cover
Contact Name
Sri Listiana Izar
Contact Email
srilistiana@umsu.ac.id
Phone
+6282276350662
Journal Mail Official
jurnalbahterasia@umsu.ac.id
Editorial Address
Jurnal Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera utara (UMSU) Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan, 20238 Telp. (061) 6624567, Fax. (061) 6625474 Website: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/BAHTERASIA/index email: jurnalbahterasia@umsu.ac.id
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : -     EISSN : 27214338     DOI : 10.30596%2Fbahterasia
Core Subject : Education, Art,
Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia features research novelties and significance for science advancement in one of the fields of the published manuscripts. This journal welcomes submissions from around the world as well as from Indonesia. Manuscripts published including. Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other literature studies. Indonesian Linguistics and Literature: curriculum development, learning methods, learning materials, learning media, assessment, Indonesian language learning across curricula, information and communications technology in Indonesian language learning, language skills, and other Indonesian language learning analyses. The editorial board would like to receive manuscripts submitted via online submission system. Authors hoping to publish research in this journal should make sure that the manuscripts meet the scope and submission guidelines of the journal. For more detailed information, please refer to the terms and conditions of Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Articles 56 Documents
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA KULIAH MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS PUISI DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU Winarti Winarti; Sri Listiana Izar
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.806 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v1i1.3739

Abstract

Banyaknya jenis-jenis puisi akan dapat membuat mahasiswa sulit mengindentifikasi, apalagi jika materi disampaikan secara konvensional, maka bisa jadi hasil dari pembelajaran tidak akan  meninggalkan kesan yang menyenangkan dan nilai yang memuaskan. Padahal puisi adalah bagian dari materi di program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang wajib untuk dipahami dan dikuasai agar mahasiswa kelak dapat menyebarkan ilmu sastra pada generasi berikutnya. Selain itu mahasiswa sering terbalik membagi-baginya dan ironisnya, mereka tidak menganggap bahwa pembagian puisi ini penting sehingga tidak benar-benar mempelajarinya, padahal setiap Ujian Nasional (UN) soal mengenai pembagian puisi ini selalu menjadi pilihan untuk dikeluarkan oleh tim penyusun soal Ujian Nasional (UN). Melalui model pembelajaran word square akan muncul sebuah pembelajaran di kelas yang bermanfaat dan dikemas dengan suasana yang menyenangkan karena model pembelajaran ini memiliki sistem kerja yang mirip teka-teki silang. Dengan metode mendatar dan menurunnya dapat membuat mahasiswa belajar sambil bermain, sehingga dapat memengaruhi hasil dari proses pembelajaran mengidentifikasi jenis-jenis puisi. Mahasiswa lebih cepat menangkap materi, lebih cepat mengingat, dan materi jenis-jenis puisi dapat berkesan di benak mereka. Kata kunci: model pembelajaran word square, jenis-jenis puisi
MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTATIF Aisiyah Aztry
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.602 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v1i1.3740

Abstract

Kemampuan menulis merupakan salah satu materi yang penting dalam pembelajaran di jenjang universitas. Fenomena yang terjadi saat ini adalah masih terdapat kekurangan mahasiswa dalam menulis. Oleh karena itu, diadakanlah penelitian ini untuk mengetahui penerapan model student facilitator and explaining dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis argumentatif mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UMSU. Dalam penelitian ini, digunakan metode Penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk memperoleh data, digunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Pemerolehan data merupakan hasil karangan mahasiswa yang berupa data kualitatif. Hasilnya dianalisis dengan rubrik penilaian serta dinilai dalam bentuk kuantitatif. Hasil analisis data disajikan secara deskriptif. Setelah penelitian, didapatkan hasil bahwa penerapan model student facilitator and explaining mampu meningkatkan kemampuan menulis argumentatif mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UMSU. kemampuan menulis argumentatif mahasiswa mengalami peningkatan dari 46,67% menjadi 76,6%  dan meningkat lagi menjadi 80%. Kata Kunci: model pembelajaran, kemampuan menulis, dan menulis argumentatif
PERKEMBANGAN TRADISI LISAN MAK YONG DI INDONESIA Lela Erwany
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.627 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v1i1.3741

