cover
Contact Name
Mohammad Solihin
Contact Email
mohammadsolihin@respati.ac.id
Phone
+6281235058897
Journal Mail Official
massive@respati.ac.id
Editorial Address
Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE), Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO). Kampus 1, Jl. Laksda Adisucipto KM.6,3, Ambarukmo, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 27987396     EISSN : 27987159     DOI : https://doi.org/10.35842/massive.v1i2
Core Subject : Education, Social,
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi menerbitkan artikel ilmiah berisi hasil penelitian atau pemikiran konseptual terkini bidang ilmu komunikasi diantaranya adalah broadcasting (televisi, radio, dan film), jurnalistik dan fotografi, jurnalisme data, periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi kesehatan, media sosial, media online, literasi digital, dan kajian komunikasi lainnya yang relevan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022)" : 6 Documents clear
POLA KOMUNIKASI PEKERJA FULL REMOTE WORKING (STUDI KASUS PADA PEKERJA VISUALABS) Yovita Riski Aulia Dindi; Riski Damastuti
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.619 KB) | DOI: 10.35842/massive.v2i1.59

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi dan hambatan yang terjadi pada pekerja full remote working dengan studi kasus pada pekerja Visualabs Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori computer mediated communication (CMC) karena model CMC dapat mempelajari bagaimana perilaku manusia dibentuk melalui pertukaran informasi  lewat teknologi komunikasi digital. Teknik pengumpulan data diambil melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penilitian ini adalah Chief Executive Officer (CEO), Human Resource Development (HRD), Customer Service (CS), Customer Service (CS), dan Designer Visualabs Indonesia yang telah ditentukan mengguankan teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi yang terjadi pada pekerja Visulabs adalah pola komunikasi all channel. Proses komunikasi dilakukan melalui komputer dan alat elektronik lainnya sebagai media perantara untuk berbagi informasi, ide, audio dan video yang disebut dengan CMC. Hambatan komunikasi yang terjadi di Visualabs, yaitu miss komunikasi, miss persepsi, kesulitan dalam menunjukan ekspresi, hubungan sosial kurang terbangun, hanya bisa berteman melalui media sosial, komunikasi lebih berorientasi kepada pekerjaan, karyawan membatasi hubungan profesional dan non professional.Kata Kunci: Kerja Remote, Komunikasi Termediasi Komputer, Pola Komunikasi, Komunikasi Virtual
ANALISIS KEPUASAN PENONTON SINETRON IKATAN CINTA DI RCTI Nurul Fateha; Ririn Risnawati; Ahmad Yusron
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.971 KB) | DOI: 10.35842/massive.v2i1.60

Abstract

Televisi dianggap dapat memuaskan kebutuhan penggunanya dalam menyampaikan informasi, edukasi dan hiburan. RCTI merupakan salah satu stasiun televisi swasta nasional yang menayangkan Sinetron Ikatan Cinta ini mampu mempengaruhi penonton dari anak-anak hingga orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kepuasan penonton Sinetron Ikatan Cinta RCTI dikalangan Ibu-ibu Blok Dukuturus RT 05/ RW 01 Desa Pamijahan Kecamatan Plumbon Cirebon. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survey deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan kepustakaan melalui buku. Data diperoleh dari hasil kuesioner yang diolah menggunakan SPSS versi 20. Tingkat kepuasan dapat dilihat dari selisih Gratification Sought (GS) atau kepuasan yang diinginkan dan Gratification Obtained (GO) atau kepuasan yang didapat. Penelitian ini menggunakan sebanyak 65 orang sebagai responden. Hasil penelitian berdasarkan olah data dari SPSS, perhitungan dari 22 item pernyataan, nilai mean GS sebesar 2,84 dan nilai mean GO sebesar 3,72 dari pengambilan keputusan mean skor GS lebih kecil dari mean skor GO (GS<GO) maka terjadi kesenjangan kepuasan karena kepuasan yang didapatkan lebih besar dibanding dengan kepuasan yang diinginkan. Dengan kata lain bahwa Sinetron Ikatan Cinta tersebut memuaskan penontonnya. Sedangkan untuk perhitungan dari 65 responden jumlah GS sebesar 4055 dan jumlah GO sebesar 5313. Maka GO > GS. Jika dilihat dari Tingkat Kepuasan penonton diketahui masuk pada kategori puas dengan interval 16-24 yaitu sebanyak 33 responden atau 50,7% dengan kata lain Sinetron Ikatan Cinta dapat memuaskan penontonnya dengan baik.Kata kunci: Gratification Obtained (GO), Gratification Sought (GS), Kepuasan Khalayak, Sinetron Ikatan Cinta
STRATEGI PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA AKUN INSTAGRAM @ENOWCUSTOM Feri Kurniawan; Bambang Srigati; Dian Rhesa Rahmayanti
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.547 KB) | DOI: 10.35842/massive.v2i1.65

