cover
Contact Name
Juhriyansyah Dalle
Contact Email
j.dalle@ulm.ac.id
Phone
+6281312979899
Journal Mail Official
j.dalle@ulm.ac.id
Editorial Address
Jl.Padat Karya Komp. Taman Pesona Permai No. 66 Sei. Andai Banjarmasin
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Published by Rumah Jurnal Press
ISSN : 2460349X     EISSN : 26157640     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The innovation of teachers and lecturers in the development of the education sector can contribute positively to schools and educational institutions. JPTP published by RUMAH JURNAL PRESS periodically published every three months (quarterly) in March, June, September and December each year. Sponsors by SMK Negeri 4 Banjarmasin and SMA Negeri 2 Barabai. The primary aim of this publishing company is to perform fast and reliable process for contributors. Once a paper is accepted, our staffs work hard to provide online version of the papers as quickly as possible. All papers are assigned valid DOI number once they appear online just to make sure that the other researchers cite them while no volume and numbers are still assigned to the papers.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2017)" : 10 Documents clear
Hasil Belajar Desain Bahan Tembus Pandang Teknik Penyelesaian Basah Melalui Model STAD Ridhiawaty Ridhiawaty
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.433 KB)

Abstract

Hasil observasi pada SMKN 4 Banjarmasin, ditemukan hasil belajar materi desain bahan tembus pandang teknik penyelesaianbasah masih rendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaanstrategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karenaitu penting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran Model STADdengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiapsiklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Tata Boga SMKN 4 Banjarmasin yangberjumlah 36 orang, yang terdiri dari 24 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswayang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yangdirekamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswadan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswameningkat melalui penerapan Model STAD. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap danberkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajarandimana salah satunya adalah Model STAD yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. © 2017Rumah Jurnal. All rights reserved.Kata-kata kunci: Hasil belajar, bahan tembus pandang, model STAD
Meningkatkan Hasil Belajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia melalui Metode Lesson Study pada Siswa Kelas XI A SMKN 4 Banjarmasin Sri Noor Ilyana
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.213 KB)

Abstract

Hasil observasi pada SMKN 4 Banjarmasin, ditemukan hasil belajar pengolahan dan penyajian makanan Indonesia masihrendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategipembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itupenting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran metode Lesson Studydengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiapsiklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI A SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupadata kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan padalembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasiakhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkatmelalui penerapan metode Lesson Study. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap danberkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajarandimana salah satunya adalah metode Lesson Study yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.© 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Hasil Belajar, pengolahan penyajian makanan khusus, metode lesson study
Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kewirausahaan Melalui Tutor Sebaya Sri Wahyuni
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.355 KB)

Abstract

Hasil observasi pada SMKN 4 Banjarmasin, ditemukan hasil belajar kewirausahaan masih rendah hal ini dikarenakanbeberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepatsehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melaluipenelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran Tutor sebaya dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitasdan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjekpenelitian adalah siswa kelas XI Tata Boga SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 24 orang lakilakidan 12 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Dataaktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasilbelajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan Tutor sebaya. Olehkarena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yangtepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah Tutor sebaya yang telah terbuktidapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Hasil belajar, kewirausahaan, tutor sebaya
Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Menata Sanggul Up Style Melalui Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Yusmini Harnita
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.215 KB)

Abstract

Hasil observasi pada SMKN 4 Banjarmasin, ditemukan hasil belajar praktik menata sanggul upstyle masih rendah hal inidikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategi pembelajaran yangkurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itu penting dilakukanperbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran bertukar pasangan dengan tujuan untukmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kalipertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Tata Kecantikan SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang, yangterdiri dari 4 orang laki-laki dan 32 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatifdan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasiserta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapanmodel pembelajaran bertukar pasangan. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambunganmengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salahsatunya adalah model pembelajaran bertukar pasangan yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Hasil belajar, sanggul upstyle, bertukar pasangan
Hasil Belajar Barisan dan Deret Aritmatika Melalui Pembelajaran Skrip Kooperatif Hairil Anwar
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.581 KB)

