cover
Contact Name
Heppy Yohanes
Contact Email
heppyyohaneslim@gmail.com
Phone
+6287878968652
Journal Mail Official
info@pspindonesia.org
Editorial Address
Perum Puri Bengawan Indah Jl. Karandan Rt.007 Rw.005, Joyontakan, Serengan, Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia
ISSN : 2797717X     EISSN : 27977676     DOI : https://doi.org/10.54403/rjtpi
Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia merupakan wadah untuk memublikasi hasil penelitian ilmiah para dosen / peneliti pada bidang Teologi. Fokus dan Scope pada Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia adalah: Sejarah pada Teologi Kajian Teologi Pentakosta Tokoh gereja Liturgi Musik Gereja Misiologi Kepemimpinan Kristen Pastoral Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia is a forum for publishing the scientific of lecturers / researchers in the field of Theology. Focus and scope on Jurnal Pentakosta Indonesia are: History of Theology The Pentacostal Analysis Theology Church Figure Liturgy Church Music Missiology Christian Leadership Pastoral
Articles 51 Documents
Membaca Ulang Kisah Natal dari Bingkai Spiritualitas Pentakosta Kosma Manurung
Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia Vol 1, No 3 (2021): Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia
Publisher : Pusat Studi Pentakosta Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.302 KB) | DOI: 10.54403/rjtpi.v1i3.22

Abstract

Christmas is a celebration commemorating the birth of the Lord Jesus which in the Bible record is a story whose beginning was in God's plan long before the event itself occurred. By using a descriptive analysis approach and literature review, this research intends to offer a perspective on the Christmas story from the Pentecostal spirituality frame. This article contains several examples of the idea of Christmas in the Bible both in the Old Testament and reviews the first Christmas story in the New Testament and also the meaning of Christmas in the context of Pentecostal spirituality. It is concluded that Christmas is the fulfillment of God's promise, Christmas is about divine reconciliation, Christmas also talks about mission, and Christmas is God's means to restore the effects of sin. Natal adalah sebuah perayaan memperingati kelahiran Tuhan Yesus yang dalam catatan Alkitab merupakan sebuah kisah yang permulaannya sudah ada dalam rencana Allah jauh sebelum peristiwa itu sendiri terjadi. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis dan kajian literatur penelitian ini bermaksud menawarkan sebuah sudut pandang tentang kisah natal dari bingkai spritualitas Pentakosta. Artikel ini berisikan beberapa contoh ide natal dalam Alkitab baik di Perjanjian Lama maupun ulasan kisah natal pertama di Perjanjian Baru dan juga arti natal dalam bingkai spritulitas Pentakosta. Disimpulkan bahwa natal adalah pengenapan janji Allah, natal berintikan tentang rekonisiali ilahi, natal juga berbicara tentang misi, dan natal menjadi sarana Allah untuk memulihkan dampak dosa.
Review of Indonesia Revival: Focus on Timor John P. Lathrop
Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia Vol 1, No 1 (2021): Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia
Publisher : Pusat Studi Pentakosta Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.829 KB) | DOI: 10.54403/rjtpi.v1i1.7

Abstract

News of spiritual stirrings in the Christian church attract attention. Believers around the world are encouraged by such reports. These accounts hold out the hope that it can happen in other places and may prompt some to pray for just such a divine visitation. In the later part of the twentieth century Indonesia was the setting for one of these moves of God. A number of people have written about this revival, George W. Peters is one of them. In his book, Indonesia Revival Focus On Timor, he looks at the factors that he believes contributed to it as well as its strengths and weaknesses.Berita tentang gejolak rohani di gereja Kristen menarik perhatian. Orang-orang percaya di seluruh dunia didorong oleh laporan semacam itu. Kisah-kisah ini memberikan harapan bahwa hal itu dapat terjadi di tempat lain dan mungkin mendorong beberapa orang untuk berdoa untuk kunjungan ilahi seperti itu. Di bagian akhir abad kedua puluh, Indonesia adalah tempat untuk salah satu gerakan Tuhan ini. Sejumlah orang telah menulis tentang kebangkitan ini, George W. Peters adalah salah satunya. Dalam bukunya, Indonesia Revival Focus On Timor, ia melihat faktor-faktor yang menurutnya berkontribusi terhadapnya serta kekuatan dan kelemahannya.
Konsep Memuliakan Tuhan Berdasarkan Lukas 17:11-19 dan Signifikansinya Dalam Kehidupan Abad Modern Yonatan Alex Arifianto
Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia Vol 1, No 3 (2021): Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia
Publisher : Pusat Studi Pentakosta Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.876 KB) | DOI: 10.54403/rjtpi.v1i3.27

