cover
Contact Name
Avid Leonardo Sari
Contact Email
avid.leonardo@gmail.com
Phone
+6281221512892
Journal Mail Official
jurnalkomitmen@uinsgd.ac.id
Editorial Address
AH. Nasution Street no 180. Cibiru
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
ISSN : -     EISSN : 27231526     DOI : 10.15575/jim.v2i2
Core Subject : Economy, Social,
Komitmen; Jurnal Ilmiah Manajemen diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini menerbitkan hasil riset empiris pada bidang ilmu Manajemen meliputi Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Keuangan, Operasional, dan Manajemen Strategik dan kajian lain yang terkait.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen" : 10 Documents clear
PERFORMANCE QUALITY OF EMPLOYEES WHEN WORK FROM HOME: AN ANALYSIS OF EMPLOYEE COMPETENCY DURING THE COVID-19 PANDEMIC Wandy Zulkarnaen
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.14373

Abstract

In this era, every company will definitely try to increase company productivity. Therefore companies really need Human Resources because every company company will compete fiercely in developing or improving the quality of their company. Especially with the current conditions with the emergence of Covid-19, companies will try to find employees who have good competencies and abilities. Data released by LIPI states that as many as 63.8% of employees do WFH. Based on the background, this research will analyze the competence of employees' performance in conducting WFH during the Covid-19 pandemic. The data used in this paper is secondary data obtained by the author through various literatures. The result of the research is the need for someone's competence in working anywhere or in any field. This includes being in a pandemic and working with the WFH system. Therefore, employees must develop the competencies that exist within themselves and continue to show good performance.
STRATEGI ENTREPRENEURIAL GOVERNMENT DALAM PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI Muhammad Taufan Ashshiddiqi; Elvira Amelia Nisa; Faizah Ummul Hasanah; Farida Juniar; Handika Ardana Pamungkas
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.14380

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai masalah yang berkaitan dengan budaya birokrasi pemerintah yang berbelit, mahal, tidak efektif dan tidak efisien. Masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi entrepreneurial government dalam reformasi birokrasi di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Kantor Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian melakukan wawancara dengan sekretaris lurah Kelurahan Kotakulon, kemudian kepada pegawai Kelurahan Kotakulon, dan yang terakhir kepada masyarakat setempat di Kelurahan Kotakulon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis strategi entrepreneurial government dalam reformasi birokrasi di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang memperlihatkan bahwa beberapa dimensi strategi sudah diwujudkan oleh Kelurahan Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, hal tersebut didukung oleh potensi fisik dan non fisik yang berada di lingkungan kelurahan, meskipun begitu hambatan-hambatan dalam proses reformasi masih dirasakan oleh kelurahan.
PENGARUH STRUKTUR PEKERJAAN DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. TANTO INTIM LINE DI SAMARINDA Sattar Sattar; Moh Romadloni2; H.M. Andreas Y Sutrisno; Amrin Buton
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.14374

Abstract

Hasil analisa dan pembahasan menunjukkan bahwa berdasarkan uji F, maka variabel Struktur Pekerjaan dan Karakteristik Individu secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT. Tanto Intim Line di Samarinda. Berdasarkan uji t, maka variabel Struktur Pekerjaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT. Tanto Intim Line di Samarinda. Begitu juga dengan variabel Karakteristik Individu berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT. Tanto Intim Line Di Samarinda. Berdasarkan uji korelasi menggambarkan keeratan hubungan variabel independen dan variabel dependen. Nilai korelasi 0,683 artinya nilai tersebut memiliki tingkat hubungan kuat antara Struktur Pekerjaan dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tanto Intim Line di Samarinda. Sedangkan berdasarkan nilai R square 0,466 atau sebesar 46,4% artinya variabel Struktur Pekerjaan dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tanto Intim Line Di Samarinda memiliki hubungan persentase sebesar 46,6% terhadap Pengaruh Struktur Pekerjaan dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tanto Intim Line di Samarinda, sedangkan sisanya sejumlah 53,4 dipengaruhi oleh variabel lain seperti sumber daya manusia, motivasi kerja, lingkungan kerja dan sebagainya..
THE INFLUENCE OF MOTIVATION, FINANCIAL LITERACY, AND SOCIAL MEDIA FINANCIAL PLATFORMS ON STUDENT INVESTMENT INTEREST Metin Ozdemir; Avid Leonardo Sari; Irwandi Irwandi
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.14381

