cover
Contact Name
Ma'adul Yaqien Makkarateng
Contact Email
jurnal.altsarwah@gmail.com
Phone
+6281259984383
Journal Mail Official
jurnal.altsarwah@gmail.com
Editorial Address
Gedung Program Pascasarjana IAIN Bone Jl. HOS. Cokroaminoto, Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Indonesia Telp. (0481) 21395
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah
ISSN : 26207818     EISSN : 26854686     DOI : https://doi.org/10.30863/al-tsarwah.
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu Ekonomi Syariah. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya yang berupa artikel hasil penelitian ataupun penelitian terapan, artikel telaah yang berkaitan dengan perkembangan Ilmu Ekonomi dan Keuangan (Konvensional dan Syariah) Informasi mengenai pedoman penulisan artikel dan prosedur pengiriman artikel terdapat pada setiap penerbitan. Semua artikel yang masuk akan melalui ‘peer-review process’ setelah memenuhi persyaratan sesuai pedoman penulisan artikel. Penerbitan jurnal ini dilakukan sebanyak enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021)" : 7 Documents clear
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, ANAK PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP AUDIT DELAY STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR ANEKA INDUSTRI DAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI Ikhyanuddin Ikhyanuddin
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v4i1.1614

Abstract

ABSTRACTThis  research  was  conducted  to  examine  the  effect  of  company  size,  subsidiaries,  leverage  and profitability on audit delay. Audit delay experienced by the company can harm various parties related to the company and cause a decline in the company's image in the eyes of investors. Audit delay is the time span for completion of the annual financial statement audit, measured based on the number of days it takes to obtain an independent auditor's report on the company's annual financial statement audit, from the date of the company's financial statement to the date stated in the independent auditor's report. The factors that are considered to influence audit delay are company size, subsidiaries, leverage and profitability. The sample selection used in this study is purposive sampling with the number of samples obtained as many as 59 manufacturing companies in various industrial sectors and consumer goods industries during the period 2017-2019. Data analysis using multiple linear regression analysis. The results showed that company size and leverage have a positive and significant effect on audit delay, while subsidiaries  and  leverage  have  a  negative  and  insignificant  effect  on  audit  delay.  Simultaneously, company size, industry type, audit committee, and KAP size.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PERSONIL POLRI PADA KEPOLISIAN SEKTOR BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN TA Hariyono; Muhammad Uskiansyah; Devi Rusvitawati; Syamsuddinnor Syamsuddinnor; Arfie Yasrie
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v4i1.1553

Abstract

Setiap organisasi memiliki budaya yang berbeda sehingga budaya tersebut dapat menjadi ciri utama dari organisasi lainnya. Iklim organisasi juga mengambil peran penting. Iklim organisasi bersifat abstrak namun dapat dirasakan oleh masyarakat baik internal maupun eksternal Kepolisian Sektor Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Personil Polri, kepuasan kerja memberikan pengaruh yang besar terhadap aktivitas organisasi. Penelitian ini berfokus pada Budaya Organisasi terkait Sumber Daya Manusia, kepuasan kerja dan iklim organisasi Personil Polri di Kepolisian Sektor Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Analisis ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan uji-t. Analisis model PLS-nya Powerfull karena model PLS tidak memiliki banyak asumsi. Pendekatan kuantitatif dan metode korelasi digunakan dalam penelitian ini. Terdapat hubungan yang erat antara budaya organisasi dan iklim organisasi dengan Kepuasan Kerja Personil Polri Sektor Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Hasil korelasi menjelaskan perbandingan nilai budaya organisasi thitung sebesar 4,906 ttabel sebesar 1,996 dan nilai perbandingan iklim organisasi thitung sebesar 4,884 ttabel sebesar 1,996.
PENGEMBANGAN MODEL ANALISIS DATA KUALITATIF UNTUK PENELITIAN EKONOMI SYARIAH MENGGUNAKAN MAQASHID SYARIAH Abd. Misno; Muh. Arafah
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v4i1.1627

