cover
Contact Name
Bambang Eko Susilo
Contact Email
bambang.mat@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
bambang.mat@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
D7 Building 1st Floor, Sekaran Campus, Gunungpati, Semarang, Central Java, Indonesia 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Unnes Journal of Mathematics Education
ISSN : 22526927     EISSN : 24605840     DOI : https://doi.org/10.15294/ujme
Core Subject : Education,
Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in mathematics education, ethnomathematics, realistic mathematics education, psychology of mathematics education and technology in mathematical instruction. The manuscript must be original research, written in English, and not be simultaneously submitted to another journal or conference.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education" : 12 Documents clear
KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAMS-ACVIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN CD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Maharani, Yosela Septi; Supriyono, Supriyono; Wuryanto, Wuryanto
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v2i3.3359

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik dengan model STAD berbasis pendidikan karakter berbantuan CD pembelajaran mencapai ketuntasan belajar dan apakah hasil belajar peserta didik dengan model STAD berbasis pendidikan karakter berbantuan CD pembelajaran lebih baik dari hasil belajar siswa dengan model CTL pada materi pokok prisma dan limas. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lasem. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa hasil belajar peserta didik yang dikenai model STAD berbasis pendidikan karakter berbantuan CD pembelajaran mencapai ketuntasan belajar. Selain itu, terdapat perbedaaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelas. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model STAD berbasis pendidikan karakter berbantuan CD pembelajaran efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi luas dan volume limas dan prisma peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lasem.
PENGARUH ASESMEN KINERJA DALAM MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Suryati, Suryati; Masrukan, Masrukan; Wardono, Wardono
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v2i3.3360

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui:(1)  kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran ARIAS dengan asesmen kinerja dan pembelajaran ARIAS mencapai ketuntasan; (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran ARIAS dengan asesmen kinerja, pada pembelajaran ARIAS, dan pada pembelajaran ekspositori; (3) kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada   pembelajaran   ARIAS dengan   asesmen   kinerja   lebih   baik   dari pembelajaran ARIAS; (4) kualitas pembelajaran, kinerja guru dan aktivitas peserta didik baik. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII MTsN Sumber, Rembang tahun pelajaran 2012/2013. Teknik sampel dalam penelitian ini cluster random sampling. Data diperoleh dengan metode tes dan metode observasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran ARIAS dengan asesmen kinerja dan pembelajaran ARIAS tuntas, ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran ARIAS dengan asesmen kinerja, pembelajaran ARIAS, dan pembelajaran ekspositori; kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran ARIAS dengan asesmen kinerja lebih baik daripada pembelajaran ARIAS;  kualitas pembelajaran, kinerja guru dan aktivitas peserta didik baik.
KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN COGNITIVE GROWTH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP Kiswandi, Kiswandi; Soedjoko, Edy; Hendikawati, Putriaji
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v2i3.3361

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model Concept Attainment lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model Ekspositori, apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan model Cognitive Growth lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model Ekspositori, dan apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan model Concept Attainment lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model Cognitive Growth. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak, didapatkan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan belajar individual, uji ketuntasan belajar klasikal, uji anava, dan uji LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran Concept Attainment tidak berbeda secara signifikan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Cognitive Growth, namun kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran Concept Attainment maupun Cognitive Growth lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori.
KEEFEKTIFAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN POWERPOINT PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA Mahanani, Eli Pri; Suhito, Suhito; Mashuri, Mashuri
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v2i3.3362

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Course Review Horay berbantuan powerpoint pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ungaran tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan memilih dua kelas secara acak dari populasi yang ada. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design. Data diperoleh dari metode tes dan non tes. Data dianalisis untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran Course Review Horay berbantuan powerpoint dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal klasikal yang ditetapkan; (2) persentase kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran Course Review Horay berbantuan powerpoint lebih tinggi daripada persentase kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran ekspositori; (3) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pembelajaran Course Review Horay berbantuan powerpoint lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay berbantuan powerpoint efektif pada kemampuan pemecahan masalah
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN LKPD TERHADAP KREATIVITAS MATEMATIS SISWA Beladina, Nurmalia; Suyitno, Amin; Khusni, Khusni
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v2i3.3363

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) berbantuan LKPD terhadap kreativitas matematis siswa kelas VII pada materi segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dengan cara cluster random sampling, diperoleh siswa VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran CORE berbantuan LKPD, sedangkan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran konvensional. Pengambilan data diperoleh dengan metode dokumentasi untuk mendapatkan data awal berupa nilai ulangan tengah semester genap matematika dan metode tes untuk memperoleh kreativitas matematis siswa yang kemudian dianalisis dengan uji ketuntasan dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian adalah (1) kreativitas matematis siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar, baik ketuntasan individual maupun ketuntasan klasikal; dan (2) kreativitas matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Peneliti menyarankan bahwa model pembelajaran CORE berbantuan LKPD dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk menumbuhkembangkan kreativitas matematis siswa.
PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL TAPPS Wulandari, Arum Nur; Sukestiyarno, YL; Sugiman, Sugiman
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v2i3.3364

