cover
Contact Name
Hardika Dwi Hermawan
Contact Email
hdh973@ums.ac.id
Phone
+628989667266
Journal Mail Official
buletinppp@ums.ac.id
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani Pabelan, Surakarta, Jawa Tengah Indonesia 57162
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27213404     DOI : https://doi.org/10.23917/bppp
Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; 7. Praktek pengalaman mengajar; dan 8. Pemberdayaan pembelajaran yang lainnya dalam konteks pembelajaran di era komputasi global.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023" : 7 Documents clear
Efektivitas Penggunaan Aplikasi AKSI sebagai Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Adelia Noer Karisma; Latifa Rumambarsari; Nova Setyowati; Dias Aziz Pramudita
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v5i1.22941

Abstract

Gerakan Literasi Siswa merupakan upaya menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang warganya melek huruf untuk kehidupan melalui pelibatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi AKSI sebagai literatur di SDN 1 Joho. Metode penelitian deskriptif menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi AKSI SD sebesar 95,7%, terkait materi atau konten bacaan aplikasi AKSI SD yaitu 95,7% siswa menjawab mudah dipahami, terkait preferensi dalam memilih antara literasi dan literasi. berhitung yaitu 69,6%, 65,2% siswa lainnya menjawab tidak kesulitan dalam menggunakan aplikasi AKSI SD. Aplikasi AKSI yang digunakan dalam pembelajaran literasi 91,3% siswa menjawab setuju. Kesimpulannya adalah aplikasi AKSI dapat digunakan sebagai aplikasi literatur di SDN 1 Joho.
Penerapan Model Belajar Calistung untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar Alfianza Wijaya Kusuma; Christina Kartika Sari
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v5i1.22936

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi siswa Sekolah Dasar Negeri Galeh 1, khususnya untuk kelas 2 yang sebagian masih kesulitan dalam membaca, menulis, dan berhitung. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat mengurangi kendala tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran program pembelajaran calistung di Sekolah Dasar Negeri Galeh 1, dan  (2) kendala dan solusi yang dialami guru dalam pembelajaran calistung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan observasi dengan cara penerapan model pembelajaran calistung secara langsung di Sekolah Dasar Negeri Galeh 1. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka diperoleh hasil guru memberikan jam tambahan untuk penerapan program belajar calistung kegiatan belajar ini dilakukan di pada hari senin sampai sabtu pada saat jam istirahat, guru memberikan buku kepada siswa untuk dibaca, dan pengenalan angka dengan cara berhitung. Penerapan model pembelajaran calistung dinilai efektif dalam meningkan literasi dan numerasi peserta didik.
Efektivitas Penggunaan Media Quipper dalam Pembelajaran Blended Learning untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Menengah Pertama Julia Larasati; Hariyatmi Hariyatmi; Siti Rohmi; Novi Alya Fatharani; Kurnia Hannyda Umamy
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v5i1.22937

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan media Quipper dalam blended learning untuk pembelajaran jarak jauh di masa pandemi yang dilaksanakan di SMPN 1 Bancak dan menyimpulkan hasil implementasi media Quipper tersebut selama blended learning. Artikel ini menggunakan metode penelitian deskripsi dengan pendekatan survei sehingga dapat mengetahui tingkatan efektivitas dari proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Quipper. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan informasi dan sebagai sumber referensi dalam mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media Quipper dalam pembelajaran blended learning di SMPN 1 Bancak. Berdasarkan sampel sebanyak 130 hasil belajar yang diperoleh dan wawancara yang telah terlaksana, diperoleh hasil bahwa terdapat banyak peserta didik tidak antusias dalam mengerjakan post test. Hal tersebut dilihat dari sampel yang ada, diperoleh hanya 9% yang mampu mengerjakan dan menyelesaikan post test yang diberikan dari data keseluruhan peserta didik yang mengakses.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Bigbook untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Eriza Putri Ayu Ning Tias; Koesoemo Ratih; Santhyami Santhyami
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v5i1.22938

