cover
Contact Name
Indrawan
Contact Email
abankbima@gmail.com
Phone
+6285253506723
Journal Mail Official
oryzabiologi2021@gmail.com
Editorial Address
Jln. Piere Tendean Kelurahan Sadia Kota Bima
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
ISSN : 20893205     EISSN : 25991337     DOI : https://doi.org/10.33627/oz.v10i1
Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan Biologi
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2022): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi" : 7 Documents clear
Iventarisasi Keanekaragaman Gastropoda Dikawasan Mangrove Desa Wilamaci Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nikman Azmin; Hartati Hartati; Muh. Nasir; Mely Yulianti
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 11 No 1 (2022): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v11i1.691

Abstract

Penelitian inventarisasi keanekaragaman gastropoda dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis tingkat keanekaragaman gastropoda di kawasan mangrove Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Metode yang digunakan adalah belt transek yang terdiri dari 3 stasiun dengan jarak antara satu stasiun dengan stasiun 460 meter. Dari setiap stasiun diambil 3 transek dan setiap transek terdiri dari 3 plot dengan ukuran 2 mx 2 m. Penempatan jarak antara transek dengan transek berikutnya adalah 10 meter dari garis pantai. Dengan demikian total transek penelitian adalah 27 plot. Pada setiap transek, jumlah spesies gastropoda yang ditemukan dan jumlah individu dihitung. Untuk menghitung tingkat keanekaragaman menggunakan indeks keanekaragaman Shannon-Wiener. Identifikasi spesies dilakukan dengan menggunakan buku identifikasi. Hasil penelitian di kawasan mangrove Desa Wilamaci Kecamatan Monta Kabupaten Bima dari 27 trensek ditemukan 919 individu gastropoda dengan 9 spesies dari 5 famili yang muncul dari 3 stasiun. Stasiun dengan jumlah gastropoda terbanyak adalah stasiun I = 401 individu gastropoda, disusul stasiun III = 328 individu gastropoda dan individu gastropoda paling sedikit yaitu pada stasiun II 190 individu individu makroalga berasal dari 5 famili yaitu muricidae, littorinidae, potamididae, muricinae dan ellobidae. Pada famili muricidae terdapat 1 jenis, littorinidae terdapat 2 jenis, potamididae terdapat 4 jenis, ellobidae terdapat 1 jenis dan muricinae terdapat 1 jenis.
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022 Syaiful Syaiful
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 11 No 1 (2022): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v11i1.702

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Bima tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Bima tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 25 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Bima tahun pelajaran 2021/2022. Pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 16 orang dengan persentase ketuntasan (64%). Sedangkan pada siklus II yang tuntas 24 orang siswa (96%)
Keanekaragaman Cyperaceae Di Kawasan Persawahan Desa Beringin Kencana Kecamatan Tabunganen Kalimantan Selatan Cici Ayu Wulan Dari; Hardiansyah Hardiansyah; Noorhidayati Noorhidayati
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 11 No 1 (2022): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v11i1.705

Abstract

Cyperaceae merupakan tumbuhan familia teki-tekian, berhabitus herba, batangnya kebanyakan berbentuk segitiga dengan bunga majemuk. Cyperaceae banyak ditemukan di kawasan persawahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keanekaragaman .Cyperaceae di kawasan persawahan Desa Beringin Kencana Kecamatan Tabunganen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengambilan sampel secara jelajah dengan metode line transect. Hasil Penelitian Keanekaragaman Cyperaceae di kawasan persawahan Desa Beringin Kencana Kecamatan Tabunganen didapatkan 5 genus, yaitu Cyperus berjumlah 4, Fuirena berjumlah 2, Eleocharis berjumlah 1, Fimbristylis berjumlah 1, dan Scleria berjumlah 1 dengan jumlah 9 spesies, yaitu Cyperus polystachyos, C. odoratus, C. rotundus, C. sphacelatus, Fuirena simplex, F. umbellata, Eleocharisrdulcis, Fimbristylis miliacea, dan Scleria sumatrenisis
Pengaruh Pemberian Variasi Dosis Pupuk Kandang Terhadap Berat Kering Tanaman Mahkota Dewa Dewi Nur Anggraeni
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 11 No 1 (2022): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v11i1.706

