cover
Contact Name
Avid Leonardo Sari
Contact Email
avid.leonardo@gmail.com
Phone
+6281221512892
Journal Mail Official
jurnalkomitmen@uinsgd.ac.id
Editorial Address
AH. Nasution Street no 180. Cibiru
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
ISSN : -     EISSN : 27231526     DOI : 10.15575/jim.v2i2
Core Subject : Economy, Social,
Komitmen; Jurnal Ilmiah Manajemen diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini menerbitkan hasil riset empiris pada bidang ilmu Manajemen meliputi Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Keuangan, Operasional, dan Manajemen Strategik dan kajian lain yang terkait.
Articles 121 Documents
MANAJEMEN STRATEGI DI MASA PANDEMI COVID-19 Herbert Siregar; Agus Rahayu; Lili Adi Wibowo
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 2 (2020): KOMITMEN : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i2.10316

Abstract

Esai ini bertujuan untuk mengklasifikasi berbagai strategi dan kebijakan yang diambil oleh perusahaan atau organisasi pada masa pandemi Covid-19 tahun 2019-2020. Kami mengumpulkan sejumlah  34 artikel yang berasal dari jurnal internasional dan mengelompokkannya sesuai dengan isu yang dihadapi. Klasifikasi yang dihasilkan sebanyak 20 bidang. Bidang yang paling sering muncul adalah bidang marketing diikuti dengan bidang hospitality, dan seterusnya hingga bidang supply chain. Simpulan yang paling dominan muncul di masing-masing artikel adalah organisasi harus berani melakukan perubahan terhadap strategi yang mereka gunakan dalam waktu yang sangat cepat.
PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE DAN GREEN BRAND IMAGE MELALUI GREEN SATISFACTION DAN GREEN TRUST TERHADAP GREEN BRAND EQUITY PADA PARIWISATA KREATIF DI JAWA BARAT Asep Dedy
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 1 (2020): KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i1.8284

Abstract

Industri pariwisata di Jawa Barat perlu mengembangkan model Green Marketing pada pariwisata kreatif karena pariwisata kreatif berpotensi besar dalam memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan, menciptakan iklim bisnis yang positif, serta membangun citra dan identitas bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Green Brand Image dan Green Perceived Value melalui Green Brand Satisfaction dan Green Trust terhadap Green Brand Equity untuk diterapkan di bidang pariwisata kreatif di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan survey sebagai instrumen utama.  Survey dilakukan terhadap wisatawan di lima lokasi pariwisata kreatif di Jawa Barat, dengan sampel sebanyak 250 responden. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Green Perceived Value dan Green Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Green Brand Equity melalui Green Brand Satisfaction dan Green Trust baik secara parsial dan simultan, dengan pengaruh terbesar yaitu Green Brand Image terhadap Green Satisfaction dan pengaruh terendah yaitu Green Satisfaction terhadap Green Brand Equity.
PERFORMANCE QUALITY OF EMPLOYEES WHEN WORK FROM HOME: AN ANALYSIS OF EMPLOYEE COMPETENCY DURING THE COVID-19 PANDEMIC Wandy Zulkarnaen
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.14373

Abstract

In this era, every company will definitely try to increase company productivity. Therefore companies really need Human Resources because every company company will compete fiercely in developing or improving the quality of their company. Especially with the current conditions with the emergence of Covid-19, companies will try to find employees who have good competencies and abilities. Data released by LIPI states that as many as 63.8% of employees do WFH. Based on the background, this research will analyze the competence of employees' performance in conducting WFH during the Covid-19 pandemic. The data used in this paper is secondary data obtained by the author through various literatures. The result of the research is the need for someone's competence in working anywhere or in any field. This includes being in a pandemic and working with the WFH system. Therefore, employees must develop the competencies that exist within themselves and continue to show good performance.
MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK PARIWISATA BERBASIS KOMUNITAS DI PEDESAAN Yulianah Yulianah
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 1 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i1.12472

