cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
+6282285580676
Journal Mail Official
mfauziddin@gmail.com
Editorial Address
Jalan Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Education Research
ISSN : -     EISSN : 27460738     DOI : https://doi.org/10.37985
Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia. It is intended to be the journal for publishing original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education. All submitted manuscripts will be initially reviewed by editors and are then evaluated by a minimum of two reviewers through the blind review process. This is to ensure the quality of the published manuscripts in the journal. Journal of Education Research is research and Community services related to education, include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management institution, development assessment, child development psychology, child empowerment, learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in education and various fields related education.
Articles 38 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2020): December 2020" : 38 Documents clear
Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru Alamsyah, Muhammad; Ahmad, Syarwani; Harris, Helmi
Journal of Education Research Vol. 1 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.923 KB) | DOI: 10.37985/joe.v1i3.19

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji: 1) pengaruh kualifikasi akademik terhadap profesionalisme guru; 2) pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru; dan 3) pengaruh kualifikasi akademik dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis dapat diambil kesimpulan: 1) kualifikasi akademik berpengaruh terhadap profesionalisme guru; 2) pengalaman mengajar berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru; 3) kualifikasi akademik dan pengalaman mengajar bersama–sama berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru.
Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru di SD Gugus 10 Kota Prabumulih Darusman, Darusman; Harapan, Edi; Tahrun, Tahrun
Journal of Education Research Vol. 1 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.906 KB) | DOI: 10.37985/joe.v1i3.20

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kontribusi variabel profesionalisme dan budaya organisasi di sekolah terhadap kinerja guru SD di Gugus 10 Kota Prabumulih. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan signifikan antara kompetensi professional dengan kinerja guru; 2) terdapat hubungan signifikan antara budaya organisasi di sekolah dengan kinerja guru SD di Gugus 10 Kota Prabumulih; 3) terdapat hubungan signifikan antara kompetensi profesional dan budaya organisasi dengan kinerja guru SD di Gugus 10 Kota Prabumulih
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Juniarti, Elvi; Ahyani, Nur; Ardiansyah, Arif
Journal of Education Research Vol. 1 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.16 KB) | DOI: 10.37985/joe.v1i3.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada atau tidak pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; 2) mengetahui ada atau tidak pengaruh disiplin guru terhadap kinerja guru; 3) mengetahui ada atau tidak pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin guru terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; 2) terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja guru; 3) terdapat pengaruh positif antara komitmen organisasi dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru
Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru Rosmawati, Rosmawati; Ahyani, Nur; Missriani, Missriani
Journal of Education Research Vol. 1 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.913 KB) | DOI: 10.37985/jer.v1i3.22

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh disiplin guru terhadap kinerja guru; 2) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh profesionalisme guru terhadap kinerja guru; 3) mengetahui dan mendeskripsikan disiplin guru dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) disiplin guru berpengaruh secara signikan terhadap kinerja guru; 2) profesionalisme guru berpengaruh terhadap kinerja guru; 3) disiplin guru dan profesionalisme guru berpengaruh bersama-sama terhadap kinerja guru
Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri se-Kecamatan Prabumulih Barat Marliya, Marliya; Fitria, Happy; Nurkhalis, Nurkhalis
Journal of Education Research Vol. 1 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.545 KB) | DOI: 10.37985/jer.v1i3.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh sarana dan prasarana terhadap kinerja guru; 2) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru; 3) mengetahui dan mendeskripsikan sarana prasarana dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) sarana prasarana berpengaruh secara signikan terhadap kinerja guru; 2) lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru; 3) sarana prasarana dan lingkungan kerja berpengaruh bersama-sama terhadap kinerja guru.
Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf dengan Media Kartu Huruf Usia 5-6 Tahun Paridah, Paridah; Joni, Joni; Ahmadi, Dedi
Journal of Education Research Vol. 1 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.318 KB) | DOI: 10.37985/jer.v1i3.24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan model penelitian 2 siklus. Subjek penelitian yaitu 15 aanak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal huruf di RA Habiby. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu berupa observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar obsevasi yang berbentuk cheklist. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun. Pelaksanaan penerapan media kartu huruf siklus 1 ke siklus 2 sebesar 53% MB, dan meningkat dari siklus I ke siklus 2 sebesar 33% MB dan 66,6% BSH. Langkah-langkah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemempuan mengenal huruf sebagai berikut: 1, Setiap kelompok memperoleh kartu huruf, 2. Guru memperkenalkan huruf vokal terlebih dahulu, 3, mengenalkan huruf konsonan, 4. Anak dibimbing untuk menyebutkan huruf kemudian disatuakan menjadi kata.
Pengaruh Budaya Sekolah dan Diklat terhadap Kinerja Guru Dahlan, Muhammad; Arafat, Yasir; Eddy, Syaiful
Journal of Education Research Vol. 1 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.143 KB) | DOI: 10.37985/jer.v1i3.25

