cover
Contact Name
Nurul Risti Mutiarasari
Contact Email
nurulristim@unsil.ac.id
Phone
+6282219288062
Journal Mail Official
agristan@unsil.ac.id
Editorial Address
Jl. Siliwangi No. 24 Kahuripan, Kota Tasikmalaya
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Agristan
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : 27235858     EISSN : 27235866     DOI : https://doi.org/10.37058/ja.v3i1
Jurnal Agristan (e-ISSN: 2723-5866 dan p-ISSN: 2723-5858) merupakan karya ilmiah yang dipublikasikan secara berkala, dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Mei dan November sebagai media penyebaran informasi hasil penelitian untuk dosen, peneliti, dan praktisi. Jurnal Agristan diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi. Ruang lingkup Jurnal Agristan meliputi: - Agribisnis - Sosiologi Pertanian - Ekonomi Pertanian - Pembangunan Pertanian - Penyuluhan Pertanian Seluruh makalah yang diterbitkan dapat diakses secara terbuka untuk pembaca dan siapa saja dapat mengunduh atau membaca jurnal online tanpa perlu melakukan pembayaran dan berlangganan.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Agristan" : 15 Documents clear
EFEKTIVITAS POLA KOMUNIKASI PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PENGEMBANGAN KELOMPOK TANI KOPI DESA TENGKU MANGGARAI BARAT Inosensius Jandu; Robertus Bahal; Astrid Priscilla Cordanis
Jurnal Agristan Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Agristan
Publisher : Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/agristan.v5i2.8691

Abstract

Penelitiana ini dilatarbelakangi bagaimana penggunaan pola komunikasi dan efektivitas pola komunikasi yang digunakan penyuluh pertanian di Desa Tengku. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini yakni: Mengetahui pola komunikasi yang digunakan oleh penyuluh pertanian Desa Tengku. Mengetahui efektivitas pola komunikasi yang digunkan penyuluh pertanian Desa Tengku. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan pola komunikasi satu arah, penyuluh menyampaikan pesannya secara langsung bertatap muka dimana petani hanya sebagai pendengar saja tanpa ada umpan balik dalam melaksanakan diskusi. Pola komunikasi dua arah penyuluh dan petani  akan saling berdiskusi apabila ada kendala maupun hambatan dalam berusaha tani. Pola komunikasi multi arah dimana petani dan penyuluh akan saling bertukar pikiran atau diskusi dalam kegiatan berlangsung baik dengan penyuluh maupun dengan sesama petani. Sedangkan efektivitas pola komunikasi penyuluh pertanian yaitu pola komunikasi satu arah dimana petani hanya sebagai pendengar saja tanpa ada umpan balik dalam melaksanakan komunikasi. Pola komunikasi dua arah dimana petani dan penyuluh akan saling bertukar pikiran dalam kegiatan penyuluhan berlangsung. Pola komunikasi multi arah sangat efektif karena dalam perkumpulan kelompok tani, penyuluh membuka pikiran petani dalam diskusi kelompok. Ketika ada masalah maka dapat didiskusikan bersama dan menghasilkan solusi yang terbaik. 
DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN BENIH JAGUNG HIBRIDA DI KABUPATEN BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU Diajeng Hasri Nabila Ramadhani; Satria Putra Utama; Reswita Reswita
Jurnal Agristan Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Agristan
Publisher : Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/agristan.v5i2.7770

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis jumlah permintaan benih jagung hibrida dalam satu kali musim tanam di Kabupaten Utara Provinsi Bengkulu 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan benih jagung hibrida di Kabupaten Utara Provinsi Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dan analisis regresi linier berganda model Cobb-Douglass. Pada penelitian ini penentuan sampel dilakukan menggunakan teori Roscoe. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kerkap dan Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas petani jagung di Kabupaten Bengkulu Utara menggunakan benih jagung hibrida varietas benih Bisi 18. 
TIPE PERILAKU KONSUMEN PEMBELIAN JAMU TRADISIONAL DI KABUPATEN SUKOHARJO Dwi Ratnasari; Erlyna Wida Riptanti; Kusnandar Kusnandar
Jurnal Agristan Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Agristan
Publisher : Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/agristan.v5i2.7118