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perkembangan Tradisi Lisan Mak Yong di Indonesia”. Penelitian ini mengkaji tentang perkembangan, fungsi, dan bentuk revitalisasi tradisi lisan Mak Yong.  Perkembangan tradisi lisan Mak Yong meliputi sejarah masuknya khususnya di Sumatera Utara dan Kepulauan Riau. Sebagai sebuah tradisi tentu saja Mak Yong mempunyai fungsi bagi masyarakat pendukungnya. Agar tradisi ini bisa tetap eksis ditengah-tengah masyarakat pendukungnya, maka perlu direvitalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan perkembangan, fungsi, dan bentuk revitalisasi tradisi lisan Mak Yong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi lisan Mak Yong ini sudah ada sejak abad ke-17 M yang pertama sekali ditemukan di Pattani, Thailand. Mak Yong masuk ke Indonesia melalui Tanjung Karau (Singapura), yang menyebar ke kerajaan Bintan dan Batam, Kepulauan Riau. Sedangkan Mak Yong yang ada di Sumatera Utara, berpusat pada kerajaan Serdang yang berasal dari Kedah, Malaysia. Secara keseluruhan, Mak Yong berfungsi sebagai alat perlawanan masyarakat terhadap kebijakan penguasa. Untuk melestarikan Mak Yong diperlukan kesegaran kreativitas dan sebaiknya tidak mempertahankan beberapa pakem-pakemnya dan harus dibuat lebih akrab dengan masyarakat pendukungnya. Kata kunci: Tradisi Lisan, Mak Yong
MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBAHASA MELALUI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA BAGI PESERTA DIDIK TINGKAT SD DI KOTA MEDAN Suyadi Suyadi; Syaifuddin Zuhri Harahap; Imran Imran
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.176 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v1i1.3742

Abstract

Penelitian/pengkajian ini dilakukan atas dasar pentingnya faktor pembelajaran apresiasi sastra dalam mendukung efektivitas pancapaian kemahiran berbahasa Indonesia peserta pendidik. Pengkajian ini dilakukan untuk membuktikan apakah ada korelasi antara kegiatan apresiasi sastra dengan kemahiran berbahasa Indonesia peserta didik tingkat SD. Pendekatan yang digunakan dalam pengkajian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Dengan jumlah responden 60 peserta didik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) tes mengarang dan (2) lembar pengamatan l. Dari hasil korelasi koefisien dengan program SPSS proses analisis data tentang korelasi antara kemampuan mengapresiasi sastra dengan kemahiran berbahasa Indonesia dengan menggunakan rumus koefisien korelasi berganda (multiple corelation). Hipotesis awal menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan apresiasi sastra maka semakin tinggi kemahiran berbahasa Indonesia. Kata kunci : kemahiran berbahasa, pembelajaran apresiasi sastra
PERLAWANAN PEREMPUAN DALAM NOVEL RARA MENDUT: ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA Syafriani Tio Sari; Silvana Sinar; Rudy Sofyan
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.947 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v1i1.3743

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dalam mencari fakta sosial pada novel Rara Mendut dengan latar belakang tokoh Rara yang berani melakukan perlawanan, menuntut kesetaraan gender dan mengambil keputusan. Atas keberaniannya, Rara dianggap sebagai pejuang emansipasi wanita. Metode yang digunakan adalah metode hermeneutik. Pengumpulan data dilakukan dengan  teknik baca dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fakta sosial yang melatarbelakangi tokoh Rara adalah lingkungan, stratifikasi sosial, dan ekonomi. Fakta lingkungan adalah iklim dan geografis daerah pesisir atau pantai yang menjadi tempat tinggal Rara. Fakta stratifikasi sosial dapat dilihat dari tokoh Rara yang hanya seorang nelayan. Fakta ekonomi masyarakat pantai jelas tergambar dalam novel Rara Mendut yang tergolong memiliki ekonomi lemah. Ketiga fakta sosial tersebut mampu menggambarkan tokoh Rara yang masih muda namun berani melakukan perlawanan dan penolakan. Kata-kata Kunci: perlawanan perempuan, fakta sosial, Rara Mendut, sosiologi sastra
PENGGUNAAN PUZZLE DALAM MEMAHAMI KOHESI DAN KOHERENSI WACANA PADA MAHASISWA SEMESTER 1 PADA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU Oktavia Lestari Pasaribu
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.951 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v1i1.3744

