cover
Contact Name
Sri Listiana Izar
Contact Email
srilistiana@umsu.ac.id
Phone
+6282276350662
Journal Mail Official
jurnalbahterasia@umsu.ac.id
Editorial Address
Jurnal Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera utara (UMSU) Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan, 20238 Telp. (061) 6624567, Fax. (061) 6625474 Website: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/BAHTERASIA/index email: jurnalbahterasia@umsu.ac.id
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : -     EISSN : 27214338     DOI : 10.30596%2Fbahterasia
Core Subject : Education, Art,
Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia features research novelties and significance for science advancement in one of the fields of the published manuscripts. This journal welcomes submissions from around the world as well as from Indonesia. Manuscripts published including. Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other literature studies. Indonesian Linguistics and Literature: curriculum development, learning methods, learning materials, learning media, assessment, Indonesian language learning across curricula, information and communications technology in Indonesian language learning, language skills, and other Indonesian language learning analyses. The editorial board would like to receive manuscripts submitted via online submission system. Authors hoping to publish research in this journal should make sure that the manuscripts meet the scope and submission guidelines of the journal. For more detailed information, please refer to the terms and conditions of Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Articles 81 Documents
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA KULIAH MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS PUISI DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU Winarti Winarti; Sri Listiana Izar
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.806 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v1i1.3739

Abstract

Banyaknya jenis-jenis puisi akan dapat membuat mahasiswa sulit mengindentifikasi, apalagi jika materi disampaikan secara konvensional, maka bisa jadi hasil dari pembelajaran tidak akan  meninggalkan kesan yang menyenangkan dan nilai yang memuaskan. Padahal puisi adalah bagian dari materi di program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang wajib untuk dipahami dan dikuasai agar mahasiswa kelak dapat menyebarkan ilmu sastra pada generasi berikutnya. Selain itu mahasiswa sering terbalik membagi-baginya dan ironisnya, mereka tidak menganggap bahwa pembagian puisi ini penting sehingga tidak benar-benar mempelajarinya, padahal setiap Ujian Nasional (UN) soal mengenai pembagian puisi ini selalu menjadi pilihan untuk dikeluarkan oleh tim penyusun soal Ujian Nasional (UN). Melalui model pembelajaran word square akan muncul sebuah pembelajaran di kelas yang bermanfaat dan dikemas dengan suasana yang menyenangkan karena model pembelajaran ini memiliki sistem kerja yang mirip teka-teki silang. Dengan metode mendatar dan menurunnya dapat membuat mahasiswa belajar sambil bermain, sehingga dapat memengaruhi hasil dari proses pembelajaran mengidentifikasi jenis-jenis puisi. Mahasiswa lebih cepat menangkap materi, lebih cepat mengingat, dan materi jenis-jenis puisi dapat berkesan di benak mereka. Kata kunci: model pembelajaran word square, jenis-jenis puisi
KEKAYAYAN REMPAH DALAM TRADISI BUBUR PEDAS MELAYU TAMIANG: KAJIAN TRADISI LISAN Tengku Winona Emelia; Sri Ramadhani
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.178 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v2i2.8055

