cover
Contact Name
Abdul Muttalib
Contact Email
abdulmuttalib3@gmail.com
Phone
+6281999271282
Journal Mail Official
ekisunu@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pendidikan No 6 Mataram Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Econetica
ISSN : 26851016     EISSN : 27766403     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Econetica merupakan publikasi Ilmiah terkait Sosial, Ekonomi dan Bisnis merupakan hasil kajian pustaka, kajian isu, dan hasil penelitian yang berkembang dimasyarakat. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 2 kali setiap tahun
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): November 2022" : 12 Documents clear
PERSEPSI TOKOH AGAMA TENTANG EKONOMI ISLAM (Studi Di Desa Pagutan Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Dedi Riswandi
Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4 No 2 (2022): November 2022
Publisher : Program StudiEkonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul UlamaNusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69503/econetica.v4i2.283

Abstract

Abstrak Sistem Ekonomi Islam marak diperbincangkan di Indonesia. Istilah ini baru populer di Indonesia, sementara itu di negara lain sudah terlebih dahulu berkembang. Di Malaysia perkembangannya telah sedemikian pesat, begitu juga di beberapa Negara Timur Tengah. Membahas tentang Sistem Ekonomi Islam ternyata cukup memberikan corak yang berbeda. Salah satu penyebabnya adalah karena sistem ekonomi Islam memberi ciri utama yang berlandaskan pada syariat Islam, berbeda dengan ekonomi konvensional yang berlandaskan pada sistem ekonomi kapitalis atau disebut juga dengan ekonomi sekuler. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Meneliti tentang Persepsi dan pendapat para tokoh agama yang ada di tengah-tengah masyarakat secara umum. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis datanya bersifat Deskriptif Analisis dimana data yang diperoleh dianalisis dan kemudian diberikan penjelasan dan kesimpulan. Sistem ekonomi Islam berupaya untuk melawan prinsip riba, maysir dan gharar yang menjadi prinsip utama dalam penerapan sistem ekonomi konvensional. Dalam setiap transakasi ekonomi konvensional selalu mengedepankan ketiga prinsip tersebut. Dampak yang ditimbulkan dari praktik tersebut kemudian membawa bencana dalam kehidupan sosial masyarakat seperti eksploitasi, distribusi pendapatan dan kekayaan yang tidak adil, lunturnya sikap kebersamaan dan persaudaraan, timbulnya permaslahan sosial dan sebagainya. Untuk itu persepsi tokoh agama tentang sistem ekonomi Islam sangat penting untuk diteliti dalam proses kajian, diskusi dan pembelajaran, agar masyarakat memiliki landasan utama dalam setiap tindakan dan praktik ekonominya. Kata Kunci: Persepsi, Tokoh Agama, Ekonomi Islam.
peran Baznas Peran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kabupaten Lombok Barat ; sebuah analisis bagi pengembangan ekonomi Islam Mashur Mashur hur
Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4 No 2 (2022): November 2022
Publisher : Program StudiEkonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul UlamaNusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69503/econetica.v4i2.285

