cover
Contact Name
Avid Leonardo Sari
Contact Email
avid.leonardo@gmail.com
Phone
+6281221512892
Journal Mail Official
jurnalkomitmen@uinsgd.ac.id
Editorial Address
AH. Nasution Street no 180. Cibiru
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
ISSN : -     EISSN : 27231526     DOI : 10.15575/jim.v2i2
Core Subject : Economy, Social,
Komitmen; Jurnal Ilmiah Manajemen diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini menerbitkan hasil riset empiris pada bidang ilmu Manajemen meliputi Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Keuangan, Operasional, dan Manajemen Strategik dan kajian lain yang terkait.
Articles 32 Documents
ANALISIS PENGARUH KURS, SERTIFIKAT BANK INDONESIA DAN INFLASI TERHADAP KINERJA REKSADANA PENDAPATAN TETAP TAHUN 2015-2019 Andini Nurwulandari
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 1 (2020): KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i1.12480

Abstract

Each type of investment has different risks. However, the general rule is that the higher the likelihood of an investment the greater the risk of the instrument. This study uses a qualitative method with a descriptive analysis approach. The data source is secondary data from the official BI website. OJK and BPS. This research covers all OJK mutual funds between 2015-2019. Sampling was done purposively. Data documentation is used for sampling. The results of the study found that the level of development has a negative effect on the results of fixed-income mutual funds, the lower the SBI, the worse the output of mutual funds that have fixed income will be; and inflation does not affect the FIM, because inflation represents a continuous increase in costs for products and services.
UTILIZATION OF E-COMMERCE FOR MSMEs, COMMUNITIES, AND GOVERNMENT DURING THE COVID-19 PANDEMIC Jam'an Jam'an
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 1 (2020): KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i1.16555

Abstract

The impact of the COVID-19 pandemic on Indonesia and the rest of the world is enormous. One of the affected parties is Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs), so the people's economy in this business is significantly threatened. Therefore, there needs to be an effort to improve the Indonesian people's economic condition, especially MSME business players. One of the steps that can be taken to solve this problem is to use e-commerce. This research will be carried out using a qualitative approach. The study results found that three factors can be used to take advantage of e-commerce, namely organizational characteristics, environmental characteristics, and leadership characteristics. In addition, this study also found the benefits of using e-commerce for MSME actors, the community in general, and the government.
PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE DAN GREEN BRAND IMAGE MELALUI GREEN SATISFACTION DAN GREEN TRUST TERHADAP GREEN BRAND EQUITY PADA PARIWISATA KREATIF DI JAWA BARAT Asep Dedy
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 1 (2020): KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i1.8284

Abstract

Industri pariwisata di Jawa Barat perlu mengembangkan model Green Marketing pada pariwisata kreatif karena pariwisata kreatif berpotensi besar dalam memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan, menciptakan iklim bisnis yang positif, serta membangun citra dan identitas bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Green Brand Image dan Green Perceived Value melalui Green Brand Satisfaction dan Green Trust terhadap Green Brand Equity untuk diterapkan di bidang pariwisata kreatif di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan survey sebagai instrumen utama.  Survey dilakukan terhadap wisatawan di lima lokasi pariwisata kreatif di Jawa Barat, dengan sampel sebanyak 250 responden. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Green Perceived Value dan Green Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Green Brand Equity melalui Green Brand Satisfaction dan Green Trust baik secara parsial dan simultan, dengan pengaruh terbesar yaitu Green Brand Image terhadap Green Satisfaction dan pengaruh terendah yaitu Green Satisfaction terhadap Green Brand Equity.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DAN KOMPETENSI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME KARYAWAN E. Sulyati
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 1 (2020): KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i1.8285

Abstract

Perusahaan yang memahami hubungan antara keterlibatan karyawan dan kesuksesan bisnis akan menemukan cara untuk mendorong dan memfasilitasi kesejahteraan emosional pekerja. Salah satu cara untuk mendorong keterlibatan karyawan adalah dengan memberikan pelatihan keterampilan bahasa dan komunikasi antarpribadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa yang dilakukan oleh perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat untuk mencapai tujuan melalui pelatihan keterampilan bahasa dan komunikasi pribadi antara karyawan perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tiga implikasi nyata dari penelitian ini relevan untuk pendidikan bisnis profesional: (a) contoh analisis bisnis yang sebenarnya kegiatan kelas yang berharga, (2) siswa perlu mengenali peran interaksi tempat kerja sehari-hari pada produktivitas dan kepuasan kerja, dan (3) perusahaan mendapat manfaat dari layanan konsultasi ahli di bidang bahasa dan komunikasi bisnis.
PENGARUH KEBIJAKAN UPAH MINIMUM TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA PEREMPUAN DI INDONESIA Iskandar Ahmaddien; Norma H. Sa'dia
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 1 (2020): KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i1.8286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji sistem pengupahan apakah tinjauan adil dan seimbang tentang gender dari pengaruh kebijakan Pemerintah tentang penentuan upah minimum terhadap penyerapan tenaga kerja perempuan di Indonesia. Sumber data utama digunakan: upah minimum provinsi (UMP), investasi, lapangan kerja, PDB, dan jumlah pekerja perempuan di Indonesia. Metode estimasi telah diterapkan pada data panel selama periode 2010-2017. Kesetaraan untuk mendapatkan tingkat upah yang serupa adalah hak semua pekerja, terlepas dari kesetaraan gender. Penentuan upah minimum telah secara positif memengaruhi tingkat penyerapan tenaga kerja perempuan dan sebaliknya.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM TATA KELOLA SAMPAH DI KABUPATEN SUMEDANG Mumuh Muksin; Engkus Engkus
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 1 (2020): KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i1.8287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pengelolaan sampai pada Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sumedang menggunakan teori kualitas pelayanan Fitzsimmons. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, dimensi tangible belum berjalan dengan baik, kendalanya adalah kendaraan operasional untuk pengangkutan sampah, masih ada kendaraan yang secara fisik tidak baik. Dimensi reliability tidak berjalan dengan baik karena tidak komprehensif dalam pengangkutan sampah di wilayah Kabupaten Sumedang. Dimensi responsive, berjalan dengan baik, sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP). Dimensi assurance, sudah berjalan dengan baik, karena dilihat dari keramahan dan sopan santun yang diberikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasa terbantu dan tidak memiliki keluhan tentang omong kosong. Dimensi emphaty, telah berjalan dengan baik, karena telah terlihat cukup baik dari sikap resmi para petugas kepada masyarakat yang berjalan baik, sikap tegas terlihat dengan menawarkan sosialisasi para pelayan kepada masyarakat tentang pentingnya membuang sampah menempatkan dan menyebarluaskan informasi tentang dampak buruk ketika penghuni atau masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI ERA INDUSTRI 4.0 Lilis Sulastri; Wisnu Uriawan
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 1 (2020): KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i1.8288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja, motivasi, dan efikasi diri terhadap kinerja pegawai di era industry 4.0. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 77 orang responden yang dikumpulkan datanya melalui pembagian kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi, uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa kondisi lingkungan kerja, motivasi pegawai dan efikasi diri pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, baik secara parsial maupun secara simultan.
ANALISIS PELAKSANAAN REKRUITMEN, SELEKSI DAN PENEMPATAN BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAMIC HUMAN CAPITAL Cupian Cupian; Muhammad Zaky; Kadar Nurjaman; Esa Kurnia
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 1 (2020): KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i1.8289

