cover
Contact Name
Hardika Dwi Hermawan
Contact Email
hdh973@ums.ac.id
Phone
+628989667266
Journal Mail Official
buletinppp@ums.ac.id
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani Pabelan, Surakarta, Jawa Tengah Indonesia 57162
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27213404     DOI : https://doi.org/10.23917/bppp
Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; 7. Praktek pengalaman mengajar; dan 8. Pemberdayaan pembelajaran yang lainnya dalam konteks pembelajaran di era komputasi global.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No. 2, Desember 2022" : 6 Documents clear
Pengembangan Filter Instagram Tebak Rukun Islam Menggunakan Aplikasi Spark AR Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Nurul Khoiriyah; Arif Setiawan
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No. 2, Desember 2022
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v4i2.22892

Abstract

Filter merupakan   sebuah   fitur   yang   menyediakan   dan menggabungkan beberapa fitur-fitur tertentu yang dapat diakses oleh pengguna atau semua orang. Bentuk dari filter ini biasanya ditampilkan dalam bentuk kuis, foto, video, atau jenis-jenis lainnya. Adanya pembuatan filter yang berbentuk kuis atau tebak-tebakan ini guna untuk memperlancar proses belajar mengajar terhadap peserta didik. Dalam pembuatan filter tersebut biasanya hasil kuis tersebut di uji kepada peserta didik. Macam-macam filter memiliki beberapa macam fitur-fitur yang sangat berbeda-beda. Salah satunya yaitu kuis tebak rukun Islam. Sehingga filter adalah sebuah fitur yang disusun dan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman serta dapat diakses dari manapun dan kapanpun dengan pengguna yang bisa dibatasi atau dengan tanpa batas (siapapun bisa mengakses). Kuis aplikasi rukun Islam yaitu soal-soal yang berbentuk kuis mengenai bab tentang rukun Islam. Dalam pembuatan kuis tebak rukun Islam berfungsi untuk mempermudah dalam pelajaran agama Islam pada bab rukun Islam.
Model Home Schooling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa SMP Dian Lestari; Miftakhul Huda; Dina Ramadhanti
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No. 2, Desember 2022
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v4i2.22891

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis home schooling dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didik sekolah menengah pertama era pandemi Covid-19 di Lingkungan Desa Gemantar. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah anak yang sedang menempuh pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ini ialah wawancara, angket, observasi, pengkajian teori, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupapembelajaran bahasa indonesia dengan berbasis home schooling merupakan pembelajaran yang fleksibel dan membuat peserta didik semakin disiplin dalam proses belajar mengajar. Kedisiplinan peserta didik dapat dilihat dari kedisiplinan belajar di rumah dan kedisiplinan ketika dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis home schooling dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didik sekolah menengah pertama era pandemi Covid-19 di Lingkungan Desa Gemantar. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah anak yang sedang menempuh pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ini ialah wawancara, angket, observasi, pengkajian teori, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupapembelajaran bahasa indonesia dengan berbasis home schooling merupakan pembelajaran yang fleksibel dan membuat peserta didik semakin disiplin dalam proses belajar mengajar. Kedisiplinan peserta didik dapat dilihat dari kedisiplinan belajar di rumah dan kedisiplinan ketika dalam proses pembelajaran. 
Penggunaan Microsoft Teams untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Menengah Kejuruan pada Masa Pandemi Ilyas Munandar; Andyca Purwoko; Hardika Dwi Hermawan
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No. 2, Desember 2022
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v4i2.22906

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran konvensional, sehingga pembelajaran online merupakan salah satu alternatif yang dapat mengatasi permasalahan selama ini pandemi karena hal ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran atau implementasi secara online pembelajaran di SMK Negeri 5 Surakarta X TM C X DPIB A, tempat penyampaian pembelajaran menggunakan tim Microsoft. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada beberapa guru di SMK Negeri 5 Surakarta, yang tertuang dalam beberapa pertanyaan tentang penggunaan tim Microsoft menggunakan metode kualitatif, dengan metode pendekatan, dan kemudian menganalisis dan menginterpretasikan data yang dipilih. , selanjutnya menentukan kesimpulan, kemudian menulis hasil penelitian. Untuk hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut 1) Pengajaran online dan kegiatan pembelajaran 2) Menggunakan Tim Microsoft Office; 3) Kendala yang Dialami oleh guru dan Siswa. 4) Strategi Pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran daring; 5) Media pembelajaran yang digunakan guru; dan 6) faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja siswa.
Strategi Student Facilitator and Explaining sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Vita Nur Anggraeni; Dellis Shika Prameswari; Wibowo Heru Prasetiyo; Alfi Syahrin
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No. 2, Desember 2022
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v4i2.22907