Abstract

Kekayaan kuliner tradisional merupakan wujud nyata suatu budaya yang dihasilkan olehsuatu kelompok masyarakat dalam bentuk kreatifitas, tradisi, seni, dan cita rasa. Kekayaanrempah dalam aneka olahan masakan masyarakat memberi gambaran prilaku kreatifmasyarakatnya dimana masakan merupakan ciri suasana dan komunitasnya di suatuwilayah atau tempat. Penelitian ini mengkaji Kekayayan Rempah dalam Tradisi BuburPedas Melayu Tamiang: Kajian Tradisi Lisan yang ditinjau dari segi kebudayaan yangmengeksplorasi makanan daerah. Cara penyajian dan bahan suatu masakan bisamenggambarkan etika dan seni karena menjadi bagian-bagian upacara adat. Tujuanpenelitian ini mendeskripsikan bahwa makanan daerah mempunyai hubungan yang sangatberpengaruh dalam kehidupan sosial masyarakat Melayu Tamiang. Pendekatan deskriptifkualitatif dan metode penyajian data informal digunakan untuk mengolah dan menyajikandata yang diharapkan. Bubur pedas adalah makanan khas suku Melayu memiliki gizi yangtinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena bahan-bahan ataupun rempah-rempahyang digunakan untuk membuat bubur pedas tersebut diperoleh dari bahan alami danbumbunya diolah sendiri. Cara memperoleh makanan tersebut terbagi dua kategori yaitu :Langsung mengambilnya dari alam dan langsung memproduksinya. Makna makanan yangterkadung di dalam makanan tradisional bubur pedas tersebut sangat berbeda, karenadengan memasak yang secara bersama-sama dapat mempererat tali silaturrahmi, menjalinkekerabatan yang tiada putus dalam kehidupan sehari-hari mereka dan semua itu dapatdilihat dari cara pengolahannya. Penelitian ini menggambarkan tradisi makanan tradisionalpada komunitas etnis masyarakat erat kaitannya dengan kebiasaan mereka di dalamkehidupan sehari-hari.Kata Kunci: Rempah, Melayu Tamiang, bubur pedas, tradisi lisan.
ANALISIS CITRAAN YANG TERDAPAT DALAM PUISI “PESAN” KARYA SOE HOK GIE Era Fajira; Fitri Wahyuni Lubis; Wan Muna Marwah
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2021): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.002 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v2i1.6568

Abstract

Citraan sangat dibutuhkan untuk membuat suatu karya sastra, karena citraan merupakan unsur intrinsik dalam puisi. Cara menemukan citraan adalah dengan cara mengetahui sudut pandang dalam puisi, seperti ekspresi, bunyi, diksi, citraan bahasa dan lainnya. itraan atau pengimajian masih berkaitan dengan diksi, maksudnya pemilihan terhadap kata-kata yang akan menimbulkan daya saran dan daya bayang pembaca terhadap suatu karya. Daya bayang (imajinasi) akan menyentuh pembaca karena beberapa Indra akan berpengaruh untuk segera membayangkan sesuatu yang telah dibayangkan oleh pembaca. Penelitian ini berjudul ”Analisis Citraan yang Terdapat Dalam Puisi Pesan Karya Sok Ho Gie ”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah citraan apa saja yang terdapat dalam puisi Pesan karya Sok Ho Gie . Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan citraan apa saja yang terdapat dalam puisi Pesan karya Sok Ho Gie. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks puisi Pesan karya Sok Ho Gie. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah adalah teknik studi pustaka. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik yang dilakukan dengan mendeskripsikan fakta-fakta dan menganalisisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citraan yang terdapat dalam puisi Pesan karya Sok Ho Gie, yaitu citraan penglihatan, citraan pendengaran, dan citraan perabaan . Kata Kunci: Citraan, Puisi Pesan Karya Sok Ho Gie
TINDAK TUTUR KELUHAN PADA BAHASA MELAYU TANJUNG BALAI Hasnidar Hasnidar
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.911 KB) | DOI: 10.30596/jpbsi.v1i2.5140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan tindak tutur keluhan pada bahasa Melayu Tanjung Balai. Data yang digunakan berasal dari komunikasi nonformal. Tindak tutur keluhan seorang ibu pada saat memberi nasehat kepada anaknya. Metode penelitian yang digunakan deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara. Dari hasil analisis data, diperoleh pola tindak tutur keluhan pada bahasa Melayu Tanjung Balai, yaitu keluhan diikuti penjelasan, keluhan diikuti keluhan, keluhan diikuti permohonan pergantian atau keluhan diikuti pembenaran. Kata Kunci: Tindak Tutur Keluhan, Bahasa Melayu Tanjung Balai
FILM WEDDING AGREEMENT KARYA ARCHIE HEKAGERY (KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) Siti Fatimaturrohmah; Ika Febriani
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.431 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v2i2.8008