Abstract

Hasil observasi pada SMKN 4 Banjarmasin, ditemukan hasil belajar Matematika materi Barisan dan Deret Aritmatika masihrendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategipembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itupenting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran Skrip Kooperatifdengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakn dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklusterdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Busana 3 SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36orang, yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupadata kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan padalembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasiakhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkatmelalui penerapan pembelajaran skrip kooperatif. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap danberkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajarandimana salah satunya adalah pembelajaran skrip kooperatif yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Hasil belajar, baris dan deret aritmatika, skrip kooperatif
Upaya Meningkatkan Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas XII di SMK Negeri 4 Banjarmasin Sulistianto Sulistianto
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.276 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatakan aktivitas siswa dan hasil belajar menyediakan layanan porter melaluimodel pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XII di SMK Negeri 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016; danuntuk mengetahui respon siswa kelas XII di SMP Negeri 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 terhadap pengajaranMenyediakan Layanan Porter menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Subjek dalam penelitian ini adalahsiswa kelas XII Akomodasi Perhotelan di SMK Negeri 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 29 orang yangterdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika padasiswa kelas XII di SMK Negeri 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan Menyediakan Layanan Porter.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus. Teknik pengumpulan data meliputi :observasi, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengamatan dan penilaianterhadap aktivitas siswa diperoleh data bahwa semua siswa antusias mengikuti pelajaran, keaktifan siswa dalam mengerjakantugas terutama dalam mengerjakan LKS sudah terlihat, hal ini menunjukkan bahwa kegiatan berkelompok siswa sudahberhasil. Adapun ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus pertama mencapai 93,94% dengan nilai rata-rata hasilbelajar siswa cukup tinggi yaitu 83,00 dan pada siklus kedua meningkat dari siklus pertama, dengan peningkatan sebesar0.9 % untuk ketuntasan klasikal dan 86.00 untuk nilai rata-rata hasil belajar siswa. Sedangkan menurut hasil respon 85,2%siswa pembelajaran kooperatif tipe TPS perlu diterapkan oleh guru bidang studi Kantor Depan Hotel. 79,4% siswa dankelompoknya aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. 85,3% siswa merasa termotivasi bekerjasama dengan baik dalamkelompoknya dan 82,4% siswa dapat berkomunikasi dengan baik selama kegiatan berkelompok. Kemampuan siswa dalamberkomunikasi dan bekerjasama dengan baik dalam kelompoknya menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran kooperatif berupapengembangan keterampilan sosial telah tercapai. Menurut 91,2% siswa pembelajaran kooperatif tipe TPS dapatmeningkatkan rasa tanggung jawab, kebersamaaan dan saling membantu antar anggota kelompok dalam menyelesaikan tugaskelompok. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Hasil belajar, layanan porter, pembelajaran kooperatif
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menentukan Titik dan Garis Tubuh dengan Pendekatan Kooperatif Learning Metode STAD Pada Siswa Kelas X Tata Busana SMKN 4 Banjarmasin Rabiatul Adawiyah
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.122 KB)