Abstract

Kesadaran masyarakat, kurangnya pengetahuan dan keterampilan pariwisata merupakan kendala mendasar yang membatasi kemampuan masyarakat setempat untuk berpartisipasi aktif dalam perencanaan dan pengembangan pariwisata. Desa Wisata Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey di Kabupaten Bandung diakui sebagai salah satu model pariwisata berbasis masyarakat terbaik di Indonesia. Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplor proses peningkatan kapasitas masyarakat khususnya dalam hal kesadaran, pengetahuan, keterampilan dan sikap masyarakat pedesaan agar dapat berpartisipasi dalam perencanaan pariwisata. Penelitian  ini adalah bersifat kualitatif dengan melakukan interview mendalam dengan penyedia informasi kunci. Analisis tematik digunakan untuk menjelaskan data penelitian. Hasil studi menunjukkan bahwa sekitar beberapa tahun telah dimanfaatkan oleh Pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat untuk peningkatan kapasitas khususnya dalam pengembangan sumber daya manusia. Pendekatan pembelajaran eksperimensial digunkana untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat setempat.
ANALISIS PELAKSANAAN REKRUITMEN, SELEKSI DAN PENEMPATAN BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAMIC HUMAN CAPITAL Cupian Cupian; Muhammad Zaky; Kadar Nurjaman; Esa Kurnia
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 1 (2020): KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i1.8289

Abstract

Kunci utama bagi perusahaan atau lembaga dalam menjalankan bisnisnya adalah seorang tenaga kerja yang memiliki kualifikasi yang baik. Dengan begitu maka tenaga kerja dapat dikatakan sebagai aset dan juga bagian dari perusahaan, karena berhasil tidak nya perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya tergantung pada kemampuan tenaga kerja yang memiliki integritas tinggi dan kompetitif disertai dengan perilaku yang baik. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan rekrutmen, seleksi dan penempatan tenaga kerja dengan professional agar tercapat visi, misi dan tujuan. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan rekrutmen, seleksi dan penempatan tenaga kerja yang diterapkan selain secara umum maupun sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif dan teoritis menjelaskan mengenai seleksi dan penempatan kerja. Hasil penulisan menunjukkan bahwa pelaksanaan rekrutmen, seleksi dan penempatan tidak cukup dengan hanya keahlian saja tetapi harus diiringi dengan memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan syariah, maka selain mendapatkan hasil yang baik bagi perusahaan akan mendapatkan keberkahan pula.
STRATEGI ENTREPRENEURIAL GOVERNMENT DALAM PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI Muhammad Taufan Ashshiddiqi; Elvira Amelia Nisa; Faizah Ummul Hasanah; Farida Juniar; Handika Ardana Pamungkas
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.14380

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai masalah yang berkaitan dengan budaya birokrasi pemerintah yang berbelit, mahal, tidak efektif dan tidak efisien. Masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi entrepreneurial government dalam reformasi birokrasi di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Kantor Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian melakukan wawancara dengan sekretaris lurah Kelurahan Kotakulon, kemudian kepada pegawai Kelurahan Kotakulon, dan yang terakhir kepada masyarakat setempat di Kelurahan Kotakulon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis strategi entrepreneurial government dalam reformasi birokrasi di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang memperlihatkan bahwa beberapa dimensi strategi sudah diwujudkan oleh Kelurahan Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, hal tersebut didukung oleh potensi fisik dan non fisik yang berada di lingkungan kelurahan, meskipun begitu hambatan-hambatan dalam proses reformasi masih dirasakan oleh kelurahan.
STUDI KELAYAKAN BISNIS PENDIRIAN TOKO AKSESORIS DAN KADO “AISYAH COLLECTION” Budi Djatmiko; Nurul Khotimah
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 1 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i1.12478