Abstract

The purpose of this study was to determine whether there was an influence of motivation, financial literacy, and social media financial platforms on student investment interest. This research uses quantitative research with a descriptive analysis approach. The types of data used in this study are primary data and secondary data. The population of this study was all students majoring in management at the University in Bandung. At the same time, the sample in this study consisted of 50 students using purposive sampling—data collection techniques using the questionnaire method. The type of questionnaire used is a closed and structured questionnaire. The questions or statements do not give freedom to the respondents to provide answers and opinions according to their wishes because the responses have been provided—analysis of research data using Descriptive Analysis, Validity Test, Reliability Test, and Partial Hypothesis Testing. Based on the research and data analysis results, it can be concluded that Extrinsic Motivation, Financial Literacy, and Financial Platforms on social media have a positive and significant effect on the investment interest of students majoring in university management in the city of Bandung.
PENGARUH BUZZ MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Gawik Setiawan; Eri Novari; Rahayu Kusumadewi
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.14376

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh buzz marketing dan brand ambassador terhadap purchase decision dengan brand awareness sebagai variabel intervening pada pengguna produk ponsel merek vivo di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 110 responden pengguna produk ponsel merek vivo di Kota Bandung dengan teknik purposive sampling dan accidental sampling melalui penyebaran kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji asumsi dasar dan asumsi klasik, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan path analys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buzz marketing, brand ambassador, brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision secara langsung maupun tidak langsung.
ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DENGAN STATISTICAL PROCESS CONTROL Achmad F Shiyamy; Siti Rohmat; Adi Sopian; Adang Djatnika
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.14377

Abstract

Pengendalian kualitas merupakan aktivitas teknik dan manajemen dimana mengukur karakteristik kualitas dari produk atau jasa, kemudian membandingkan hasil pengukuran itu dengan spesifikasi produk yang di inginkan serta mengambil tindakan peningkatan yang tepat apabila ditemukan perbedaan kinerja aktual dan standar. UMKM Keramik Mustika Bunda merupakan UMKM yang bergerak di bidang pembuatan keramik di Kabupaten Purwakarta. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengendalian kualitas di UMKM Keramik Mustika Bunda, Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dimana menggunakan alat Statistical Process Control (SPC) sehingga didapatkan peta kendali yang menggambarkan pengendalian kualitas. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pengendalian kualitas di UMKM keramik Mustika Bunda tidak terkendali, ini dapat dilihat berdasarkan perhitungan terdapat 3 titik di luar kendali sehingga jumlah reject yang ada melebihi batas maksimal yang diperbolehkan. Berdasarkan analisis parsial cacat terbanyak yaitu cacat lepek, hal ini karena jumlah titik terbanyak yang melebihi batas maksimalnya. 
PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN SKIN CARE PADA KLINIK BEAUTY CANTIKA BEKASI TIMUR Lela Elvira
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.14378