Abstract

Abstrak (Indonesia) Dalam upaya membangun ekonomi masyarakat, zakat merupakan instrumen penting yang berpotensi untuk pengembangan dan kesejahteraan kehidupan ekonomi masyarakat. Hanya saja, potensi ini harus dikelola secara professional agar dicapai tujuan zakat bagi pengembangan ekonomi Islam secara institusional. Zakat sebagai aspek penting dalam ilmu ekonomi terleih bila didekati dari aspek keilmuan dan secara kelembagaan dapat menjadi solusi mengentaskan kemiskinan karena berperan melakukan pemberdayaan masyarakat terutama fakir miskin, kaum dhuafa’ dan lainnya. Lembaga Baznas sebagai pengelola zakat menjadi objek penelitian ini sehingga penelitian ini bersifat kualitatif dan dilakukan pada bulan Januari 2020. Wawancara dan observasi dilakukan sebagai metode bagi peneliti untuk memperoleh data dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian peneliti menemukan bahwa Baznas berkontribusi signifikan terhadap pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program yang telah dan sedang dilaksanakan di berbagai bidang. Pemberian modal kerja, modal atau peralatan niaga, modal bibit pertanian, modal peternakan bagi hewan bagi mustahik dan lainnya. Bantuan-bantuan lain tidak hanya di bidang kesehatan, tetapi juga pendidikan, kemanusiaan dan lainnya. Semua bentuk bantuan yang diterima masyarakat guna memenuhi keperluan hidup, meningkatkan taraf kehidupan sosial ekonomi, menumbuhkan semangat tolong menolong, kemandirian dan lainnya. Program bantuan Baznas adalah bagian dari edukasi lembaga kepada masyarakat. Harapannya, kesadaran masyarakat untuk bersikap dermawan, mematuhi perintah berzakat mengalami peningkatan.
Efek Pasca Pandemi Covid 19 terhadap Pendapatan Pedagang Kecil (Studi Kasus Pedagang Boba Tea Aik Dareq, Batukliang Lombok Tengah) Desi Suryati; Rohmiati Amini; Baiq Salkiah; Musniasih Yuniati; Junaidi Akhmad
Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4 No 2 (2022): November 2022
Publisher : Program StudiEkonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul UlamaNusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69503/econetica.v4i2.293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dan dampak pasca pandemi terhadap pendapatan pedagang kecil khususnya pedagang teh boba di Desa Aik Dareq Batukliang Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian adalah kuantitatif asosiatif dengan jumlah responden seluruh pedagang teh Boba sebanyak 12 orang yang dijadikan sebagai sampel. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi dengan uji validitas dan reliabilitas terhadap data yang diperoleh. Untuk melihat normalitas dan homogenitas data juga dilakukan dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis menggunakan analisis statistik dengan analisa regresi linier sederhana dan melakukan uji hipotesis atas hipotesa yang diajukan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan pedagang kecil mengalami peningkatan yang positif seiring kondisi ekonomi pasca pandemi yang sudah mulai berangsur normal. Hal ini ditunjukkan dengan angka 0,603 yang dihasilkan atau sebesar lebih kurang 60% efek yang ditimbulkan dengan berkegiatan ekonomi pasca pandemi. Sementara dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 2,247. Nilai t hitung > nilai t tabel (2, 247 > 1,812) pada taraf signifikan 5% (∝=0,05) maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis adanya efek atau dampak pasca pandemi terhadap pendapatan pedagang kecil (Teh Boba) dapat diterima
ANALISIS DAMPAK SIRKUIT MANDALIKA TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH Helia Septiana; Indah Indriani; Nursinta Nursinta
Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4 No 2 (2022): November 2022
Publisher : Program StudiEkonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul UlamaNusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69503/econetica.v4i2.294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi dan analisis dampak sirkuit mandalika ( motogp ) terhadap pendapatan Umkm di Kabupaten Lombok Tengah. Beberapa unit usaha seperti penjual aksesoris, baju-baju, songket, wine ( minuman keras ), wisata kuliner, dan jasa pendukung lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh unit usaha mengalami dampak kenaikan dan penurunan pendapatan pada awal di bangunnya sirkuit mandalika ( motogp ). Untuk mencapai tujuan tersebut metode yang digunakan bersifat kuantitatif, jumlah sampel yang di gunakan sebanyak 96 responden, hipotesa yang di gunakan dalam penelitian ini adalah uji statistic T ( uji persial ) dan koofisien determinasi R2, jenis data yang di gunakan adalah data kuantitatif, sedangkan sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder, dan analisis regresi sederhana
STRATEGI PEMASARAN PELAKU USAHA KOPI ARABIKA DALAM PENINGKATAN PENDAPATN MASYARAKAT DI KABUPATEN LOMBOK UTARA Zaenafi Ariani; Roni Ardiyansah; Rezky Cikal Pratama; Yuli Astriana; Ayuliana Ayuliana
Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4 No 2 (2022): November 2022
Publisher : Program StudiEkonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul UlamaNusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69503/econetica.v4i2.295

