cover
Contact Name
Andi Prastowo
Contact Email
albidayahjurnal@gmail.com
Phone
+6281804033569
Journal Mail Official
anditarbiyah@gmail.com
Editorial Address
Jl Marsda Adisucipto, Yogyakarta 55281 Indonesia Telp. (0274) 513056 Fax. (0274) 519734
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
ISSN : 20850034     EISSN : 25493388     DOI : https://doi.org/10.14421/jpdi
Core Subject : Education, Social,
https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/about/editorialPolicies#focusAndScope The focus of the Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam publication is on various issues found in the field of Islamic Basic Education, both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, academics, researches, practitioners, and observers in the field of Islamic Basic Education to publish the results of their research in our journal, the articles are focussed including: 1. Development and Design of Learning in Islamic Elementary Education 2. Learning Strategy in Islamic Elementary Education 3. Evaluation of Learning in Islamic Elementary Education 4. Management of Basic Education in Islamic Elementary Education 5. Inclusive Education in Islamic Elementary Education 6. Integration and Interconnection Based Research on Basic Education 7. Professionalism of Teachers in Islamic Elementary Education 8. Use of Information and Digital Technology on Islamic Elementary Education
Articles 244 Documents
Rancangan Pembelajaran Tematik Terpadu Matematika dan Mata Pelajaran lain Di SD/MI Kelas 1 Berdasar Konsep Islam Sebagai Agama Hijau Luluk Mauluah
Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 9, No 1 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v9i1.117

Abstract

Agama Islam disebut agama hijau karena sangat mempunyai perhatian tinggi terhadap kelestarian lingkungan. Dalam Alqur’an banyak ayat tentang pemeliharaan lingkungan yang disebut ayat hijau. Penamaan surah dalam Alqur’an: Al-Baqarah, An-Naml,  An-Nahl,  Al-Ankabut  menggunakan  nama-nama  binatang.  Kemudian hadits-hadits pun banyak yang merekomendasikan umat manusia untuk menjaga alam, menjaga lingkungan baik tanaman, maupun hewan. Hadits tersebut dapat disebut dengan hadits hijau. Konsep Islam sebagai agama hijau dapat digunakan dalam integrasi pembelajaran tematik terpadu. Pada tulisan ini integrasi dirancang untuk kelas 1 tema 7: Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku. Pada Subtema 2: bacaan “Binatang Peliharaan Beni” dan bacaan “Tempat tinggal Hewan” sangat selaras dengan konsep Islam sebagai agama hijau. Demikian pula untuk subtema 3 dengan bacaan “Merawat Tanaman” sangat cocok dengan konsep Islam sebagai agama hijau. Pembelajaran matematika dengan pembelajaran tematik berdasar konsep Islam agama hijau dapat menggunakan peraga buah-buahan, biji-bijian dan melaksanakan pengukuran panjang pendek menggunakan pohon maupun bagianbagiannya.
Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Drop Everything and Read (DEAR) pada Siswa Sekolah Dasar (MI) Septia Sugiarsih
Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 9, No 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v9i2.18

Abstract

Keterampilan membaca di sekolah dasar menjadi fondasi atau dasar penentu keberhasilan belajar siswa. Namun sayangnya, keterampilan membaca siswa sekolah dasar di Indonesia memiliki kecenderungan yang rendah. Hasil penelitian PIRLS menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesiamenempati urutan ke 41 dari 45 negara. Hasil penelitian EGRA menunjukkan bahwa 50% dari 4323 siswa kelas III SD di Indonesia dapat membaca (melek huruf), tetapi dari jumlah tersebut hanya setengahnya yang benar-benar memahami apa yang dibaca. Berdasarkan kenyataan tersebut diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar (MI) di Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar (MI) adalah melalui DEAR (Drop Everything and Read) yang berarti tinggalkan semua aktivitas dan bacalah. DEAR dapat dijadikan suatu program penggalakan kebiasaan membaca pada siswa melalui program rutin. Pelaksanaan DEAR di sekolah dasar dapat dilakukan dengan meluangkan waktu sejenak di pagi hari sekitar 15-30 menit meninggalakan semua aktivitas untuk membaca. DEAR dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah baik siswa, guru, maupun karyawan. Bahan bacaan dalam DEAR dipilih sendiri oleh siswa yang sesuai dengan minat dan tingkat kemampuannya. DEAR membuat siswa senang membaca, gemar membaca, terbiasa membaca, dan menjadikan membaca sebagai kebutuhan sehingga tercipta budaya membaca pada masing-masing siswa baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Melalui DEAR keterampilan membaca siswa akan meningkat.Kata kunci: membaca, DEAR
Pentingnya Konsep Dasar Sains Pada Pendidikan Tingkat SD/MI dalam Mengejar Kemajuan Teknologi Hidayat Panji
Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 6, No 2 (2014): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v6i2.150

