cover
Contact Name
Ade Hidayat
Contact Email
adehidayat.bkl@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jpvraflesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. S. Sukowati, Nomor 28, Air Putih Lama, Curup, Rejang Lebong (39114)
Location
Kab. rejang lebong,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Published by Politeknik Raflesia
ISSN : 27763897     EISSN : 27763978     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia (JVPR) difokuskan untuk penelitian dan studi ilmiah di bidang pendidikan, khususnya di bidang pendidikan vokasi. JPVR menerima semua artikel yang berkaitan dengan pendidikan, dan akan di-review oleh mitra bestari dengan kompetensi yang sesuai dengan artikel yang dikirimkan.
Articles 15 Documents
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Solving dengan Teknik Mind Mapping pada Pokok Bahasan Redoks sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Silvia Syeptiani
Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Publisher : LPPM Politeknik Raflesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.306 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe problem solving dengan teknik mind mapping. Penelitian yang dilakukan dengan subjek 37 orang siswa ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes serta angket. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe problem solving dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan redoks, serta. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I 5,62 dengan daya serap 56,20% serta ketuntasan belajar sebesar 32,44%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 7 dengan daya serap 70% serta ketuntasan belajar sebesar 64,80%. Sedangkan pada silus III nilai rata-rata siswa naik menjadi 8,18 dengan daya serap 81,89% serta ketuntasan belajar sebesar 89,18%. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe problem solving dengan teknik mind mapping ini juga memperoleh respon positif dari siswa. Respon positif siswa dilihat dari hasil analisis angket yang menunjukkan sebanyak 19 siswa merespon sangat baik sedangkan 18 siswa memberi respon baik
Penggunaan Strategi Belajar Bahasa Inggris oleh Pelajar Berprestasi Ade Hidayat; Desti Ariani
Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Publisher : LPPM Politeknik Raflesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.856 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi belajar yang digunakan oleh para pelajar saat mempelajari bahasa Inggris. Penelitian ini juga menginvestigasi bagaimana dan mengapa para pelajar mengimplementasikan stategi-strategi tertentu dalam belajar. Kuisioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dengan sampel yang dipilih secara purposive berdasarkan analisis dari pengajar dan juga penilaian. Hasilnya, pelajar berprestasi dengan dominan menggunakan compensation strategy dengan alasan utama bahwa strategi tersebut membantu mereka belajar bahasa Inggris dengan lebih baik. Selain itu, para pelajar berprestasi juga menggunakan aspek-aspek tertentu dari setiap jenis strategi belajar bahasa selain compensation strategy.
Penerapan Teknik Group Investigation untuk Meningkatkan Partisipasi Berbicara Bahasa Inggris Dedi Romadhon; Bayu Putra Irawan
Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Publisher : LPPM Politeknik Raflesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.045 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Group Investigation dapat meningkatkan partisipasi berbicara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data yang didapat adalah dari sumber lembar observasi, daftar, dan rekaman video. Dalam penelitian ini partisipasi siswa berbicara ditentukan menjadi tiga kategori, antara lain Aktif, Cukup Aktif, dan Tidak Aktif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengajaran berbicara melalui teknik Group Investigation dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam berbahasa. Pada akhir penelitian para siswa telah menunjukkan respon yang positif. Mereka tampak antusias, berpartisipasi dan terlibat secara aktif dan lebih percaya diri untuk berbicara. Berdasarkan analisis data peneliti yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbicara dengan menggunakan teknik Group Investigation merangsang siswa untuk berbicara dan dapat meningkatkan partisipasi berbicara siswa didalm kelas. Secara keseluruhan, teknik Group Investigation dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar terutama dalam pembelajaran berbicara untuk meningkatkan partisipasi siswa.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Keanekaragaman Hayati dengan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Imzon Mukhsoni
Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Publisher : LPPM Politeknik Raflesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.174 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two stray. Subjek penelitian merupakan 36 orang siswa Sekolah menengah atas yang diberikan perlakuan dalam dua kali siklus penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang didapatkan melalui observasi, tes, dan angket menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif two stay two stray.
Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Naratif Menggunakan Teknik Reciprocal Teaching Ade Riska Juliarti
Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Publisher : LPPM Politeknik Raflesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.428 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi bagaimana teknik reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca teks naratif siswa, 2) mengidentifikasi bagaimana reciprocal teaching meningkatkan interaksi siswa dalam kelas membaca teks naratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II dan diberikan perlakuan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus yang mencakup empat pertemuan. Data kualitatif diperoleh dengan melakukan observasi langsung di kelas dan mewawancarai beberapa siswa terkait dengan aktivitasnya dalam pembelajaran, mengadakan pertemuan rutin dengan kolaborator untuk mengetahui peningkatan siswa. Daftar periksa, wawancara dan catatan lapangan juga digunakan dalam melakukan penelitian ini. Data kuantitatif didapatkan dari nilai siswa yang diperoleh dari pre-test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) reciprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca teks naratif siswa. Peningkatan kemampuan membaca siswa terlihat dari persentase ketuntasan prates siswa sebesar 40%; Tes siklus I 56,7% dan persentase ketuntasan post test siklus II 83,3%, dan 2) teknik reciprocal teaching yang diterapkan di kelas membaca juga dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. interaksi, kepercayaan diri, dan motivasi dalam kegiatan kelas.
Evaluasi Program Diklat Pemeriksaan Kinerja Berbasis Model Kirkpatrick Pada Badiklat PKN BPK RI Afifah; Eliana Sari; Sugiarto
Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Publisher : LPPM Politeknik Raflesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.525 KB)