Abstract

In modern times the understanding of the phrase glorifying God has been reduced to only spiritual and church activities or actions. Excavation of the biblical text on the story of Luke 17:11-19 becomes the basis or pattern for compiling its implications for the lives of believers in this modern era. For believers, glorifying God is an attitude of the heart and deepest awareness of the existence of God as the only Supreme Being. The research hopes to provide a correct understanding of the phrase glorifying God according to the story in Luke 17:11-19 so that believers can apply it correctly in their daily lives. The method used is descriptive qualitative research through a literature study approach. The results of the research found that actions and attitudes are the fruit of a state of the soul that glorifies God. Some important points about it are: first, humility is the first step to glorify God. Second, there is an acknowledgment of the authority of the Lord Jesus and giving the highest respect. Third, glorifying God contains a high level of trust and obedience. Fourth, placing God as the only necessity of life. Fifth, glorifying God properly will be marked by the fruits of concrete life that can be felt directly by God and others. Sixth, believers who glorify God will be able to become living models for others. Seventh, being able to let go of the world and all the modern pleasures it offers to focus on living only for God.Pada masa modern ini pemahaman terhadap frasa memuliakan Tuhan mengalami reduksi hanya sebatas pada aktivitas atau tindakan rohani dan bergereja. Penggalian teks Alkitab pada kisah Lukas 17:11-19 menjadi dasar atau pola untuk menyusun implikasinya terhadap kehidupan umat percaya di era modern ini. Bagi umat percaya, memuliakan Tuhan  merupakan sikap hati dan kesadaran jiwa terdalam akan keberadaan Tuhan sebagai satu-satunya yang Maha Mulia. Penelitian ini memiliki harapan dapat memberikan pemahaman yang benar terhadap frasa memuliakan Tuhan sesuai kisah dalam Lukas 17:11-19 sehingga umat percaya dapat menerapkannya secara benar dalam keseharian hidup. Metode yang dipergunakan adalah riset kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kepustakaan. Hasil riset menemukan bahwa tindakan dan sikap adalah buah dari keadaan jiwa yang memuliakan Tuhan. Beberapa poin penting tentang hal itu yaitu: pertama, kerendahan hati menjadi langkah awal memuliakan Tuhan. Kedua, adanya pengakuan otoritas Tuhan Yesus dan memberikan penghormatan setinggi-tingginya. Ketiga, memuliakan Tuhan memuat sikap percaya tingkat tinggi dan ketaatan. Keempat, menempatkan Tuhan sebagai satu-satunya kebutuhan hidup. Kelima, memuliakan Tuhan secara benar akan ditandai dengan buah-buah kehidupan konkrit yang dapat dirasakan langsung oleh Tuhan dan sesama. Keenam, umat percaya yang memuliakan Tuhan akan mampu menjadi model yang hidup bagi sesama. Ketujuh, mampu melepaskan dunia beserta semua kenikmatan  modern yang ditawarkan di dalamnya untuk fokus hidup hanya bagi Tuhan.
Vista Siklus Apostasi dan Kuasa Doa dalam Kitab Hakim-hakim untuk Intensi Relevansional Fati Aro Zega
Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia Vol 1, No 2 (2021): Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia
Publisher : Pusat Studi Pentakosta Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.855 KB) | DOI: 10.54403/rjtpi.v1i2.18