Abstract

Instagram sebagai media promosi online dimanfaatkan oleh sebagian besar pemilik akun instagram untuk berbisnis online. Salah satu toko yang memanfaatkan instagram sebagai media pemasarannya adalah toko online shop dengan nama akun instagramnya @enowcustom spesialis kaos custom dengan jumlah follower 15,1 ribu dan mampu menjual ratusan kaos custom dalam periode satu bulan hanya dengan mengandalkan foto dan video yang menarik untuk dipromosikan lewat instagram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital pada akun instagram @enowcustom. Metode penelitian yang dipergunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan komunikasi pemasaran dilakukan melalui media instagram yang digunakan oleh owner online shop @enowcustom. Fitur yang paling sering digunakan adalah fitur upload foto instastory dan highlights story. Fitur instastory digunakan untuk menginformasikan produk yang terbaru dan situasi toko setiap harinya. Sedangkan untuk upload foto digunakan untuk memposting produk-produk baru dengan layout yang menarik. Sedangkan highlights story digunakan untuk memberikan informasi penting seperti cara pemesanan online, petunjuk lokasi toko, alamat shopee dan lainnya. Keunggulan online shop ini terletak pada tersampaikannya pesan kepada konsumen dengan fitur-fitur yang ada pada instagram, harga, dan produk pada setiap variasi produk. Kelemahannya dibutuhkan waktu untuk desain karena semua desain by request. Selain itu @enowcustom juga memiliki outlet offline yang memiliki dampak besar dalam proses pemasaran produknya.Kata kunci: Strategi, Instagram, Pemasaran Digital, Media Komunikasi
ANALISIS PERAN ASISTEN PRODUSER DI TEMANGGUNG TV MENGGUNAKAN ROLE THEORY Agustin Reski Lestari; Umar Basuki; Yanus Purwansyah Sriyanto
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.444 KB) | DOI: 10.35842/massive.v2i1.64

Abstract

Televisi merupakan salah satu media massa yang potensial dan modern sebagai alat yang sanggup menyebarkan segala informasi dalam waktu yang singkat. Program-program acara televisi yang satu dan yang lainnya menyajikan acara yang beragam. Salah satunya adalah Temanggung TV yang merupakan Lembaga Penyiaran Publik Lokal di bawah naungan Humas Pemerintah Kabupaten Temanggung. Stasiun-stasiun televisi di Indonesia ini senantiasa bersaing dalam menyajikan siaran-siaran yang berkualitas agar dapat diterima dan diminati pemirsa. Dalam setiap program acara yang disajikan terdapat peran penting Produser yang mampu mengatur seluruh kebutuhan program acara tersebut. Penulisan ini adalah jenis penulisan kualitatif. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui Peran Asisten Produser di Temanggung TV ditinjau melalui analisis Role Theory (Teori Peran). Adapun metode penulisan yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu peran asisten produser akan dibahas dengan teori komunikasi peran atau role theory. Hasil penulisan menyatakan bahwa berdasarkan teori peran, peranan seorang asisten produser sangat dominan dan menentukan. Karena pada saat proses produksi berlangsung ia harus mampu membantu segala kebutuhan produser serta bekerjasama dengan seluruh kerabat kerja dan unsur-unsur produksi yang terkait serta diharuskan memiliki kemampuan berfikir dan menuangkan ide atau pemikiran kedalam suatu tulisan (proposal) untuk suatu program acara secara baik dan sistematis.
STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) TAMAN WISATA JURUG DI TENGAH PANDEMI COVID-19 Christina Nur Wijayanti; Widyantoro Yuliatmojo; Ali Arif Setiawan
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.112 KB) | DOI: 10.35842/massive.v2i1.20

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagiamana strategi komunikasi pemasaran terpadu atau Integrated Marketing Communication (IMC) yang dilakukan oleh Jurug Solo Zoo dalam menarik kembali minat pengunjung di masa pandemi. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitiatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan pengamatan di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi Integrated Marketing Communication yang dilakukan Jurug Solo Zoo mengkombinasikan dari bentuk-bentuk bauran promosi atau promotion mix dengan tujuan yang sama yaitu menarik kembali minat pengunjung. Bentuk kegiatan yang dilakukan tersebut antara lain adalah advertising, personall selling, direct marketing, sales promotion dan event/sponsorship. Dari beberapa bentuk kegiatan yang dilakukan ini, yang paling efektif menarik minat pengunjung adalah advertising dan personnal selling.Kata kunci: Integrated Marketing Communication, bauran promosi,  Jurug Solo Zoo, penjualan personal, event/sponsorship
PENGARUH TERPAAN IKLAN YOUTUBE SHOPEE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNRIYO Randy Hermawan Saputra; Warhi Pandapotan Rambe; Mohammad Solihin
MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.58 KB) | DOI: 10.35842/massive.v2i1.63

Abstract

Hadirnya iklan media sosial Youtube tentu saja menimbulkan gegar yang cukup signifikan terhadap lanskap media iklan Indonesia. Dampak efektif dari terpaan iklan yang berulang kali yaitu memperoleh perhatian dan pengalaman dari individu penerima yang terkena terpaan pesan iklan tersebut, serta terbuka menerima pesan-pesan yang disampaikannya. Selain memperhatikan keinginan dan kebutuhan konsumennya. Shopee juga selalu memperkenalkan dan menanamkan image bagi konsumen terhadap mereknya dengan menggunakan berbagai periklanan termasuk di dalamnya media iklan di Youtube. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara variabel “Terpaan Iklan Youtube Shopee” terhadap “Minat Beli Mahasiswa”. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNRIYO angkatan 2018 dan 2019, yaitu 43 mahasiswa. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Yamane, berdasarkan pada tingkat kesalahan 5%, sehingga sampel responden dalam penelitian ini adalah sebesar 43 sampel responden. Sementara teknik sampling yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil nilai koefisien determinasi variabel “Terpaan Iklan Youtube Shopee” terhadap variabel “Minat Beli”adalah sebesar 0,878 maka 77.8% terpaan iklan Youtube Shopee merupakan kontribusi dari variabel minat beli, sedangkan sisanya 22,6992% dapat dijelaskan oleh sebab – sebab lain. Dengan hasil yang dijabarkan dalam penelitian ini, bahwa nilai thitung (11,766) >ttabel (2,019).Angka tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.Kata kunci: Terpaan, Iklan Youtube, Shopee, Minat Beli Mahasiswa, Ilmu Komunikasi

Page 1 of 1 | Total Record : 6