Abstract

Kondisi persaingan yang semakin tinggi antar perusahaan, setiap perusahaan saling berpacu untuk memperluas pasar. Harapan dari adanya perluasan pasar secara langsung adalah meningkatnya penjualan, sehingga perusahaan akan memiliki lebih banyak konsumen. Namun ada beberapa hal yang harus dipahami oleh perusahaan selaku produsen, bahwa semakin banyak konsumen maka perusahaan akan semakin sulit mengenali konsumennya secara teliti. Terutama tentang suka atau tidaknya konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan dan alasan yang mendasarinya. Dengan adanya kegiatan promosi yang baik di dalam suatu perusahaan, akan menciptakan pengetahuan bagi para konsumennya. Setelah konsumen merasa tau dan paham dengan produk atau jasa yang diterimanya, konsumen akan membandingkan produk yang ditawarkan di pasar. Apabila konsumen merasa benar – benar mengerti keunggulanya, mereka akan membeli ulang serta memberi rekomendasi kepada orang lain untuk membeli di tempat yang sama. Sedangkan tingkat penjualan akan terpenuhi apabila proses penyampaian promosi disampaikan kepada konsumen sesuai dengan apa yang dipersepsikan konsumen. Bertitik tolak dari latar belakang masalah diatas, penulis mencoba untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap volume penjualan Skin Care pada Klinik Beauty Cantika di Bekasi Timur.
KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 Siti Kustinah
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.16880

Abstract

Various types of businesses in Indonesia experienced a decline in their financial performance as a result of the Covid-19 pandemic which had a negative effect on the economy. The purpose of carrying out this research is to be able to see how the effects of the Covid-19 pandemic on the financial performance of several companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The research sample used was 214 companies with data analysis using the Wilcoxon Signed-Rank test. The research then succeeded in finding that there was an increase in the leverage ratio and the short-term activity ratio. However, during the pandemic, it was found that there was a decline in the liquidity ratio and profitability ratio. This increase and decrease changed before the pandemic to the current pandemic.KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
MODEL PEMBIAYAAN BEBAS RIBA BERBASIS JASA Iwan Setiawan
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.25076

Abstract

Tugas utama dari lembaga keuangan adalah untuk mengumpulkan rekening dari masyarakat umum dan menyebarkannya kepada orang-orang yang membutuhkan sehingga bagian dukungan sangat penting. Sebagian besar yayasan keuangan benar-benar memikirkan jenis pendapatan utama mereka dari kegiatan pembiayaan, jadi untuk mendapatkan perbatasan yang layak, penting untuk menangani dukungan dengan sukses dan produktif. Organisasi moneter adalah organisasi yang disibukkan dengan pembiayaan dan berbagai administrasi. Jadi bisnis utama adalah kepercayaan, sehingga dikatakan juga bahwa bank adalah lembaga kepercayaan. Sampai saat ini, bisnis merupakan organisasi moneter terbesar dalam memberikan kontribusi sebagai sumber pembayaran bank yang didapat dari penyaluran pembiayaan. Istilah dukungan pada dasarnya berarti "Saya menerima" atau saya menaruh kepercayaan saya. Kata amanah yang mengandung makna amanah mengandung makna bahwa lembaga keuangan sebagai shahibul mall memberikan kepercayaan kepada seseorang untuk menyelesaikan perijinan yang diberikan. Uang ini harus digunakan dengan tepat, wajar, dan harus disertai dengan ikatan dan kondisi yang jelas dan bernilai umum bagi kedua pemain, baik bank syariah maupun pengunjung.
PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI SUMBER DAYA MANUSIA Muhammad Zaky
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 2, No 2 (2021): Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen
Publisher : FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jim.v2i2.25250

Abstract

Rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia merupakan proses penting dalam pengelolaan organisasi. Kemajuan teknologi informasi telah mempengaruhi cara perusahaan melakukan rekrutmen dan seleksi. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penerapan teknologi informasi dalam proses rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia melalui studi literatur. Beberapa teknologi yang dibahas dalam artikel ini meliputi sistem manajemen kandidat, media sosial, analitik data, dan kecerdasan buatan. Hasil studi menunjukkan bahwa teknologi informasi telah membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi, mengurangi bias, dan memperluas jangkauan pencarian kandidat. Namun, penggunaan teknologi ini juga menimbulkan tantangan, seperti masalah keamanan data dan kekhawatiran mengenai keadilan dalam proses seleksi. Artikel ini memberikan rekomendasi untuk mengatasi tantangan tersebut dan mengoptimalkan penerapan teknologi informasi dalam rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia.

Page 1 of 1 | Total Record : 10