cover
Contact Name
Jaka Wijaya Kusuma
Contact Email
jakawijayak@gmail.com
Phone
+6285718831118
Journal Mail Official
lebesguejournal@gmail.com
Editorial Address
Universitas Bina Bangsa Jl. Raya Serang – Jakarta KM.3 No.1B (Pakupatan) Kota Serang Provinsi Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika
ISSN : 27218929     EISSN : 27218937     DOI : 10.46306/lb
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Jurnal Lebesgue Adalah Jurnal Ilmiah yang terbit secara daring pada bulan April, Agustus dan Desember. untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dalam bidang matematika, statistika, aktuaria, matematika terapan, matematika komputasi, Model Pembelajaran Matematika dan pendidikan matematika.
Articles 392 Documents
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS Ilmadi; Andi Nur Rahman
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistik
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i1.8

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran reflektif terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa matematika, serta Menganalisis ada tidaknya interaksi antara pembelajaran reflektif pada kemampuan awal matematika terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy eksperiment), dalam hal ini membandingkan antara mahasiswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran reflektif dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis data dapat ditarik beberapa kesimpulan (1)Berdasarkan hasil uji kesamaan rata – rata dimana nilai uji t sebesar 9.261 dengan nilai sig. = 0.000 lebih kecil dari α = 0.05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara rata – rata kemampuan penalaran matematis mahasiswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, oleh karena itu disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reflektif terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa program studi matematika FMIPA Universitas Pamulang. (2) Berdasarkan hasil uji Anava uji F = 11.311 dengan signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari α = 0.05, maka menolak H0 yaitu terdapat interaksi antara model pembelajaran reflektif yang diterapkan pada mahasiswa yang berkemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa FMIPA Universitas Pamulang.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE Helma Mustika; Mariati
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistik
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i1.9

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di SMP Negeri 5 Batang Gansal ditemui hasil belajar siswa masih tergolong rendah, dan masih banyak siswa yang tidak mau bertanya dan malas menyelesaikan soal dengan alasan tidak paham, siswa beranggapan matematika sulit dan memusingkan, anggapan itu muncul karena siswa kesulitan mengerjakan soal matematika dan siswa merasa bosan dengan proses pembelajaran yang kurang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Scramble di kelas VII SMP Negeri 5 Batang Gansal. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data yaitu tes, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis pemahaman konsep matematika dengan kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 dan analisis lembar observasi. Berdasarkan uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Jumlah siswa yang tuntas pada prasiklus sebanyak 6 siswa atau (35,29%), pada siklus I sebanyak 13 siswa atau (76,47%), dan siklus II sebanyak 16 siswa atau (94,12%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batang Gansal.
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MOTIF BATIK LEBAK DILIHAT DARI SISI NILAI FILOSOFI DAN KONSEP MATEMATIS Isnaini Mahuda
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistik
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i1.10

Abstract

Etnomatematika merupakan irisan antara etnografi dan matematika. Dengan kata lain, etnomatematika ini mengkaji ilmu matematika yang diterapkan dalam suatu kelompok budaya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan warisan budaya. Salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui secara internasional oleh UNESCO adalah batik. Sudah semestinya kita sebagai bangsa Indonesia wajib menjaga dan melestarikan kebudayaan batik agar tidak hilang ditelan zaman atau bahkan diklaim sebagai budaya milik negara lain. Salah satu upaya untuk menjaga dan melestarikan budaya batik adalah dengan mengenal jenis-jenis batik yang ada di Indonesia. Salah satu jenis batik yang ada di Indonesia khususnya di Provinsi Banten yaitu Batik Lebak. Batik Lebak pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 dan telah memiliki 12 motif yang telah dpatenkan. Motif-motifnya terdiri atas nama motif Kahuripan Baduy, motif Seren Taun, motif Sawarna, motif Angklung Buhun, motif Caruluk Saruntuy, motif Gula Sakojor, motif Lebak Bertauhid, motif Kalimaya, motif Rangkasbitung, motif Pare Sapocong, motif Leuit Sijimat, dan motif Sadulur. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nila-nilai filosofis pada motif batik Lebak dan juga kaitannya dengan konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa selain memiliki nilai-nilai filosofis, motif pada batik Lebak juga memiliki keterkaitan dengan konsep matematis yaitu konsep simetris, konsep kesebangunan dan kekongruenan serta konsep pada transformasi geometris yang terdiri dari konsep translasi, refleksi, rotasi dan juga dilatasi.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR BERBASIS BUDAYA Indra Martha Rusmana; Mila Kurniawarsih
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistik
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i1.11

