cover
Contact Name
Achmad Kautsar
Contact Email
achmadkautsar@unesa.ac.id
Phone
+6285645492261
Journal Mail Official
jurnalabimanyu@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung G2 Lt.1, Unesa Kampus Ketintang, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Abimanyu: Journal of Community Engagement
ISSN : 27214095     EISSN : 27214095     DOI : -
The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Abimanyu particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Student Community Services; Economics science; Technology; Art and Humanities; Education for Sustainable Development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): Agustus 2021" : 8 Documents clear
Edukasi Dan Pembuatan Jamu Instan Berbasis Home Industry Bagi Masyarakat Yang Terkena Dampak Ekonomi Dalam Masa Pendemik Maure Gitta Miranti Syahrudin; Lucia Tri Pangesthi; Dwi Kristiastuti; Dewi Lutfiati; Rahayu Dewi; Amalia Ruhana
Abimanyu : Jornal of Community Engagement Vol 2 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1757.184 KB) | DOI: 10.26740/abi.v2i2.12158

Abstract

Pemberlakuan sosial distancing sangat berdampak pada laju usaha kecil dan menengah, yaitu menurunnya pendapatan secara drastis karena mereka tidak dapat berjualan dengan menjajakan dagangannya. Kondisi tersebut masih berlangsung pada saat masa pandemi. Beberapa masyarakat yang terdampak kehilangan mata pencahariannya adalah penjual jamu gerobak/sepeda yang biasa menjual dagangannya dengan berkeliling dan mangkal disuatu tempat. Tujuan PKM ini 1) mengedukasi masyarakat dalam  pengembangan produk jamu, pengemasan, pemasaran berbasis online, dan pentingnya penerapan sanitasi higiene, dan 2) memberikan pelatihan pembuatan jamu instan dengan menerapkan sanitasi higiene. Metode yang digunakan adalah pemberian materi dan pelatihan. Peserta pelatihan adalah kelompok penjual jamu di Sidoarjo sebanyak 5 orang. Hasil dari kegiatan ini adalah 1) edukasi dapat meningkatkan pengetahuan mengenai pengolahan jamu instan, dengan rata-rata 7,8 yang artinya baik; dan 2) Pelatihan pembuatan jamu instan dinyatakan berhasil mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu keterampilan dalam pembuatan jamu dengan nilai rata-rata 3,87 yang artinya termasuk kedalam kategori baik. Konsumsi jamu meningkat selama masa pandemi karena memiliki khasiat kesehatan, hal ini menjadi peluang usaha yang baik bagi penjual jamu keliling untuk membuat jamu instan. Implikasi dari kegiatan ini adalah edukasi dan pelatihan pembuatan jamu instan memiliki potensi untuk meningkatkan income generating keluarga.Kata kunci: jamu instan, edukasi, masa pandemi, home industry.
Pendampingan Pengembangan Kemasan Abon Ayam Umkm Dan Penyaluran Abon Ayam Beserta Makanan Pokok Dalam Rangka Mengurangi Dampak Ekonomi Masyarakat Pada Masa Pandemi Dewi Prastiwi; Leny Yuanita; Lucky Rachmawati; Merlyana Dwinda Yanthi
Abimanyu : Jornal of Community Engagement Vol 2 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.162 KB) | DOI: 10.26740/abi.v2i2.12192

