cover
Contact Name
Fahmi Yahya
Contact Email
fyahyaadam@gmail.com
Phone
+6281703766888
Journal Mail Official
karyajpm.unsa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Semongkat, Sumbawa, NTB
Location
Kab. sumbawa,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Published by Universitas Samawa
ISSN : 27982076     EISSN : 27981827     DOI : -
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat pada multidisiplin penerapan iptek baik yang berbentuk pemberdayaan, pelatihan, pendampingan, bimbingan teknis, dan jenis kegiatan lain yang relevan. Jurnal ini merupakan Open Access Journal terbit perdana mulai Juni 2021. Dalam 1 (satu) tahun terbit 2 kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Seluruh artikel dapat diakses dan didownload secara bebas oleh pihak yang membutuhkan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 36 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat" : 36 Documents clear
MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM SUNKHUF KERAJINAN TANGAN DARI BATHOK KELAPA DENGAN IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING Laskmi Diana; Harun Al Rasyid; Faris Ramadhan; Ananda Rika Satria; Nadya Putri Rahmadina
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia mempunyai potensi basis ekonomi nasional yang kuat dikarenakan jumlah UMKM yang sangat banyak dan daya serap tenaga kerja sangat besar. Namun pada pengimplementasiannya masih banyak UMKM yang belum siap menjadi pilar perekonomian bangsa, terutama pada bidang digitalisasi. Dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat kelompok KKNT 20 UPN “Veteran” Jawa Timur yang berfokus pada skema kewirausahaan dan ekonomi kreatif memiliki tujuan untuk mengembangkan UMKM yang berada di Kelurahan Tanjungsari. salah satu umkm yang berpotensi untuk dikembangakan adalah UMKM Sunkhuf Bathok Kelapa. Hasil dari Pengabdian ini adalah dengan menggunakan Digital Marketing, terutama e-Commerce dapat meningkatkan penjualan UMKM Bathok Kelapa “SunKhuf”.
PEMANFAATAN PRODUK OLAHAN CABAI JAWA SEBAGAI PELUANG USAHA BAGI MASYARAKAT RW 14 WILAYAH SUKOREJO Fatchur Rozci; Laksmi Diana; Zhela Maritsya; Laila Annisa; Rudi J Silitonga
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di wilayah Sukorejo tepatnya di RW 14 terdapat tanaman Cabai Jawa yang dikelola oleh KWT Pinang Lestari. Namun setelah ditelusuri hasil Cabai hanya dijual secara mentah dan belum ada produk olahan Cabai Jawa yang dihasilkan. Oleh karena itu kami mengusulkan untuk membuat inovasi produk olahan Cabai Jawa dengan pertimbangan kemudahan dalam membuat dan bahan baku produksi dan harganya juga terjangkau. Selain itu jika ditinjau masyarakat disana kebanyakan warganya tidak memiliki profesi tetap sehingga perlu adanya pemberian sosialisasi terkait pengolahan dan pengembangan potensi produk olahan Cabai Jawa. Pemilihan metode harus benar benar memperhatikan masyarakat dengan menyesuaikan pengetahuan dari masyarakat. Metode pelaksanaan menggunakan simulasi IPTEK dalam proses pengolahan Cabai menjadi minuman serbuk. Melalui penerapan IPTEK menjadi salah satu cara kami untuk membantu pemilik dan masyarakat sekitar dalam mengadakan produktifitas usaha di daerah tersebut. Meskipun dalam pengembangan inovasi produk dari Cabe Jawa perlu kreasi yang menarik. Dengan adanya kegiatan ini kami berharap mampu memberikan dampak yang baik dalam konteks pemberian edukasi terkait pengolahan Cabe Jawa dan juga potensi usaha yang dapat diupayakan bagi peningkatan perekonomian hidup masyarakat Sukorejo.
PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK MENJADI KOMPOS SERTA PENGAPLIKASIAN PADA KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI DI DESA NGRIMBI Arizka Putri Amalia; Diannisa’ Hanifah Az-Zahra; Aufa Aptana Amalia Arif; Ahmad Fa’iz Salsabila Ibnu Rifa; Eki Mulya Ramadhan; Mu’tasim Billah
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi Tepat Guna menjadi suatu teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta dapat menjawab permasalahan masyarakat yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah dan tidak merusak lingkungan. Salah satu contohnya yaitu dengan pengolahan sampah organik menjadi kompos serta aplikasi dalam KRPL. Kompos merupakan pupuk yang terbuat dari hasil pelapukan daun, cabang tanaman, kotoran hewan dan sampah. Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang merupakan salah satu desa yang menghasilkan sampah organik sehingga memiliki potensi untuk diolah menjadi kompos. Hasil olahan kompos tersebut nantinya dapat dimanfaatkan dalam berbagai budidaya tanaman termasuk dalam pengembangan KRPL di Desa Ngrimbi. Perwujudan KRPL di Desa Ngrimbi akan meningkatkan kapasitas SDM masyarakatnya untuk aplikasi inovasi teknologi pertanian unggul mendukung KRPL yang sehat dan bergizi.
