cover
Contact Name
Euis Erlin
Contact Email
erlineuis@yahoo.com
Phone
+6281320658573
Journal Mail Official
bioed.unigal@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Galuh Jln. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis Jawa Barat
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Published by Universitas Galuh
ISSN : 23390468     EISSN : 26865424     DOI : http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i2
Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun (Maret dan September).
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2021): BIOED : Jurnal Pendidikan Biologi" : 6 Documents clear
HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA BUDI MULIA KOTA BOGOR Rifana Desi Rosalia; Fajar Adinugraha; Marina Silalahi
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9, No 2 (2021): BIOED : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.477 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v9i2.6282

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis hasil belajar kognitif siswa dan skor Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi pencemaran lingkungan sebelum dan sesudah penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Metode penelitian menggunakan metode pre-eksperimental design dengan one group pre-test post-test. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di bulan Maret sampai Juni 2021. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA SMA Budi Mulia Bogor dengan kelas penelitian X MIPA 2 dan X MIPA 3. Teknik analisis data dengan statistik desktiptif. Rerata nilai hasil belajar kognitif kelompok pre-test, yaitu 72.38 dan kelompok post-test, yaitu 86.25 dengan sekitar 13. 87 poin. Rerata skor KPS sebelum dan sesudah penerapan JAS secara berturut-turut adalah 108.06 dan 110.29 dengan peningkatan skor sebanyak 2.23 poin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata yang signifikan antara rerata nilai hasil belajar kognitif pre-test dan post-test menggunakan pendekatan JAS di mana melaui Uji Wilcoxon ditunjukkan Whitung = 58,8 < Wtabel = 772, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata skor KPS sebelum dan sesudah penerapan pendekatan JAS pada materi pencemaran lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan Uji Wilcoxon yang menunjukkan Whitung = 812 > Wtabel = 772, sehingga Ho diterima dan H1 ditolak.Kata kunci, Hasil Belajar Kognitif, Jelajah Alam Sekitar, Keterampilan Proses Sains, Pencemaran Lingkungan
ANALISIS BERBAGAI STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG DAPAT MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI Euis erlin; Adi Rahmat; Sri Redjeki; Widi Purwianingsih
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9, No 2 (2021): BIOED : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.834 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v9i2.6383

Abstract

Pada saat ini salah satu permasalahan yang ditemukan dalam dunia pendidikan adalah hasil belajar siswa yang masih rendah. Harapan para siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi masih belum terealisasi.Salah satu faktor penyebab masalah ini adalah tidak memiliki kemampuan untuk membuat pengaturan yang tepat dalam belajar. Hal ini tentu terkait dengan kemampuan metakognitif yang dimiliki siswa tersebut. , yaitu komponen pengaturan (regulation ) dalam metakognitif yang meliputi aspek  perencanaan sebelum belajar (planning), pemantauan selama belajar (monitoring), dan melakukan evaluasi setelah belajar (evaluating) dalam setiap kegiatan belajar. Kajian ini bertujuan memberikan gambaran dari hasil-hasil penelitian tentang   berbagai strategi atau model pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan metakognitif pada bidang sains. Metode yang dilakukan yaitu analisis jurnal-jurnal Nasional dan Internasional tentang pembelajaran metakognitif. Berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa beberapa jenis strategi dan model pembelajaran dapat memberdayakan kemampuan metakognitif, hanya pada beberapa jurnal tersebut tidak memberikan penjelasan yang spesifik tentang aspek-aspek sebagai instruksi yang melatih siswa untuk memiliki kemampuan metakognitif.  Kata Kunci : Metakognitif, model pembelajaran, strategi pembelajaran
PERBEDAAN WAKTU AKTIVITAS LALAT BUAH TERHADAP ATRAKTAN EKSTRAK DAUN KEMANGI ( Ocimum americana L.) DI KEBUN MANGGA KABUPATEN MAJALENGKA Ineu Yuantika; Jeti Rachmawati; Taupik Sopyan
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9, No 2 (2021): BIOED : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.678 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v9i2.6301