Abstract

SDN Tanggan 1 Gesi Sragen merupakan sekolah yang termasuk dalam kategori perlu meningkatkan literasi dan numerasi. Kemampuan siswa yang masih kurang dari target yang diharapkan oleh pemerintah khususnya di kelas 1. Ada 3 siswa yang masih belum bisa membaca, sehingga diharapkan dengan adanya media pembelajaran big book ini dapat membantu mereka yang belum bisa membaca dan menumbuhkan minat membaca. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran big book untuk meningkatkan kemampuan literasi dan minat baca siswa kelas 1 SDN Tanggan 1 Gesi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas satu SD yang masih belum bisa membaca. Penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Dasar di Kota Sragen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dalam belajar membaca menggunakan media pembelajaran big book. Pemahaman mereka untuk menjawab pada LKS juga meningkat dibandingkan tidak menggunakan media pembelajaran bigbook.
Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar Sinta Devi Kusuma Ardi; Anatri Desstya
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v5i1.22934

Abstract

Kemampuan numerasi adalah kemampuan yang menerapkan konsep bilangan, keterampilan operasi hitung, dan kemampuan menjelaskan informasi atau masalah mengunakan Matematika. Mata pelajaran Matematika sendiri merupakan momok bagi siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dikarenakan materinya yang sulit. Akibatnya, prestasi belajar Matematika siswa rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Rendahnya prestasi belajar siswa merupakan salah satu penyebab dari kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar numerik mereka dan memberikan kemudahan siswa dalam mempelajari numerasi melalui penggunaan media pembelajaran ular tangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah siswa menjadi lebih memahami materi, pelaksanaan pembelajaran menjadi menyenangkan, kegiatan belajar menjadi interaktif, dan motivasi belajar numerik siswa menjadi meningkat. Maka dari itu, media pembeljaran ular tangga mampu meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa sekolah dasar.
Pengembangan Media Pembelajaran dalam Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar melalui Pemanfaatan Aplikasi Instagram pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Zayyinatul Janani; Adi Nur
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v5i1.22940

Abstract

Penelitian ini mendorong pesatnya perkembangan teknologi informasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur dan mengetahui penerapan media tes matematika menggunakan aplikasi Instagram pada siswa kelas VII dalam kaitannya dengan mata pelajaran matematika tentang pemfaktoran bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa Inggris disebut research and development (RD). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil lembar validasi dan evaluasi angket. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan. Adapun tingkat kepraktisan yang diperoleh dari hasil angket, baik guru maupun siswa mendapat persentase kepraktisan 100% sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis dan tidak perlu direvisi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengujian media tentang matematika dengan menggunakan aplikasi Instagram dapat dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran matematika tentang faktor aljabar.
Implementasi Metode STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Ririn Dewi Karmila; Andi Haris Prabawa; Susiati Susiati
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v5i1.22935

Abstract

Kemampuan membaca permulaan perserta didik tingkat sekolah dasar sagat mempengaruhi kemampuan membaca pada tingkat selajutnya. Meningat semakin rendahnya tingkat kemampuan melek huruf dampak dari sistem pembelajaran yang berubah-ubah dan dikarenakan kondisi yang mengalami perubahan, yang memaksa dunia pendidikan untuk dapat menyesuaikan dengan sistem dan kondisi tersebut. Perlu adanya terobosan dalam metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar peserta didik. Seiring dengan adanya program Kampus Mengajar Angkatan 2 di mana mahasiswa diterjunkan secara langsung untuk dapat menjadi tenaga pendidik di daerah yang terdepan, terpencil, dan tertinggal. Maka daripada itu peneliti melakukan implementasi penggunaan metode STAD pada peserta didik SD. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan metode kooperatif yaitu STAD mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 1 Sambirembe. Implementasi metode STAD mempu meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan meningkatkan kemampuan literasi maupun numerasi peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode STAD dinilai efektif meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7