PENDAMPINGAN PEMBUATAN NOMOR INDUK USAHA (NIB) USAHA MINUMAN JAHE “3D FAMILY” MELALUI ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) Laksmi Diana; Fahmy Ulum; Tyus Krisyuanto; Bella Safitri Abas
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Kelurahan Tlumpu, Kota Blitar mempunyai banyak potensi dan terus berkembang. Namun diantara pelaku UMKM di Kelurahan Tlumpu sebagian besar tidak mempunyai legalitas usaha, bahkan diantaranya ada yang tidak mengetahui mengenai legalitas usaha. Sebenarnya, dengan adanya UMKM pelaku usaha harus mempunyai perizinan atas usaha yang dilakukan. Perizinan usaha yang dimaksud adalah Nomor Induk Berusaha (NIB). Salah satu UMKM di Kelurahan Tlumpu yaitu UMKM Jahe Instan “3D Family”. Usaha ini sudah berjalan, namun belum mempunyai izin usaha dalam kegiatan yang dilakukan. Untuk membantu UMKM agar memiliki legaitas usaha, maka Kelompok 22 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan kegiatan pengadian berupa pendampingan pendaftaran NIB. Pendaftaran NIB dibuat secara online melalui website Online Single Submission (OSS). Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimulai tanggal 14 November 2022 sampai dengan 19 November 2022. Hasil dari kegiatan ini yaitu pelaku UMKM tersebut lebih mudah dalam mengembangkan usahanya.
OPTIMASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI PENUNJANG DIGITAL MARKETING PADA PT DISTY TEKNOLOGI INDONESIA Eka Putri Rahmawati; Sugeng Purwanto
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Digital marketing merupakan suatu strategi pemasaran barang dan jasa dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan, meningkatkan penjualan, dan peningkatan brand awareness. PT Disty Teknologi Indonesia merupakan saah satu perusahaan yang menerapkan optimasi sosial media dengan melibatkan peserta magang dari Magang Studi Independent Bersertifikat (MSIB) dengan dibekali pengetahuan digital marketing. Tujuan dari kegiatan optimasi sosial media ini mengikatkan penerapan digital marketing pada PT Disty Teknologi Indonesia dengan tepat sasaran. Pada kegiatan magang dilakukan pemasaran terdapat aplikasi untuk menunjang kegiatan optimalisasi sosial media Instagram ini yaitu memanfaatkan fitur Meta Business Suite. Meta Business Suite merupakan aplikasi yang digunakan pelaku bisnis dalam manajemen konten, menjadwalkan postingan, pengelolaan iklan, dan melihat insight.
PENDAMPINGAN SERTIFIKASI HALAL DAN NIB BAGI UMKM DI KELURAHAN TANJUNGSARI, SUKOREJO, KOTA BLITAR Alfaricco Sabilillah Ramadhani; Hil Dina Mulya Dewi; Riza Ahmadina Qawiyyu; Achmad Chusen; Laksmi Diana
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kelurahan Tanjungsari merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, yang memiliki beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang unik. Dalam perkembangannya UMKM ini mengalami kendala dalam perizinannya seperti tidak adanya Nomor Induk Berusaha (NIB), dan Sertifikasi Halal untuk UMKM dengan kategori pangan. Mahasiswa kelompok 20 KKN-Tematik dalam hal ini menggandeng Kelurahan Tanjungsari, dan Universitas Islam Blitar (UNISBA) untuk memberikan pendampingan dalam pembuatan NIB melalui sistem Online Single Submission, dan Sertifikasi Halal melalui sistem SiHalal. Program pendampingan ini disambut dengan antusias oleh para pemilik usaha khususnya pemilik usaha yang berniat mengembangkan usaha mereka, karena adanya sertifikasi, dan NIB ini sangat membantu dalam melakukan promosi, dan memperoleh trust atau kepercayaan lebih dari para calon konsumen yang mereka punya. Dalam proses pendampingan ternyata tidak semua UMKM dapat didampingi untuk memperoleh sertifikasi halal, dikarenakan pendampingan yang dilakukan tanpa dipungut biaya ini tidak bisa membantu pemilik usaha yang memiliki produk olahan mengandung daging, sehingga solusinya adalah pemilik usaha dapat mendaftarkan sertifikasi mereka melalui jalur reguler atau berbayar. Selebihnya untuk UMKM lain dapat memperoleh pendampingan tanpa ada kendala sama sekali.
PENDAMPINGAN PEMBUATAN BRAND IDENTITY UNTUK UMKM “3D FAMILY” Laksmi Diana; Harin Atraba; Mutiara Ayu Shabrina; Wahyu Satrio Pamungkas
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembuatan Brand Identity merupakan hal yang sangat penting bagi produk suatu usaha. Dalam perkembangan UMKM di Kelurahan Tlumpu tak sedikit pelaku usaha yang tidak memiliki brand identity. Salah satu UMKM di kelurahan tersebut yang belum memiliki brand identity yaitu UMKM Jahe Instan “3D Family”. Hal tersebut disebabkan karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha dalam pemanfaatan tekonologi digital yang ada. Tujuan dari dilakukannya pendampingan pembuatan brand identity oleh Kelompok 22 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur pada UMKM Jahe Instan “3D Family” adalah untuk membuat pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi digital dalam membuat brand identity secara mandiri agar dapat meningkatkan nilai produk dan memperluas pemasaran dari produk tersebut.