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor, khususnya para pekerja di sektor informal. Pembatasan kegiatan sosial dan ekonomi berdampak terhadap banyak tenaga kerja yang kehilanganpekerjaan di kabupaten/kota se-Jawa Timur. Kondisi ini akan menurunkan tingkat kesejahteraan sertameningkatkan angka kemiskinan di wilayah Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, untuk mengurangidampak pandemi Covid-19 pada para pekerja sektor informal serta pemberdayaan UMKM, maka padakegiatan ini Tim PKM melaksanakan kegiatan pendampingan pengembangan kemasan abon ayam danpenyaluran abon ayam beserta makanan pokok dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar makananmasyarakat terdampak Covid-19. Pendampingan pengembangan kemasan abon ayam dilaksanakanpada UMKM Abon Barokah. Hasil pelaksanaan PKM ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuanUMKM Abon Barokah untuk menambah minat daya beli masyarakat, dapat memasarkan dan menjualproduknya dengan lebih baik lagi, sehingga mampu bertahan di masa pandemi. Penyaluran abonayam beserta makanan pokok diharapkan menjadi sarana promosi bagi produk abon ayam UMKMAbon Barokah dan mampu mengurangi dampak pembatasan kegiatan sosial dan ekonomi bagimasyarakat di wilayah kabupaten/kota se-Jawa Timur.
Masker Kain sebagai Upaya Mengatasi Penyebaran COVID-19 dan Perekonomian UMKM di Sidoarjo Sapto Wibowo; Oce Wiriawan; Hamdani Hamdani; Arifah Kaharina; Hijrin Fithroni
Abimanyu : Jornal of Community Engagement Vol 2 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.527 KB) | DOI: 10.26740/abi.v2i2.12221

Abstract

œCOVID-19 stands for œCorona Virus Disease-19 is a virus that first occurred in Wuhan, China, on December 31, 2019 (WHO: 2020). With the COVID-19 pandemic which is spreading increasingly everyday, the government issued a regulations to always stay at home, e.g work and study from home, keeping distance, and finally lockdown (PSBB).The problem was arised when the regulation threatens the economic sector of the society, e.g. UMKM. The people's purchasing power decreases. Even though the operational costs, wages of workers etc. must be fulfilled by the UMKM actors so they can meet their needs, including the partner of UMKM UD. Art Collection Sidoarjo.This Community Service Program (PKM) aims to increase awareness in efforts to accelerate the handling of COVID-19 and the economy, especially UMKM in Sidoarjo Regency by distributing fabric masks. The UMKM UD. Art Collection  Initially was a business that engaged in bag craftsmen, but it changed to making fabric masks. And the use of fabric masks is indispensable as an effort to prevent the infection of COVID-19 and to stop the spreading of the virus. Sidoarjo is a fabric mask delivery target, which is in the red zone category. fabric mask will be given directly through the Unesa Crisis Center (UCC) and people in need.Keywords: fabric masks, Covid-19, UMKM œCOVID-19 merupakan singkatan œCorona Virus Disease-19 adalah virus yang pertama kali ada di Kota Wuhan, Cina, pada 31 Desember 2019 (WHO : 2020). Dengan adanya pandemi COVID-19 yang semakin hari semakin menyebar, maka pemerintah mengeluarkan aturan untuk selalu berada di rumah, bekerja dan belajar dari rumah, menjaga jarak, dan terakhir Pembatasan Sosial Berksala Besar (PSBB).Permasalahan muncul ketika aturan itu berlaku demi memutus rantai sebaran COVID-19 mengancam pada sektor perekonomian masyarakat diantaranya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yaitu daya beli masyarakat semakin berkurang. Padahal biaya operasional, upah pekerja dll harus terpenuhi oleh pelaku UMKM supaya bisa mencukupi kebutuhannya, termasuk mitra UMKM UD. Art Collection Sidoarjo yang terdampak. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dalam usaha percepatan penanganan COVID-19 dan perekonomian terutama UMKM di Kabupaten Sidoarjo dengan pendistribusian masker kain. Mitra UMKM UD. Art Collection semula adalah usaha yang bergerak di bidang pengrajin tas, dirubah menjadi pembuatan masker kain. Dan pemakaian masker kain sangat diperlukan sebagai wujud upaya mencegah penularan COVID-19 dan memutus penyebaran virus semakin bertambah lagi. Target pemberian masker kain yaitu Kabupaten Sidoarjo yang termasuk kategori zona merah. Masker kain akan diberikan secara langsung melalui Unesa Crisis Center (UCC) dan masyarakat yang membutuhkan.Kata Kunci: masker kain, COVID-19, UMKM
Pengabdian Kepada Masyarakat Penggunaan Media Screencast-O-Matic bagi Guru Bimbingan Konseling guna Peningkatan Layanan BK pada Siswa SMK Sri Panca Setyawati; Vivi Ratnawati; Atrup Atrup
Abimanyu : Jornal of Community Engagement Vol 2 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.333 KB) | DOI: 10.26740/abi.v2i2.13100