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran komik sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar yang menarik, sehingga siswa tidak mudah bosan dan jenuh ketika belajar. Media pembelajaran ini dibuat berdasarkan analisis kebutuhan terhadap kompetensi matematika yang seharusnya dimiliki oleh siswa Sekolah Dasar kelas IV. Alat pengumpul data berupa angket untuk guru dan siswa. Penelitian ini mengacu pada Model pengembangan ADDIE. Penelitian ini terdiri dari beberapa langkah, yaitu: Analysis-Design-Develepoment-Implementation-Evaluation. Dari pengembangan ini dihasilkan produk berupa komik matematika sebagai media pembelajaran. Produk yang dikembangkan sudah melaui tahap validasi oleh para ahli dan dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-IHSAN BULUH RAMPAI Ramadhani Fitri; Imas Siti Aminah
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistik
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemaham konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini meruapakan penelitian Quasi Experiment dengan rancangan Randomized Subject Posstest Only Control Group Design. Populasi penelitian yaituseluruh siswa kelas VII MTs Al-Ihsan Buluh Rampai. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random sampling. Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis berupa uraian. Data dianalisis secara statistik dengan uji independent samples T-test. Berdasarkan hasil uji t tersebut, thitung berada di daerah penolakan H0 dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yangh diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
KOLABORASI PEMBELAJARAN ASSURANCE-RELEVANCE-INTEREST-ASSESSMENT-SATISFACTION DENGAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN KREATIF MATEMATIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA Hamidah; Jaka Wijaya Kusuma
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistik
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i1.13

Abstract

Penelitian ini merupakan bagian dari laporan penelitian kolaborasi model pembelajaran assurance-relevance-interest-assessment-satisfaction dengan Think-Talk-Write untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran kreatif matematik serta motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes yang bertujuan untuk menelaah peranan kolaborasi model pembelajaran assurance-relevance-interest-assessment-satisfaction (ARIAS) dengan Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan penalaran kreatif matematik dan motivasi berprestasi siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Carenang, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII dari salah satu SMP yang ditetapkan secara purposif pada SMP di Carenang dan dipilih dua kelas VII secara acak dari kelas VII yang ada. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) peningkatan kemampuan penalaran kreatif matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kolaborasi model pembelajaran ARIAS dengan TTW lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa; 2) motivasi berprestasi siswa yang memperoleh pembelajaran kolaborasi model ARIAS dengan TTW lebih baik dari pada yang memperoleh pembelajaran biasa; dan 3) terdapat asosiasi antara motivasi berprestasi dengan kemampuan penalaran kreatif matematik siswa.
PREDIKSI JUMLAH CALON PESERTA DIDIK BARU MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING DARI BROWN : ( Study Kasus: SD Islam Al-Musyarrofah Jakarta ) Aden; Anggela Supriyanti
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistik
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i1.14