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat keterlibatan konsumen, perbedaan antar merek jamu tradisional, dan tipe perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian jamu tradisional di Kabupaten Sukoharjo. Metode deskriptif analitis digunakan sebagai metode dasar penelitian. Teknik survei digunakan dalam pengumpulan data. Pasar Jamu Nguter Sukoharjo dipilih secara purposive sebagai lokasi penelitian. Sebanyak 100 konsumen yang diambil sebagai responden secara purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis desain inventaris keterlibatan, analisis uji Anova satu arah, dan model tipe perilaku konsumen. Hasil penelitian diketahui konsumen memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Perbedaan antar merek jamu tradisional di Kabupaten Sukoharjo adalah signifikan. Tipe perilaku konsumen jamu tradisional adalah perilaku pembelian kompleks. Konsumen melakukan pencarian informasi terkait jamu tradisional dan menilai terdapat perbedaan yang jelas dan nyata di antara merek-merek jamu tradisional. 
ANALISIS KINERJA KOPERASI PETANI PRODUSEN TEBU RAKYAT (KPPTR) BUNGA MAYANG JAYA DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD Clariza Octaria; Wuryaningsih Dwi Sayekti; Adia Nugraha
Jurnal Agristan Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Agristan
Publisher : Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/agristan.v5i2.8895

Abstract

Koperasi Petani Produsen Tebu Rakyat (KPPTR) Bunga Mayang Jaya merupakan salah satu koperasi yang dikelola oleh para petani tebu rakyat yang terdapat di Kabupaten Lampung Utara. Koperasi ini melakukan pengukuran kinerja hanya dengan melihat laporan keungan dari tahun ke tahun, sehingga belum dapat menggambarkan keadaan koperasi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja KPPTR Bunga Mayang jaya dengan pendekatan Balance Scorecard yaitu menurut kinerja keuangan, kinerja pelanggan, kinerja proses bisnis internal, dan kinerja pertumbuhan dan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder. Analisis data menggunakan pendekatan Balance Scorecard. Responden berjumlah 70 anggota koperasi dan 4 karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja KPPTR Bunga Mayang Jaya dinilai sangat baik, ditinjau dari: 1) Perspektif keuangan untuk rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas masuk pada kriteria tidak baik, sangat baik, dan sangat baik. 2) Pada perspektif pelanggan untuk retensi anggota, akuisisi anggota, dan kepuasan anggota masuk pada kriteria baik, baik, dan sangat baik. 3) Pada perspektif proses bisnis internal untuk inovasi dan proses operasi masuk pada kriteria baik. 4) Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran untuk pengembangan kualitas dan kompetensi karyawan serta kepuasan karyawan masuk pada kriteria baik.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOPI LAWE DI KOTA SURAKARTA DENGAN METODE SWOT DAN QSPM Alvina Damayanti; Heru Irianto; Fanny Widadie
Jurnal Agristan Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Agristan
Publisher : Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/agristan.v5i2.8465

