cover
Contact Name
Achmad Fawaid
Contact Email
fawaidachmad@gmail.com
Phone
+6282318007953
Journal Mail Official
jurnal.guyub@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M), Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Nurul Jadid, Jl. KH. Zaini Mun'im Karanganyar Paiton Probolinggo Jawa Timur, 67291
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
GUYUB: Journal of Community Engagement
ISSN : 27231232     EISSN : 27231224     DOI : -
The focus of GUYUB: Journal of Community Engagement is to provide readers the conceptual thoughts and research results in the area of community service. The scope of GUYUB: Journal of Community Engagement is relating to the main problems of community engagement areas, such as (1) training, marketing, appropriate technology, design; (2) student community services; (3) community empowerment, social access; (4) education for sustainable development, etc.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-1" : 19 Documents clear
PKM Habituasi Nilai-Nilai Keagamaan melalui Kegiatan Rohani DITABERHAMAN dalam Menciptakan Kesalehan Sosial di Pondok Mahasiswi (POMASI) Nurul Jadid Paiton Probolinggo Zakiyah BZ; Ana Muthmainnah; Aminatuz Zuhriyah; Hamidah Hamidah; Miftahul Jannah; Wardatus Sholihah; Elok Nafiqoh
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-1
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v2i2.2230

Abstract

Artikel ini menguraikan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat melalui pembiasaan (habituasi) nilai-nilai keagamaan melalui kegiatan rohani sehat milenial. Salah satu upaya pengabdian yang dilakukan adalah pelaksanaan kegiatan pembacaan DITABERHAMAN (Diba'iyah, Tahlil, Berzanji, Hataman Qur'an, Manaqib). Partisipan pengabdian adalah para mahasiswi di Asrama Pondok Mahasiswi (POMASI) Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Hasil PKM ini meningkatnya kemampuan mahasiswi POMASI dalam memimpin bacaan DITABERHAMAN dan menghayati isi yang terkandung pada bacaan tersebut. Kegiatan PKM berbasis keshalehan ritual ini dapat menciptakan dan mengkonstruksi keshalehan sosial mereka
PKM Pendampingan Pembelajaran Materi Bangun Datar dengan Billingual LED Running Text di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Az-Zainiyah II Paiton Probolinggo Nur Hamid; Muhammad Faiz Nailun Ni'am; Cahyu Guswita; Saiful Islam; Silviana Qomariyah; Siti Fatimah; Siti Khoifah
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-1
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v2i2.2403

Abstract

Siswa sekolah dasar kebanyakan belum mengetahui dan memahami bentuk-bentuk bangun datar. Selain itu, para guru juga jarang menggunakan media dalam menjelaskan materi bangun datar kepada siswanya. Keadaan ini membuat pembelajaran terkesan kurang menarik bagi siswa. Dalam hal ini, media pembelajaran dapat dijadikan alternatif agar pembelajaran lebih menarik. PKM ini bertujuan memberikan pendampingan pembelajaran melalui media LED Running Text. Subjek dampingan PKM adalah para siswa kelas 4 MI Azzainiyah II Paiton Probolinggo. Metode yang diterapkan adalah metode partisipatoris. Hasil PKM adalah meningkatnya minat belajar siswa dan pemahaman siswa terhadap materi bangun datar, dan meningkatnya kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah dan mempresentasikannya dengan baik di depan kelas.
PKM Pelatihan Pengisian Pengajuan Izin Operasional Taman Pendidikan Al-Quran secara Online Moh Jasri; Muhammad Romdloni; Mohammad Akmalor Riski; Nurul Hidayatullah; Muhammad Hasan Andika; Yogi Angga Praditya; Syukron Khafi; Shancen Ammabiel
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-1
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman kepala Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) dalam perizinan operasional TPQ dan cara pengajuannya dalam Kementrian Agama. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya pemahaman pengajuan perizinan online oleh Forum Komunikasi Pendidikan Al-Quran (FKPQ) yang diterapkan di TPQ setempat, pelatihan perizinan pengoprasian aplikasi berbasis online pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, yaitu berupa diskusi interaktif, konsolidasi tim pengabdian sebagai mediator terkait penyelesaian masalah, pendampingan terhadap kepala-kepala di TPQ di KecamatanPaiton. Adapun hasil dan temuan dalam pengabdian ini adalah  1) terpenuhinya fasilitasmodul aplikasi; 2) meingkatnya pemahaman Kepala TPQ tentang pengoprasian aplikasi tersebut melalui modul; dan 3) meningkatnya kemudahan dalam pengajuan dan perpanjangan izin operasional TPQ tersebut.
PKM Pendampingan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Jadid Paiton Probolinggo Musolli Ready; Moh. Amir Kholili; Moh. Abd Mu'iz; Jefri Jefri; Moh. Agus; Moh. Ridwan Kamil
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-1
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v2i2.2336