Abstract

Abstrak: Gambaran kebejadan dan apostasi manusia itu terlihat dengan jelas di dalam Kitab Hakim-hakim. Kitab ini menjadi catatan sejarah dan metafora tentang tendensi di setiap zaman dan setiap generasi terhadap fenomena apostasi. Apostasi terjadi bukan karena tidak mengakui adanya Tuhan tetapi memercayai sesuatu selain Tuhan. Ternyata satu-satunya yang dipelajari dari sejarah adalah tidak mempelajari sejarah. Mengunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur didapatkan kesimpulan bahwa dosa kemurtadan membuat semua prestasi manusia sia-sia. Semua hasil kerja keras tidak dapat dinikmati. Dosa merampas apa pun yang diperoleh. Bahkan akan mendatangkan bencana kemanusiaan, sampai mereka bertobat. Tetapi, jika mereka sungguh-sungguh bertobat, mencari Tuhan, dan berdoa memohon belas kasihan-Nya, maka sesuai dengan wahyu di Kitab Hakim-hakim, Tuhan akan mendatangkan kelegaan, kesembuhan. Hakim yang definitf, Yesus Krustus, akan turun tangan mengatasi apa pun yang tidak bisa dilakukan manusia. Prinsip penting yang muncul dalam Kitab Hakim-hakim sebagai sebuah kebenaran alkitabiah, “dosa apostasi mengasilkan sengsara, doa dan pertobatan melahirkan kesejahteraan. Allah di tambah ketaatan akan mengasilkan kuasa, kasih karunia Tuhan lebih besar dari segala dosa. Abstract: The description of human depravity and apostasy can be seen clearly in the Book of Judges. This book is a historical record and a metaphor for the tendency in every age and every generation to the phenomenon of apostasy. Apostasy occurs not because of not acknowledging the existence of God but believing in something other than God. It turns out that the only thing to learn from history is not to study history. Using a descriptive qualitative method with a literature study approach, it is concluded that the sin of apostasy makes all human achievements in vain. All the results of hard work cannot be enjoyed. Sin takes whatever is gained. It will even bring disaster to humanity, until they repent. However, if they truly repent, seek God, and pray for His mercy, then according to the revelation in the Book of Judges, God will bring relief, healing. The definitive Judge, Jesus Christ, will intervene in anything that humans cannot do. An important principle that appears in the Book of Judges as a biblical truth, “the sin of apostasy produces suffering, prayer and repentance beget prosperity. God plus obedience will produce power, God's grace is greater than all sin.
Baptisan Roh Kudus dalam Teologi Pantekosta dan Implikasinya Bagi Hidup Orang Percaya Yakub Hendrawan Perangin Angin; Tri Astuti Yeniretnowati
Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia Vol 1, No 1 (2021): Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia
Publisher : Pusat Studi Pentakosta Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.529 KB) | DOI: 10.54403/rjtpi.v1i1.4

Abstract

The question of what it means to be baptized with the Holy Spirit and how it happens, has created many great dividing lines and even endless debates from the past until now among Christians. Also the debate regarding the time and way of being baptized in the Holy Spirit also often becomes a polemic at the time of repentance or after? To answer this problem, this research was carried out using a qualitative method with a library approach, namely by collecting information from various textbooks and journals, then the researchers analyzed the concept of baptism and the concept of the baptism of the Holy Spirit as a conceptual framework that can provide a theological frame for how the baptism of the Holy Spirit is carried out. in Pentecostal Theology and its implications for believers. The conclusion of this study is how the implications of the baptism of the Holy Spirit which are agreed upon and experienced by people who believe in the Lord Jesus Christ increasingly give power and a very strong commitment to service for believers in their devotion to God.Pertanyaan tentang arti dibaptis dengan Roh Kudus dan bagaimana hal itu terjadi, sudah banyak membuat garis pemisah besar bahkan perdebatan yang tiada ujung dari dulu sampai saat ini di kalangan umat kristiani. Juga perdebatan terkait waktu dan cara seseorang dibaptis Roh Kudus juga sering kali menjadi polemik saat bertobat atau setelahnya?. Untuk menjawab permasalah ini maka dilakukan tinjauan pustaka, yaitu dengan cara menganalisis tentang konsep baptisan dan konsep baptisan Roh Kudus sebagai sebuah kerangka konsep yang dapat memberikan bingkai teologis bagaimana baptisan Roh Kudus dalam Teologi Pentakosta dan implikasinya bagi orang percaya. Implikasi dari baptisan Roh Kudus yang diamini dan dialami orang percaya semakin memberi kuasa dan komitmen pelayanan yang sangat kuat bagi orang percaya dalam pengabdiannya kepada Allah.
Telaah Kekinian Kotbah Topikal dari Perspektif Aliran Pentakosta Rexi Tambunan; Sarah Andrianti
Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia Vol 1, No 3 (2021): Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia
Publisher : Pusat Studi Pentakosta Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.671 KB) | DOI: 10.54403/rjtpi.v1i3.23

