cover
Contact Name
Wahyu Dwi Kurniawan
Contact Email
wahyukurniawan@unesa.ac.id
Phone
+6285732007088
Journal Mail Official
jvte@unesa.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya Gedung E1 Fakultas Teknik Kampus Unesa Ketintang Surabaya Kode Pos 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE)
ISSN : 22262555     EISSN : 26565587     DOI : -
JVTE focuses on topics related to learning, evaluation, curriculum, management and policy on technology and vocational education including electrical engineering education, mechanical engineering education, civil engineering education, automotive engineering education, informatics engineering education, cosmetology education, fashion education, culinary education, cosmetology education, and the development of other vocational education.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020): September" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PNEUMATIK & HIDRAULIK BERBASIS MASALAH YANG BERORIENTASI KETERAMPILAN SIAP KERJA Saiful Anwar; Soeryanto Soeryanto; Djoko Suwito; Agung Prijo Budijono
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 2 No. 2 (2020): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.108 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v2n2.p18-28

Abstract

ABSTRAKPerkembangan teknologi peralatan berbagai proses produksi di dunia industri mengalami kemajuan yang pesat, terutama mesin-mesin maupun peralatan-peralatan yang menggunakan teknologi pneumatik dan hidraulik. Hal ini akan memberikan konsekuensi, bahwa tenaga kerja yang mengoperasikan (operator)  dan memelihara (maintenance)  peralatan di industri harus kompeten dan memahami secara detail tentang mesin dan peralatan yang digunakan agar produksi berjalan optimal dan kesalahan (error) dapat diminimalkan. Untuk menjawab tantangan seperti ini, maka dibutuhkan tenaga kerja yang mempunyai pemahaman dan ketrampilan (kompetensi) dalam mengoperasikan serta merawat berbagai mesin yang bekerja berdasarkan sistem pneumatik maupun hidraulik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu tersusunnya perangkat pembelajaran Pneumatik dan Hidraulik berbasis masalah berupa modul ajar dan trainer kit yang berorientasi ketrampilan siap kerja. Dalam praktik pembelajaran nantinya mahasiswa diberikan modul yang didukung dengan trainer. Selanjutnya berdasarkan petunjuk pelaksana di lembar kerja mahasiswa melakukan kegiatan menggambar rangkaian sistem penumatik dan hidraulik dengan software FluidSIM-P3 kemudian dipraktikan pada papan trainer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (desseminate). Pada penelitian tahun pertama ini diperoleh perangkat pembelajaran pneumatik dan hidraulik berbasis masalah yang berorientasi keterampilan siap kerja berupa modul dan trainer pneumatik yang sudah di validasi dan diujicoba secara terbatas di Jurusan Teknik Mesin FT UNESA. Berdasarkan hasil validasi, modul yang dikembangkan termasuk kategori baik (3,21). Berdasarkan hasil uji coba secara terbatas didapatkan rata-rata hasil tes belajar produk (kognitif), ketuntasan klasikal mengalami peningkatan dari 5,56% menjadi 100%. Selain itu, rata-rata hasil tes belajar proses (psikomotor) diperoleh 100% ketuntasan klasikal. Berdasarkan angket respon, secara keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan 100% mahasiswa menjawab menarik dan sebagai media pendukung dalam perkuliahan sehingga mampu memotivasi mahasiswa mengikuti perkuliahan (96%). Kata Kunci: perangkat pembelajaran. pneunatik, hidraulik, pembelajaran berbasis masalah ABSTRACTThe development of equipment technology for various production processes in the industrialized world has progressed rapidly, especially machines and equipment that use pneumatic and hydraulic technology. This will have a consequence, that the workforce who operates (operators) and maintains (maintenance) equipment in the industry must be competent and understand in detail about the machines and equipment used so that production runs optimally and errors can be minimized. To answer challenges like this, it requires a workforce who has understanding and skills (competence) in operating and maintaining various machines that work based on pneumatic and hydraulic systems. The purpose of this research is the preparation of problem-based Pneumatic and Hydraulics learning tools in the form of teaching modules and trainer kits oriented to work-ready skills. In the learning practice, students will be given modules that are supported by trainers. Furthermore, based on the implementing instructions on the worksheet the students carried out the activity of drawing a series of pneumatic and hydraulic systems with the FluidSIM-P3 software then practiced on the trainer board. The research method used in this study refers to the development of the 4-D model which consists of the define stage, the design stage, the develop stage and the deseminate stage. In this first year research, problem-based pneumatic and hydraulic learning devices that are oriented towards work-ready skills were obtained in the form of modules and pneumatic trainers that have been validated and tested on a limited basis in the Department of Mechanical Engineering, FT UNESA. Based on the results of the validation, the developed module was in a good category (3.21). Based on the results of limited trials, it was found that the average result of the product learning test (cognitive), classical completeness increased from 5.56% to 100%. In addition, the average results of the process learning test (psychomotor) obtained 100% classical completeness. Based on the response questionnaire, as a whole the learning tools developed by 100% of students answered interestingly and as supporting media in lectures so that they were able to motivate students to attend lectures (96%). Keywords: learning media, pneumatic, hydraulic, problem based learning 
ANALISA INDIKATOR SMK PENYUMBANG PENGANGGURAN DI PROVINSI JAWA TIMUR Akhmad Mukhlason; Titiek Winanti; Eppy Yundra
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 2 No. 2 (2020): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.865 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v2n2.p29-36