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari Studi Potensi Komoditi Kopi di Kabupaten Lombok Utara adalah menganalisis potensi bisnis komoditas lokal dalam upaya pengembangan ekonomi di Kabupaten Lombok Utara. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Potensi tanaman Kopi Arabika di Kabupaten Lombok Utara terlihat dari banyaknya tamanan tersebut dibudidayakan oleh masyarakat lombok utara. Hanya saja, pengelolaan tanaman Kopi Arabika di Kabupaten Lombok Utara masih dilakukan secara tradisional, meski telah diberikan pendampingan oleh pemerintah daerah; 2) hasil Berdasarkan data pengolahan ditemukan bahwa produk/komoditi kopi adalah komoditas yang layak diinvestasikan, baik oleh masyarakat maupun pemerintah daerah; dan 3) Secara garis besar terdapat 7 aspek pembangunan yang menjadi arah pengembangan produk/komoditi Kopi yang layak investasi di Kabupaten Lombok Utara menurut skala prioritas pada masing-masing kabupaten yakni: (1) produk lokal, (2) pasar, (3) tata niaga, (4) nilai tambah, (5) kemitraan, (6) dukungan pemerintah daerah, dan (7) penerapan teknologi tepat guna
Kerjasama Bilateral Indonesia-Jerman Melalui Ekspor-Impor Kopi dan Coffee Machine Moh. Ilham Rifandi; Havidz Ageng Prakoso
Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4 No 2 (2022): November 2022
Publisher : Program StudiEkonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul UlamaNusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69503/econetica.v4i2.296

Abstract

Produksi kopi di Indonesia sangat banyak, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki lahan dan kebun kopi sangat luas, hal ini mengakibatkan Indonesia mengalami kendala dalam mengolah dan memasarkan akibat kelebihan yang diproduksi. Berbagai cara dan usaha telah dilakukan oleh pemerintah, salah satunya dengan meningkatkan nilai ekspor. Banyak negara eropa yang juga memiliki tingkat konsumsi kopi terbesar, salah satunya Jerman dengan memiliki tingkat konsumsi kopi terbesar ketiga di dunia, ini merupakan hal yang potensial bagi Indonesia sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kerjasama Indonesia-Jerman melalui ekspor dan impor kopi dan coffee machine guna mempererat hubungan bilateral antar kedua negara. Analisis ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ekspor kedua negara pada tahun 2020-2021 mengalami perubahan yang signifikan dan dengan adanya Kerjasama kedua negara tersebut, Indonesia dan Jerman ikut berkontribusi dalam perdagangan internasional
Sistem Bagi Hasil Peternak Sapi Ditinjau Dari Ekonomi Islam Studi Kasus Di Desa Sisik Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah Habibul Umam Taqiuddin; Dedi Riswandi; Ria Alfiani; Baiq Solatiyah
Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4 No 2 (2022): November 2022
Publisher : Program StudiEkonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul UlamaNusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69503/econetica.v4i2.301

Abstract

The purpose of this study was to find out the system for the results of the cattle business in Sisik Village and the distribution of the proceeds from the sale of livestock carried out by shahibul maal and mudharib according to the agreement. The method used is a qualitative method with primary and secondary data collection techniques. Based on the results of the study, it can be concluded that the profit sharing system for cattle farming in Sisik Village after being reviewed using an oral contract in its implementation, 100% capital is given to mudharib and the agreed profit sharing is 50%: 50% profit value is in accordance with the portion and responsibility answer. And the division of the calf system is by giving the first benefit to mudharib and the second to shahibul maal.
PELAYANAN PUSAT KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN Nazrin Nazrin; Anita Maudy; Siska Hermalinda
Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4 No 2 (2022): November 2022
Publisher : Program StudiEkonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul UlamaNusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69503/econetica.v4i2.311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan pusat kesejahteraan sosial (Puskesos) dalam penanggulangan kemiskinan Di Kelurahan Abeli Dalam Kecamatan Puuwatu Kota Kendari.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan penelitian sebanyak 13 orang. 5 orang tim pelaksana pusat kesejahteraan sosial (Puskesos), dan 8 orang informan tambahan, 1 orang TKSK dan 7 orang warga masyarakat penerima manfaat pelayanan Puskesos Di Kelurahan Abeli Dalam Kecamatan Puuwatu Kota Kendari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pusat kesejahteraan sosial (Puskesos) berlokasi di pemerintahan Kelurahan Abeli Dalam dengan melakukan pelayanan pusat kesejahteraan sosial pada program meliputi: Kartu Idonesia Sehat (KIS), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunia (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST). yang dilakukan oleh Puskesos kepada masyarakat miskin yaitu: 1) mengadakan perubahan dalam bentuk kegiatan, kegiatan tersebut berupa sosialisasi. 2) membantu dalam mengatasi masalah, dengan memberikan bantuan pelayanan yang berkualitas kepada individu/keluarga/rumah tangga miskin harus memiliki prosedur yang jelas, tidak berbelit-belit, mudah dipahami, dan dilakukan. Kegiatan tersebut diantaranya; penerimaan pengaduan, pemeriksaan status calon penerima manfaat dengan proses validasi dan verifkasi data, layanan penanganan keluhan sesuai kebutuhan program dalam hal ini pada program KIS, PKH, BPNT, BST, dan penanganan rujukan. Dengan jumlah penerima KIS 700 orang, PKH 77 orang KK, BPNT 137 orang KK, dan BST 6 orang KK. Jumlah penerima layanan bagi masyarakat miskin 174 orang KK dari 202 orang KK. Adapun ditemukan dalam pelayanan Puskesos serta manfaat pelayanan puskesos bagi masyarakat yang dapat memberikan dampak baik untuk kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan, dan berkontribusi dalam terpenuhinya hak untuk mengakses layanan kesehatan, pendidikan, bantuan sembako, dan bantuan sosial tunai dapat tercapai
Pengaruh Media Sosial, Ecommerce Dan Website Terhadap Kinerja UMKM Pada UMKM Tenun Di Lombok Tengah Rusdi Rusdi; Amiani Amiani; I Made Murjana
Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4 No 2 (2022): November 2022
Publisher : Program StudiEkonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul UlamaNusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69503/econetica.v4i2.312

