cover
Contact Name
Malalina
Contact Email
malalina@unitaspalembang.ac.id
Phone
+6281279882224
Journal Mail Official
nabladewantara@unitaspalembang.ac.id
Editorial Address
Jalan Tamansiswa No. 261 Palembang
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 25283901     EISSN : 26570335     DOI : 10.51517
Core Subject : Education,
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali pertahun, yaitu Mei dan November. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tamansiswa Palembang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika" : 7 Documents clear
KAJIAN: ACTIVE KNOWLEDGE SHARING MELALUI LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK Malalina Malalina; Pitriani Pitriani; Rika Firma Yenni
Nabla Dewantara Vol 3 No 2 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian ini membahas mengenai komponen-komponen yang harus ada pada LKS berbasis pendekatan saintifik untuk mendorong active knowledge sharing siswa. Berdasarkan teori-teori dan penelitian relevan yang dikaji diperoleh hasil bahwa komponen yang harus ada di dalam LKS adalah (1) judul LKS; (2) identitas; (3) “mengamati”; (4) “menanya”; (5) “mengumpulkan informasi”; (6) “mengasosiasi”; (7) “mengkomunikasikan”. Hasil kajian ini diharapkan dapat dikembangkan pada penelitian-penelitian berikutnya. LKS berbasis pendekatan saintifik ini jika dilihat dari komponen-komponen yang dikandungnya, diprediksi dapat menjadi salah satu sarana untuk siswa melakukan active knowledge sharing.
MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TUGAS FLASH CARD Muhammad Rizal Usman; Rezki Rahmadani
Nabla Dewantara Vol 3 No 2 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran matematika dengan tugas Flash Card di kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Penelitian ini juga untuk mengetahui presentase hasil belajar matematika, aktivitas peserta didik danrespons peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Luaran yang dihasilkan pada penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar matematika mencapai KKM, aktivitas peserta didik aktif saat pembelajaran berlangsung serta respons peserta didik positif terhadap model kooperatif Think Pair Share,serta pemberian tugas Flash Card kepada peserta didik diakhir pembelajaran. Perangkat pembelajaran (RPP) berorientasi pada pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Subjek penelitian adalah satu kelas sebagai kelas eksperimen. Objek penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Rata-rata hasil belajar matematika peserta didik setelah menggunkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tugas Flash Card ≥ 75 (KKM) yaitu 82.78 skor yang diperoleh.(2) Keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tugas Flash Card ≥ 75% yaitu 80.3% peserta didik aktif dalam proses pembelajaran.(3) Respons peserta didik terhadap pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tugas Flash Card ≥ 75% yaitu 88% peserta didik merespons positif terhadap pembelajaran.
PENGEMBANGAN MODUL BERBANTUAN RUMUS CEPAT ARIMETIKA SOSIAL DAN PERBANDINGAN Herdianto Herdianto; Rizky Wahyu Yunian Putra; Bambang Sri Anggoro
Nabla Dewantara Vol 3 No 2 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangakan modul matematika berbantuan rumus cepat aritmetika social dan perbandingan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan 7 tahap prosedur Borg and Gall. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif dan deskriftif kualitatif. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpove sampling dengan sampel yang digunakan adalah peserta didik SMP N 21 Bandar Lampung Kelas 7. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan penyebaran angket. hasil utama penelitian ini adalah sebuah modul matematika berbantuan rumus cepat aritmetika social dan perbandingan. Adapun hasil hasil validasi dari ahli materi diperoleh presentase pada kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dilakukan uji coba lapangan. Sedangkan hasil validasi ahli media diperoleh presentase pada kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dilakukan uji coba lapangan, (2) kemenarikan modul yang dikembangkan pada skala kecil diperoleh presentase rata-rata 76.96% dan pada skala besar diperoleh presentase rata-rata 90.18% dengan msing-masing pada kriteria respon siswa sangat menarik. Secara umum dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbantuan rumus cepat aritmetika social dan perbandingan yang dikembangkan sangat layak dan sangat menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika.
PERMAINAN KARTU TRIGONOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA TAMANSISWA PALEMBANG Rika Firma Yenni
Nabla Dewantara Vol 3 No 2 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui hasil belajar matematika siswa denganmenggunakan media kartu permainan trigonometri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan kartu permainan trigonometri lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Tamansiswa Palembang, dengan subjek penelitian 20 orang pada kelas eksperimen dan 20 orang pada kelas kontrol. Analisis data hasil belajar siswa diolah dengan uji-t menggunakan data tes akhir belajar. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,529 dan ttabel = 2,024 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05),karena thitung> ttabel yang menunjukkan bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai hasil belajar yang berbeda, maka tolak H0 dan terima H1. Ini berarti hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media kartu permainan trigonometri lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN Haritsah Hammamah Harahap; Agus Makmur
Nabla Dewantara Vol 3 No 2 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar yaitu kubus dan balok di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes pemahaman konsep belajar matematika dalam bentuk Essay sebanyak 10 soal dan observasi aktivitas belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep belajar matematika siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil tes pemahaman konsep belajar matematika siswa yaitu rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 81,625, kelas kontrol sebesar 70,000 dan hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai sebesar 3,4 dan persentase nilainya 85% dengan kualifikasi nilai kategori “baik”, sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai sebesar 3,0 dan persentase nilainya 75% dengan kualifikasi nilai pada kategori “cukup”.
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH Nita Yuliana; Dona Dinda Pratiwi; Syaiful Anwar
Nabla Dewantara Vol 3 No 2 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis macromedia flash. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Prosedur yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah prosedur dari borg and gall. Tehnik pengambilan data yang digunakan adalah purpose sampling. Sample yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran interaktif matematika berbasis macromedia flash. Adapun kevalidan dari media yang dihasilkan memperoleh skor rata 3,48 dari ahli materi dan 3,58 dari ahli media dengan masing-masing kriteria valid dan layak digunakan tanpa revisi. Sedangkan hasil dari uji kemenarikan media diperoleh skor rata-rata 3,46 dari uji kelompok kecil dan 3,49 dari uji kelompok besar dengan masing-masing kriteria sangat menarik. Ditinjau dari keefektifitas media menujukan bahwa tingkat efektifitasnya sangat efektif dengan presentase mencapai 81% hasil belajar peserta didik tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.
ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA GEOMETRI KUBUS DAN BALOK DI KELAS IX SMP NEGERI 03 PULAU BERINGIN Mahmud Al Hafizin; Muslimin Tendri; Nyimas Inda Kusumawati
Nabla Dewantara Vol 3 No 2 (2018): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan spasial siswa pada geometri kubus dan balok di kelas IX SMP Negeri 03 Pulau beringin ?”. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat kemampuan spasial siswa pada geometri kubus dan balok di kelas IX SMP Negeri 03 Pulau beringin. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif karena mendeskripsikan hasil yang diperoleh siswa kelas IX SMP Negeri 03 Pulau beringin dalam mengerjakan tes kemampuan spasial. Sumber data penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 03 Pulau beringin yang berjumlah 97 siswa. Analisis data yang dilakukan yaitu menganalisis tingkat kemampuan spasial siswa. Berdasarkan hasil analisis kemampuan spasial siswa kelas IX SMP Negeri 03 Pulau beringin adalah sebesar 54,89% atau dikategorikan “cukup”. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyarankan agar guru lebih memotivasi siswa dan lebih memperhatikan tingkat kemampuan spasial siswa terutama pada objek gambar yang rumit dan siswa diharapkan lebih meningkatkan kemampuannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7