cover
Contact Name
Abdurahman Muzaqi
Contact Email
jurnal@arkainstitute.co.id
Phone
+6281212088823
Journal Mail Official
jurnal@arkainstitute.co.id
Editorial Address
Komplek Perumahan Janatipark III, Cluster Copernicus Blok D-07, Cibeusi, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Published by Arka Institute
ISSN : 28278542     EISSN : 28277988     DOI : 10.32670
Core Subject : Education,
Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan" : 9 Documents clear
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM UPACARA RAMBU SOLO’ DI TANA TORAJA Serdianus Serdianus
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.636 KB) | DOI: 10.55904/educenter.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam budaya orang Toraja. Budaya Toraja penuh dengan nilai-nilai yang dapat diinterpretasi menjadi nilai-nilai pendidikan karakter. Salah satu bagian budaya Toraja yang dapat dijadikan sumber pendidikan karakter adalah upacara rambu solo’ (upacara kematian). Metode yang digunakan dalam penelitian tentang nilai-nilai pendidikan dalam budaya Toraja ini adalah metode penelitian pustaka. Adapun nilai-nilai pendidikan yang dapat dipelajari dari upacara rambu solo’ adalah gotong-royong, tolong-menolong, dan juga nilai religius yaitu adanya kehidupan setelah kematian.
KETERGANTUNGAN SISWA/I MTs MENGGUNAKAN KALKULATOR DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA Isna Yusra; Nelliani Putri; Maulia Fariha
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.988 KB) | DOI: 10.55904/educenter.v1i1.7

Abstract

Pembelajaran psikologi di Sekolah Menengah pertama bisa membagikan kontribusiuntuk kepentingan siswa dalam belajar matematika, baik buat pembuatan perilakuserta pola pikir, buat keperluan menekuni ilmu pengetahuan yang lain, serta dalamkehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kemampuan konsep serta keahlian psikologimerupakan sangat berarti dalam menunjang keberhasilan belajar siswa. Denganmenggunakan media pembelajaran diterapkan dalam pendidikan matematika,khususunya pendidikan konsep geometri bidang ruang. Tujuan diberikannya tata caraini merupakan tingkatkan uraian konsep matematika ialah persamaan linier 2 variabelbuat dapat menentukan ketergantungan siswa menggunkaan kalkulator dalammenuntaskan soal SPLDV. Serta hasilnya ditemuinya perbandingan antara saatsebelum diberikannya uraian maupun media pendidikan yang baik hanya sedikit yangmengenali pembelajran tentang SPLDV tersebut namun sehabis diberikannya mediapendidikan sagat menolong mereka dapat menguasai pendidikan tentang metematikayang terkhusus merupakan persamaan linier 2 variabel.
ANALISIS KEJENUHAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERPANGKATAN (BILANGAN BERPANGKAT, PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA PERPANGKATAN) SECARA DARING Putri Nabila Oktarina; Nurkeke Fitriani Kudadiri; Asril Ramadhan
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.385 KB) | DOI: 10.55904/educenter.v1i1.8

Abstract

Dalam interaksi pembelajaran di lingkungan sekolah para siswa tidak terlepasdari permasalahan yang ada dalam iklim sekolah dan secara teratur mampudimiliki oleh para siswa, salah satunya adalah kelelahan dalam belajar.Penelitian bertujuan untuk mengetahui pemahaman kejenuhan peserta didikdalam pembelajaran matematika pada materi perpangkatan secara daring,dengan membandingkan pembelajaran yang dilakukan secara langsung.Kemudian pada penelitian ini kami ingin menguji kembali guna untukmemastikan siswa mampu mengingat rumus-rumus dari materi bilanganberpangkat. Metode yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan tes.Intrument yang digunakan dalam penelitian adalah Pre test dan Post test.
PEMILIHAN GAYA BELAJAR SMAN 1 KOTA PINANG Alfi Khairi Siregar; Dahniar Fitri
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.367 KB) | DOI: 10.55904/educenter.v1i1.10

Abstract

Pemilihan gaya belajar sangat penting bagi peserta didik dalam lingkuppendidikan sebagai cara beradaptasi dalam suatu strategi belajar melaluilangkah secara aktif mencari dan mencoba melaksanakan suatu pendekatanbelajar yang menyesuaikan dengan ketentuan belajar. Gaya belajar merupakankombinasi dan bagaimana anda menyerap, dan kemudian mengatur sertamengolah informasi. Karena terdapat perbedaan tipe gaya belajar masingmasing perta didik, sebab sejatinya terdapat perbedaan kemampuan dankarakteristik tiap orang satu sama lain, sehingga pemilihan gaya belajar akanmenjadi pengaruh yang signifikan dalam proses aktivitas belajar anak
CARA MENGASAH RASA INGIN TAHU ANAK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Nurul Erika Putri Siregar; Yona Elya Siregar; Ridho Maulana Simatupang
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.623 KB) | DOI: 10.55904/educenter.v1i1.11