Abstract

Peluang usaha coffee shop meluas dari daerah perkotaan sampai pedesaan. Meningkatnya jumlah coffee shop menimbulkan persaingan pemasaran, hal ini didukung dengan adanya perkembangan teknologi menuju pasar persaingan. Terdapat hambatan dalam pemasaran di Kopi Lawe Kota Surakarta yang menjadi ancaman bagi perusahaan, sehingga perlu analisis kondisi lingkungan internal dan eksternal sehingga dapat menghasilkan alternatif strategi yang dapat digunakan Kopi Lawe Surakarta dalam melakukan kegiatan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kondisi umum pemasaran produk Kopi Lawe Surakarta, (2) mengidentifikasi faktor internal pemasaran produk Kopi Lawe Surakarta, (3) mengidentifikasi faktor eksternal pemasaran produk Kopi Lawe di Kota Surakarta, (4) merumuskan alternatif strategi yang diterapkan dalam pemasaran produk Kopi Lawe Surakarta, dan (5) merumuskan prioritas strategi untuk pemasaran produk Kopi Lawe Surakarta. Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan mixed method serta metode penentuan lokasi secara purposive. Key informan yang digunakan dalam penelitian ini dipilih secara purposive dan snowball. Analisis yang digunakan yaitu (1) Matriks IFE dan EFE (2) Matriks Grand Strategy dan Matriks SWOT (3) Matriks QSPM. Hasil penelitian terdapat 4 alternatif strategi dari matriks SWOT. Prioritas strategi untuk pemasaran produk Kopi Lawe Surakarta adalah menjaga kualitas produk dan tenaga kerja dengan nilai STAS 6,172.
KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA UDANG VANNAMEI Muhammad Irsyad Kamil; Rina Nuryati; Tenten Tedjaningsih
Jurnal Agristan Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Agristan
Publisher : Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/agristan.v5i2.8375

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknologi budidaya Udang Vannamei serta menganalisis biaya, penerimaan, pendapatan dan kelayakan usaha budidaya Udang Vannamei. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada perusahaan Qini vaname dengan pemilihan lokasi dan responden penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) berdasarkan pertimbangan bahwa Qini Vaname merupakan perusahaan budidaya Udang Vannamei pertama di Desa Ciandum Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya dan masih berproduksi hingga saat ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung kepada responden sementara untuk waktu penelitian ini dilaksanakan dari Januari 2023 hingga bulan Juli 2023. Analisis data yang digunakan yaitu analisis biaya, penerimaan, pendapatan serta analisis kelayakan dengan menggunakan R/C. Hasil penelitian menunjukkan teknologi yang digunakan adalah teknologi intensif dengan besaran biaya yang dikeluarkan dalam satu kali proses produksi adalah sebesar Rp 2.494.173.343 dengan penerimaan Rp 5.063.679.900 dan pendapatan sebesar 2.569.506.557 serta memiliki nilai R/C 2,03 sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha budidaya Udang Vannamei layak untuk dijalankan.
STRATEGI PENGEMBANGAN DAN REKOMENDASI KEBIJAKAN SEKTOR PARIWISATA DESA BOJONGSARI Putra Irwandi; Novi Haryati; Daffa Sandi Lastya; Balqis Mufti Aulia; Muhamad Zahran Nurirrozak; Dinda Febry Herdianti
Jurnal Agristan Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Agristan
Publisher : Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/agristan.v5i2.7151

Abstract

Sektor pariwisata merupakan salah satu pembangunan dan upaya yang digerakkan oleh pemerintah dalam peningkatan ekonomi baik di tingkat lokal ataupun nasional. Salah satunya melalui pengembangan desa wisata. Desa wisata juga didefenisikan sebagai integrasi keseluruhan komponen meliputi atraksi, akomodasi, dan fasilitas penunjang yang disajikan dalam struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan nilai dan tradisi yang berlaku dengan lingkungan setempat. Salah satu desa wisata yang menjadi prioritas di Pangandaran, Jawa Barat adalah Desa Wisata Bojongsari. Desa wisata ini termasuk dalam kategori desa wisata maju. Desa wisata Bojongsari mengangkat potensi alam yang indah terdiri dari amparan terasering sawah yang dikelilingi sungai sebagai spot alami untuk bermain. Penelitian ini menggunakan pendekatan SWOT yang didapat melalui observasi langsung dan wawacara secara deskriptif kualitatif kepada pengelola dan beberapa pengunjung. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa aspek yang dibangun terlihat dari beberapa kategori antara lain aspek destinasi, pengembangan sektor umkm dan industri lokal, aktivitas pemasaran dan kelembagaan serta pengembangan kompetensi sumberdaya manusia yang ada. Rekomendasi kebijakan sangat penting dilakukan dalam mengukur dan mempersiapkan destinasi untuk masuk dilakukan monitoring dan evalusi dari setiap informasi yang ada sehingga dalam jangka panjang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya desa Bojongsari.
PERSEPSI PETANI CABAI TERHADAP PEMBIAYAAN BERBASIS TEKNOLOGI DI KECAMATAN KABANDUNGAN, KABUPATEN SUKABUMI Nida'a Khoirunnisa; Tuti Karyani
Jurnal Agristan Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Agristan
Publisher : Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/agristan.v5i2.7682

