cover
Contact Name
Teguh Arie Sandy
Contact Email
penjualide@gmail.com
Phone
+6285232777747
Journal Mail Official
jira@ahlimedia.com
Editorial Address
Jln. Ki Ageng Gribig, Gang Kaserin MU No.36 Malang 65138
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik
Published by Ahlimedia Press
ISSN : 27456056     EISSN : 27457036     DOI : https://doi.org/10.47387/jira.v1i1
JIRA merupakan Jurnal dengan lingkup Kegiatan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Lesson Study, Pengembangan Media Pendidikan dan Pemanfaatan Teknologi Terkini. Mendapatkan naskah penelitian bidang Pendidikan, terkait dengan: - Penelitian Tindakan Kelas & Lesson Study - Riset Kualitatif dan Kuantitatif - Studi Pendidikan dan Studi Literasi - Pengembangan Media Pembelajaran - Pemanfaatan TIK & Teknologi Terkini
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2022)" : 5 Documents clear
Peningkatan Kedisiplinan Dan Kinerja Guru Melalui Keteladanan Di SD Negeri Getas II Muh. Fahrudin
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 3, No 4 (2022)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v3i4.274

Abstract

kinerja guru melalui keteladanan di Sekolah Dasar Negeri Getas II tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian tindakan sekolah. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas I, II, III, IV, V, VI, dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri Getas II. Pengumpulan data melalui observasi kedisiplinan dan kinerja guru melalui keteladanan di SD Negeri Getas II Tahun Pelajaran 2021/2022, dan penilaian hasil tindakan pembelajaran. Sedangkan analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya kedisiplinan dan kinerja guru melalui keteladanan di SD Negeri Getas II kapanewon Playen Tahun pelajaran 2021/ 2022 yang ditandai adanya peningkatan nilai yang didapat antara sebelum dikenai tindakan dan setelah dikenai tindakan. Nilai kedisiplinan dan kinerja guru melalui keteladanan ada peningkatan. Sebelum dikenai tindakan nilai rerata kedisiplinan guru adalah 67,25, nilai rerata kinerja guru adalah 66,83. Setelah dikenai tindakan nilai kedisiplinan guru pada akhir siklus I mendapat nilai rerata 74,84, dan nilai rerata kinerja guru adalah 74,74 dengan kategori Cukup, dan pada akhir siklus II nilai kedisiplinan mendapat nilai rerata 88,46 dan nilai rerata kinerja guru adalah 87,75 dengan kategori Baik.
Praktik Permainan Tebak Berpasangan dengan Teknik Inkuiri Terbimbing Guna Meningkatkan Pemahaman Menjelaskan Satuan Baku untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar Intan Fitriani
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 3, No 4 (2022)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v3i4.275

Abstract

Best practice ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II SD Negeri 2 Danyang pada KD 3.6: Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, melalui implementasi permainan tebak berpasangan dengan teknik inkuiri terbimbing. Best practise dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 di SD Negeri 2 Danyang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Subyek belajar adalah siswa kelas II berjumlah 32 anak. Dampak dan capaian hasil dari best practise menunjukkan peningkatan pemahaman menjelaskan satuan baku panjang, berat, dan waktu dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas II SD Negeri 2 Danyang sebesar 28,12% setelah dilaksanakan praktik permainan tebak berpasangan dengan teknik inkuiri terbimbing, yakni pada PH sebelum praktik ketuntasan sebesar 59,38% dan setelah praktik dilaksanakan, ketuntasan mencapai 87,5%. Peningkatan hasil ini memberi makna bahwa pemahaman siswa pada konsep satuan baku panjang, berat dan waktu meningkat setelah praktik dilaksanakan.
Praktik Penerapan Kelompok Belajar Whatsapp dengan Strategi Reward Competition untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa pada Pembelajaran Moda Daring Mrs. Rubiah
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 3, No 4 (2022)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v3i4.276