Abstract

Film merupakan suatu potret kehidupan nyata seseorang yang dilukiskan dalambentuk audio visual. Pada tayangan film tersimpan pesan yang diwujudkan dengan tandanonverbal yang mengandung sebuah makna. Penelitian ini menggunakan objek filmberjudul Wedding Agreement karya Archie Hekagery sebagai sumber data denganmenggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk mengkaji makna denotasi, maknakonotasi, dan makna mitos. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan maknadenotasi, makna konotasi, dan makna mitos pada film Wedding Agreement karya ArchieHekagery. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Datayang dikumpulkan menggunakan teknik simak, teknik dokumentasi, dan teknik pustaka.Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulandan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber yangdilakukan dengan cara mencari data dari satu sumber untuk dibandingkan dengan data darisumber lain. Hasil penelitian menunjukkan (1) makna denotasi pada film WeddingAgreement digambarkan secara apa adanya kehidupan pasangan suami istri yang menjalanipernikahan atas dasar perjodohan, (2) makna konotasi pada film Wedding Agreementdiperoleh dengan mencari makna tanda nonverbal berupa bahasa tubuh, ekspresi wajah,latar tempat dan objek, (3) makna mitos pada film Wedding Agreement diperoleh denganmenganalisis tanda-tanda nonverbal berupa adegan-adegan, ketika acara pernikahanberlangsung, sampai pada keadaan rumah tangga pasangan pengantin kemudian dikaitkandengan kebudayaan atau ideologi yang berlaku di kalangan masyarakat.
MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBAHASA MELALUI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA BAGI PESERTA DIDIK TINGKAT SD DI KOTA MEDAN Suyadi Suyadi; Syaifuddin Zuhri Harahap; Imran Imran
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.176 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v1i1.3742

Abstract

Penelitian/pengkajian ini dilakukan atas dasar pentingnya faktor pembelajaran apresiasi sastra dalam mendukung efektivitas pancapaian kemahiran berbahasa Indonesia peserta pendidik. Pengkajian ini dilakukan untuk membuktikan apakah ada korelasi antara kegiatan apresiasi sastra dengan kemahiran berbahasa Indonesia peserta didik tingkat SD. Pendekatan yang digunakan dalam pengkajian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Dengan jumlah responden 60 peserta didik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) tes mengarang dan (2) lembar pengamatan l. Dari hasil korelasi koefisien dengan program SPSS proses analisis data tentang korelasi antara kemampuan mengapresiasi sastra dengan kemahiran berbahasa Indonesia dengan menggunakan rumus koefisien korelasi berganda (multiple corelation). Hipotesis awal menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan apresiasi sastra maka semakin tinggi kemahiran berbahasa Indonesia. Kata kunci : kemahiran berbahasa, pembelajaran apresiasi sastra
Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Perintah Dalam Teks Eksplanasi oleh Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2020-2021 Sri Ramadhani; Tengku Winona Emelia
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2021): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.91 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v2i1.6553

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) terhadap kemampuan menemukan kalimat perintah dalam teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2021- 2021. Populasi pada penelitian ini berjumlah 101 siswa yang tersebar dari 3 kelas. Teknik penentuan kelas dengan cara memilih salah satu kelas dengan teknik simple random sampling. Kemudian terdapatlah sampel di dalam penelitian ini yaitu kelas VIII1 dengan jumlah 36 siswa dan di kelas VIII-2 dengan jumlah 30 siswa, jadi jumlah seluruh sampel adalah 66 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini hendaknya sesuai dengan masalah yang dibahas. Untuk mengetahui hal itu maka peneliti menggunakan metode eksperimen. Instrumen adalah alat yang digunakan untuk menjaring data penelitian. Untuk memperoleh hasil yang optimal dalam penelitian ini, peneliti mengguanakan alat untuk memperoleh data yang akurat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes esai sebagai alat mengukur kemampuan menemukan kalimat perintah dalam teks eksplanasi. Hasil penelitian yang dihitung yang menggunakan uji hipotesis, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa nilai akhir dengan menggunakan model pembelajaran (Discovery Learning) terhadap kemampuan menemukan kalimat perintah dalam teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2021-2021 nilai tertinggi kelas eksperimen adalah 100, nilai terendah kelas eksperimen adalah 36. Nilai tertinggi kelas kontrol adalah 82, nilai terendah kelas kontrol 27, rata-rata nilai postes kelas eksperimen adalah 73,77 dan rata-rata nilai postes kelas kontrol adalah 61,7. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis untuk hasil belajar dengan menggunakan uji-thitung. setelah dilakukan pengujian data hasil belajar ternyata diperoleh hasil pengujian pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,390 > 1,669 , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Discovery Learning, Kalimat Perintah, dan Teks Eksplanasi
MODEL KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED (KWL) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERITA PENDEK SISWA SMP KELAS IX Hani Ledina; Ma'mur Saadie; Sumiyadi Sumiyadi
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2020): Agustus
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.867 KB) | DOI: 10.30596/jpbsi.v1i2.5138