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mengkaji mengenai pengembangan maqashid syariah sebagai alat analisis data dalam penelitian data kualitatif khususnya dalam ekonomi Islam.Penelitian ini menggunakan pendekatan Grounded Theory, yaitu metode penelitian kualitatif yang menggunakan sejumlah prosedur sistematis guna mengembangkan teori dari fakta-fakta di lapangan. Penerapan maqashid syariah dalam penelitian ekonomi dan bisnis Islam adalah 1) melindungi agama (Hifdzad-Dien)indeksnya pedoman pada Al-Qur’an, Al-Hadits dan Fiqh Islam, Ada Dewan pengawas Syariah.2) melindungi jiwa (Hifdz An-Nafs) indeksnya pelaksanaanakad syar’i,perilaku Islami dalam berpakaian. 3)melindungi akal (Hifdzal-‘Aql) Indeksnya Edukasi produk kepada nasabah, sosialisasi kepada masyarakat umum. 4)melindungi keturunan (Hifdz An-Nasl) indeksnya melaksanakan syariah yang berdampak pada keluarga dan keturunan yang dinafkahi.5) melindungi harta (Hifdzal-Maal) indeksnya sumber dan pengelolaan halal, profit yang wajar dan mubah dan penerapan zakat. Kata Kunci: Analisis data kualitatif, Ekonomi Syariah, Maqashid Syariah AbstractThis study aims to examine the development of maqashid sharia as a data analysis tool in qualitative data research, especially in Islamic economics. This study uses a Grounded Theory approach, which is a qualitative research method that uses a number of systematic procedures to develop a theory from facts in the field. The application of maqashid sharia in Islamic economic and business research is 1) protecting religion (Hifdz ad-Dien) the index is guidelines on the Qur'an, Al-Hadith and Islamic Fiqh, There is a Sharia supervisory board. 2) protect the soul (Hifdz An-Nafs) the index is the implementation of the syar'i contract, Islamic behavior in dress. 3) protect the mind (Hifdz al-'Aql) The index is Product education to customers, socialization to the general public. 4) protect offspring (Hifdz An-Nasl) the index implements sharia which has an impact on the family and the offspring that are supported. 5) protect assets (Hifdz al-Maal), the index is halal sources and management, reasonable and permissible profits and the application of zakat. Keywords: Qualitative data analysis, Islamic Economics, Maqashid Syariah  
PEMBERDAYAAN EKONOMI JAMAAH MASJID BERBASIS AGRIBISNIS Muhardi Muhardi; Deden Gandana Madjakusumah; Handri Handri; Nandang Ihwanuddin
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v4i1.1589

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pentingnya pemberdayaan ekonomi jamaah masjid berbasis agribisnis. Urgensi dilakukannya penelitian, karena perhatian terhadap kesejahteraan jamaah belum banyak dijadikan unit kajian. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Unit sampel yang diambil terdiri dari 13 masjid jami’ di Desa Karamatwangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Informan penelitian yang dilibatkan terdiri dari kepala desa, ketua MUI Desa, para ketua DKM, dan perwakilan jamaah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemberdayaan ekonomi jamaah dilakukan dengan membangun kompetensi, yaitu dengan pemberian wawasan pengetahuan tentang agribisnis, sikap mental, keterampilan pemasaran, dan kemudahan dalam mengakses permodalan untuk menjadi wirausaha agribisnis. Guna mendukung terwujudnya wirausaha tersebut, diperlukan kesadaran para jamaah dengan didukung oleh para stakeholder lainnya, yaitu kepala desa, MUI Desa, dan pengurus DKM untuk membentuk kelompok, sehingga terbangun sinergitas dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi jamaah.
PENERAPAN MASLAHAH DALAM PENETAPAN HARGA PENJUALAN PADA MINIMARKET DI KABUPATEN BONE Sitti Nikmah Marzuki
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v4i1.1675

