cover
Contact Name
Hastawati Chrisna Suroso
Contact Email
chrisna.suroso@itats.ac.id
Phone
+6281238192104
Journal Mail Official
senopati.journal@itats.ac.id
Editorial Address
Jl. Arif Rahman Hakim 100 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Senopati : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering
ISSN : -     EISSN : 27147010     DOI : -
Jurnal SENOPATI is published twice in a year, every April and September. The scope of jurnal SENOPATI can be seen below : 1. ERGONOMICS this subject is including physical ergonomics, cognitive ergonomics, human computer interaction, system engineering, human factor, risk and safety science 2. OPTIMIZATION this subject is related to operational research, linear programming, vehicle routing problem 3. APPLICATION of INDUSTRIAL ENGINEERING everything related to applied of industrial engineering in manufacturing or service industry
Articles 93 Documents
Analisis Pengendalian Kualitas Produk Beras dengan Metode Six Sigma dan New Seven Tools Akhmad Iqbal Fauzia; Ni Luh Putu Hariastuti
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.senopati.2019.v1i1.517

Abstract

CV. Bumi Putra adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang agrobisnis dengan produksi beras yang berdiri tahun 1985. Pada penelitian ini produk yang diteliti adalah beras jenis IR 64 dengan kemasan 25 Kg. Permasalahan yang ada pada perusahaan manufaktur ini adalah kecacatan produk yang disebabkan oleh kesalahan operator produksi, perawatan mesin yang kurang, dan menyepelekan inspeksi baik pada bahan baku atau mesin husker. Dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode six sigma dan new seventools untuk menyelesaikannya dan juga mendapatkan usulan perbaikan untuk mengendalikan yang berguana dalam peningkatan kualitas produk beras pada CV. Bumi Putra. Dalam melakukan penelitian didapat 5 kecacatan produk beras jenis IR 64 yaitu beras remuk 37%, banyak menir 23%, Remukan batu 22%, Terdapat potongan batang padi 15%, Terdapat serpihan tali rafia 4%. Pada metode six sigma diperoleh peningkatan nilai sigma sebesar 0,03 sigma sedangkan untuk improve menggunakan metode new seventools di dapat faktor yang menyebabkan kecacatan yaitu karyawan tidak menjalankan SOP (Standart operational prosedur) dan perawatan mesin yang hanya menunggu saat terjadi kerusakan.
Analisis Kelayakan Miniatur Sistem Parkir di Universitas Panca Marga (UPM) Probolinggo Panggayuh Jala Gumilar; Trismawati Trismawati; Haryono Haryono
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 2, No 2 (2021): Jurnal SENOPATI Vol.2 No.2
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.senopati.2021.v2i2.1484

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kehilangan kendaraan pada kampus Universitas Panca Marga, mengetahui sistem keamanan analisis kelayakan miniatur Sistem Parkir di Universitas Panca Marga serta mengetahui prosedur penerapan pemasangan sistem keamanan analisis kelayakan miniatur sistem parkir di Universitas Panca Marga. Berdasarkan penelitian dan perhitungan analisis yang telah dilakukan, nilai NPV (Net Present Value) sebesar 8.341.063 menunjukkan bahwa proyek miniatur sistem perparkiran di Universitas Panca Marga memiliki kelayakan sehingga proyek sistem perparkiran tersebut dapat dijalankan. Nilai PP (Payback Period) sebesar 2.005 menunjukkan bahwa proyek sistem layak dikerjakan dengan investasi awal kembali dalam jangka waktu 2 tahun. Oleh karena itu, saran yang dapat diberikan untuk Universitas Panca Marga adalah dapat menerapkan kebijakan tarif parkir agar dapat menghasilkan kelayakan finansial dan meningkatkan nilai pendapatan.
Penentuan Rute Distribusi Produk Otomotif dengan Metode Saving Matrix dan Traveler Sales Problem Permana, Ferdy Dwi; Tarigan, Zeplin Jiwa Husada
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 2 (2020): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.2
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Star Spart Indonesia in Sidoarjo, East Java is an automotive and spare part company which sells various national and international quality automotive products such as baterries, oil, tyres, and other spare parts. In promoting the products, this company is facing many competitors, so it has to collaborate with other retail shops and main dealers to win the competition. Therefore, the company is planning a proper marketing strategy to market the products in order to strive the organizational goals (to survive, to grow, and to multiply). This research is using Saving Matrix method to schedule limitied transportation vehicles to deliver goods from one facility to various customers. Another method is using the Farthest Insert, Nearest Insert and Nearest Neighbour method. Using the Saving Matrix method, the company can spend Rp. 45,802,836 for transportion costs using company's vehicles. If the company rents the vehicles to other outsourcing company, the transportation costs will be Rp. 49,000,000. There is a saving of Rp. 3,197,164 if the company uses own vehicles. From changing the route, there will be another cost saving from fuel as much as Rp. 409,115. Keywords: Saving Matrix, Farthest Insert, Nearest Insert, Nearest neighbour, Distribution
Analisis Pengendalian Kualitas Produk Beras dengan Metode Six Sigma dan New Seven Tools Fauzia, Akhmad Iqbal; Hariastuti, Ni Luh Putu
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