Abstract

This study aims to explain the perspective of the Pentecostal church on topical preaching. Preaching is the delivery of God's message to the congregation through people who have been chosen by God. The research method used in this study is qualitative using a descriptive approach and literature review. Various types of preaching models are used by preachers. One of the most popular types of sermons is topical preaching. Because in the perspective of the Pentecostal church, it is known that there is no prohibition regarding the way someone delivers a sermon. The most important thing is to use the Bible as a basis for preaching. Based on the results of the discussion, the Pentecostal church interprets topical sermons as a way of delivering the content of the Bible that is relevant and contextual to the daily life of the congregation. Without reducing the essence and authority of God's word. Because God does not limit the way humans can preach or convey God's words. The preachers of the Pentecostal church believe that the Holy Spirit will guide the preacher to be able to prepare and deliver a sermon so that it is right on target.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perspektif gereja aliran Pentakosta terhadap khotbah topikal. Khotbah merupakan penyampaian pesan Allah kepada jemaat melalui orang-orang yang telah dipilih oleh Allah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan kajian literatur. Berbagai jenis model kotbah dipakai oleh para pengkotbah. Salah satu jenis kotbah yang banyak disukai adalah kotbah topikal. Karena dalam perspektif gereja beraliran pentakosta diketahui tidak ada larangan terkait cara seseorang dalam menyampaikan khotbah. Yang terpenting adalah harus menggunakan Alkitab sebagai landasan dalam berkhotbah. Berdasarkan hasil pembahasan, gereja aliran Pentakosta memaknai kotbah topikal sebagai salah satu cara penyampaian isi Alkitab yang relevan serta kontekstual dengan kehidupan jemaat sehari-hari.Tanpa mengurangi esensidan otoritas firman Allah.Karena Tuhan tidak membatasi cara manusia dalam berkhotbah atau menyampaikan firman Tuhan.Para pengkotbah gereja Pentakosta percaya bahwa Roh Kudus akan menuntun pengkotbah untuk dapat mempersiapkan dan menyampaikan kotbah sehingga tepat pada sasaran.
The Pentecostal Mind John P. Lathrop
Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia Vol 1, No 2 (2021): Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia
Publisher : Pusat Studi Pentakosta Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.455 KB) | DOI: 10.54403/rjtpi.v1i2.19

Abstract

Abstrak Apa yang menyebabkan orang-orang Pentakosta melakukan hal-hal yang mereka lakukan? Apa yang memotivasi mereka? Mengapa mereka melayani dengan cara yang mereka lakukan? Ini semua adalah pertanyaan bagus yang pantas mendapatkan jawaban. Untungnya, Alkitab memberi kita beberapa wawasan tentang hal-hal ini. Salah satu faktor kunci yang mempengaruhi praktik Pentakosta adalah pola pikir Pentakosta. Artikel ini akan berfokus terutama pada satu bagian Alkitab yang akan membantu pembaca dalam memahami pikiran Pentakosta. Kita akan melihat pengalaman orang Kristen abad pertama di kota Yerusalem dalam Kisah Para Rasul 4:23-31. Abstract What causes Pentecostals to do the things they do? What motivates them? Why do they minister in the ways that they do? These are all good questions that deserve answers. Fortunately, the Bible supplies us with some insight into these matters. One of the key factors that impacts Pentecostal practice is the Pentecostal mindset. This article will focus primarily on one biblical passage that will help the reader in understanding the Pentecostal mind. We will be looking at the experience of the first-century Christians in the city of Jerusalem in Acts 4:23-31.
Christ Is Our Message John Henry King
Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia Vol 1, No 2 (2021): Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia
Publisher : Pusat Studi Pentakosta Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.812 KB) | DOI: 10.54403/rjtpi.v1i2.13

