cover
Contact Name
Irman Idrus
Contact Email
irmanidrus80@gmail.com
Phone
+6282189450827
Journal Mail Official
juliyani68@yahoo.com
Editorial Address
Simbo BTN Griya Safika Blok G no. 5
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
ISSN : 25285130     EISSN : 26209861     DOI : -
Core Subject : Health, Science,
URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing keilmuannya.
Articles 68 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2021)" : 68 Documents clear
CHARACTERIZATION AND CULTURAL VALUES OF THE MAIN CHARACTERS OF THE FILM “LEAP YEAR” BY ANAND TUCKER Virtianti, Rika; Yuliasari, Ria
Jurnal Akrab Juara Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research aims to describe the cultural values ​​contained in the film Leap Year and to describe the characterizations of the two main characters of the film. The research method used is descriptive qualitative to analyze the elements of cultural values ​​and characterizations in this film. Analysis of cultural elements was carried out using the Koentjaraningrat theory, while characterization analysis was carried out using the Tasrif theory. Observations show that this film displays many cultural values ​​in the form of belief systems, social systems, economic and livelihood systems, language and communication systems, as well as art systems, but there is no cultural element in the form of knowledge systems and technology systems. The observations also show that the characterization is carried out by the concept of physical descriptions, depiction of the way of thinking and awareness, reactions to an event, direct analysis from the author and other people's conversations about the characters, but there is no depiction of characterizations through environmental discussions.
ANALISIS RASIO KINERJA KEUANGAN PT WIJAYA KARYA (PERSERO) DI MASA PANDEMI COVID 19 TAHUN 2020 Irwin Ananta Vidada; Saridawati Saridawati
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1433

Abstract

PT Wijaya Karya (Persero) atau biasa disingkat WIKA merupakan salah satu perusahaan kontraktor terbesar dan terbaik di Indonesia. Dibentuk dari proses nasionalisasi perusahaan Belanda, pada tanggal 11 Maret 1960 bergerak dengan nama Perusahaan Negara Bangunan Widjaja Karja. Perkembangan signifikan pertama terjadi pada tahun 1972 yang mana pada saat itu nama Perusahaan Negara Bangunan Widjaja Karja berubah menjadi PT Wijaya Karya. Mengamati pergerakan angka pada laporan keuangan perusahaan bermodal besar ini selama pandemi covid 19 sepanjang tahun 2020 silam menjadi hal yang menarik untuk dicermati. Pengamatan hubungan ekonomi yang terkait dengan kinerja perusahaan tersebut dilakukan melalui perhitungan dan pengukuran Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas dan Rasio Profitabilitas. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui perolehan informasi yang di dapat dari Bursa Efek Indonesia maupun studi pustaka dengan mengacu pada data keuangan perusahaan. Dalam tulisan ini metode penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan analisa rasio. Hasil pengukuran rasio, sejumlah kinerja keuangan bisa dikatakan terdapat berada diatas rata-rata standar industri, sebagian rasio lainnya harus ditingkatkan lagi agar posisi rasio meski di masa pandemi ini tetap bisa berada diatas rata-rata standar industri.
MODAL HEDGES USED ON MAIN CHARACTERS’ DIALOGUES IN KNIVES OUT MOVIE WRITTEN BY RIAN JOHNSON Fadilah Fadilah; Fiza Asri Fauziah Habibah
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1449