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah dan Diklat terhadap kinerja guru sekolah dasar. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepda responden. Hasil angket dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda melalui uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan Sungai Lilin yang berjumlah 74 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian adalah 44 orang guru PNS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan budaya sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Sungai Lilin; 2) ada pengaruh yang signifikan diklat terhadap kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Sungai Lilin; 3) ada pengaruh yang signifikan budaya sekolah dan diklat secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Sungai Lilin.
Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Utamy, Rahmah; Ahmad, Syarwani; Eddy, Syaiful
Journal of Education Research Vol. 1 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.062 KB) | DOI: 10.37985/jer.v1i3.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menyajikan mengenai implementasi manajemen sumber daya manusia melalui indikator perencanaan, rekrutmen, seleksi, orientasi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, dan penilaian kinerja di SMK Negeri 1 Lais serta hambatan-hambatan dalam implementasi manajemen sumber daya manusia di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, maka diketahui bahwa implementasi manajemen sumber daya manusia di SMK Negeri 1 Lais telah terlaksana dengan baik, ditandai dengan adanya penyusunan perencanaan sumber daya manusia, perekrutan sumber daya manusia yang profesionalisme dan transparan, pelaksanaan seleksi sumber daya manusia yang cukup profesional, pelaksanaan orientasi dan penempatan kerja yang memperhatikan kebutuhan sekolah dan kompetensi guru/karyawan, pelaksanaan pelatihan dan pengembangan yang terencana, dan penilaian kinerja. Walaupun dari segi seleksi, orientasi dan penempatan belum terlaksana dengan baik. Faktor penghambat implementasi manajemen sumber daya manusia yaitu: kurangnya kesejahteraan guru dan pegawai honorer, kurangnya kejelasan karier, dan penjaminan mutu
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tenis Meja melalui Media Dinding Hendra, Jhony; Yustinar, Yustinar
Journal of Education Research Vol. 1 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.612 KB) | DOI: 10.37985/jer.v1i3.27

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak siswa yang belum mampu melakukan teknik dasar bermain tenis meja, selain itu banyak dari siswa yang belum tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai 70. Penerapan pembelajaran dengan media dinding dapat meningkatkan hasil pembelajaran tenis meja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar tenis meja melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan dan hasil belajar bermain tenis meja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistic deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tenis meja. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 41,94% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 87,10%..
Peranan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengatasi Konflik Guru Ernaliza, Ernaliza; Fitria, Happy; Fitiani, Yessi
Journal of Education Research Vol. 1 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.478 KB) | DOI: 10.37985/jer.v1i3.28

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini antara lain untuk: 1) mengetahui dan mendeskripsikan bentuk konflik guru; dan 2) mengetahui dan mendeskripsikan peranan manajerial kepala sekolah dalam mengatasi konflik guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian: 1) konflik yang terjadi ialah terjadinya kecemburuan sosial akibat kesenjangan antara guru aparatur sipil negara dengan guru honorer, adanya grup antar satu guru dengan guru lainnya, adanya ketidaksukaan dari beberapa guru apabila ada guru yang mendapat penghargaan atas keberhasilan yang dia peroleh dari kepala sekolah maupun dari dinas Dikbud; dan 2) peranan manajerial kepala sekolah dalam mengatasi konflik guru adalah dengan melakukan beberapa tindakan seperti: (a) berusaha netral dan objektif agar tidak terkesan memihak bila terjadi konflik antar guru; (b) selalu memberikan kesempatan berbicara dan berpendapat kepada semua guru; dan (c) selalu memotivasi guru agar fokus pada peningkatan kompetensinya dan pada tugas serta tanggung jawabnya di sekolah.

Page 1 of 4 | Total Record : 38