Abstract

Selama ini Indonesia hanya menjadi pangsa pasar komoditi produk teknologi dari negara lain, padahal Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Kenyataan pahit ini dapat dilihat dari eksploitasi kekayaan alam yang dikelola pihak asing. Selain itu budaya konsumerisme yang melanda anak bangs a semakin kronis, masyarakat bangga menggunakan produk teknologi bangs a lain. Seharusnya mulai konsep-konsep dasar sains. Meskipun ide ini dirasa sudah terlambat, namun akan menjadi terobosan dalam merintis produk teknologi. Bangsa ini bisa menjadi bangsa besar dengan mengaktifkan kembali konsep .dasar sa ins yang lama telah ditinggalkan. Dengan menjadikan konsep dasar sains sebagai alat menggali potensi bangsa yang masih terpendam dan dibarengi dengan karya nyata, bangsa ini akan disegani dan dihormati oleh bangsa lain.
Pembentukan Karakter Peserta Didik Dengan Pembelajaran Matematika Suparni Suparni
Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 3, No 2 (2011): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v3i2.53

Abstract

Gerak langkah pendidikan tidaklah dapat dilepaskan dari arus perkembangan yang ada dalam masyarakat yang sedang membangun, yaitu perkembangan sains dan teknologi beserta produknya, tuntutan kuantitas dan kualitas produk pendidikan, teori pendidikan dan kenyataan di lapangan. Pembelajaran matematika harus mempunyai kontribusi dalam pembentukan karakter bangsa demi menghadapi perkembangan arus globalisasi.Matematika sebagai salah satu ilmu dasar baik aspek terapan maupun aspek penalarannya, mempunyai peranan yang penting dalam upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini berarti bahwa sampai pada batas tertentu matematika perlu dikuasai oleh segenap warga negara Indonesia, baik penerapannya maupun pola pikirnya. Matematika sekolah yang merupakan bagian dari matemaika yang dipilih atas dasar kepentingan pengembangan kemampuan dan kepribadian peserta didik serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perlu selalu dapat sejalan dengan tuntutan kepentingan peserta didik menghadapi tantangan kehidupan masa depan.Pendidikan karakter akhir-akhir ini menjadi isu utama pendidikan, selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa. Pendidikan karakter menjadi fokus pendidikan di seluruh jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Pendidikan matematika tidak dapat terlepas dari kewajiban memberikan pendidikan karakter. Oleh karena itu, untuk mencari pembentukan karakter peserta didik dengan menggunakan nilai-nilai filosofis pendidikan matematika akan lebih baik jika terlebih dahulu mengungkap karakteristik dari matematika yaitu obyeknya yang abstrak, simbol yang kosong dari arti, kesepakatan dan pemikiran deduktif aksiomatik, dan anti kontradiksi. Ada beberapa nilai didik dalam pembelajaran matematika yang berkaitan dengan karakteristik dari matematika yang dapat diintegrasikan dengan Al Qur' an, yang diharapkan dapat mendukung tujuan pendidikan nasional, di antaranya: kesepakatan, ketaatasasan/konsistensi, deduksi, semesta. Karakter peserta didik yang dapat dibentuk dengan pembelajaran matematika diantaranya adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, dan komunikatif.
Inclusion Education: Learning Reading Arabic Language And Alquran For Blind Rubini Rubini; Cahya Edi Setyawan
Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 11, No 2 (2019): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v11i2.348