Abstract

Peramalan data statistika memerlukan kesesuaian pola data dengan metode peramalan yang digunakan. Tujuan penelitian ini yaitu memprediksi jumlah mahasiswa baru pada tahun ajaran baru menggunakan metode Double Exponential Smoothing satu parameter dari Brown dan mengetahui ketepatan metode Double Exponential Smoothing satu parameter dari Brown menggunakan analisis gallat. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kuantitatis. Hasil yang diperoleh bahwa Prediksi jumlah peserta didik baru Sekolah dasar Islam Al-Musyarrofah Jakarta dengan menggunakan Metode Double Exponential Smoothing dari Brown pada tahun 2020/2021 64 siswa dan Metode Double Exponential Smoothing satu Parameter dari Brown tepat digunakan pada prediksi jumlah mahasiswa baru di Sekolah Dasar Islam AL-Musyarrofah Jakarta dengan nilai Durbin-Waston 0,59997.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR Abdul Karim; Dini Savitri; Hasbullah
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistik
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i2.17

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran  yang  dapat  dijadikan  sebagai  salah  satu  alternatif  media pembelajaran yang efektif bagi peserta didik yang dapat digunakan untuk belajar mandiri, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SDN Sudimara Timur 5. Hasil review oleh ahli media terhadap seluruh aspek yang dinilai rata-rata uang diperoleh yaitu sebesar 3,71 yang berarti termasuk dalam kategori baik, oleh ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 3,75 dengan kategori baik, serta oleh pengguna yaitu sebesar 4,625 juga termasuk kedalam kategori sangat baik. Sehingga diperoleh rata-rata keseluruhan hasil review ahli dan pengguna terhadap media pembelajaran yang dikembangkan yaitu sebesar 4,02 yang termasuk kedalam kategori baik. Berdasarkan hasil review oleh ahli tersebut maka media pembelajaran ini dinyatakan layak untuk diimplementasikan dalam proses belajar peserta didik secara mandiri
PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Indra Martha Rusmana; Dwi Santi Wulandari
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistik
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i2.18

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa apakah terdapat pengaruh gaya belajar dan kecerdasan logika matematika terhadap prestasi belajar matematika di Kecamatan Jatinegara.  Sampel dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik. Metode survei dengan teknik simple random sampling. Uji validitas kedua datanya menandakan rhitung > rtabel (0,396) maka soal dikatakan valid. Reliabilitas untuk Gaya Belajar adalah 0,92 dan Kecerdasan Logika Matematika adalah 0,86. Selanjutnya uji chi-kuadrat, ketiga data menandakan X2hitung < X2tabel, yaitu Gaya Belajar (2,13 < 12,592), Kecerdasan Logika (10,25 < 12,592), dan Prestasi Belajar (10,41 < 12,592), maka ketiga datanya berdistribusi normal. Uji variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat, ( 2,39 > 2,0042) maka H0 ditolak, dan disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika. ( 7,18 > 2,0042) maka H0 ditolak, dan disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Logika Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika. Uji korelasi ganda dengan ∝ = 0,05 maka db1 = 2 dan db2 = 57 diperoleh Ftabel =3,17 dan Fhitung = 607,33; maka H0 ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Gaya Belajar dan Kecerdasan Logika Matematika secara bersama- sama terhadap Prestasi Belajar Matematika.
ERROR CORRECTION MODEL ANALYSIS OF THE DETERMINANT OF STABILITY OF FINANCIAL SYSTEM IN INDONESIA Muhammad Rismawan Ridha
Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistik
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/lb.v1i2.19

Abstract

The current condition of economic openness is both an opportunity and a challenge that must be faced wisely by the government. Liberalization and economic integration will have an impact on financial market liberalization, which is highly vulnerable to create crisis in a banking system. This study aims to analyze the factors that influence the stability of the financial system in Indonesia by using the Error Correction Model (ECM). The variables used in this research is Capital Banking Credit sourced from Statistics Indonesia (BPS) and Exchange Rate, Inflation, and Money Supply sourced from the International Monetary Fund (IMF) between 2010 and 2015. The results of the study show that; 1) ECT coefficient which has negative and significant value explains that the model is valid. 2) Inflation significantly affects the stability of the financial system in Indonesia in the long and short term

Page 1 of 40 | Total Record : 392


Filter by Year

2020 2024