Abstract

Abstrak Seperti yang dikatakan oleh Pendeta David Platt, Pendeta Utama di Gereja Alkitab McLean di Washington, D.C., dengan tepat menyatakannya, “Injil adalah sumber kehidupan Kekristenan.” Di sinilah letak motif Kristen;” menyatakan Dewan Misionaris 1928, “sederhana. Kita tidak bisa hidup tanpa Kristus dan kita tidak tahan memikirkan manusia yang hidup tanpa Dia.” Bagi Dr. Platt tantangannya adalah “bagaimana menghidupi Injil itu dalam kehidupan kita, keluarga, dan gereja di zaman kebingungan seksual, aborsi legal, materialisme yang merajalela, rasisme yang kejam, meningkatnya krisis pengungsi, berkurangnya kebebasan beragama, dan sejumlah masalah sosial penting lainnya.” Dalam karyanya “From Christendom to Apostolic Mission” Uskup Kagan, Uskup Bismarck, North Dakota, melihat perlunya Gereja sekali lagi mengenakan jubah misionaris karena kita tidak lagi hidup dalam budaya kristen. Stanley Hauerwas, seorang teolog, ahli etika Amerika, dalam karyanya, "The Christian Difference, or Surviving Postmodernism," menyebut karya kita "perjuangan hidup dan mati dengan dunia." …menambahkan: “Saya pikir adalah kesalahan serius untuk tidak menganggap serius postmodernisme.” Hauerwas melihat orang-orang percaya sebagai “komunitas di pengasingan.” (Postmodernisme adalah intelektualisme yang melelahkan dunia yang tidak lagi memandang kehidupan dalam kerangka prinsip-prinsip absolut atau universal. Mereka melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa semua pemikiran sama-sama relevan (bahwa tidak ada batasan, tidak ada aturan, tidak ada hierarki, tidak ada realitas objektif). dan semua fakta hanyalah 'konstruksi sosial.') Seperti yang ditulis Dr. Platt, “Sebagai pengikut Kristus, kita membodohi diri sendiri jika kita tidak menghadapi kenyataan bahwa kepercayaan dan ketaatan kepada Alkitab di zaman anti-Kristen pasti akan membawa risiko dalam keluarga, masa depan, hubungan seseorang. , reputasi, karier, dan kenyamanan di dunia ini.” Dunia menaruh kepercayaan mereka pada kemajuan evolusioner bukan pada Tuhan. Menurut Kejadian 1 Tuhan adalah Pencipta kita yang pertama. Kreasionisme tidak memiliki kesamaan dengan teori evolusi. Teori evolusi menunjukkan bahwa kita sedang menuju dunia utopis di mana "survival of the fittest" adalah proses alami meninggalkan yang terbaik dari yang terbaik, bukan pemeliharaan ilahi yang merencanakan untuk mengakhiri dosa dan korupsi. Pemikiran postmodern dan teori evolusi menentang apa yang dimaksud dengan eskatologi Kristen. Allah sebagai Pencipta kita menciptakan kita, untuk kemuliaan-Nya. Jika ini tidak benar, Roma 3:23 akan menjadi omong kosong, karena kita tidak dapat mengabaikan hubungan yang menurut postmodernisme materialistis tidak ada. Dosa dan penghakiman Tuhan sekarang diejek oleh doktrin bahwa pengetahuan, kebenaran, dan moralitas hanya ada dalam kaitannya dengan budaya. Susunan Kristen telah digantikan dengan realitas materialistis. Kami, dalam kebenaran sederhana, misionaris untuk perubahan budaya. Apologet Kristen J. F. Baldwin mengakui pentingnya kehidupan yang heroik dan dipenuhi Roh, sebagai argumen paling kuat yang memberi isyarat kepada orang-orang yang tidak percaya kepada iman. “Manusia modern lebih bersedia mendengarkan saksi daripada guru,” Paus Paulus Keenam mengamati. Kita sekarang, sebagai Peter, harus menyelesaikan masalah ini di dalam hati kita. Upaya untuk membungkam kita harus gagal. Ketika sampai pada pesan Injil tentang Salib, “Kita harus lebih taat kepada Allah daripada kepada manusia” (Kisah Para Rasul 5:29) Abstract As Pastor David Platt, Lead Pastor at McLean Bible Church in Washington, D.C., so aptly states it, “The Gospel is the lifeblood of Christianity.” Herein lies the Christian motive;” states the 1928 Missionary Council, “it is simple. We cannot live without Christ and we cannot bear to think of men living without Him.” To Dr. Platt the challenge is “how to live out that gospel in our lives, families, and churches in an age of sexual confusion, legal abortion, rampant materialism, violent racism, escalating refugee crises, diminishing religious liberties, and a number of other significant social issues.” In his work “From Christendom to Apostolic Mission” Bishop Kagan, the Bishop of Bismarck, North Dakota, sees the necessity for the Church to once again don the mantle of the missionary since we are no longer living in a christian culture. Stanley Hauerwas, an American theologian, ethicist, in his work, “The Christian Difference, or Surviving Postmodernism,” called ours ”a life and death struggle with the world.” …adding: “I think it is a serious mistake not to take postmodernism seriously.” Hauerwas saw believers as “a community-in-exile.” (Postmodernism is a world-weary intellectualism that no longer views life in terms of absolutes or universal principles. They go so far as to say that all thought is equally relevant (that there are no boundaries, no rules, no hierarchies, no objective reality and all facts are just ‘social constructs.’) As Dr. Platt writes, “As followers of Christ, we are fooling ourselves if we don’t face the reality that belief in and obedience to the Bible in an anti-Christian age will inevitably lead to risk in one’s family, future, relationships, reputation, career, and comfort in this world.” The world puts their faith in an evolutionary progress not in God. According to Genesis 1 God is first our Creator. Creationism has nothing in common with evolutionary theory. Evolutionary theory suggests we are heading toward a utopian world where “survival of the fittest” is a natural process leaving the best of the best instead of a divine providence that plans an end to sin and corruption. Postmodern thought and evolutionary theory counters what Christian eschatology is all about. God as our Creator made us, for His glory. If this were untrue, Romans 3:23 would be nonsense, since we cannot fall short of a relationship that a materialistic postmodernism says doesn’t exist. Sin and God’s judgment is now mocked by the doctrine that knowledge, truth, and morality only exist in relation to culture. Christendom has been replaced with a materialistic reality. We are, in simple truth, missionaries to cultural change. Christian apologist J. F. Baldwin recognizes the importance of heroic, Spirit-filled living, as the most powerful argument beckoning nonbelievers to the faith. “Modern man listens more willingly to witnesses than to teachers,” Pope Paul the Sixth observed. We now, as Peter, must settle the matter in our hearts. The effort to silence us must fail. When it comes to the Gospel message of the Cross, “ We must obey God rather than people” (Acts 5:29)
Perayaan Israel Bagi Ekklesia Heppy Yohanes
Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia Vol 1, No 1 (2021): Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia
Publisher : Pusat Studi Pentakosta Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.114 KB) | DOI: 10.54403/rjtpi.v1i1.12