Abstract

ABSTRAKKetersediaan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni merupakan modal utama dalam membangun suatu bangsa. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pendidikan menengah yang didesain untuk mempersiapkan generasi bangsa untuk bias bekerja sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing. Pendidikan menengah kejuruan mengutamakan pengembangan kemampuan pesertadidik untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu.SMK dibangun untuk tujuan membentuk tenaga kerja yang terampil, siap kerja, dan berdaya saing. Sehingga melalui pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan dapat membantu akan pemenuhan tenaga kerja yang terampil dan kompeten dalam bidangnya. Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat berakibat pada meningkatnya jumlah angkatan kerja. Semakin banyak jumlah angkatan kerja yang tidak terserap maka akan meningkatkan jumlah pengangguran. SMK sebagai pranata pendidikan jenjang menengah seharusnya menjadi pilihan utama yang menyiapkan lulusannya siap pakai di DU/DI. Hal ini karena tujuan utama pendidikan SMK adalah menyiapkan SDM unggul yang siap pakai pada dunia kerja, memiliki kepemimpinan tinggi, disiplin, profesional, handal di bidangnya dan produktif. Melihat ketimpangan yang terjadi antara harapan dengan fakta yang ada, maka perlu dilakukan kajian mendalam terhadap faktor-faktor penyebab SMK menjadi penyumbang terbesar dalam pegangguran terbuka sehingga akan dapat dibuat rumusan rekomendasi sebagai solusi atas permasalahan yang ada.                    Kata Kunci: Kompetensi, Pengajar, Pengangguran, SMK. ABSTRACT The availability of qualified human resources (HR) is the main capital in building a nation. Vocational High School (SMK) is a secondary education that is designed to prepare the nation's generation to be able to work in accordance with their respective expertise competencies. Vocational secondary education prioritizes the development of the ability of students to carry out certain types of work. SMK is built for the purpose of creating a skilled, work-ready, and competitive workforce. So that through education at the Vocational High School level (SMK) is expected to help the fulfillment of a skilled and competent workforce in their fields. Rapid population growth results in an increase in the workforce. The more the number of labor force that is not absorbed, the more unemployment will increase. Vocational school as a secondary level education institution should be the main choice that prepares graduates ready to use at DU / DI. This is because the main objective of vocational education is to prepare superior human resources who are ready to use in the world of work, have high leadership, discipline, professional, reliable in their fields and productive. Seeing the imbalance that occurs between expectations and the available facts, it is necessary to conduct an in-depth study of the factors that cause SMKs to be the biggest contributors to open unemployment so that recommendations can be made as a solution to existing problems. Keywords: Competence, Teacher, Unemployment, Vocational School
STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMROGRAMAN DAN BERPIKIR KOMPUTASI: SEBUAH STUDI LITERATUR Yeni Anistyasari; Ekohariadi Ekohariadi; Munoto Munoto
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 2 No. 2 (2020): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.116 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v2n2.p37-44