CV. Bumi Putra adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang agrobisnis dengan produksi beras yang berdiri tahun 1985. Pada penelitian ini produk yang diteliti adalah beras jenis IR 64 dengan kemasan 25 Kg. Permasalahan yang ada pada perusahaan manufaktur ini adalah kecacatan produk yang disebabkan oleh kesalahan operator produksi, perawatan mesin yang kurang, dan menyepelekan inspeksi baik pada bahan baku atau mesin husker. Dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode six sigma dan new seventools untuk menyelesaikannya dan juga mendapatkan usulan perbaikan untuk mengendalikan yang berguana dalam peningkatan kualitas produk beras pada CV. Bumi Putra. Dalam melakukan penelitian didapat 5 kecacatan produk beras jenis IR 64 yaitu beras remuk 37%, banyak menir 23%, Remukan batu 22%, Terdapat potongan batang padi 15%, Terdapat serpihan tali rafia 4%. Pada metode six sigma diperoleh peningkatan nilai sigma sebesar 0,03 sigma sedangkan untuk improve menggunakan metode new seventools di dapat faktor yang menyebabkan kecacatan yaitu karyawan tidak menjalankan SOP (Standart operational prosedur) dan perawatan mesin yang hanya menunggu saat terjadi kerusakan.
Analisis Kelayakan Miniatur Sistem Parkir di Universitas Panca Marga (UPM) Probolinggo Gumilar, Panggayuh Jala; Trismawati, Trismawati; Haryono, Haryono
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 2, No 2 (2021): Jurnal SENOPATI Vol.2 No.2
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kehilangan kendaraan pada kampus Universitas Panca Marga, mengetahui sistem keamanan analisis kelayakan miniatur Sistem Parkir di Universitas Panca Marga serta mengetahui prosedur penerapan pemasangan sistem keamanan analisis kelayakan miniatur sistem parkir di Universitas Panca Marga. Berdasarkan penelitian dan perhitungan analisis yang telah dilakukan, nilai NPV (Net Present Value) sebesar 8.341.063 menunjukkan bahwa proyek miniatur sistem perparkiran di Universitas Panca Marga memiliki kelayakan sehingga proyek sistem perparkiran tersebut dapat dijalankan. Nilai PP (Payback Period) sebesar 2.005 menunjukkan bahwa proyek sistem layak dikerjakan dengan investasi awal kembali dalam jangka waktu 2 tahun. Oleh karena itu, saran yang dapat diberikan untuk Universitas Panca Marga adalah dapat menerapkan kebijakan tarif parkir agar dapat menghasilkan kelayakan finansial dan meningkatkan nilai pendapatan.
Analisa Beban Kerja Pada Pekerja Konveksi Menggunakan Work Load Analysis Damayanti, Titik Nur; Putra, Boy Isma
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 2, No 1 (2020): Jurnal SENOPATI Vol.2 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