Abstract

Kemampuan memahami wacana tidak terlepas dari penggunaan Puzzle (kemampuan penguasaan kosa kata). Kemampuan memahami wacana mahasiswa siswa harus didukung oleh kemampuan penguasaan kosa katanya. Penggunaan puzzle sebagai bantuan, mampu membantu dan meningkatkan dalam proses memahami wacana. Disisi lain puzzle juga dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami wacana yang kohesi dan koherensi, serta membuat mahasiswa lebih percaya diri atas jawabannya serta penggunaan puzzle mempermudah memahami wacana, sehingga wacana menjadi sangat menarik. Puzzle dirancang untuk mengajarkan keterampilan seperti mengenali bentuk, ukuran, jumlah, warna, kesamaan dan perbedaan. Penelitian yang digunakan adalah eksperimen (post test dan pre test). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yang telah dijabarkan pada bab sebelumnya, dapat dikatakan tingkat penggunaan Puzzle pada mahasiswa Semester 1 FKIP UMSU berada pada kategori baik di mana nilai rata-rata siswa 71,4.. Kata Kunci: Pengertian Puzzle, Kohesi, Koherensi, Wacana
Peran Tradisi Lisan Mitos Tona dan Pola dalam Mewariskan Budaya dan Kearifan LokaL Pada Masyarakat Batak Toba Charles Butar-butar; Mhd Isman; Syamsuryurnita Syamsuryurnita
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2021): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.72 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v2i1.6536

Abstract

Penelitian ini menawarkan solusi kebijakan terhadap keadaan Danau Toba yang semakin tergerus, yaitu dengan pemanfaatan kearifan lokal dan budaya masyarakatnya sebagai instrument natural. Masyarakat Batak Toba secara umum masih patuh terhadap norma budaya yang diwariskan oleh leluhurnya misalnya pantangan perkawinan semarga dan pantangan lainnya. Penelitian yang dilakukan dengan kontrak Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Sesuai dengan Kontrak Penelitian Nomor: 313/II.3-AU/UMSU-LP2M/C/2018. Norma ini biasanya diwariskan dengan cara lisan dan cerita rakyat.  Hasil  analisis dapat pembuktian motif dan  kontribusi cerita rakyat sebagai kearifan lokal dapat melestarikan ekosistem daerahnya. Penelitian ini dilakukan di seputaran Pulau Samosir termasuk lingkar luarnya.  Responden yang terpilih adalah penduduk setempat, yaitu orang-orang yang masih mengetahui cerita tentang situs yang sudah terindentifikasi.  Pemilihan responden ini didasari teknik bola salju, yaitu penentuan respondennya adalah hasil rekomendasi responden yang sudah ada sebelumnya. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu data berupa verbal bersifat naturalistik.  Teknik alisis yang digunakan adalah teknik interpretatif, yaitu pemaknaan sesuai dengan teori yang sudah dirujuk. Hasil penelitian ini adalah menemukan 80 situs  mitos yang disampaikan secara lisan dan menjadi suatu sumber norma dan etika dalam menyikapai hidup dengan ekosistem manusia yang di sekitarnya. Temuannya setiap situs mitos memiliki cerita rakyat sehingga dibuat menjadi motif terjadinya situs tersebut.  Setelah dilakukan FGD, Cerita rakyat tersebut dapat dikategorikan kedalam 1. Kearifan lokal dan budaya menjaga harmoniasasi air; 2. Kearifan lokal dan budaya menjaga harmonisasi pohon atau tumbuh-tuhan; 3. Kearifan lokal dan budaya menjaga harmonisasi  tanah; 4. Kearifan lokal dan budaya menjaga harmonisasi batu. Kata Kunci:  Kearifan Lokal, Tradisi Lisan, Budaya
Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Perintah Dalam Teks Eksplanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2020-2021 Sri Ramadhani; Tengku Winona Emelia
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2021): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.91 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v2i1.6553