Abstract

ABSTRAKBerpikir komputasi dianggap sebagai kompetensi penting yang diperlukan untuk beradaptasi dengan teknologi masa depan. Oleh karena itu, berbagai penelitian tentang berpikir komputasi dilakukan oleh para peneliti. Namun, sedikit sekali penelitian yang mengulas tentang bagaimana strategi pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan di mata kuliah pemrograman dasar guna meningkatkan pengetahuan dan berpikir komputasi. Pada artikel ini, dilakukan meta-review dari berbagai penelitian sebelumnya yang telah dipublikasikan di jurnal akademik pada tahun 2006-2019 tentang cara belajar-mengajar, media pembelajaran, dan bahasa pemrograman. Dari hasil studi literatur ditemukan bahwa berpikir komputasi telah diaplikasikan pada ilmu komputer dan bidang ilmu lain. Sebagian besar penelitian menggunakan Project-Based Learning, Problem-Based Learning, Cooperative Learning, dan Game-based Learning. Sebagian besar penelitan berfokus pada pelatihan keterampilan pemrograman dan komputasi matematis, sementara beberapa mengadopsi mode pengajaran lintas domain untuk memungkinkan siswa mengelola dan menganalisis materi berbagai domain dengan komputasi.                                                                                                                 Kata Kunci: Berpikir komputasi, keterampilan pemrograman, dan strategi pembelajaran ABSTRACTComputational thinking is considered an important competency needed to adapt to future technology. Therefore, various studies on computational thinking are carried out by researchers. However, very few studies have reviewed how appropriate learning strategies are applied in basic programming courses to increase knowledge and computational thinking. In this article, a meta-review of various previous studies that have been published in academic journals in 2006-2019 is conducted on teaching and learning methods, learning media, and programming languages. From the results of the literature study it was found that computational thinking has been applied to computer science and other fields of science. Most of the research uses Project-Based Learning, Problem-Based Learning, Cooperative Learning, and Game-based Learning. Most of the research focuses on training mathematical programming and computational skills, while some adopt a cross-domain teaching mode to enable students to compute and analyze material across multiple domains.                                                                                                 Keywords: Computational thinking, learning strategy, and programming skills
PENERAPAN MODUL CNC I MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNIK MESIN UNESA Nur Aini Susanti; Wahyu Dwi Kurniawan
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 2 No. 2 (2020): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.318 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v2n2.p45-53

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah CNC I Program Studi D3 Teknik Mesin Produksi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini ádalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan model yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin McTaggart yang terdiri dari beberapa siklus. Penelitian ini menggunakan siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (act), observasi (observe) dan refleksi (reflect). Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin Produksi yang menempuh mata kuliah CNC I pada semester gasal tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 35 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes dan Observasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman penilaian Taxonomi Bloom meliputi tes kinerja kognitif, psikomotor dan afektif. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh aktivitas mahasiswa pada Siklus Pertama, Siklus Kedua dan Siklus Ketiga diperoleh  persentase 80.53%, 84.12 % dan 88.44% serta skala penilaian 4.03, 4.21 dan 4.37. Hal ini menunjukkan mahasiswa sangat aktif dalam mengikuti model pembelajaran berbasis proyek, dan diartikan bahwa aktivitas mahasiswa pada kegiatan pembelajaran dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis penilaian hasil belajar mahasiswa dari lembar penilaian kognitif, psikomotor dan afektif pada Siklus Pertama, Siklus Kedua dan Siklus Ketiga  adalah 66.44 dalam kriteria nilai B-, 76.30 dalam kriteria B+ dan 83.37 dalam kriteria nilai A-. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah CNC I Program Studi D3 Teknik Mesin Produksi Unesa. Kata Kunci: penerapan, pembelajaran. berbasis proyek, CNC, aktivitas, hasil belajar ABSTRACTThis research aims to improve student activity and learning outcomes through project-based learning in the CNC I course of the D3 Production Mechanical Engineering Study Program, State University of Surabaya. This type of research is classroom action research using a model developed by Stephen Kemmis and Robin McTaggart which consists of several cycles. This study uses a cycle where each cycle consists of one meeting. Each cycle has four stages, namely planning (plan), act (act), observe (observe) and reflect (reflect). The subjects of this study were 35 students of the D3 Mechanical Production Engineering Study Program taking the CNC I course in the odd semester of the 2014/2015 academic year. The data collection methods used in this study were tests and observations, while the research instrument used was the Bloom Taxonomy assessment guidelines covering cognitive, psychomotor and affective performance tests. The collected data were analyzed descriptively quantitatively. The results showed that student activity in the first cycle, second cycle and third cycle obtained a percentage of 80.53%, 84.12% and 88.44% as well as a rating scale of 4.03, 4.21 and 4.37. This shows that students are very active in following the project-based learning model, and it means that student activities in learning activities are in the very good category. Based on the analysis of the assessment of student learning outcomes from the cognitive, psychomotor and affective assessment sheets in the first cycle, second cycle and third cycle, it is 66.44 in the criteria for the value of B-, 76.30 in the criteria for B + and 83.37 in the criteria for grade A-. This shows that project-based learning can improve student learning outcomes in the CNC I course of the Unesa Production Mechanical Engineering D3 Study Program. Keywords: application, project based learning, CNC, activity, learning outcomes
UPAYA PENINGKATAN GREEN SKILLS PADA PEMBELAJARAN VOKASI MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT CITIZEN Diplan Diplan; Muhammad Noor Fitriyanto; Agung Pribadi
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 2 No. 2 (2020): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.462 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v2n2.p11-17