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Jadid Paiton Probolinggo dalam membuat tulisan ilmiah terkait laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas. Masalah yang dihadapi oleh para guru MTs. Nurul jadid adalah kurang termotivasi untuk membuat tulisan ilmiah disebabkan beberapa faktor, antara lain kurangnya pengetahuan dan kemampuan terkait kiat-kiat membuat tulisan ilmiah dan kurangnya waktu karena kesibukan para guru dalam menjalankan proses belajar mengajar. Metode yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi dalam menyampaikan materi pelatihan, serta pengaplikasian materi ke bentuk pelatihan  membuat tulisan ilmiah yang diarahkan untuk membuat proposal dan laporan hasil  penelitian tindakan kelas. Hasil pengabdian ini adalah meningkatnya motivasi dan pengetahuan para guru tentang bagaimana membuat tulisan ilmiah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tulisan ilmiah terkait proposal, laporan hasil penelitian tindakan kelas, dan makalah ilmiah. Pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh guru pada pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi, kapasitas, dan profesionalitas  para guru sebagai pendidik.
PKM Pendampingan Santri Nurul Jadid melalui Gerakan Literasi Cerdas dalam Membentuk Komunitas Pelajar Berkarakter Islam di Pondok Pesantren Nurul Jadid Faizatul Widat; Afita Khoirun Nisa’; Wardatul Habibah; Wahibatul Mas’ula; Nikmatul Hosniah; Jamilatul Masnunah; Hamidah Hamidah
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-1
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v2i2.2142

Abstract

Tujuan pendampingan ini  untuk menumbuhkan minat membaca yang sudah mulai terkikis dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin menjajah bangsa, tak terkecuali mereka yang masihberada di Sekolah Dasar. Kegiatan gerakan literasi cerdas ini merupakan upaya membentuk komunitas pelajar berkarakter islam. Metode yang digunakan berbasis pendampingan terhadap komunitas belajar di MI Nurul Mun’im. Upaya yang dilakukan, antara lain, sebagai berikut. Pertama,pendekatan literasi dengan menambahkan media buku sesuai daya ketertarikan minat membaca yang dapat menumbuhkan rasa keingintahuan serta  materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti melaui kisah nabi dan para khalifah, penguatan nilai-nilai keimanan dan keislaman melaui Fiqih Islam dan rukun iman serta penanaman Akhlaq Mulia melalui buku Akhlaq anak islam,  dengan adanya buku tersebut dapat menarik minat baca terhadap Komunitas belajar MI Nurul Mun’im sehingga dapat membentuk komunitas pelajar berkarakter Islam. Kedua,pendekatan melaui wali murid sebagai controling membaca anak  ketika berada di luar kawasan sekolah. Metode membaca juga diterapkan bagi mereka yang masih kurang lancar dalam membaca.
PKM Pendampingan Literasi Business Plan untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Berwirausaha Santri Pesantren Nurul Jadid Mohammad Syaiful Suib; Yoviana Fitri; Lailatus Sa’adah; Nuril Fitriani; Widad Ulfatul Mawaddah Hadi; Siti Aisyah; Isna Shifah
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-1
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v2i2.2456

Abstract

Era sekarang berbagai macam model bisni onlines sangat beragam,mulai aplikasi online shopping hingga online driver. Pemahaman santri terhadap model-model bisnis masih minim. Oleh karena itu, dibutuhkan literasi bisnis dengan memberikan pemahaman berbagai kegiatan bisnis, seperti kegiatan kewiraushaan santri dan pelatihan-pelatihan berbisnis.  PKM ini bertujuan untuk memberikan pendampinganliterasi kewirausahaan kepada para santri putri Pondok Pesantren Nurul Jadid. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap, antara lainpembuatan produk lokal, lalu analisis penjualan produkdengan model business plan dan marketing mix. Hasil dari PKM literasi ini adalah meningkatnya kemampuan dan pengetahuan santri dalam mempraktekkan kegiatan bisnis dengan produk-produk lain atau bisnis dalam skala besar.
PKM Pelatihan Pemanfaatan E-Learning Berbasis Teknologi Berbasis Platform Google Classroom bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im (MINM) Paiton Probolinggo Feriska Listrianti; Nur Ika Sari; Siti Khomariya; Huswatun Hasanah; Millatun Hanifah; Deviyatul Hasanah
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-1
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v2i2.2205

Abstract

E-learning adalah salah satu media pembelajaran yang lagi populer saat ini dimana sejalan dengan perkembangan populasi pengguna jaringan internet. Namun dari sekian banyak guru di sekolah masih sedikit yang mampu mengimplementasikan e-learning dalam proses kegiatan pembelajaran. Guru-guru di MI Nurul Mun'im merupakan salah satu yang belum menggunakan e-learning. Dalam menerapkan e-learning masih ada beberapa kendalla. Terbatasnya keterampilan dan pengetahuan guru dalam menggunakan e-learning dengan platform Goggle Classroom. Artikel ini memuat tentang kegiatan berupa pelatihan pemanfaatan Google Classroom bagi guru MI Nurul Mun'im Karanganyar Paiton. Pelatihan ini diikuti oleh 15 orang guru MI Nurul Mun'im Karanganyar Paiton yang dimulai dengan tiga tahap, yang pertama persiapan, kedua pelatihan, dan yang terakhir evaluasi. Evaluasi berupa kuesioner yang diisi oleh 15 guru. Hasil dari evaluasi setelah mengikuti proses kegiatan pelatihan ini, 86.9% guru mengatakan sudah bisa menggunakan fitur-fitur Google Classroom, 79.4% mengatakan Gooogle Classroom dapat menunjang dalam kegiatan pembelajaran dan 58.2% mengatakan akan melanjutkan penggunaan Goggle classroom dalam kegiatan proses pembelajaran.
PKM Penanaman Karakter Berbasis Keagamaan bagi Warga Binaan Rumah Tahanan Kelas II. B Kraksaan Probolinggo Jawa Timur Ahmad Fawaid; Muhammad Zaimul Millah; Achmad Naufal Baidawi; Siti Arofah; Nur Khofifah; Elmiyatus Soliha; Syukron Jazila; Rif'ah Hasanah; M Zainuddin
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-1
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v2i2.2741