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dan apakah pembelajaran matematika dengan model TAPPS dapat mengembangkan karakter kerja keras peserta didik, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik, serta apakah dapat mengantarkan peserta didik mencapai ketuntasan dalam hal kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, observasi, dan tes, dengan situasi sosial dipilih dari satu kelas yaitu kelas VII-B SMP Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive, sehingga diperoleh lima subjek berdasarkan hasil tes pendahuluan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing subjek penelitian menunjukkan variasi pada perkembangan karakter kerja keras dan keterampilan pemecahan masalah, serta dapat mencapai ketuntasan baik secara individual maupun klasikal pada tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TAPPS dapat mengembangkan karakter peserta didik melalui tahap pengetahuan, pelaksanaan, dan pembiasaan, serta dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah melalui pembelajaran pemecahan masalah, scaffolding, dan diskusi berpasangan. Pembelajaran ini terbukti dapat mengembangkan karakter kerja keras peserta didik, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik, dan dapat mengantarkan peserta didik mencapai ketuntasan pembelajaran pada kemampuan pemecahan masalah.
ANALISIS MATERI, PENYAJIAN, DAN BAHASA BUKU TEKS MATEMATIKA SMA KELAS X DI KABUPATEN REMBANG Nurmutia, Halida Eka; Mariani, Scolastika; Susilo, Bambang Eko
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v2i3.3365

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku Matematika Jilid 1 untuk SMA Kelas X karangan Sartono Wirodikromo terbitan Erlangga yang digunakan di Kabupaten Rembang sudah memenuhi standar aspek materi, penyajian, dan bahasa buku teks matematika menurut BSNP serta memuat materi pokok yang memenuhi ketiga aspek standar tersebut. Teknik pengumpulan data dengan angket untuk mengetahui buku matematika yang digunakan kelas X dan dokumentasi menggunakan lembar penilaian buku teks matematika dari Pusat Perbukuan Depdiknas. Penilaian dilakukan oleh tiga orang penilai, yaitu peneliti, guru matematika, dan teman sejawat. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, kecukupan referensial, uraian rinci, audit kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang dianalisis termasuk dalam kriteria baik dengan perolehan persentase skor rata-rata 85,66% pada aspek materi, 66,80% pada aspek penyajian, dan 82,54% pada aspek bahasa. Berdasarkan materi pokok, persentase skor rata-rata buku, yaitu 76,48%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku Matematika Jilid 1 untuk SMA Kelas X yang digunakan di Kabupaten Rembang sudah memenuhi standar aspek materi, penyajian, dan bahasa menurut BSNP serta memuat materi pokok yang memenuhi ketiga standar aspek tersebut.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGACU PADA MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Savitri, Soviana Nur; Rochmad, Rochmad; Agoestanto, Arief
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v2i3.3444

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran matematika mengacu pada MMP tuntas secara klasikal, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran matematika mengacu pada MMP lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran ekspositori, serta rata-rata aktivitas siswa dengan pembelajaran matematika mengacu pada MMP lebih tinggi dari rata-rata aktivitas siswa dengan pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 21 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Dengan teknik cluster random sampling terpilih sampel siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa data kemampuan pemecahan masalah dengan metode tes dan data aktivitas siswa dengan metode observasi. Data tersebut diuji dengan uji proporsi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran matematika mengacu pada MMP tuntas secara klasikal, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol, dan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata aktivitas siswa kelas kontrol. Jadi, pembelajaran matematika mengacu pada MMP efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah.
KEEFEKTIFAN EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS Rahmawati, Jeni; Hidayah, Isti; Darmo, Darmo
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v2i3.3445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketuntasan belajar peserta didik yang diajar dengan model experiential learning dengan strategi REACT, (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan model  experiential learning dengan strategi REACT. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMPN 6 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas VIID sebagai kelas kontrol dan kelas VIIE sebagai kelas eksperimen. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji    proporsi dan   uji  t. Pada uji proporsi kelas kontrol diperoleh zhitung (-1,633) < ztabel (1,64) dan kelas      eksperimen      diperoleh     zhitung (2,042)  > ztabel (1,64).   Pada  uji    t     diperoleh thitung (3,396) > ttabel (1,667). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan (1) peserta didik yang diajar dengan model  experiential learning dengan strategi REACT sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal, (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan model experiential learning dengan strategi REACT lebih baik dibanding yang diajar dengan model ekspositori.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL DESIGNED STUDENT-CENTERED INSTRUCTIONAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK Narulita, Ajeng Alisa; Multono, Mulyono; Sunarmi, Sunarmi
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v2i3.3446

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah kemampuan representasi matematika peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model Designed Student-Centered Instructional (DSCI) pada mencapai ketuntasan belajar atau tidakdan (2) apakah kemampuan representasi matematika peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan model ekspositori. Hal tersebut yang akan menentukan apakah model DSCI efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan representasi matematika atau tidak.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Cilacap tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil secara acak melalui teknik area (cluster) sampling sehingga diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Setelah dilakukan penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) rata-rata kemampuan representasi peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI mencapai ketuntasan belajar dan (2) rata-rata kemampuan representasi peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan model ekspositori.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 2 (2023): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 12 No 1 (2023): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 11 No 3 (2022): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 11 No 2 (2022): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 11 No 1 (2022): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 10 No 3 (2021): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 10 No 2 (2021): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 10 No 1 (2021): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 9 No 3 (2020): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 9 No 2 (2020): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 9 No 1 (2020): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 8 No 3 (2019): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 8 No 2 (2019): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 8 No 1 (2019): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 7 No 3 (2018): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 7 No 2 (2018): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 7 No 1 (2018): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 6 No 3 (2017): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 6 No 2 (2017): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 6 No 1 (2017): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 5 No 3 (2016): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 5 No 2 (2016): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 5 No 1 (2016): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 2 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 1 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 3 No 3 (2014): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2014): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 3 No 1 (2014): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 2 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2012): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2012): Unnes Journal of Mathematics Education More Issue