Abstract

Penggunaan teknologi digital seperti Media sosial, E-Commerce dan Website dapat berpengaruh pada kinerja UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, e-commerce dan website terhadap kinerja UMKM pada UMKM tenun di Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel independen yaitu Media Sosial (X1), E-Commerce (X2) dan Website (X3) serta satu variabel dependen yaitu Kinerja UMKM (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah Pelaku UMKM Tenun di Lombok Tengah. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria pelaku UMKM merupakan pengrajin dan penjual Tenun sehingga diperoleh sampel sebanyak 40 UMKM. Data diperoleh dengan menyebarkan 40 kuesioner kepada pelaku UMKM Tenun. Kuesioner yang kembali dan bisa digunakan sebanyak 40 kuesioner. Data dianalisis menggunakan SPSS 22 dengan uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial, e-commerce dan website tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel independen (media sosial, e-commerce dan website) mampu mempengaruhi variabel dependen (kineja UMKM) sebesar 18,9% sedangkan sisanya sebesar 81,9% kinerja UMKM dipengaruhi variabel-variabel lain di luar model regresi yang digunakan dalam penelitian ini
PENERAPAN PELATIHAN DAN DISIPLIN KERJA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KP BEINTB Eka Wulandari; Syaiful Amri; Surahman Hidayat; Faizatul Fajariah
Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Vol 4 No 2 (2022): November 2022
Publisher : Program StudiEkonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul UlamaNusa Tenggara Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69503/econetica.v4i2.320

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pelatihan dan disiplin kerja dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada Kantor Perwakilan BEI NTB. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif .menggunakan tekhik sampling snowball sampling yang merupakan bagian probability sampling.Tehnik pengambilan sample menggunakan nonprobability.metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualittatif model Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pelatihan (TOT, sekolah pasar modal, klinik investasi ) yang mumpuni dan disiplin kerja juga sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan KSPM sebagai perantara nasabah dan bursa efek. Pelatihan yang diberikan bursa efek untuk melatih mahasiswa dan karyawan inti dinilai sangat membantu peningkatan baik dari jumlah investor sampai dengan penambahan jumlah transaksi investor setiap bulan.Hal ini dapat dibuktikan dari grafik peningkatan jumlah investor pada dua tahun terakhir. Selain dari itu peneliti menemukan faktor lain yang ikut berpartisipasi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia sampai dengan faktor peningkatan kualitas pelayanan pada KP BEI NTB terletak pada kualitas pelatih dan banyaknya KSPM yang mulai dibentuk. Seiring dengan penambahan jumlah KSPM yang dibentuk mengakibatkan penyebaran informasi yang lebih meluas dan dapat menjangkau wilayah pelosok.Penambahan KSPM dapat diikuti dengan penambahan jumlah pelatihan rutin untuk dapat menjamin informasi yang diberikan telah sesuai dengan keadaan. Kata Kunci : Pelatihan, Disiplin Kerja, Kualitas Pelayanan

Page 1 of 2 | Total Record : 12