Abstract

Lalat buah merupakan salah satu  hama utama yang merugikan bagi petani sekaligus mengancam sentra produksi buah yang dapat menyerang tanaman salah satunya mangga. Penelitian ini bertujuan mengetahui waktu aktivitas lalat buah terhadap atraktan ekstrak daun kemangi dengan ekstrak daun cengkeh. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016 di kebun mangga Desa Sidamukti Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen desain penelitian Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas tiga perlakuan dan 10 kali ulangan. Sampel lalat buah ditangkap dengan menggunakan perangkap Steiner (botol bekas air mineral) yang diberi zat pemikat metil eugenol dari ekstrak daun kemangi dengan cengkeh. Pengamatan untuk kajian waktu aktivitas harian dilakukan  pada pagi hari (06.00 – 08.00 WIB), siang hari (11.00 – 13.00 WIB), dan sore hari (16.00 – 18.00 WIB) selama 18 hari. Parameter penelitian adalah jumlah lalat buah yang terperangkap pada pagi, siang, dan sore. Analisis data menggunakan ANAVA dilanjutkan uji Duncan dengan taraf nyata 5% dan 1%. Hasil penelitian  menunjukkan lalat buah lebih aktif pada siang hari pukul 11.00 – 13.00 WIB. Faktor klimatik yang paling berpengaruh terhadap aktivitas lalat buah adalah cahaya. Kata kunci: Waktu aktivitas, Mangga, ekstrak daun kemangi, lalat buah.
PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE SYNERGETIC TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA Tanti Hendrayani; Yoyon Sutresna; Adun Rusyana
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9, No 2 (2021): BIOED : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.493 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v9i2.6349

Abstract

an Model Discovery Learning dengan Metode Synergetic Teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa yang dilakukan secara online. Metode penelitian yang dilakukan adalah Pre-experimental designs dengan One group pretest posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 dengan teknik purposive sampling. Rerata skor pretest yaitu 34,71. Setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dengan metode Synergetic Teaching diperoleh rerata skor posttest 82,06. Kelas X IPA 3, dilihat dari hasil uji normalitas data dan data tersebut berdistribusi normal dengan hasil 5,307,dilakukan dengan menggunakan Uji Hipotesis (Uji Z) dengan menentukan nilai
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MIPA sutrisno sutrisno
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9, No 2 (2021): BIOED : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.809 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v9i2.6074

Abstract

Pembaharuan dalam meningkatkan kreatifitas guru perlu dilakukan dalam pengelolaan proses pembelajaran biologi di kelas XI MIPA SMAN 5 Cirebon. Siswa kurang berani bertanya, siswa kurang menguasai keterampilan proses sains, siswa cenderung pasif, rendahnya nilai rata-rata 57 (KKM = 75). Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa lebih aktif perlu adanya strategi dalam kreatifitas guru. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui pendekatan inkuiri terbimbing. Hasil pengamatan kinerja guru dan aktivitas siswa berupa data kualitatif, sedang hasil test tulis ulangan berupa data kuantitatif. Hasil penelitian: (1) keterlaksanaan kinerja guru  di siklus I; 80,5% (baik) dan di siklus II; 91% (sangat baik) peningkatan 10,5 (2) aktivitas siswa meningkat di siklus I; 71,5% (cukup) dan di siklus II; 90,8% (sangat baik) ada peningktan 19,3% (3) peningkatan persentase ketuntasan belajar di siklus I; 54,5% (18 siswa) dan di siklus II; 90,9% (30 siswa) meningkat sebesar 36,4% (12 siswa), nilai rata-rata meningkat sebesar 10,7 di siklus I; 69,5 dan di siklus II; 80,2. Simpulan hasil belajar meningkat pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  Student Teams Achievement Division (STAD) melalui pendekatan inkuiri terbimbing di kelas XI MIPA 2.” Kata Kunci:           Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division); Inkuiri terbimbing; Hasil belajar siswa; Aktivitas siswa
ANALISIS SIKAP SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING Sri Sulastri; Taupik sopyan; Yoyon Sutresna
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9, No 2 (2021): BIOED : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.906 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v9i2.6384

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning secara daring. Waktu Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas.. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif . Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur sikap siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning secara daring yang terdiri dari 20 pernyataan .Data yang diperoleh dari angket adalah data ordinal. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi ordinal. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap siswa dalam merespon model pembelajaran Discovery Learning secara daring memiliki kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran Discovery Learning secara daring , baik digunakan pada pembelajaran biologi. Kata Kunci : Discovery Learning , pembelajaran daring, sikap siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 6