Abstract

Tokoh sentral dalam layanan Bimbingan dan Konseling adalah guru Bimbingan dan Konseling atau konselor yang dituntut untuk terampil secara kreatif dan efektif dalam memberikan layanan. Secara faktual masih sangat banyak guru Bimbingan dan Konseling yang belum terampil dan bahkan belum maksimal dalam menggunakan media Bimbingan dan Konseling berbasis komputer atau internet. Oleh karena itu, sangat penting adanya upaya pengembangan media layanan Bimbingan dan Konseling, salah satunya adalah pengembangan dan penggunaan media BK dengan aplikasi Screencast-O-Matic guna meningkatkan layanan Bimbingan dan Konseling bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.  Metode yang diterapkan adalah metode ceramah, tanya jawab, dan praktek langsung, serta evaluasi. Adapun hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bahwa penggunaan media Screencast-O-Matic menjadi salah satu alternatif yang mudah dan dapat dipilih guru BK untuk menyajikan materi berbasis multimedia dalam memberikan layanan pada siswa SMK. Penggunaan media ini memudahkan dalam memperjelas penyampaian pesan atau informasi agar tidak verbalistis, dan efektif dalam mengatasi keterbatasan ruang dan waktu. Harapan selanjutnya, kegiatan pengabdian ini dapat dilaksanakan kembali dikemudian hari, dikarenakan selama ini baru pertama kali dilaksanakan kegiatan tersebut.
IbM Strategi Pembuatan Alat Permainan Edukatif Kearifan Lokal Berbasis Teknologi Informasi Bagi Pendidik Anak Usia Dini Hanggara Budi Utomo; Veny Iswantiningtyas; Itot Bian Raharjo; David Rindu Kurniawan
Abimanyu : Jornal of Community Engagement Vol 2 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.02 KB) | DOI: 10.26740/abi.v2i2.14022

Abstract

Tujuan dari program Iptek bagi Masyarakat (IbM) ini adalah agar pendidik dan calon pendidik anak usia dini dapat mengembangkan kreativitas dalam merancang dan membuat alat permainan edukatif berbasis kearifan lokal, serta dapat menggunakan teknologi informasi sebagai sarana untuk mengembangkan secara digital tahapan membuat dan merancang alat permainan edukatif. Target yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah membentuk team work yang cukup memahami pengetahuan dalam membuat dan merancang alat permainan edukatif kearifan lokal. Metode penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi, serta evaluasi yang dikemas secara sikron dan asinkronus.  Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara keseluruhan sangat baik. Rancangan pembuatan alat permainan edukatif berbasis kearifan lokal dapat direkomendasikan dan dimplementasikan di taman kanak-kanak sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan kearifan lokal. Implikasi dari kegiatan pengabdian ini adalah pendidik harus mampu mendukung pembelajaran muatan lokal dengan mengenalkan kearifan lokal daerah dengan perpaduan dengan teknologi informasi
Pelatihan Penggunaan Software jBatik kepada Guru-guru MGMP Seni Budaya SMP Kabupaten Tulungagung Dimas Avian Maulana; Yusuf Fuad; Yuliani Puji Astuti
Abimanyu : Jornal of Community Engagement Vol 2 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.359 KB) | DOI: 10.26740/abi.v2i2.14183