Abstract

God as the Initiator of culture in Israel put celebration to be celebrated by them. The celebration is Passover celebration, unleavened bread, firstfruits, Pentecost, trumpet, atonement, and booths as written in Leviticus 23. In order to understand God's purpose in each of these feasts, one must have the same way of thinking as the Israelites. One form is to celebrate the feasts. But there are groups within Christianity who refuse to celebrate it on the grounds of Paul's direction in Colossians 2:16. Through descriptive qualitative method with a literature study approach, it can be concluded that the current condition of the church only celebrates Passover and Pentecost of the seven Israelite feasts. There are groups who thought that not all the Words are things that the church must do, especially in Leviticus 23. Celebrations based on the Hebrew language mean entering an appointed cycle and time, thus explaining that the church should follow this celebration in order to align with God's cycle and experience God's appointed time. Each of Israel feasts has great significance and is an image that can help believers experience spiritual growth. Church history proves that Israel's celebrations were no longer celebrated not by the decree of the apostles, but as a result of the shift in Constantine's reign in Rome. So, the Israelite Festival should be celebrated and taught its meaning by the church.Tuhan sebagai Penggagas kebudayaan di Israel menaruh perayaan yang harus dirayakan oleh mereka. Perayaan tersebut adalah Paskah, roti tak beragi, buah sulung, pentakosta, terompet, pendamaian, dan pondok daun seperti yang tertulis pada kitab Imamat 23. Agar bisa mengerti maksud Tuhan pada setiap perayaan tersebut pastinya harus memiliki cara berpikir yang sama dengan orang Israel. Salah satu bentuknya adalah merayakan perayaan tersebut. Namun ada kelompok didalam kekristenan yang menolak untuk merayakannya dengan alasan atas arahan Paulus pada Kolose 2:16. Melalui metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi literatur dapat disimpulkan bahwa dapat kondisi gereja saat ini hanya merayakan paskah dan pentakosta dari tujuh perayaan Israel. Adanya kelompok yang beranggapan bahwa tidak semua Firman merupakan hal yang wajib gereja lakukan, khsususnya pada Imamat 23 ini. Perayaan berdasarkan Bahasa Ibrani berarti memasuki siklus dan waktu yang ditetapkan, sehingga menerangkan bahwa gereja seharusnya mengikuti perayaan ini untuk bisa selaras dengan siklus Tuhan dan mengalami waktu yang Tuhan tetapkan. Setiap perayaan Israel memiliki makna yang sangat penting dan merupakan gambaran yang dapat membantu orang percaya untuk mengalami pertumbuhan rohani. Sejarah gereja membuktikan bahwa perayaan Israel tidak dirayakan lagi bukan oleh keputusan rasul-rasul, melainkan diakibatkan pergeseran saat kekuasaan Konstantin di Romawi. Jadi seharusnya Perayaan Israel dirayakan dan diajarkan maknanya oleh gereja.
Membaca Pemikiran Ulrich Zwingli Tentang Reformasi Gereja (Sebuah Penelusuran Sejarah Gereja Hingga Sekarang ini) Hery Budi Yosef
Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia Vol 1, No 3 (2021): Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia
Publisher : Pusat Studi Pentakosta Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.304 KB) | DOI: 10.54403/rjtpi.v1i3.24