Abstract

Cabai merupakan salah satu komoditas sayuran yang berkontribusi dalam menyumbang PDB. Provinsi Jawa Barat termasuk salah satu daerah yang memproduksi cabai dan Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi merupakan daerah yang petaninya aktif melakukan usaha tani cabai. Dalam menjalankan usaha tani, permasalahan mendasar yang sering dihadapi petani adalah keterbatasan modal. Financial technology (fintech) sebagai produk dari keuangan dan layanan permodalan yang baru diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada petani dalam mengakses modal dan mendorong kemajuan teknologi di pembiayaan pertanian. Sebagai lembaga keuangan, fintech memiliki karakteristik produk dan layanan yang berbeda dengan lembaga keuangan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi petani cabai di Kecamatan Kabandungan terhadap pembiayaan berbasis teknologi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, skala likert, dan Cross Tabulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas petani setuju dengan pernyataan persepsi harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitas pendukung.
PERAN KELOMPOK TANI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN TAYAN HILIR KABUPATEN SANGGAU Maria Emakulata Evi; Josua Parulian Hutajulu; Anita Suharyani
Jurnal Agristan Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Agristan
Publisher : Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/agristan.v5i2.9044

Abstract

Kelompok tani berperan sebagai kelas belajar, wahana kerjasama dan unit produksi. Melalui kelompok tani pemerintah akan lebih mudah berkoordinasi dengan petani sehingga program pembangunan dapat tersampaikan salah satu program pembangunan saat ini adalah program Optimalisasi Lahan (OPLA) yang difokuskan pada pembangunan Jaringan Irigasi Desa (JIDES) di Desa Tebang Benua, Kecamatan Tayan Hilir dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas padi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran kelompok tani dan hubungan peran kelompok tani dengan tingkat produktivitas usahatani padi sawah selama pelaksanaan program Optimalisasi Lahan (OPLA) di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau. Metode penelitian dengan wawancara kepada anggota kelompok tani diengan tieknik piengambilan sampiel purposivie sampling, analisis data mienggunakan analisis dieskriptif dan analisis korielasi Rank Spiearman. Hasil pienielitian mienunjukkan bahwa pieran kielompok tani siebagai kielas bielajar, wahana kierjasama dan unit produksi tiermasuk dalam katiegori bierpieran. Hubungan pieran kielompok tani siebagai kielas bielajar dan wahana kierjasama bierhubungan kuat, pieran kielompok tani siebagai unit produksi bierpieran siedang dalam mieningkatkan produktivitas usahatani padi sawah.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CAFE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GENERASI Y PADA KEDAI KOPI DI KOTA PANGKALPINANG Syarifah Wasila; Eni Karsiningsih; Muntoro Muntoro
Jurnal Agristan Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Agristan
Publisher : Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/agristan.v5i2.7315

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan generasi Y dalam melakukan pembelian pada kedai kopi di Kota Pangkalpinang. Pengambilan data penelitian dilakukan pada bulan Desember 2022 sampai Januari 2023 di kedai kopi Kota Pangkalpinang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel berjumlah 100 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga, dan cafe atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan generasi Y. Sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan generasi Y. 

Page 1 of 2 | Total Record : 15