Abstract

Salah satu peninggalan budaya Indonesia yang menjadi primadona di seluruh dunia adalah batik. Batik adalah salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity sejak tanggal 9 Oktober 2009. Seiring dengan perkembangan zaman, penciptaan batik tidak hanya melalui Teknik-teknik tradisional seperti teknik canting tulis, teknik tenun ikat, teknik cap, dan teknik colet saja.  Dari survei awal kepada peserta, pengetahuan guru-guru Seni Budaya di Kabupaten Tulungagung mengenai penggunaan teknologi dalam membatik. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta mengenai batik fraktal secara khusus dan penggunaan software jBatik. Setelah dilakukan pelatihan, terdapat kenaikan yang signifikan dalam pengetahuan tentang batik fraktal dan penggunaan software jBatik yaitu 91% dan 82%.
Photo Product dan Content Marketing Instagram dalam Pemasaran Online Marketing INTAKO Tias Andarini Indarwati
Abimanyu : Jornal of Community Engagement Vol 2 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.109 KB) | DOI: 10.26740/abi.v2i2.14443

Abstract

Koperasi INTAKO yang berdiri sejak 1976 memproduksi tas dan koper yang memiliki konsumen dalam negeri maupun luar negeri memiliki potensi besar dalam dalam bidang ekonomi. Kondisi bencana lumpur Lapindo di tahun 2006 telah menjadikan penurunan penjualan mencapai 80%. Kondisi Pandemic saat ini lebih memprihatinkan bagi koperasi INTAKO dilihat dari omset penjualannya. Koperasi INTAKO telah berupaya menggunakan social media Instagram akan tetapi belum dimanfaatkan sepenuhnya tampak pada tidak terupdate-nya informasi yang ada. Pandemic seperti ini pemasaran online adalah hal yang tidak dapat dihindari. Tujuan kegiatan ini adalah memaksimalkan photo produk dan content marketing dari Instagram dalam rangka meningkatkan pemasaran Koperasi INTAKO. Metode yang kami gunakan adalah workshop sehingga karyawan INTAKO dapat melanjutkan kegiatan tersebut kedepannya. Hasil dari kegiatan ini bahwa terdapat perubahan tampilan Instagram yang berbeda secara photo produk nya dan content marketing sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi calon konsumen.
Sosialisasi dan Edukasi Literasi Keuangan pada Masyarakat Penerima Dana Bantuan Sosial Langsung Tunai (BST) dalam Penangan Dampak Covid-19 Rizki Febri Eka Pradani; Ahmad Zainuri; Harun Ar Rosid; Muhammad Roihan; Ahmad Khoirul Anam
Abimanyu : Jornal of Community Engagement Vol 2 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.395 KB) | DOI: 10.26740/abi.v2i2.14453

Abstract

 Covid merupakan virus yang sangat cepat penularannya. Penyelesaian Virus Corona di Indonesia berupa kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah salah satunya kebijakan lockdown dan PSBB di daerah-daerah seluruh Indonesia. Hal ini menyebabkan pembatasan kegiatan masyarakat di segala bidang terutama pada perekonomian masyarakat. Untuk meringankan beban masyarakat selama pandemi Covid-19 pemerintah memberikan dana bantuan diantaranya Bantuan Sosal Langsung Tunai (BST) yang bertujuan membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tujuan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memberikan eduksi mengenai pengelolaan uang secara baik sehingga kebutuhan hidup terpenuhi secara baik pula ketika pandemi Covi-19.  Metode yang digunakan yaitu sosialisasi, metode ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam menyelamatkan masyarakat ketika pandemi Covid-19 masih belum teratasi.  Program edukasi dan sosialisasi yang diberikan, diharapkan mampu mengurangi perilaku konsumtif pada  masyarakat hususnya masyarakat penerima BST di Desa Widoropayung,  serta kemampuan dalam mengelola keuangan dengan baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8