Abstract

Tujuan peneitian ini adalah mengetahui: aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam materi titik dan garis tubuh denganpendekatan kooperatif learning model STAD pada siswa kelas X tata busana SMKN 4 Banjarmasin dan peningkatan hasilbelajar siswa materi titik dan garis tubuh dengan pendekatan kooperatif learning model STAD siswa kelas X tata busanaSMKN 4 Banjarmasin. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMKN 4 Banjarmasin kelas tata busana yang berjumlah 20orang dengan sampel penelitian seluruh siswa yaitu 20 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang terdiri 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X tata busana di SMKN 4 Banjarmasin. Teknik pengumpulandata meliputi : observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yangdilaksanakan guru telah sesuai dengan RPP dan dengan nilai yang sangat baik dengan menggunakan model pembelajaranSTAD. Hal ini terlihat pada siklus I skor hasil perolehan sebesar 79,17% dengan klasifikasi aktif meningkat menjadi 93,75%dengan klasifikasi sangat aktif pada siklus II, Aktivitas siswa melalui model pembelajaran STAD secara bertahap telahmeningkat. Hal ini dapat diketahui dari penilaian lembar observasi yang dilakukan dalam tindakan kelas dan Hasil belajarsiswa melalui model STAD mengalami peningkatan disetiap tes akhir siklus yaitu pada siklus I nilai rata-rata sebesar 74,75meningkat menjadi 89,5 dengan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 80% menjadi 95% pada siklus II. ©2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, titik dan gari, STAD
Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalitas Guru SMPN di Kecamatan Sungai Tabuk Ngadimun & Desselianita
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.134 KB)

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalitas Guru SMPN diKecamatan Sungai Tabuk ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap profesionalitas guruSMPN di Kecamatan Sungai Tabuk, pengaruh motivasi kerja terhadap profesionalitas guru SMPN di Kecamatan SungaiTabuk, dan pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap profesionalitas guruSMPN diKecamatan Sungai Tabuk.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatankuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru berjumlah 67 orang guru diambil dengan sampling jenuh.Pengambilan data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Materi angket merupakan penjabaran dari pokok-pokok pikiranterhadap 3 variabel: supervisi kepala sekolah, motivasi kerja, dan profesionalitas guru.Skala yang digunakan adalah skalaLikert. Teknik analisis data yang digunakan berupa statistik deskriptif dengan analisis regresi sederhana dan ganda.Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) ada pengaruh positif dansignifikan secara parsial antara supervisi kepala sekolah terhadap profesionalitas guru; (2) ada pengaruh positif dan signifikansecara parsial antara motivasi kerja terhadap profesionalitas guru; (3) ada pengaruh positif dan signifikan secara simultanantara supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap profesionalitas guru. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Profesionalitas Guru
Cover, Daftar Isi, & Petunjuk Daftar Isi .
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2038.772 KB)

Abstract

Cover, Daftar Isi, & Petunjuk
Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kebutuhan Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Oktazella Ayu Puspitawati & Mawardi
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.726 KB)

Abstract

Desain pembelajaran yang baik harus berdampak pada hasil belajar siswa. Namun, penerapan pembelajaran tematik terpadu kurang mengutamakan kebutuhan belajar siswa. Desain pembelajaran tematik terpadu dikembangkan dengan metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Secara sistematis langkah-langkah penelitian dan pengembangan yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan pengujian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji pakar, nontes dan tes. Teknik tes yang digunakan adalah tes tertulis pilihan ganda, teknik nontes menggunakan instrumen lembar observasi dan angket. Kevalidan desain pembelajaran tematik terpadu dianalisis menggunakan uji pakar deskriptif kategoris dan persentase sedangkan teknik analisis data desain pembelajaran tematik terpadu menggunakan uji T. Hasil dari penelitian desain pembelajaran tematik terpadu berbasis kebutuhan belajar siswa kelas 3 sekolah dasar berupa a) tingkat validitas model setelah mendapatkan penilaian dari ahli model desain pembelajaran mencapai 82,5% dengan kategori sangat tinggi, b) validasi silabus pembelajaran oleh ahli desain sebesar 85% dengan kategori sangat tinggi, c) validasi RPP oleh ahli desain sebesar 82% dengan kategori sangat tinggi dan d) validasi materi oleh ahli materi sebesar 74% dengan kategori tinggi. Desain pembelajaran tematik terpadu terbukti efektif berdasarkan perbedaan pretest dan posttest pada nilai signifikansi 0,003. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Desain pembelajaran, tematik terpadu, kebutuhan belajar siswa 

Page 1 of 1 | Total Record : 10