PENGEMBANGAN MANAJEMEN KEUANGAN UMKM MINUMAN SERBUK RASA CAYANG KECAMATAN SUKOREJO KOTA BLITAR Maharani Ikaningtyas; Yosi Ananda; Thalita Firdaus; Theodora Oktavia; Rudi J Silitonga; Zhela Maritsya; Laila Annisa
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen keuangan adalah aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan dana secara menyeluruh untuk memenuhi tujuan dari perusahaan. Oleh karena itu penting bagi setiap kegiatan usaha memiliki manajemen keuangan termasuk UMKM. Dalam karya ini akan dibahas masalah mengenai pencatatan transaksi keuangan masih dilakukan secara sederhana dan kurang memadainya SDM dalam melakukan pencatatan keuangan pada UMKM MInuman Serbuk Rasa Cayang. Tujuannya yaitu menata dan digitalisasi dalam pencatatan keuangan UMKM minuman serbuk rasa cayang dan melakukan edukasi SDM dalam menggunakan aplikasi BukuKas dan melakukan pencatatan keuangan yang benar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu diawali dengan analisis masalah yangada pada UMKM, menentukan tujuan, mencari solusi dari masalah dengan melakukan instalasi aplikasi, mengadakan pelatihan, dan evaluasi. Dari kegiatan ini dihasilkan penginstalan aplikasi BukuKas dan melakukan penataan akan aktivitas keuangan dari UMKM Minuman Serbuk Rasa Cayang. Setelah itu, Pelatihan diadakan untuk memebrikan edukasi terhadap SDM yang ada di UMKM Raca cayang menegnai pencatatan keuangan dan penggunaan aplikasi BukuKas. Kegiatan ini di akhiri dengan evaluasi penggunaan Aplikasi BukuKas. Penggunaan Aplikasi BukuKas memudahkan dan menghemat waktu UMKM Minuman Serbuk Rasa Cayang dalam melakukan pencatatan keuangan sehingga meningkatkan efisiensi dan efektifitas UMKM.
PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM KWT PINANG LESTARI MASYARAKAT DI KELURAHAN SUKOREJO KOTA BLITAR Laksmi Diana; Anthony Surya; Noer Alam; Erindra Reynaldi; Salsabilla Cantika; Dimas Dicky; Naufal Nadhief
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Digital Marketing merupakan sebuah konsep dari salah satu strategi pemasaran barang/jasa yang memanfaatkan sistem digital dengan tujuan untuk dapat memperluas pangsa pasar dan mendapatkan konsumen baru yang berpotensial guna untuk meningkatkan omset penjualan dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah. Selain itu tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah lokal sehingga mereka dapat memanfaatkan Digital Marketing guna untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya industri olahan makanan dan minuman sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan digital marketing oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah dengan harapan agar pemulihan ekonomi di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kota Blitar meningkat. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konsep dari digital marketing perlu disosialisasikan dan diterapkan oleh pelaku usaha agar mempengaruhi peningkatan penjualan dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Strategi yang dapat membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah dalam pemanfaatan digital marketing diantaranya adalah dengan melakukan sosialisasi dan pembekalan dalam penerapan konsep digital marketing dan bekerja sama dengan perangkat pemerintah desa untuk mengadakan kegiatan penyuluhan dan pemberdayaan pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah dalam hal pemasaran digital.
SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UMKM DI DESA NGRIMBI Yahya Cakra Sanjaya; Sinta Dewi; Fadillah Tyanto Bagaskoro; Avia Maharani Situmorang; Rafi Decca Bryanto; Clara Christinauli
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 3 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, Menengah atau yang disingkat UMKM merupakan usaha yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha. Adanya perkembangan pada UMKM yang sekarang telah menyebar luas di berbagai daerah membuat perubahan yang sangat cukup signifikan. Pada era industri 4.0 saat ini juga mempunyai pengaruh besar pada setiap pelaku UMKM dalam membantu penyebar luasan informasi dan promosi mengenai produk usahanya. Dibuatnya sistem promosi berbasis web ini bertujuan untuk memudahkan penyampaian informasi produk juga harga secara detail terhadap konsumen. Pendekatan yang digunakan dalam perancangan sistem informasi berbasis web untuk UMKM ini menggunakan pendekatan waterfall. Analisa yang dilakukan dalam mengumpulkan data menggunakan beberapa cara yaitu survey, wawancara, dan study literatur. Website dibentuk menggunakan instrumen perangkat keras (laptop) dan perangkat lunak (Visual Studio Code, HTML, Javascript, CSS, PHP, MYSQL, dan XAMPP). Hasil dari perancangan ini telah menghasilkan sebuah Website yang dapat digunakan oleh beberapa pelaku UMKM di Desa Ngrimbi sebagai media pemasaran. Website telah diuji dengan metode black box, sehingga telah dipastikan dapat bekerja sesuai dengan yang diperintahkan.

Page 1 of 4 | Total Record : 36