Abstract

Penetapan harga barang dan jasa adalah strategi utama karena deregulasi, kompetisi yang semakin kompetitif, ekonomi rendah dan tinggi, dan peluang untuk memperkuat posisinya di pasar. Harga sangat mempengaruhi posisi dan kinerja keuangan, dan juga sangat mempengaruhi persepsi pembeli dan positioning merek. Penelitian ini mengungkap dan mengekslorasi penerapan maslahah dalam penetapan harga penjualan pada minimarket di Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah explanatori  yang mengungkap hubungan antara variabel. Penelitian ini mengungkap Pertimbangan kemaslahahan dari aspek agama, memberikan pengaruh terhadap penetapan harga, sebagaimana dalam pandangan Ibnu Taymiyah di atas, produk yang dijual yang memiliki lebelisasi halal membutuhkan biaya yang tentunya akan menambah biaya pada produk. Demikian pula dengan aspek jiwa, pihak minimarket berkewajiban menyediakan produk yang bermanfaat dan bernilai guna. Aspek akal, minimarket memberikan produk yang tidak berbahaya baik secara fisik maupun akal. Konsumen pun akan mendapat maslahah dari produk yang dikonsumsi. Aspek keturunan pun demikian, minimarket menyediakan produk yang keturunan, artinya bahwa produk yang dijual sesuai dengan umur. Pihak minimarket juga menjual produk dengan harga yang wajar kepada konsumen. Agar konsumen merasa puas dengan pelayanan dan sebanding dengan harga yang dikeluarkan.    
ISLAMIC BRANDING DALAM EKONOMI SYARIAH Sa'diyah El Adawiyah
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v4i1.1556

Abstract

Fenomena   munculnya brand Islami dalam lima tahun belakangan ini menandakan adanya pergeseran perilaku konsumen. Tidak dapat dipungkiri, banyak konsumen menjadikan merek yang mereka beli atau gunakan, merupakan manifestasi dari dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai Islami yang dilekatkan pada merek dalam Ekonomi Syariah di Indonesia.  Teori yang digunakan adalah branding dan Islamic Branding.  Islamic Branding merupakan bagian dari nilai-nilai Islam yang didalamnya berpadu dengan konsep branding melalui berbagai pendekatan teoritis berdasarkan prinsip religiusitas, prinsip-prinsip syariah, produk halal dengan atribut Islami yang akan membedakan dengan produk umum yang sudah lebih dulu. Kajian ini merupakan konseptual empiris dan holistic.
PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KEC. LAPPARIAJA KAB. BONE PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH Hamril Hamril; A. Sarjan; Arifin S
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah : ilmu ekonomi dan keuangan (konvensional dan syariah) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v4i1.1613

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini membahas tentang Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone (Perspektif Ekonomi Syariah). BUMDes merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di desa.Adapun pokok permasalahan adalah bagaimana studi tentang pengelolaan BUMDes dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone perspektif ekonomi syariah.Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif.Dengan menggunakan pendekatan sosiologis, ekonomi, dan yuridis.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi.jenis data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Kemudian data diolah dengan tahapan yakni memilah-milah data, verifikasi data, dan interpretasi data kemudian menarikkesimpulan.Pengelolaan BUMDes di Kecamatan Lappariaja belum optimal karena usaha-usaha BUMDes yang menggerakkan perekonomian masyarakat jumlahnya sedikit, hanya usaha pembiayaan/pemberi kredit yang nyata kontribusinya. Peran BUMDes dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di wilayah kerjanya sudah dinikmati oleh sebagian masyarakat melalui sejumlah usaha pelayanan jasa. Pengelolaan Badan BUMDes di Kecamatan Lappariaja dengan berbagai aktifitas kegiatan usaha sudah sesuai dengan syariah kecuali usaha pembiayaan, masih diragukan kedudukannya oleh sebagian pengurus BUMDes.

Page 1 of 1 | Total Record : 7