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan memaparkan penggunaann model Know, Want to Know, Learned (KWL) dalam pembelajaran membaca cerita pendek siswa SMP kelas IX. Metode penelitian menggunakan kajian literasi pustaka. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil penelusuran pustaka dan hasil penelitian-penelitian relevan dilanjutkan dengan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, model yang digunakan dalam pembelajaran membaca cerpen adalah diskusi. Hal ini membuat pemahaman siswa dari teks yang dibacanya tidak terbangun. Berdasarkan karakteristiknya, model KWL memiliki kesesuaian dengan tujuan pembelajaran membaca teks cerpen yaitu membangun pemahaman siswa. Pembelajaran membaca cerita pendek dengan menggunakan model Know, Want to Know, Learned (KWL) membuat siswa lebih akif  karena dengan menggunakan model KWL guru dapat mengarahkan siswa belajar aktif dan siswa lebih mudah dalam mengidentifikasi informasi yang didapatkan dengan baik. Kata kunci: KWL, cerita pendek
MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTATIF Aisiyah Aztry
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): Pebruari
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.602 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v1i1.3740

Abstract

Kemampuan menulis merupakan salah satu materi yang penting dalam pembelajaran di jenjang universitas. Fenomena yang terjadi saat ini adalah masih terdapat kekurangan mahasiswa dalam menulis. Oleh karena itu, diadakanlah penelitian ini untuk mengetahui penerapan model student facilitator and explaining dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis argumentatif mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UMSU. Dalam penelitian ini, digunakan metode Penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk memperoleh data, digunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Pemerolehan data merupakan hasil karangan mahasiswa yang berupa data kualitatif. Hasilnya dianalisis dengan rubrik penilaian serta dinilai dalam bentuk kuantitatif. Hasil analisis data disajikan secara deskriptif. Setelah penelitian, didapatkan hasil bahwa penerapan model student facilitator and explaining mampu meningkatkan kemampuan menulis argumentatif mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UMSU. kemampuan menulis argumentatif mahasiswa mengalami peningkatan dari 46,67% menjadi 76,6%  dan meningkat lagi menjadi 80%. Kata Kunci: model pembelajaran, kemampuan menulis, dan menulis argumentatif
DRAMA SUDAH GILA KARYA CHAIRIL ANWAR TEORI PSIKOANALISIS Azka Nidaul Jannah; Wika Soviana Devi
Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.693 KB) | DOI: 10.30596/bahterasia.v2i2.8004

Abstract

Drama merupakan karya sastra yang menampilkan sebuah kisah kehidupan manusiamelalui tingkah laku yang dipentaskan. Namun, di era sekarang ini banyak sekalimasyarakat yang sudah tidak tertarik dengan membaca naskah drama. Drama sudah tidakbanyak lagi yang mengkaji karena lebih tertarik untuk menikmati pementasannya secaralangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gangguan psikologis yang dialamitokoh utama dalam naskah drama Sudah Gila karya Chairil Anwar. Sumber pemerolehandata dari naskah drama Sudah Gila karya Chairil Anwar. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan cara observasi tidak berperan serta dalam studi pustaka. Data yang telahdiperoleh selanjutnya akan direduksi dan disajikan dalam bentuk deskripsi untukmenjelaskan pembahasan. Data penelitian diidentifikasi, diklasifikasikan, dianalisis, sertadisimpulkan. Data penelitian dianalisis dengan pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud.Hasil penelitian ini adalah kondisi kejiwaan tokoh dapat diketahui melalui dialog dantokoh utama tidak dapat memenuhi id nya karena adanya superego bahwa sang istri sudahmeninggal dunia. Akibatnya tokoh utama merasa putus asa dan mengalami gangguanmental. Tokoh utama merasakan hilang kesadaran dan selalu memposisikan bahwa sangistri masih hidup.