Abstract

Tujuan dari best practice ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Danyang pada pembelajaran moda daring melalui penerapan praktik kelompok belajar WhatsApp dengan sistem reward competition pada semester II tahun pelajaran 2020/2021. Best practise dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 2 Danyang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Strategi praktik ini membagi siswa ke dalam kelompok belajar WhatsApp. Selain itu system reward competition diterapkan untuk memotivasi semangat dan disiplin belajar siswa. Dampak dan capaian hasil best practise menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Danyang meskipun dalam moda pembelajaran daring. Praktik ini diambil sebagai langkah guru untuk memecahkan masalah kelas karena penurunan keaktifan belajar siswa akibat moda pembelajaran daring. Setelah guru melaksanakan praktik pembelajaran dengan membentuk kelompok belajar WhatsApp dan menerapkan strategi reward competition, menjadikan disiplin belajar siswa kelas VI meningkat. Hasil skor instrument menunjukkan adanya peningkatan disiplin belajar siswa sebesar 27,17%.
Implementasi Teknik Example Non-Example untuk Meningkatkan Kompetensi Pengurangan Bilangan Cacah Siswa Kelas I SD Negeri 2 Danyang Sri Handayani
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 3, No 4 (2022)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v3i4.277

Abstract

Banyak siswa kelas I SD Negeri 2 Danyang mengalami kesulitan belajar, yang menjadikan capaian kompetensi pada ranah pengetahuan pengurangan bilangan cacah banyak yang tidak tuntas. Analisis nilai PH pada muatan pelajaran Matematika untuk KD 3.4 menunjukkan ketuntasan kelas 66,67% dengan rata-rata nilai 69,72. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan desain penelitian berbentuk tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan selama 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 2 Danyang berjumlah 36 anak pada semester II tahun pelajaran 2021/2022. Data dikumpulkan dengan metode tes dan observasi, dan dianalisis berdasarkan ketetapan KKM sekolah secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan pengetahuan siswa kelas I SD Negeri 2 Danyang terhadap materi pengurangan bilangan cacah setelah diterapkan metode Example Non Example. Dapat dijelaskan, peningkatan ketuntasan yang mencerminkan capaian kompetensi pengetahuan siswa sebesar 27,78% dimana pada capaian prasiklus 66,67% meningkat di akhir siklus menjadi 94,44 %.
Efektivitas Penggunaan Efek Khusus pada Pembelajaran Proses Digital Menggunakan Wondershare Filmora untuk Siswa Kelas XII SMK Konsentrasi Animasi Mr. Mardi
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 3, No 4 (2022)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v3i4.278

Abstract

Kegiatan pasca produksi animasi  antara lain membuat layout, menggerakkan karakter (animate), kompositing, editing, dan mastering. Pembelajaran editing video dalam pembuatan animasi termasuk didalam mata pelajaran Proses Digital (Prosdig) yang diberikan kepada siswa kelas XII. Hasil dari kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau Prakerin (Praktek Kerja Industri) yang telah dilakukan siswa selama 1 tahun di perusahaan animasi sangat sesuai untuk ditindaklanjuti dengan proses pembelajaran PBL (Project Base Learning) di sekolah, karena siswa telah memiliki kemampuan yang spesifik. Proses editing video diperlukan peralatan yang mumpuni agar selama pekerjaan berjalan tidak terjadi masalah yang fatal. Pengerjaan editing video dibutuhkan pengetahuan, keterampilan dan kepekaan terhadap nilai seni grafis agar output render menghasilkan animasi yang berkalitas.  Penggunaan aplikasi Filmora wondershare bertujuan mempercepat proses editing, rendering dan mastering yang sangat support dengan komputer/ laptop yang dimiliki siswa. Sehingga proses pembelajaran lebih efektif dengan hasil video animasi yang berkualitas. Penelitian ini termasuk Reaseard and Development (RD) menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menyajikan data-data grafik. Prosedur pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, angket dan dokumentasi dari hasil pembelajaran Proses Digital dengan aplikasi Filmora. Hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan aplikasi filmora wondershare sangat efektif untuk pembelajaran editing, rendering dan mastering pembuatan video animasi pada siswa kelas XII. Banyak kemudahan dalam menerapkan tool, ketersediaan efek khusus, transisi, teks bergerak dan elemen-elemen lain.  Penggunaan efek khusus lebih difokuskan pada efek kamera, sedang efek karakter masih harus menambah aplikasi dengan mendowload di internet.

Page 1 of 1 | Total Record : 5