Abstract

This is the study of the use of modal hedge category of hedging that is taken from the main characters’ dialogues in Knives Out movie. Knives Out tells the twists and turns of detective in solving a death case involving those closest to the victim. There are total 4 main characters who spoke with modal hedges contained in the dialogues. The method used is descriptive qualitative which describes the situation factually. There are 20 data found which are dialogues containing of modal hedge category of hedging. Researchers use the theory of the category of hedging by Yu which are modal hedges category. From the study, researcher found all kind of modal hedge category of hedging in the dialogues spoken by the main characters there 20 data found from modal hedges which spoke by all four main characters they are could, should, would, probably, maybe, may and might.
MEMBANGUN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) BISNIS KULINER A. A Gede Ajusta; Lydia Salvina Helling; Hasanudin Hasanudin; Endang Wahyudi
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Membangun Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk usaha kuliner. Kedapannya penelitian ini sebagai role model atau panduan untuk membuat SOP bisnis kuliner yang ada di Indonesia, sehngga perusahaan dapat dijalankan dengan profesional.Sehingga akan muncul lebih anyak lagi pelaku Binis Kuliner di Indonesia, bahkan bisa menggembangkan usahanya sehingga go internasional. Metode Penelitian yang digunakan Metode Kualitatif dengan mengacu pada 7 hal pokok dalam SOP yang meliputi efisiensi, konsisten, meminimalisasi kesalahan, penyelesaiaan masalah dan batasan pertahanan. Informan penelitian sebanyak 5 orang yaitu: 1 Manajer HRD dan 4 Karyawan yaitu dibidang keuangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan perusahaan sejenis dan pakar SOP. Hasil analisis menunjukkan bahwa minimal ada 6 SOP yang harus dibuat untuk membuat rancanga SOP Bisnis Kulier yaitu SOP Penerimaan Kas, SOP Makan Ditempat, SOP Delivery Order, SOP Pengeluaran Kas, SOP Produksi dan SOP Penggajian Karyawan . Adapun tentang hal pokok dalam SOP memiliki beberapa kekurangan diantaranya penyelesaiaan masalah, perlindungan tenaga kerja dan peta kerja.
APLIKASI ANDROID PEMBELAJARAN MENGENAL PLANET UNTUK MURID PAUD BERBASIS AUGMENTED REALITY Mohammad Noviansyah; Hafdiarsya Saiyar
Jurnal Akrab Juara Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi terutama dalam teknologi informasi khususnya pemrosesan citra gambar digital saat ini telah berada pada tahap yang sangat baik. Dimana penerapan implementasi pemrosesan gambar digital telah merambah pada beberapa implementasi salah satunya adalah Augmented Reality. Teknologi sangat digemari oleh kalangan anak-anak hingga dewasa, sehingga media pembelajaran menggunakan teknologi ini dirasa cukup efektif sebagai alat bantu pembelajaran terutama untuk kalangan anak-anak. Aplikasi pembelajaran ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk mempermudah dalam mengenali Macam-macam Planet. Aplikasi pembelajaran ini menggunakan Augmented Reality (AR) berbasis Android sebagai sarana untuk mempermudah pembelajaran khususnya untuk anak-anak murid PAUD. Media pembelajaran berbasis Augmented Reality merupakan pembelajaran alternatif yang memiliki karakteristik yang unik, yaitu dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, didukung dengan visualisasi yang menarik. Dengan adanya Aplikasi Pengenalan Planet ini membantu dalam pembelajaran anak untuk mengenal planet-planet. Aplikasi pengenalan planet ini mempunyai tujuan untuk menjawab masalah tentang pendidikan anak usia dini, memberikan sebuah tampilan 3D dan suara yang menceritakan sekilas tentang planet yang ada pada aplikasi
DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PERILAKU BAHASA DAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMK IT NURUL ILMI Astuti Samosir; Burju Ruth
Jurnal Akrab Juara Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perilaku bahasa dapat mengalami perubahan dengan adanya faktor pengaruh dari lingkungan, termasuk lingkungan internet (netizen). Perilaku bahasa di internet, khusus bermedia sosial sangat berbeda dengan dunia sekolah tentunya. Penjabaran sederhana, terhadap kata sapaan. Pada dunia media sosial, hal ini sudah mulai hilang, ketika memberi komentar satu hal terhadap postingan seseorang tanpa meberikan sapaan maka hal ini sudah mengalami perilaku bahasa dan sosial tidak baik. Sikap mempersiapkan seseorang untuk bereaksi terhadap stimulus yang diterima oleh seseorang. Setiap orang memiliki reaksi terhadap stimulus yang diterimanya. Ada dua hal sikap yang terjadi ketika seseorang bersikap yaitu sikap postif dan sikap negatif. Intinya sikap secara sederhana berkaitan dengan respon yang dilakukan oleh seseorang terhadap stimulus yang diterimanya. Setiap orang mempunyai sikap yang berbeda-beda terhadap sesuatu objek.
ANALISA CAPAIAN INDIKATOR KAPITASI BERBASIS KOMITMEN (KBK) PELAYANAN TERHADAP PEMBAYARAN DANA KAPITASI DI PUSKESMAS HUTABAGINDA KECAMATAN TARUTUNG KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN 2019 Jasmen Manurung
Jurnal Akrab Juara Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang dilakukan di Puskesmas Hutabaginda Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara mulai bulan Maret – September 2020. Informan kunci (key informan) adalah Kepala UPT Puskesmas Hutabaginda Kecamatan Tarutung dan informan utama (primary informan) adalah penanggung jawab dan pelaksana program prolanis, operator P-care (Petugas yang bertanggung jawab melakukan input data) dan bendahara Dana Kapitasi JKN di Puskesmas Hutabaginda Kecamatan Tarutung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta prolanis terdaftar di wilayah kerja puskesmas belum cukup antusias pada kegiatan prolanis yang dilaksanakan oleh puskesmas, sehingga menyebabkan indikator KBKP tidak memenuhi target zona aman. Ketersediaan SDM dan fasilitas lainnya yang menunjang pelaksanaan indikator KBKP yang dimiliki oleh puskesmas sudah cukup memadai.
ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PEMASARAN PRODUK KPR GRIYA MONAS PADA PT. BANK DKI CABANG BUMI SERPONG DAMAI TAHUN 2021 Muhamad Eko Ariwibowo; Adi Sofyana Latif
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1460