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini mengenai upaya meningkatkan green skills menggunakan model project citizen. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik SMK Muhammadiyah Palangka Raya dan SMKN 1 Palangka Raya kelas XI. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu memilah sampah sesuai dengan jenis limbahnya. Pada saat proses pembelajaran menggunakan model project citizen ini mengalami beberapa hambatan seperti menyesuaikan keadaan pembelajaran daring akibat covid 19 yang sedang melanda seluruh komponen pendidikan sekarang, kesulitan dalam menjelaskan kepada peserta didik yang belum mampu menggunakan kelas online. Hal lainnya saat pelaksaan adalah perlu penjelasan lebih dalam kepada peserta didik dalam mengidentifikasi masalah green skills, menerangkan solusi dalam menerapkan green skills, dan upaya menerapkan green skills kepada peserta didik saat melakukan praktikum di laboratorium atau bengkel. Pada penelitian ini terjadi peningkatan green skills dalam aspek kemampuan memilah limbah, kemampuan analisis biaya, dan kemampuan meolah produk yang akan dibuat dengan limbah bekas. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang sudah dipaparkan dimana dari masing-masing siklus dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan dalam aspek pengelolaan limbah dengan skor 82 (baik), kemampuan membuat produk dari bahan bekas dengan skor 3,7 (sangat baik) dan kemampuan mengalisis biaya produksi dari produk yang akan dibuat dengan skor 3,70 (sangat baik) terkait dengan green skills pada praktikum peserta didik.                                                                                                                 Kata Kunci: Keterampilan Peduli Lingkungan, Model Project Citizen, Penelitian Tindakan Kelas ABSTRACTThis research is about efforts to improve green skills using the project citizen model. The method used is Classroom Action Research (CAR). The subjects of the study were students of SMK Muhammadiyah Palangka Raya and SMKN 1 Palangka Raya in class XI. The results of this study indicate that the planning carried out in this study is to sort waste according to the type of waste. At the time of the learning process using the project citizen model experienced several obstacles such as adjusting the state of online learning due to covid 19 which is currently engulfing all components of education, difficulty in explaining to students who have not been able to use online classes. Another thing when implementing is the need for deeper explanation to students in identifying green skills problems, explaining solutions in applying green skills, and efforts to apply green skills to students when practicing in a laboratory or workshop. In this study an increase in green skills in the aspects of the ability to sort waste, the ability to analyze costs, and the ability to process products that will be made with used waste. This can be seen from the results that have been described where from each cycle from cycle I to cycle III increased in aspects of waste management with a score of 82 (good), the ability to make products from used materials with a score of 3.7 (very good) and the ability to analyze the production costs of the product to be made with a score of 3.70 (very good) related to green skills in students practicum.                                                                                                 Keywords: green skills, project model of citizen, classroom action research
EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TEACHING FACTORY DENGAN MODEL EVALUASI CIPP DI SMK NEGERI DKI JAKARTA Iwan Supriyantoko; Akbar Jaya; Vidyatama Kurnia; Putri Ghanim Septia Habiba
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 2 No. 2 (2020): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.451 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v2n2.p1-10

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian  implementasi Teaching Faktory (TEFA) dalam mengatasi masalah tenaga kerja seperti pengangguran menggunakan model evaluasi  Context, Input, Process, Product (CIPP) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) DKI Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode evaluasi CIPP dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data menggunakan sistem deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi implementasi program kebijakan Teaching Factory di SMK Negeri DKI Jakarta dengan model CIPP mendapatkan kriteria sangat sesuai dengan rata-rata persentase 89 % dan perlu dilakukan penyesuain di beberapa sekolah seperti guru memiliki kemampuan yang sesuai pada bidangnya dalam menjalankan Teaching Factory, struktur organisasi Teaching Factory yang diresmikan dengan dokumen pengesahan dan produk yang dapat bersaing dengan dunia industri. Supaya tujuan Teaching Factory dapat berjalan sehingga menumbuhkan jiwa enterperneurship pada siswa  selain mempersiapkan menjadi pekerja dan meneruskan kuliah.                                                                                                                 Kata Kunci: Evaluasi Program, Teaching Factory, CIPP. ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the suitability of the implementation of Factoring Teaching (TEFA) in overcoming labor problems such as unemployment using the evaluation model of Context, Input, Process, Product (CIPP) in DKI Jakarta Vocational High School (SMK). This research was carried out with CIPP evaluation method by collecting data using observation, interviews, and questionnaires. Data analysis uses a percentage descriptive system. The results showed that the evaluation of the implementation of the Teaching Factory policy program at the State Vocational High School of DKI Jakarta with the CIPP model had very suitable criteria with an average percentage of 89% and it was necessary to adjust in several schools such as the teacher has the appropriate ability in the field in running Teaching Factory, structure Teaching Factory organization which was inaugurated with validation documents and products that can compete with the industrial world. In order for the Teaching Factory purpose to run so that it fosters the spirit of enterpreneurship in students in addition to preparing to become workers and continue their studies.                                                                                                 Keywords: Program Evaluation, Teaching Factory, CIPP.

Page 1 of 1 | Total Record : 6