Abstract

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi danPermendikbud Nomor 65 Tahun 2013 menyebutkan bahwa rasa ingin tahumenjadi salah satu kebutuhan yang harus dimiliki siswa agar tujuanpendidikan dapat tercapai. Rasa ingin tahu penting dalam menumbuhkembangkan pengetahuan dan pengalaman siswa, sehingga perludiciptakan iklim pembelajaran yang dapat menciptakan dan memelihararasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran matematika. Fakta di lapanganmenunjukkan bahwa rasa ingin tahu siswa, khususnya dalam pembelajaranmatematika masih perlu ditingkatkan. Dari siswa yang berbeda dengan tingkatpendidikan yang sama diperoleh hasil yang berbeda. Hal tersebut dikarenakantingkat intelektualitas individu dalam perolehan belajarnya berbeda-beda.
IMPLEMENTASI BAHAN AJAR KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS BERMUATAN PESAN MORAL DALAM CERPEN HELVY TIANA ROSA Sariyah Astuti; Dian Puspita
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.144 KB) | DOI: 10.55904/educenter.v1i1.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Implementasi Bahan Ajar Keterampilan Membaca Kritis Bermuatan Pesan Moral Yang Bersumber Dari Cerpen Helvy Tiada Rosa Untuk Siswa kelas XI SMA 1 Pringsewu ”. Penelitian ini menggunakan implementasi the R & D cycle) nya Borg dan Gall. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengumpulan Data, mendesain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk, dan Hasil Massal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non-tes dan tes.Penelitian menggunakan ahli materi untuk memvalidasi bahan ajar.Teknik analisis data dengan analisis deksriptif.Hasil pengembangan bahan ajar keterampilan membaca kritis bermuatan pesan moral yang bersumber dari cerpen Helvy Tiada Rosa untuk siswa kelas XI SMA 1 Pringsewu termasuk pada kategori “Baik”.Hasil validasi pengembangan bahan ajar apresiasi sastra pada aspek materi bahan ajar sebesar 3, secara keseluruhan dapat dikategorikan “Baik”. Berdasarkan efektivitas pengembangan dengan menggunakan bahan ajar yang sudah di validasi, maka pengetahuan, pemahaman dan Keterampilan menemukan informasi faktual, menemukan ide pokok yang tersirat, menemukan unsur urutan, unsur perbandingan, unsur sebab akibat yang tersirat, menemukan suasana, membuat kesimpulan, menemukan tujuan pengarang, memprediksi atau menduga dampak. Keterampilan membedakan opini dan fakta.Isi cerpen & opini interpretasi pesan moral cerpen.Keterampilan membedakan realitas dan pantasi.Keterampilan mengikuti petunjuk.Keterampilan menemukan unsur propoganda.Keterampilan menilai keutuhan gagasan.Keterampilan menilai kelengkapan antar gagasan.Keterampilan menilaian keruntutan gagasan.Keterampilan menilai kesesuaian antara judul dan isi bacaan.Keterampilan membuat kerangka bahan bacaan dan, Keterampilan menemukan tema karya sastra berada pada kategori sangat Baik.
PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS Arum Fatayan
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.733 KB) | DOI: 10.55904/educenter.v1i1.25

Abstract

literasi siswa dengan menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas V SDN Pekayon 09 pada semester 2 tahun ajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunnakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan tipe posttest- only, non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik samping jenuh. Sampel diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian tes indibidual sebanyak 10 soal essay. Dari hasil pengujian normalitas, dengan mengunakan uji Lilleforsi untuk kelas eksperimen, diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,1516 < 0,161, dan untuk kelas kontrol, diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,0668 < 0,161. Maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,84 < 1,85. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 86,73 dan rata-rata kelas kontrol 62,27 diperoleh thitung 7,258. Dengan dk = 58 pada taraf sig ???? = 0,05 ttabel sebesar 2,002. Karena thitung > ttabel yaitu 7,258 > 2,002, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima.
KECERDASAN SPIRITUAL DALAM KONSEP PENDIDIKAN LUKMAN Mujahidah
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.397 KB) | DOI: 10.55904/educenter.v1i1.27

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Islam termuat dalam al-Qur’an surat Lukman ayat 12-19. Orang yang masuk dalam kategori memiliki kecerdasan spiritual biasanya memiliki kepedulian terhadap sesama. Seperti tokoh Islam Lukman Hakim yang selalu mengajarkan kepada anaknya tentang amar ma’ruf nahi mungkar, sehingga sangat terlihat bagaimana membangun kecerdasan spiritual itu sangat penting dan memiliki efek yang sangat signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Aspek kecerdasan spiritual yang terdapat dalam surat Lukman ayat 12-19 memiliki beberapa aspek: a.aspek ruhani melipti rasa syukur, tidak menyekutukan Allah, amar ma’ruf nahi munkar, sabar. b. aspek jiwa meliputi sholat. c. aspek sosial meliputi berbuat baik kepada orang tua, sholat, amar ma’ruf nahi munkar, etika bergaul dengan sesama.
The Use Of Pictogram In Electronic Appliance Tiurmaya; Fitriany; Fauziah Nur; Suryani Nadeak
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v1i1.40

Abstract

The research aim is to describe the types of pictogram use and the reason why pictograms are used. The type of this research is descriptive qualitative. There are two sources of data first, five of manual book, such as: mobile phone, laptop, rice cooker, microwave, and washing machine. Second, data transcription of interview. This research focused on types of pictogram use and the reason why pictograms are use. The data were obtained by documentation and the data were analyzed stating by collect the data, the data divided to types of the pictogram use and analysis the reason of the pictogram depend on the interview. In the end analyses the use of pictogram by the manual of electronic appliance also the reason of used it depend on davies theory. The result of the research is From the data analysis found 57 pictograms use in five electronic manual books which are: Oppo Reno6 mobile phone, Panasonic rice cooker, Panasonic microwave, Asus laptop, LG washing machine. Were 27 of the pictograms are representational, 21 arearbitrary symbol and 9 are abstract symbol. Moreover according to theinterview pictogram is more easy to understand than word by the user of theelectronic.

Page 1 of 1 | Total Record : 9