untuk mengetahui beban kerja dan mengoptimalkan beban kerja yang sesuai
Analisa pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan menggunakan metode kano dan quality function deployment (QFD) studi kasus: PT.Bank Jatim Puspitasari, Shella Anindya; Lukmandono, Lukmandono
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Bank Jatim merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa perbankan di Indonesia yang akan terus meningkatkan pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Saat ini, sistem pelayanan yang digunakan masih bersifat manual sehingga masih ditemui ketidaksesuaian antara pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pelayanan dengan pendekatan Kano dan quality function deployment. Hasil penelitian dengan metode Kano didapatkan 20 atribut dengan kategori one dimensional, must-be dan attractive. Sedangkan hasil penelitian metode quality function deployment didapatkan 12 respon teknis yang akan digunakan untuk memperbaiki tingkat kepuasan pelanggan. Pada tahap perbaikan dapat dilihat dari hasil ranking technical contributions importance yang tertinggi. Tindakan perbaikan yang diusulkan adalah melakukan pelatihan berkala, melakukan perekrutan SDM berpotensi, dan melakukan penilaian kinerja secara rutin.Kata kunci: Analisis Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Kano, QFD
Supporting Docs Daftar Isi, Cover Daftar Redaksi
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 2 (2020): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.2
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cover, Darfar Redaksi, Daftar Isi
Pengukuran Nilai Availability & Performance Kapal Peti Kemas Dengan Menggunakan OEE Akbar, Rizka; Achmadi, Fuad
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 2 (2020): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.2
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Didalam Perusahaan Pelayaran Kapal Peti Kemas semua armada kapal diharapkan bisa di operasikan di mana saja dan kapan saja sesuai dengan trayek kapal dan kebutuhan dari pasar atau penyewa kapal. Untuk itu diperlukan perhitungan nilai Availability & Performance untuk mengetahui kondisi Kapal Peti Kemas. Nilai Availability Kapal Peti Kemas terkecil adalah 42.74%, Performance adalah 54 % dan rata-rata nilai OEE Kapal Peti Kemas adalah 81%. Usulan dalam meningkatkan nilai Availability pada Kapal Peti Kemas adalah melakukan evaluasi Engine Performance dengan baik dan melakukan perencanaan untuk perbaikan sesuai dengan hasil analisa dari Engine Performance√ā¬†Kata kunci: Availability, Performance, OEE, Kapal Peti Kemas
Analisa Produktivitas Berdasarkan Pendekatan Metode American Productivity Center (APC) Dan Marvin E Mundel Di CV. Nipson Industrial Coating Prastyo, Sodo Rizky; Lukmandono, Lukmandono
Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering Vol 1, No 1 (2019): Jurnal SENOPATI Vol.1 No.1
Publisher : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persaingan bisnis yang sangat kompetitif saat ini menuntut setiap perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya agar mampu bersaing dengan perusahaan lain. CV. Nipson Industrial Coating adalah perusahaan yang bergerak untuk memproduksi thinner dan coating. Perusahaan ini belum pernah melakukan pengukuran produktivitas. Oleh karena itu, penting dilakukannya pengukuran produktivitas guna mengetahui faktor yang menyebabkan terjadi penurunan produktivitas. Penelitian ini ditujukan untuk mengukur tingkat produktivitas, mencari akar permasalahan produktivitas dan memberikan suatu usulan peningkatan produktivitas. Perhitungan indeks produktivitas menggunakan metode American Productivity Center (APC) dan Marvin E Mundel. Input penelitian terdiri dari biaya tenaga kerja, material, energi dan modal dalam periode bulan Januari 2017 sampai Desember 2018. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa adanya penurunan produktivitas. Melalui metode APC didapat nilai rata-rata produktivitas total sebesar 95,72%. Sedangkan dengan metode Marvin E Mundel didapat nilai rata-rata produktivitas total sebesar 99,26%.Kata kunci: Indeks Produktivitas, American Productivity Center (APC), Marvin E Mundel

Page 1 of 10 | Total Record : 93