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk penanaman karakter berbasis keagamaan di Rumah Tahanan Kelas II.B Kraksaan Probolinggo-Jawa Timur. Meski para warga binaan pemasyarakatan ini merupakan kelompok marginal, akan tetapi penguatan karakter keagamaan merupakan hal yang perlu dilakukan. Proses pengabdian menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), yang diawali dengan pemetaan masalah, membangun kepercayaan dengan warga binaan, menentukan masalah prioritas, menyusun strategi gerakan, pelaksanaan program, pengamatan dan refleksi reoretis. Hasil pendampingan yang telah dilakukan adalah; terbentuknya kesadaran agama bagi warga binaan yang dapat membentengi dirinya dari perbuatan pidana/kriminal; terbentuknya kesehatan mental positif melalui layanan hipnoterapi untuk mencegah depresi, stres dan bahkan mencegah dari kecanduan obat-obatan terlarang.
PKM Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Membangun dan Mengembangkan Bakat dan Minat Santri pada Bidang Keagamaan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Jadid Probolinggo Abdullah Abdullah; Habibaturrohmah Habibaturrohmah; Halimatus Sakdiyah; Aisyah Amini; Putri Yunita Sari; Lilis Sulistiawati; Fitriyatun Fitriyatun
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-1
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v2i2.2292

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan memegang peranan penting dalam proses pembentukan karakter dan penanaman nilai religius terhadap peserta didik. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang tidak hanya berdampak positif terhadap kemajuan dan kemakmuran,  tetapi juga menuntut sekolah untuk adaptif terhadap perubahan zaman. MTs  Puteri Nurul  Jadid  adalah  sebuah  lembaga  pendidikan  yang  fokus  pada pengembangan ilmu-ilmu keagamaan, yang berada di lingkungan PP.  Nurul Jadid Paiton. Dalam praktek pembelajarannya, pengembangan ilmu keagamaan di lingkungan sekolah masih dianggap kurang, sehingga perlu adanya program tambahan yang dapat meningkatkan kompetensi peserta didik khususnya di bidang keagamaan. Metode PKM ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan partisipatoris, di mana penulis terlibat aktif dalam setiap proses pendampingan di lapangan. Hasil pendampingan ini adalah meningkatnya semangat para siswi dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler serta meningkatnya pemahaman merek terhadap nilai-nilai religis melalui berbagai kegiatan keagamaan.
PKM Pelatihan Deep-Listening untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Santri Nurul Jadid Durratul Hikmah; Taufiqur Rahman; Irfan Wahyudi; Nur Hayati; Ahmad Zainullah; Kuni Zakiya Maskuroh
GUYUB: Journal of Community Engagement Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-1
Publisher : Universitas Nurul Jadid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33650/guyub.v2i2.2152

Abstract

Deep listening adalah sebuah proses mendengarkan untuk belajar.Keterampilan mendengar adalah bagian dari komunikasi. Mendengarkan secara aktif dan mendalam dapat membantu meningkatkan cara berkomunikasi baik dari segi konten ataupun kelancaran. Selain itu, kegiatan mendengarkan dapat meningkatkan perbendaharan kosa kata, aksen, pengucapan, dan keterampilan berbicara. Lembaga Bahasa di pesantren Nurul Jadid memiliki ratusan pebelajar Bahasa yang masih menggunakan aksen daerah dalam berkomunikasi Bahasa asing. Akibatnya, terjadilah interferensi Bahasa yang dapat merusak sistem Bahasa dari segi makna, bunyi, bentuk kata, dan tata Bahasa. Tentunya hasil dari kegiatan tersebut kurang bisa memaksimalkan kualitas berkomunikasi santri dalam Bahasa asing. Oleh karena itu, pada program pengabdian ini, program studi Pendidikan Bahasa Inggris melakukan pengabdian dengan mengenalkan dan memberikan pelatihan teknik Deep Listening untuk meningkatkan kemampuan santri dalam berkomunikasi Bahasa asing.Pelaksaanan pengabdian ini dapat disimpulkan berhasil sampai tahap praktik. Keberhasilan ini ditunjukkan oleh adanya respon positif dari peserta dalam praktik berkomunikasi Bahasa Inggris setalah pelatihan dilaksanakan.

Page 1 of 2 | Total Record : 19