785

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPS dikelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan design quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar, dan sample terdiri dari kelas VIII A eksperimen menggunakan metode bermain peran dan kelas VIII B kontrol menggunakan metode ceramah.  Ditentukan dengan teknik simple random sampling dengan memilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi.  Penggunaan metode metode bermain peran pada pembelajaran IPS, yaitu disusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah bermain peran, membuat kuisioner untuk pengukuran kreativitas siswa.  Pengujian Normalitas dengan  menggunkan Chi-Square,  Pengujian realibilitas dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji-t. hasil penelitian penerapan metode bermain ditunjukan dari hasil rata-rata  posttest siswa kelas eksperimen 59.50 sedangkan kelas kontrol adalah 53.00. maka, metode bermain beran dapat meningkatkan kreativitas siswa dikelas VIII SMP IT Nurul Haromain Kota Banjar.
SIKAP BAHASA MASYARAKAT DUKUH BALSIAH DESA MALAHAYU KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES TERHADAP BAHASA JAWA DAN IMPLIKASINYA Maratun Solihha; Agus Riyanto; Leli Triana
Wahana Pendidikan Vol 9, No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap bahasa masyarakat Dukuh Balsiah, Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, terhadap bahasa Jawa, mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan sikap bahasa masyarakat Dukuh Balsiah, Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, terhadap bahasa Jawa dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah tuturan masyarakat Dukuh Balsiah, Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, dan karakteristik masyarakatnya beserta hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan bahasa daerah yang dominan dalam komunikasi. Wujud data penelitian berupa penggalan-penggalan tuturan yang mengandung  sikap bahasa masyarakat Dukuh Balsiah, Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, terhadap bahasa Jawa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak, menggunakan teknik simak bebas libat cakap, simak libat cakap, teknik rekam, teknik catat dan menggunakan metode wawancara. Analisis data menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu dan teknik hubung banding bedakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap bahasa masyarakat Dukuh Balsiah,  Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, terhadap bahasa Jawa bersikap negatif. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA, kelas XI semester genap dengan materi teks naskah drama/film.
CITRA MASKULINITAS TOKOH LAKI LAKI DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA mita oktapiyani; Sri Mulyati; Leli Triana
Wahana Pendidikan Vol 9, No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i1.6819

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra maskulinitas pada novel ayat-ayat cinta karya Habiburrahman El Shirazy, dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy adalah pendekatan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan novel Ayat-Ayat Cinta 2. Wujud data adalah kata, frasa, dan kalimat mengandung citra maskulinitas dalam novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan teknik pustaka yang dilakukan dengan cara membaca sumber data dalam novel ayat-ayat cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik analisis data deskriptif analisis. Teknik penyajian hasil analisinya yaitu metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan adanya citra maskulinitas tokoh laki-laki dalam novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dengan berbagai macam citra maskulinitas. Pada penelitian ini teori yang digunakan untuk menganalisis yaitu buku yang berjudul dominasi maskulin karya Bourdieu. Citra maskulinitas  yang ditemukan yaitu (a) Fahri 10,00%, (b)  Polisi Penjara dan Fahri Abdullah 6,50%, dan (c) Ashraf, Orang Mesir, Syaikh Ahmad, Bahadur, orang Mesir, penjaga loket, orang tua, Fahri Abdullah, Baruch, Imam Muda, Seorang Jamaah, Pemuda Yahudi, sekuriti, sopir taksi, Syaikh Utsman, Rabi Benyamin Bokser, seorang lelaki, Ustadz Jalal dan Basuki, Profesor Alex, Richard dan seorang lelaki 3,50% (d) paling sedikit yaitu tokoh Bahadur 3,50%. Penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia sastra di SMA kelas XI semester 2. Kompetensi dasar (KD) 3.36. Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca.
PENINGKATAN KOMPETENSI DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENDEKATAN TERPADU (INTEGRATED APPROACH) BAGI MAHASISWA NON BAHASA INGGRIS Samsul Amri
Wahana Pendidikan Vol 9, No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i1.6613

Abstract

English as a subject in the higher education is used as supplement of the core courses. Dealing with the prelimenary observation, the learners do not yet use it maximally. It leads to lack of motivation, vocabulary, learning interest, time allocation, and others. Thus the reseacher chose the Integrated Approach to cope those problems. The study aims at investigating if the Integrated Approach boosts English proficiency and engagement in learning, as well as to see how learners’ progress and what variables affects their progress. it is designed as Classroom Action Research. Accounting major learners of the Islamic University of Indragiri were the respondents. Test results and questionnaires were utilized in gathering the data. Additionally, the research findings reveal that there are better results on the learners’ profeciency and motivation in leearning English. Some integrated processes support their improvement that comprise of civilizing, investigating, observing, controlling, and rehearsing. Moreover, internal and external variables including learner autonomy, instructional approaches, and educator tasks are influencing the advancement. Finally, the use of Integrated leads to better learners' academic achievement and engagement.
ANALISIS SELF-EFFICACY MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN LINEAR DENGAN PEMBELAJARAN DARING Yoni Sunaryo; Ida Nuraida
Wahana Pendidikan Vol 9, No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/wa.v9i1.6777

Abstract

Pembelajaran daring merupakan solusi dari situasi pandemic covid 19 yang melanda dunia saat ini agar proses pembelajaran tetap berlangsung meskipun dosen dan mahasiswa harus berada di rumah. Pembelajaran memiliki tiga ranah capaian pembelajaran salah satunya pada ranah afektif yakni self-efficacy. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self-efficacy mahasiswa pada mata kuliah pemrograman linear dengan pembelajaran daring. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas 3B Prodi Pendidikan Matematika Universitas Galuh pada mata kuliah Pemrograman Linear. Teknik pengambilan data melalui observasi, pemberian angket self-efficacy dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek magnitude (Tingkat kesulitan tugas) mahasiswa termasuk pada kategori positif, pada aspek strength (Tingkat kuat atau lemahnya keyakinan) mahasiswa termasuk pada kategori positif dan pada aspek generality (Penguasaan bidang atau tugas pekerjaan) mahasiswa termasuk pada kategori positif. 

Page 1 of 1 | Total Record : 9