Abstract

Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl) merupakan tanaman yang memiliki zat aktif dalam pengobatan. Pertumbuhan tanaman mahkota dewa dikategorikan tidaklah sukar, dalam perawatan atau pemeliharaan perlu dilakukan pemupukan, dan pemupukan yang digunakan tidak boleh pupuk kimia dikarenakan akan dapat merusak atau mengurangi kadar zat efektif dari metabolit sekunder yang terkandung di dalam tanaman mahkota dewa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dosis pupuk yang paling baik dalam pertumbuhan mahkota dewa, terutama dalam menghasilkan berat kering tanaman. Metode penelitian yang digunakan adalah memberikan variasi dosis pupuk kandang yaitu 0gr, 50 gr, 100 gr, 150 gr, 200 gr, 250 gr diberikan pada bibit tanaman mahkota dewa; untuk memperoleh berat kering tanaman dilakukan pengeringan dan penimbangan dari tanaman mahkota dewa yang sudah berusia 8 minggu. Berat kering tanaman mahkota dewa yang diberi perlakuan dosis pupuk kandang 250 gr menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan perlakuan dosis yang lain dengan nilai rerata berat kering yang diperoleh sebesar 6,67 gr.
Penilaian Partisipatif Mahasiswa Terhadap Aspek Biokultur Kuliner Lokal Kantin Melalui Pendekatan Photovoice Hermina Jemimi; Gusti Ayu Dewi Setiawati; Sang Putu Kaler Surata
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 11 No 1 (2022): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v11i1.707

Abstract

Biokultur adalah integrasi antara keanekaragaman hayati dan budaya dengan berbagai ragam bahasa sebagai mediatornya. Karena itu pendekatan biokultur membuka peluang untuk memperluas perspektif tentang biologi yang kontektual dengan budaya dan lingkungan lokal bagi kalangan di luar bidang ilmu biologi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penilaian mahasiswa terhadap aspek keanerakagaman biokultur kuliner kantin sekolah melalui pendekatan photovoice. Partisipan penelitian adalah mahasiswa dari Program Studi Manajemen, Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Matematika. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain riset partisipatif berbasis komunitas. Intstrumen penelitian meliputi foto kuliner, wawancara semi struktur, dan rekaman dari diskusi kelompok terarah (DKT). Analisis fenomena interpretatif digunakan dalam menganalisis data dan menginterpretasikan fenomena. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan perspektif mahasiswa tentang biokultur setelah mengikuti dua kali DKT. Jika pada DKT pertama partisipan hanya mampu menunjukkan tema yang hanya terlihat dalam foto, sebaliknya pada DKT kedua mereka memperluas dengan tema yang berhubungan dengan berbagai aspek kehidupan nyata. Hal tersebut menunjukkan effektivitas photovoice berbasis kuliner lokal dalam meningkatkan perpspektif biokultur bagi mahasiswa di luar bidang ilmu biologi.
Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Motivasi Belajar dan Retensi Biologi Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 2 Majene Sainab Sainab
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 11 No 1 (2022): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v11i1.710

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain control group pre-test-post-tes yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture And Picture terhadap motivasi belajar dan retensi peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 2 Majene. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA3 dan kelas X MIA4 yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan asumsi bahwa kelas yang diambil homogen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar peserta didik dan tes retensi untuk mengukur retensi (Ijpe). Analisis data uji hipotesis menggunakan uji-z. Hasil uji- z data motivasi diperoleh Zhitung>Ztabel= 4.88>1.96 dengan nilai signifikasi 5%, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Data Hasil retensi menggunakan uji z diperoleh nilai 3.68>1.96 dengan nilai signifikasi 5%, dimana Zhitung>Ztabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Picture and picture terhadap motivasi belajar dan retensi peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 2 Majene.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Integrasi Islam Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas VIII MTs. NW Jauhar Pelita Risa Umami; Awalliyah Ramadhan
Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 11 No 1 (2022): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33627/oz.v11i1.716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis integrasi Islam dan untuk mengetahui respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Ada 7 tahap dalam pengembangan ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian LKS berbasis integrasi Islam berdasarkan validasi ahli media memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan kriteria valid, skor penilaian dari validasi ahli materi memperoleh rata-rata 3 dengan kriteria cukup valid dan skor penilaian dari validasi ahli agama memperoleh rata-rata skor 3,5 dengan kriteria valid. Pada uji coba siswa didapatkan rata-rata skor 3,68 dengan kriteria sangat menarik. Dari validasi ahli dan uji coba produk maka penulis dapat menyimpulkan bahwa LKS Berbasis Integrasi Islam sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 7