cover
Contact Name
Hadi Gunawan Sakti
Contact Email
hgs@lingkarpenaindonesia.com
Phone
+6287864842289
Journal Mail Official
lingkarpenaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta, Griya Menang Asri, Lombok Barat, Indonesia.
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27743225     DOI : 10.36312/lpi
Core Subject : Education,
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning media, learning models, and learning strategies, with a systematic proposed method, sufficient review of previous works, expanded discussion, and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Lentera Pendidikan Indonesia follows the open access policy that allows the published articles to be freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2023): February" : 5 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KAYANGAN Tria Andani; Sarilah Sarilah
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 4 No. 1 (2023): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v4i1.108

Abstract

Dalam dunia pendidikan sangat banyak sekali siswa yang mengalami kurang percayaan diri, hal ini dapat membuat siswa menjadi menutup diri karena merasa tidak mempunyai kemampuan atau kelebihan. Kepercayaan diri ini juga dipengaruhi oleh kurangnya kesadaran diri pada siswa, karena siswa tidak menyadari potensi serta kemampuan yang dimilikinya sehingga membuat siswa merasa tidak mempunyai kemampuan atau tidak percaya pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Kesadaran Diri Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kayangan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif menggunakan rumus koefisien korelasi product moment. Subjek penelitan berjumlah 53 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kesadaran diri dengan kepercayaan diri siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kayangan.
PENGARUH KONSELING GESTALT TERHADAP KESADARAN PENGGUNA GAGDET PADA SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 MATARAM Baiq Desi Arisandi; Ani Endriani; Ni Ketut Alit Suarti
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 4 No. 1 (2023): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v4i1.121

Abstract

Permasalahan penelitian yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam menggunakan gadget sehingga menimbulkan berbagai implikasi buruk bagi individu siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Mataram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling gestalt terhadap kesadaran pengguna gadget pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 mataram. Populasi penelitian sebanyak 205 siswa. Metode penentuan sampel penelitian adalah purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan antara lain; 1) kuisioner; 2) observasi; 3) studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data dari sampel yang diuji menggunakan rumus uji t diperoleh data t-hitung sebesar 5,481, dengan nilai t-tabel dengan taraf signifikan 5% dimana db (N-1) = 21 sebesar 2,080. Hasil analisis data menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari nilai-t tabel (5,481>2,080), sehingga hasil penelitian ini dinyatakan signifikan. Maka simpulan hipotesis penelitian dimana H0 ditolak dan Ha diterima bahwa, ada pengaruh konseling gestalt terhadap kesadaran pengguna gadget siswa kelas VIII MTs Negeri 2 mataram.
PENGARUH VIDEO EDUKASI TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT Syaifudin Syaifudin; Farida Herna Astuti; Aluh Hartati
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 4 No. 1 (2023): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v4i1.122

Abstract

Permasalahan penelitian adalah kurangnya konsentrasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 lingsar Kabupaten Lombok Barat, dimana sebagian besar siswa terlihat belum siap dalam menerima pembelajaran. Ketika guru menyampaikan materi sebagian siswa terlihat acuh, dan kurang memperhatikan penjelasan materi guru. Video edukasi dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan membantu belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video edukasi terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Lingsar. Metode penelitian menggunakan one group pree-test dan post-test design dimana rancangan penelitian dengan satu kelompok subyek kelompok eksperimen dilakukan perlakuan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai data primer sedangkan observasi dan studi dokumentasi sebagai data sekunder. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil analisis data t-hitung sebesar 5,479 dengan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 7 sebesar 2,365. Analisis hasil nilai t-hitung lebih besar dari pada nilai t-tabel (5,479>2,365) sehingga hasil analisis penelitian dinyatakan signifikan. Simpulan hasil penelitian ini bahwa, ada pengaruh video edukasi terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Lingsar.
PENGARUH PORTAL RUMAH BELAJAR PUSTEKKOM SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 5 MATARAM Lukmanulhakim Lukmanulhakim; Restu Wibawa; Mujiburrahman Mujiburrahman
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 4 No. 1 (2023): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v4i1.123

Abstract

Permalahan penelitian yaitu penggunaan sumber belajar yang kurang tepat dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar yang tidak tepat hanya akan membuang waktu, tenaga, dan tujuan tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Sekolah berupaya memfasilitasi sumber belajar siswa demi menunjang proses pembelajaran yang berkualitas sehingga membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran secara terarah sesuai kompetensi tujuan pembelajaran serta siswa tidak jenuh dalam menerima pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh portal rumah belajar Pustekkom terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Mataram pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes sebagai data primer sedangkan dokumentasi sebagai data sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes. Hasil analisis diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,287 dan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 10% dengan d.b (N-1) = 32-1 = 31 dimana nilai t-hitung lebih besar dari pada pada t-tabel (3,423 > 1,697), Sehingga, H0 ditolak dan Ha diterima yang berbunyi ada pengaruh portal rumah belajar Pustekkom sebagai sumber belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Mataram pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini signifikan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 8 MATARAM Suhartini Karunia; Farida Fitriani; Hadi Gunawan Sakti
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 4 No. 1 (2023): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v4i1.124

Abstract

Permasalahan penelitian yaitu model pembelajaran guru masih nonvariatif sehingga menyebabkan siswa pasif dalam belajar dan kurang termotivasi dalam belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap motivasi belajar siswa kelas VII Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Mataram. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen jenis pretest-posttest control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Mataram berjumlah 256 orang sebanyak delapan kelas. Sampel penelitian yang digunakan diambil satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang siswa.instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Jumlah angket yang di berikan terdiri dari 20 item pernyataan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data statistik dengan rumus chi-square. Hasil analisis penelitian ini adalah nilai x2 hitung adalah 18,110 dan x2 tabel adalah 9,488, sehingga dapat dikatakan hasil analisis data penelitian signifikan. Dengan demikian x2 hitung lebih besar dari x2 tabel yaitu (18,110>9,488). Hipotesis alternatif (Ha) yaitu, ada pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap motivasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Mataram di terima. Hipotesis nol (H0) yaitu, tidak ada pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap motivasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Mataram di tolak. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap motivasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Mataram.

Page 1 of 1 | Total Record : 5