Abstract

Inclusive education is one of the priorities that must be considered for the sake of equality in educating the nation. Inclusive education is contained in the form of learning towards a group of people with special needs. Special needs in Indonesia are mostly those who have physical disabilities, one of the blind. This study aims to determine how the stages of learning to read Arabic letters and the Qur'an for the blind. This type of research is library research, with the method of collecting data, searching, analyzing, and synthesizing the latest research. The results of the study stages of learning to read Arabic letters and the Qur'an for the blind are: memorize Arabic Braille numeric codes from Alif أ to Ya ي,  memorizing Arabic punctuation, practice fingering Braille hijaiyah letters and Arabic punctuation, IQRA reading practice starting from words to simple sentences, and practice reading the Koran which starts from short letters to long letters.
Peran Blog Sebagai Media Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Eka Sulistiyowati
Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 3, No 2 (2011): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v3i2.85

Abstract

Literasi digital telah memasuki kelas dan pengajaran di sekolah. Salah satu media berbasis internet yang mulai dilirik sebagai media pembelajaran sains di level pendidikan dasar adalah blog atau weblog. Blog memiliki berbagai manfaat diantaranya bagi guru sebagai tempat berbagi lesson plan, link ke sumber-sumber online dan search engines, menyebarluaskan informasi dan berkomunikasi sesama guru. Bagi siswa blog dapat memberikan kemudahan berkomunikasi secara online dan melatih siswa untuk berinteraksi sosial dengan lebih mandiri dan percaya diri. Blog juga menyediakan ruang pencarian informasi yang bermanfaat bagi siswa SD/MI untuk memahami konsep sains secara mandiri.Beberapa sekolah dan guru di Amerika telah menggunakan blog sebagai media pendidikan. Kebanyakan menggunakan blog sebagai sumber infomasi, mencari lesson plan, dan kurikulum. Contoh dari blog-blog yang bermanfaat di dunia pendidikan diantaranya http://librarygoddess. blogspot.com, http:// www.educationlibrarian.com, http://edsourceonline. blogspot.com, dan lainlain. Dengan melihat manfaat dan kelebihan blog, artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan blog sebagai media pembelajaran bagi siswa SD/MI. Dengan eksplorasi tersebut diharapkan lebih banyak guru dan peserta didik yang dapat mengembangkan technology fluencynya melalui blog.
Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sistem dan Kreatifitas Sedya Santosa
Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 2, No 2 (2010): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v2i2.108

Abstract

Profesionalisme telah menjadi pilihan untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan kita. Berbagai eksperimen telah dilakukan untuk mewujudkan profesionalisme di seluruh kalangan pemangku pendidikan baik pendidik dan tenaga pendidikan. Di samping beberapa kelebihan praktik yang selama ini berjalan, di sana terdapat kelemahan-kelemahan pemahaman dan aplikasi profesionalisme.Dalam beberapa aspek, konsep profesionalisme kita mengabaikan sistem. Pendidik masih diistemewakan dibanding komponen pemangku pendidikan yang lain.  Sehingga pendekatannya kurang sistemis, tetapi lebih menonjol secara personal. Di dalam aspek yang lain, profesionalisme lebih  banyak terpaku pada konsep sehingga cenderung mekanis, kurang memiliki daya adaptasi dan integrasi terhadap  berbagai fenomena  baru di dunia global. Profesionalisme dunia pendidikan kita sebaiknya juga diimbangi dengan kemampuan kreatif untuk mengintegrasikan setiap fenomena baru yang berkaitan dengan pendidikan, tidak hanya terpaku pada konsep-konsep beku.
Implementasi Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat Di PGMI Luluk Mauluah
Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 1, No 1 (2009): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v1i1.9