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keefektifan penerapan strategi Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran PPKn, (2) Keaktifan siswa dengan adanya penerapan strategi Student Facilitator and Explaining untuk mata pembelajaran PPKn, serta (3) Hasil dari penggunaan strategi Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah siswa dan proses pembelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Ambarawa sebagai sumber primer. Sedangkan, sumber sekunder ialah berasal dari berbagai arsip dokumen yang relevan dengan penelitian. Sedangkan, objek penelitian merupakan hasil dari penerapan strategi pengajaran yang digunakan mahasiswa dalam pembelajaran PPKn ketika melaksanakan praktik mengajar di kelas secara langsung. Kemudian, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi serta dokumentasi berupa foto, video, serta arsip-arsip yang relevan. Penerapan strategi Student Facilitator and Explaining guna meningkatkan keaktifan siswa ini dilaksanakan dalam 1 (satu) pekan sesuai jadwal mata pelajaran. Adapun dalam upaya peningkatan keaktifan siswa menggunakan strategi Student Facilitator and Explaining. Diskusi digunakan sebagai salah satu metode pembalajaran supaya siswa yang belum berani mengungkapkan pendapatnya dalam kegiatan berdiskusi secara berkelompok. Selain itu, berupaya untuk dapat melatih kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat sekaligus melatih tingkat kepercayaan diri dan keberanian siswa. Dengan adanya strategi belajar yang digunakan ini, diharapkan proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran terkhusus pada mata pelajaran PPKn. Kemudian, meningkatnya keterampilan berbicara yang baik sehingga diharapkan dapat membantu siswa dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah maupun bangsa, dan negara.
Pemanfaatan Metode “Debur Gula” dalam Pembelajaran Tematik yang Aktif dan Menyenangkan Salsabila Anindya Putri; Fitri Puji Rahmawati; Eko Purnomo
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No. 2, Desember 2022
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v4i2.22908

Abstract

Terdapat beberapa faktor yang mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa, salah satunya adalah pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran oleh guru. Mengingat pentingnya motivasi siswa dalam belajar, peneliti ingin mengimplementasikan metode pembelajaran menyenangkan dan aktif dalam pembelajaran tematik agar pembelajaran menjadi lebih interaktif dan transfer materi kepada siswa menjadi lebih bermakna. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendekripsikan penerapan metode debat seru dan gubah lagu dalam pembelajaran tematik siswa sekolah dasar serta untuk mengetahui manfaat metode debat seru dan gubah lagu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik. Subjek penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas V sekolah dasar di daerah Jurug, Mojosongo, Boyolali. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, metode Debat Seru dilaksanakan dengan mengaitkan topik debat pada materi yang sesuai dengan kehidupan dan lingkungan sekitar siswa. Pada metode Gubah Lagu, dilaksanakan dengan cara mengajak siswa untuk bersama-sama menggubah lirik lagu daerah dengan materi pelajaran yang terkait. Dengan menerapkan metode tersebut dalam pembelajaran, memberikan kesempatan bagi siswa untuk menghubungkan materi dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Selain itu dapat membantu siswa dalam memotivasinya untuk belajar memahami materi yang dibahas, siswa akan menjadi senang dan turut aktif mengikuti kegiatan pembelajaran.
Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar Ilham Basir Nur Muhammad; Yulia Maftuhah Hidayati; Trisna Andarwulan
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No. 2, Desember 2022
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v4i2.22905

Abstract

Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan suatu kesempatan bagi para mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di SD maupun SMP di daerah 3T. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya implementasi program inovasi budaya Game Catung di SDN 1 Muruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan implementasi inovasi literasi numerasi untuk membantu kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan melalui pembiasaan membaca, menulis, serta berhitung secara teratur dengan berbagai metode pembelajaran di SDN 1 Muruh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepada sekolah, guru kelas, dan siswa. Adapun untuk objek penelitian ini adalah yang berkaitan dengan implementasi inovasi budaya literasi numerasi “Game Catung”. Hasil penelitian di SDN 1 Muruh diperoleh bahwa guru dalam pelaksanaan program Catung menggunakan metode yang bervariasi. Selain itu, media dan sintaks pembelajaran yang digunakan sangat beragam. Implementasi literasi menggunakan buku bergambar, buku cerita, huruf angka bergambar, dan media tablet yang berisi game edukasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6