Abstract

Era Industri 4.0 menuntut setiap orang untuk memiliki keahlian, ketrampilan serta  kreatifitas. Hal tersebut dimaksudkan sebagai nilai jual lebih atas dirinya untuk mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan sesuai dengan ilmu dan bidangnya masing- masing. Disamping itu, dunia bisnis sudah menggunakan alat-alat teknologi dan informasi teknologi untuk memudahkan akses dalam operasi usahanya. Kreatifitas menjadi sebuah peluang besar, salah satunya yakni usaha penjualan benda-benda yang dapat dijadikan kado dan aksesoris yang merupakan peluang usaha yang menarik untuk dikembangkan. Hal ini dibuktikan dengan tingginya minat konsumen kabupaten Bandung untuk menjadikan benda-benda sebagai kado, seperti: dompet, tas, gelang dan lain sebagainya. Usaha ini memang cukup banyak ditemukan di kabupaten Bandung, seperti: Putreri Aksesoris, Istana Kado, dan lainnya. Namun, toko-toko penjualan kado masih jarang ditemui di lokasi Komplek Bumi Sari Indah (BSI) 1, Baleendah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Penelitian ini berisis gambaran mengenai lokasi perusahaan berada serta kelayakan usaha yang ditinjau dari berbagai aspek tertentu. Dari beberapa aspek yang termasuk di dalam penelitian ini, seperti aspek pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi, manajemen, SDM, finansial, ekonomi, sosial dan politik, lingkungan hidup serta lingkungan industri, maka pendirian toko aksesoris dan kado ‘Aisyah Collection’ ini dapat dinyatakan layak.
ANALISIS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEGIK PADA DINAS KEBERSIHAN KOTA BEKASI Ika Widiastuti
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 2 (2020): KOMITMEN : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i2.10317

Abstract

Sumber daya manusia menjadi faktor utama dalam suatu organisasi yang dibangun berdasarkan kepentingan kebutuhan dan pelaksanaan. Terbatasnya sumber daya manusia tidak terlepas dari kurangnya perencanaan strategik dalam mengelola keberlanjutan suatu organisasi dan kurangnya dalam membuat analisis SWOT. Setiap organisasi tidak lepas dari manajemen sumber daya manusia (MSDM) Strategik karena MSDM Strategik dapat menjadi sebuah inovasi organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan organisasi. Penelitian ini bertujuan adalah untuk memperoleh temuan deskriptif : kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada Dinas Kebersihan Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) telah dilakukan dengan cukup baik dan benar dengan mempertimbangkan lingkungan internal namun harus lebih memperhatikan lingkungan eksternal organisasi. 
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DAN KOMPETENSI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME KARYAWAN E. Sulyati
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 1 (2020): KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i1.8285

Abstract

Perusahaan yang memahami hubungan antara keterlibatan karyawan dan kesuksesan bisnis akan menemukan cara untuk mendorong dan memfasilitasi kesejahteraan emosional pekerja. Salah satu cara untuk mendorong keterlibatan karyawan adalah dengan memberikan pelatihan keterampilan bahasa dan komunikasi antarpribadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa yang dilakukan oleh perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat untuk mencapai tujuan melalui pelatihan keterampilan bahasa dan komunikasi pribadi antara karyawan perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tiga implikasi nyata dari penelitian ini relevan untuk pendidikan bisnis profesional: (a) contoh analisis bisnis yang sebenarnya kegiatan kelas yang berharga, (2) siswa perlu mengenali peran interaksi tempat kerja sehari-hari pada produktivitas dan kepuasan kerja, dan (3) perusahaan mendapat manfaat dari layanan konsultasi ahli di bidang bahasa dan komunikasi bisnis.
PENGARUH STRUKTUR PEKERJAAN DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. TANTO INTIM LINE DI SAMARINDA Sattar Sattar; Moh Romadloni2; H.M. Andreas Y Sutrisno; Amrin Buton
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.14374

Abstract

Hasil analisa dan pembahasan menunjukkan bahwa berdasarkan uji F, maka variabel Struktur Pekerjaan dan Karakteristik Individu secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT. Tanto Intim Line di Samarinda. Berdasarkan uji t, maka variabel Struktur Pekerjaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT. Tanto Intim Line di Samarinda. Begitu juga dengan variabel Karakteristik Individu berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT. Tanto Intim Line Di Samarinda. Berdasarkan uji korelasi menggambarkan keeratan hubungan variabel independen dan variabel dependen. Nilai korelasi 0,683 artinya nilai tersebut memiliki tingkat hubungan kuat antara Struktur Pekerjaan dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tanto Intim Line di Samarinda. Sedangkan berdasarkan nilai R square 0,466 atau sebesar 46,4% artinya variabel Struktur Pekerjaan dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tanto Intim Line Di Samarinda memiliki hubungan persentase sebesar 46,6% terhadap Pengaruh Struktur Pekerjaan dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tanto Intim Line di Samarinda, sedangkan sisanya sejumlah 53,4 dipengaruhi oleh variabel lain seperti sumber daya manusia, motivasi kerja, lingkungan kerja dan sebagainya..

Page 1 of 13 | Total Record : 121