Abstract

Pendekatan   konstruktivisme   merupakan proses  pembelajaran  yang menerangkan  bagaimana  pengetahuan  disusun   dalam  pikiratt  siswa. Implementasi pendekatan konstruktivisme   dapat   dilakukan   dengan prinsip-prinsip PAKEM. Pelaksanaan PAIKEM pada pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat dilakukan dengan eksplorasi alat peraga tangga, lantai keramik, garis bilangan dan mainan hewan serta manik-manik dan penyusunan pola matematika. Adapun topik perkalian dan pembagian diimplementasikan dengan eksplorasi pola, konsep lawan bilangan dan konsep I love to hate, I hate to hate.
Kepemimpinan Pendidikan Dalam Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah Lailatu Rohmah
Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 6, No 1 (2014): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v6i1.141

Abstract

Desentralisasi pendidikan yang diberlakukan mulai 1 Januari 2001 membawa perubahan dalam pengelolaan sekolah, yakni dengan Manajemen Berbasis Sekolah yang melibatkan pada peran sekolah dan komite sekolah dalam mengambil setiap kebijakan dan keputusan sekolah. Salah satu aspek yang penting dalam MBSIM adalah model kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan. Salah satu model kepemimpinan yang relevan dengan MBSIM adalah kepemimpinan transformatif yang mempunyai karakteristik bekerja untuk merubah situasi. Prinsip-prinsip kepemimpinan transformatifadalah simplikasi, motivasi, fasilitasi, inovasi, mobilitas, siap siaga, dan tekad. Kepemimpinan transformatifjika diterapkan dalam lembaga pendidikan yakni, sekolah dan madrasah akan membawa konstribusi dan pengaruh yang signifikan dalam kemajuan lembaga pendidikan tersebut.
Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Proses Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Kelas V MI Nurul Khair Tati Rajati
Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 3, No 1 (2011): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/al-bidayah.v3i1.44

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan pemahaman siswa MI Nurul Khair terhadap konsep geometri yang memprihatinkan. Ini diakibatkan dari karakteristik matematika yang mempunyai objek bersifot abstrak yang memuat aturan-aturan yang harus dipahami dan dihapal. Selain itu belajar matematika di sekolah terpisah dari pengalaman mereka sehari-hari maka anak cepat lupa dan tidak dapat mengaplikasikan matematika. Sifot abstrak, banyaknya aturan serta cepat lupa tersebut yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan memecahkan masalah dalam matematika terutamanya yang berhubungan dengan konsep Geometri. Oleh karena itu tujuan umum dari penelitian ini untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika pada kelas V MI Nurul Khair. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan. proses belajar mengajar materi geometri datar dengan menggunakan matematika relistik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan matematika relistik dapat mengaktijkan proses pembelajaran, mempertinggi pemahaman konsep, merubah sikap siswa dari tidak tertarik belajar matematika menjadi tertarik dan dapat mempertinggi prestasi belajar. Hal ini terlihat dari kenaikan nilai rata-rata siklus satu sebesar 5, 6 menjadi 8, 8 pada siklus dua.

Page 1 of 25 | Total Record : 244


Filter by Year

2009 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 1 (2023): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 14 No. 2 (2022): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol. 14 No. 1 (2022): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 13, No 2 (2021): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 13, No 1 (2021): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 12, No 2 (2020): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 12, No 1 (2020): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 11, No 2 (2019): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 11, No 1 (2019): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 10, No 2 (2018): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 10, No 1 (2018): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 9, No 2 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 9, No 1 (2017): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 8, No 2 (2016): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 8, No 1 (2016): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 7, No 2 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 7, No 1 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 6, No 2 (2014): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 6, No 1 (2014): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 5, No 2 (2013): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 5, No 1 (2013): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 4, No 2 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 4, No 1 (2012): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 3, No 2 (2011): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 3, No 1 (2011): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 2, No 2 (2010): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 2, No 1 (2010): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 1, No 2 (2009): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam Vol 1, No 1 (2009): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam More Issue