Abstract

This journal examines the historical description of Ulrich Zwingli's thoughts on church reform, especially after Martin Luther. And the results of the research provide new thinking that was left behind towards the reforms at that time. Though doctrinal thought began to move away from the papal hierarchy, but there are still things that were maintained by the reformers, and until now in the modern era it seems to be running (held), namely the practice of infant baptism, and the concept of the relationship between church and state. It's just that the results of this research are not more there, because the focus is solely on searching. There are many other sources that review Zwingli's actions in his involvement in removing other groups of believers (read: Anabaptists) from the church decisions that he fought for after the reformation. Because the concrete evidence has not shown the accuracy of the event, the author only focuses on his thoughts, specifically confronting his thoughts with the previous proclaimer of reform, namely Martin Luther. In this study, the background of the character, Zwingli's movement in Switzerland in an effort to reform the church will also be described successively as an extension of the previous important figures. In another section, Zwingli's thoughts which are the reasons for the reform of the church will be presented, Zwingli is slightly different from his predecessors in post-reform theology from Luther's. This journal uses a descriptive-historical qualitative approach, it is said that because the author examines it by tracing the sources contained in the literature regarding the characters studied, and linking them to the church today. Of course there will be limitations in the study, that's why the author hopes that there will be further research on this church figure, especially in other studiesJurnal ini mengkaji uraian historis terhadap pemikiran Ulrich Zwingli mengenai reformasi gereja khususnya setelah Martin Luther.  Banyak sumber yang mengulas tentang sepak terjang Zwingli dalam keterlibatannya menyingkirkan kelompok orang percaya lainnya (baca: Anabaptis) dari ketetapan gereja yang diperjuangkannya pasca reformasi.  Oleh sebab bukti-bukti konkrit belum menunjukkan keakuratan terhadap pristiwa tersebut, penulis hanya menyoroti pemikiran-pemikirannya, secara khusus mengkonfrontasikan pemikirannya dengan proklamator reformasi sebelumnya, yakni Martin Luther.  Dalam kajian ini juga akan dipaparkan secara berturut-turut tentang latar belakang tokoh, pergerakan Zwingli di Swiss dalam upaya pembaharuan gereja sebagai perluasan dari tokoh-tokoh penting sebelumnya.  Di bagian lain pemikiran-pemikiran Zwingli yang menjadi alasan reformasi gereja akan dipaparkan, Zwingli sedikit berbeda dengan pendahulunya dalam berteologi asca reformasi.  Jurnal ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritif – historis, dikatakan demikian karena penulis mengkaji dengan menelusuri sumber-sumber yang terdapat di literartur mengenai tokoh yang diteliti, dan mengkaitkan kepada gereja di masa kini.  Tentunya aka nada keterbatasan dalam pengkajiannya, itu sebabnya penulis berharap aka nada penelitian lanjut terhadap tokoh gereja ini, khususnya dalam kajian yang lain.