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) terhadap kemampuan menemukan kalimat perintah dalam teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2021- 2021. Populasi pada penelitian ini berjumlah 101 siswa yang tersebar dari 3 kelas. Teknik penentuan kelas dengan cara memilih salah satu kelas dengan teknik simple random sampling. Kemudian terdapatlah sampel di dalam penelitian ini yaitu kelas VIII1 dengan jumlah 36 siswa dan di kelas VIII-2 dengan jumlah 30 siswa, jadi jumlah seluruh sampel adalah 66 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini hendaknya sesuai dengan masalah yang dibahas. Untuk mengetahui hal itu maka peneliti menggunakan metode eksperimen. Instrumen adalah alat yang digunakan untuk menjaring data penelitian. Untuk memperoleh hasil yang optimal dalam penelitian ini, peneliti mengguanakan alat untuk memperoleh data yang akurat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes esai sebagai alat mengukur kemampuan menemukan kalimat perintah dalam teks eksplanasi. Hasil penelitian yang dihitung yang menggunakan uji hipotesis, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa nilai akhir dengan menggunakan model pembelajaran (Discovery Learning) terhadap kemampuan menemukan kalimat perintah dalam teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2021-2021 nilai tertinggi kelas eksperimen adalah 100, nilai terendah kelas eksperimen adalah 36. Nilai tertinggi kelas kontrol adalah 82, nilai terendah kelas kontrol 27, rata-rata nilai postes kelas eksperimen adalah 73,77 dan rata-rata nilai postes kelas kontrol adalah 61,7. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis untuk hasil belajar dengan menggunakan uji-thitung. setelah dilakukan pengujian data hasil belajar ternyata diperoleh hasil pengujian pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,390 > 1,669 , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Discovery Learning, Kalimat Perintah, dan Teks Eksplanasi
PERJUANGAN GENDER KETUA PARTAI POLITIKPEREMPUAN ANALISIS APPRAISAL PADA PIDATO POLITIK Yusni Khairul Amri; Erna Ikawati
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2021): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.919 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v2i1.6554

Abstract

Pidato Politik sebagai momentum yang sangat berpengaruh sebagai eksistensi partai politik sebagai pesan politik kepada pemilih dan konstituennya. Ketua partai politik perempuan tentu menunjukkan peran yang cukup signifikan dalam memperjuangkan gendernya. Kajian appraisal mencoba meretas sejauh mana sikap ketua parati politik yang dipimpin oleh perempuan dalam menunujukkan peran dan fungsinya dalam memperjuangkan gender. Analisis appraisal teridentifikasi ideologi dalam tekspidato politik ketua partai politik perempuan terlihat dari sikap, propemerintah dan mendukung pemerintah yang berkuasa. Ideologi yang ingin disampaikan adalah sikap kritik pada pemerintah dan sikap ideologi tersebut disampaikan melalui tekspidato politik ketua partai politik perempuan. Dari data yang dianalisis terhadap sikap positif di dalam teksPidato politik ketua partai politik perempuan adalah sikap yang diungkapkan secara implisit maupun secara eksplisit yang menjadi jati diri suku Jawa: a) pengungkapan sikap (attitude) lebih besar dibanding engagement dan graduasi dapat disimpulkan atas ideology dan sikap partai politik PSI seperti: 1. Ideologi Partai Politik, terbagi atas: a. Ideologi Sikap Positif Partai PSI, b. Ideologi Kesetaraan Gender. c. Ideologi Perjuangan Upah Perempuan, d. Ideologi Perjuangan Nasib Perempuan. 2. Sikap Mebanggakan Perempuan, a) Sikap positif, memperjuangkan upah, b. Sikap melawan hoax, c. Sikap Gaul, Kata Kunci: Appraisal, pidato politik, Ideologi
HUBUNGAN INTER-SEMIOTIK TEKS VERBAL DAN VISUAL PADA NASI HADAP-HADAPAN Atika Laila; T. Silvana Sinar; T.Thyrhaya Zein
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2021): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1069.407 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v2i1.6567

Abstract

Hubungan Inter-semiotik Teks Verbal dan Visual pada Nasi Hadap-hadapan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan hubungan inter-semiotik teks verbal dan teks visual pada Nasi Hadap-hadapan. Sumber data penelitian ini hasil rekaman upacara pernikahan adat Melayu yang dilakukan di Sedang Bedagai dan hasil wawancara pemuka adat dan kedua pengantin. Data dianalisis menggunakan teori Inter-semiotics Logical Relations. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan inter-semiotik teks verbal dan teks visual pada Nasi Hadap-Hadapan meliputi perulangan (3 kali), perbandingan (3 kali), penambahan (3 kali), dan sebab-akiba (7 kali). Kata Kunci: Inter-semiotik, Teks Verbal, teks visual, Teks Nasi Hadap-hadapan