cover
Contact Name
Siti Aisyah
Contact Email
siti.aisy@gmail.com
Phone
+6287823177983
Journal Mail Official
edusentris_sps@upi.edu
Editorial Address
Pusat Pengembangan dan Publikasi Karya Ilmiah (P3KI) Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat - INDONESIA
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 23560703     EISSN : 24422592     DOI : DOI: https://doi.org/10.17509/edusentris
Core Subject : Education,
Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance the professional development for theoretical and practical purposes of scholars and other researchers who are interested in: educational and instructional issues; teaching; schooling; formal and non-formal education; higher and vocational education; educational policies; life-long education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "VOL 6, NO 2 (2019): JULI" : 5 Documents clear
TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGENAI POTENSI WILAYAH DI KARIMUN KEPULAUAN RIAU Indriani, Ramona; Maryani, Enok; Yani, Ahmad
Edusentris VOL 6, NO 2 (2019): JULI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.761 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v6i2.468

Abstract

Karimun merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Luas total sekitar 7.984 km² dan berbatasan dengan Singapura dan Malaysia. Meskipun hanya berupa pulau kecil, namun memiliki potensi-potensi wilayah yang beragam, meliputi potensi laut, hutan, pariwisata, dan pertambangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui tingkat pemahaman peserta didik mengenai potensi wilayah di Karimun Kepulauan Riau. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 300 orang peserta didik dari enam sekolah yang ada di Karimun. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, studi literatur dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman peserta didik mengenai potensi wilayah sebesar 70% berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, pemahaman peserta didik mengenai potensi wilayah sudah baik. 
PEMAHAMAN GURU GEOGRAFI TERHADAP KONSEP DAN PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DI SMA NEGERI PULAU BUTON Amniar Ati; Mamat Ruhimat; Ahmad Yani
Edusentris VOL 6, NO 2 (2019): JULI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.586 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v6i2.464

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kemampuan dalammenilai hasil belajar siswa. Berdasarkan kurikulum 2013, penilaian autentik merupakanpenilaian yang sangat tepat untuk menilai hasil belajar peserta didik. Tujuan utama dalampenelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pemahaman guru geografi terhadapkonsep dan pelaksanaan penilaian autentik di SMA Negeri Pulau Buton. Metode penelitianyang digunakan adalah metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secarakeseluruhan pemahaman guru geografi terhadap konsep penilaian autentik di SMA NegeriPulau Buton adalah sangat baik. Seluruh guru sudah melaksanakan penilaian autentik, namunpada proses pelaksanaannya masih ada guru geografi yang belum melaksanakan penilaianautentik secara sempurna. Pemahaman guru geografi yang baik terhadap konsep penilaianautentik tidak berdampak secara signifikan terhadap tingkat pelaksanaan penilaian autentikdalam proses pembelajaran.
SIKAP RESPONSIF GURU TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL Ghyna Amanda Putri; Vina Adriany; Euis Kurniati
Edusentris VOL 6, NO 2 (2019): JULI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.77 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v6i2.465

Abstract

Pendidikan multikultural dianggap sebagai salah satu cara untuk menangani pengaruh dari isu negatif keberagaman, terutama pada anak usia dini. Karena itu, sikap responsif guru tentu saja memiliki peran yang penting untuk menyelenggarakan pendidikan multikultural yang sesuai dengan keberagaman anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sikap responsif guru Taman Kanak-kanak (TK) terhadap pendidikan multikultural yang dilakukannya. Dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik wawancara, data dari tiga orang guru TK berlatar belakang sekolah berbeda dikumpulkan. Dari hasil tersebut, diketahui bahwa guru merespon keberagaman melalui nilai-nilai agama yang dipercayanya. Walau begitu, hal tersebut bertolak belakang dengan konsep pendidikan multikultural karena guru menganggap bahwa menyamakan identitas anak adalah hal yang baik. 
LOW ENGLISH PROFICIENCY STUDENTS’ ORAL INTERACTION WITH NATIVE SPEAKER THROUGH SKYPE Imelda Wahyuni Husein; Pupung Purnawarman
Edusentris VOL 6, NO 2 (2019): JULI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.815 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v6i2.466

Abstract

There are many students in Indonesia who are afraid of speaking in English. The lack of vocabulary, fluency, accuracy, and also exposure makes it difficult for students to be confident speaking English. This study aimed to investigate how low English proficiency students interact with a native speaker of English and what they feel following the conversation. This study used qualitative research involving four 10th grade students in one of vocational high schools in Bandung, Indonesia. The sample was taken purposively in order to get the uniqueness. Observations were conducted in this study to observe four low English proficiency students’ interaction with native speaker of English during 10 meetings. An interview was also conducted to find out what students feel when they have a conversation and whether they feel an improvement in their speaking skill. The data were collected based on observation and interview results. According to the observation findings, low English proficiency students experience an improvement in their speaking skill after interacting with a native speaker even if they faced difficulties. The interview results show that they are more confident in speaking English after having a conversation with a native speaker. Therefore, it is suggested that if it is necessary, the teachers make a collaboration or work together with native speakers in order to improve students’ speaking skill.
PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL BRAINWRITING BERBANTUAN MEDIA KOMIK Irawati Irawati; Dadang Anshori; Sumiyadi Sumiyadi
Edusentris VOL 6, NO 2 (2019): JULI
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v6i2.467

Abstract

Menulis cerita fantasi sulit dikuasai karena dalam menulis teks ini diperlukan kreativitas siswa dalam menceritakan alur cerita secara kreatif. Motivasi siswa perlu terus dikembangkan sehingga mereka terstimulasi untuk menghasilkan ide-ide kreatif saat menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas siswa dalam menulis cerita fantasi melalui penerapan model Brainwriting yang dibantu oleh media komik non-teks untuk. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tujuh dengan total 30 siswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran model brainwriting berbasis pengembangan kreatifitas berbantuan media komik telah dilaksanakan dengan baik oleh guru. Analisis kemampuan menulis cerita fantasi siswa secara umum mencapai kategori mampu, dengan capaian pada setiap aspek adalah sangat mampu pada aspek struktur dengan indeks penilaian 87,80. Pada aspek kebahasaan penguasaan menulis mencapai kategori mampu dengan indeks penilaian 74,30, dan pada aspek ciri umum berkategori mampu dengan rata-rata pencapaian 79,20. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model brainwriting berbantuan media komik dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam menulis cerita fantasi. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5