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi daya saing produk KPR Griya Monas pada Bank DKI Cabang Bumi Serpong Damai, bagaimana kondisi pencapaian target pemasaran produk KPR Griya Monas pada Bank DKI Cabang Bumi Serpong Damai serta bagaimana strategi yang lebih tepat bagi Bank DKI Cabang Bumi Serpong Damai dalam pemasaran produk KPR Griya Monas. Penulis memilih penelitian dengan metode kualitatif, menggunakan beberapa bentuk pengumpulan data seperti analisis dokumen neraca, dokumen pada grup Pengendalian Keuangan dan Anggaran, Grup Perencanaan Strategis serta melibatkan unsur – unsur yang ada dalam struktur organisasi perusahaan PT Bank DKI Cabang Bumi Serpong Damai yaitu pimpinan Cabang, pemimpin seksi pemasaran, analis pemasaran serta bagian finance dan accounting (back office). Berdasarkan data yang dihimpun, dikompilasi serta dianalisis oleh penulis Produk KPR Griya Monas padaBank DKI Cabang Bumi Serpong Damai memiliki pertumbuhan sebesar 20,09 % dan 18,04 %, dengan pangsa pasar relatif di wilayah Tangerang Selatan sebesar 0,00093 % pada tahun 2019 dan pada tahun 2020 sebesar 0,0022 % dan pada analisis BCG berada dalam kuadran Question Mark. Berdasarkan hasil analisa SWOT bahwa strategi yang sebaiknya dilakukan olehBank DKI Cabang Bumi Serpong Damai adalah strategi Strength-Opportunity (Strategi SO), yaitu strategi pada kuadran agresif dengan menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang eksternal.
PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT NANOM JAKARTA Rosento RST; Mohamad Amas Lahat; Jaka Santosa; Afridjal Afridjal
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v6i2.1472

Abstract

Pelayanan yang baik dapat memberikan aspek penting untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan yang dibutuhkan agar dapat memberikan simpati dari pelanggan. Sistem pelayanan perlu didukung oleh kualitas pelayanan, fasilitas yang memadai dan tata krama. Kepuasan pelanggan memiliki pandangan luas untuk mendapatkan keinginan dan kebutuhan, perlunya dibutuhkan pelayanan yang sangat baik sehingga dengan melayani berbagai pilihan yang diingnkan sesuai dengan kebutuhan. Pelayanan yang diterapkan pada PT Nanom Jakarta dan saat ini telah berjalan dengan baik sehingga dapat mempengaruhi pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, terbukti dari hasil penelitian dengan garis regresi sebesar Y=7,456+0,829X hal ini menunjukan adanya pengaruh positif antara pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan perhitungan korelasi sebesar 0,847 yang menunjukan sangat kuat antara pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Dan berdasarkan perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui tingkat hubungan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 72% dan sisanya 28% dipengaruh oleh faktor-faktor lain misalnya tingkat kebutuhan pelanggan terhadap produk yang berbeda, dan kualitas produk.
PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen Vie Cafe & Forbidden Distro di kota Pandan) Rifka Hadia Lubis
Jurnal Akrab Juara Vol 6 No 2 (2021)
Publisher : Yayasan Akrab Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian di Vie Cafe & Ferboden Distro. Penelitian yang dilakukan ini berjenis explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil dalam pnenelitian ini sebanyak 30 orang konsumen yang melakukan pembelian di Vie Cafe & Ferboden Distro. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa kelima variabel store atmosphere yang terdiri dari Layout, Suara, Bau, Tekstur, dan Desain Bangunan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama dengan nilai F hitung=6,555 dan nilai signifikan=0,001 di Vie Cafe & Ferboden Distro. Dari kelima variabel store atmosphere tersebut, variabel Layout merupakan variabel yang paling berpengaruh signifikan.