Abstract

Kunci utama bagi perusahaan atau lembaga dalam menjalankan bisnisnya adalah seorang tenaga kerja yang memiliki kualifikasi yang baik. Dengan begitu maka tenaga kerja dapat dikatakan sebagai aset dan juga bagian dari perusahaan, karena berhasil tidak nya perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya tergantung pada kemampuan tenaga kerja yang memiliki integritas tinggi dan kompetitif disertai dengan perilaku yang baik. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan rekrutmen, seleksi dan penempatan tenaga kerja dengan professional agar tercapat visi, misi dan tujuan. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan rekrutmen, seleksi dan penempatan tenaga kerja yang diterapkan selain secara umum maupun sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif dan teoritis menjelaskan mengenai seleksi dan penempatan kerja. Hasil penulisan menunjukkan bahwa pelaksanaan rekrutmen, seleksi dan penempatan tidak cukup dengan hanya keahlian saja tetapi harus diiringi dengan memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan syariah, maka selain mendapatkan hasil yang baik bagi perusahaan akan mendapatkan keberkahan pula.
ANALYSIS OF KNOWLEDGE MANAGEMENT APPLICATION IN PT. BANK MANDIRI, Tbk Usep Deden Suherman
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 2 (2020): KOMITMEN : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i2.10305

Abstract

Knowledge management as a process of accumulation of knowledge to improve organizational competitiveness is not only determined by the behavior of individuals and groups within the organization, strong desires and organizing also absolutely require organizational intervention to shape their desires and management. This study aims to determine and analyze the application of Knowledge Management in PT. Bank Mandiri, Tbk. This research uses a qualitative research approach. Data collection techniques are done through online interviews with Bank Mandiri employees. The results of the study revealed that the Bank Mandiri in the application of knowledge management (KM) is done by integrating into the corporate culture. Bank Mandiri awards MEA to employees who have a high learning culture, so many employees are competing to learn to obtain the MEA degree, with the high level of learning the employees will increase productivity, progress for the company and have the potential to create new knowledge. In addition, Bank Mandiri has also established a learning center for training for its employees. The company provides training to its employees in accordance with the work of each employee, then at the same place employees can share their knowledge with other employees, so that knowledge distribution is spread across all units. The culture of knowledge sharing at Bank Mandiri has become a culture for each of its employees, so that knowledge can be spread quickly and directed, which in turn can lead companies to become companies that can compete in the era of globalization.
ANALISIS STRATEGI DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX): STUDI KASUS PADA D’GRUZ CAFFE DI KECAMATAN BLUTO SUMENEP Ariza Qanita
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1, No 2 (2020): KOMITMEN : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v1i2.10309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan pada usaha D’Gruz Caffe sekaligus merumuskan strategi baru dengan memperhatikan faktor internal dan eksternal serta menentukan strategi alternatif yang sebaiknya diprioritaskan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis menggunakan matriks IFAS-EFAS, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa D’Gruz Caffe berada pada posisi hold and mantain sehingga strategi yang sebaiknya dilakukan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil analisis SWOT merekomendasikan perusahaan harus melakukan strategi Strength-Oppotunity (SO) mencakup tiga alternatif strategi yang kemudian diurutkan dengan matriks QSPM untuk mendapatkan strategi prioritas. Hasil matriks QSPM mengurutkan tiga alternatif strategi yaitu strategi  memaksimalkan lokasi yang strategis untuk menarik pangsa pasar potensial dengan skor TAS tertinggi sebesar 4,21, strategi memperbaiki dan menjaga kualitas produk untuk mempertahankan koneksi pelanggan dengan skor TAS sebesar 3,92 serta strategi memberikan diskon dan pelayanan yang baik untuk menjaga loyalitas pelanggan dengan skor TAS sebesar 3,26. Ketiga strategi tersebut menjadi saran manajemen strategi yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Strategi yang sebaiknya diprioritaskan oleh perusahaan adalah memaksimalkan lokasi yang strategis untuk menarik pangsa pasar potensial.

Page 1 of 4 | Total Record : 32