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah organisasi adalah aset yang harus dijaga dan diperhatikan agar kinerja mereka tetap dapat sesuai dengan visi dan misi organisasi. Oleh karena itu,organisasi perlu melakukan upaya pengembangan kemampuan SDM berupa Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) agar kemampuan mereka tetap relevan dengan zaman. Program Pelatihan dan Pendidikan yang telah dilaksanakan oleh penyelenggara Diklat perlu untuk diketahui keefektivitasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pelaksanaan program diklat Pemeriksaan Kinerja di Badiklat PKN BPK RI yang ditinjau dari persepsi peserta diklat akan penyelenggaraan diklat dan ditinjau dari aspek pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode evaluatif. Dalam mengetahui hasil evaluasinya, peneltian ini menggunkan model evaluasi Kirkpatrick level 1 dan level 2 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi Kirpatrick level 1 (reaksi) sudah efektif. Peserta merasa puas dengan indikator-indikator yang dijadikan bahan evaluasi. Kemudian hasil evaluasi Kirkpatrick level 2 (pembelajaran) menunjukkan bahwa diklat yang diselenggarakan sudah cukup efektif. Terlihat peningkatan peserta baik dari segi pengetahuan maupun keterampilannya, meskipun belum terlalu signifikan peningkatan antara pre test dan post test nya.
Efektivitas Penggunaan WhatsApp sebagai Media Komunikasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19 Rira Kresnamurti; Debibik Nabilatul Fauziyah; Rina Syafrida
Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Publisher : LPPM Politeknik Raflesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.51 KB)

Abstract

Demi memenuhi hak siswa dalam mendapatkan pelayanan bidang pendidikan di masa penyebaran wabah Coronavirus Disease-19, kegiatan pembelajaran di sekolah ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh melalui sistem pembelajaran online atau dalam jaringan (daring). Kebijakan ini berlaku bagi semua tingkat pendidikan dari mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini sampai Pendidikanm Tinggi. Namun, tentu saja penerapan aturan belajar melalui sistem online ini secara tidak langsung merubah cara pembelajaran di satuan pendidikan anak usia dini yang belum bisa dipastikan efeknya bagi tercapainya tumbuh kembang peserta didik. Pemilihan media dalam pembelajaran akan memberi pengaruh terhadap feedback dari peserta didik. Melalui pemilihan media yang tepat, pelaksanaan pembelajaran diharapkan akan lebih aktif, kreatif dan efektif sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Tuntutan bagi guru agar mampu memanfaatkan sosial media khususnya WhatsApp diharapkan dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran di era revolusi industri 4.0 yang memanfaatkan teknologi khususnya saat pandemi ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas media pembelajaran WhatsApp pada tingkat PAUD di Kab. Karawang? Metode pada penelitian ini yaitu penelitian lapangan atau field research yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terstruktur dengan mengambil data secara langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa WA telah menjadi media untuk pembelajaran online yang paling banyak digunakan sekaligus sebagai sarana penghubung guru dengan orangtua siswa. Pelaksanaan pembelajaran online dinilai kurang efektif bagi PAUD, akan tetapi pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran telah memberikan kemudahan bagi para orangtua karena aplikasi ini sudah sangat umum digunakan di kalangan orangtua siswa. Peran aktif orang tua sangat dibutuhkan guna mendukung perkembangan siswa PAUD selama wabah Covid-19 ini harus belajar di rumah.
Pengembangan Media Mincester untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sistem Kontrol Listrik Sunan Hamri
Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Publisher : LPPM Politeknik Raflesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.593 KB)

Abstract

The purpose of this research are: (1) to design the development of mincester media to increase the learning achievement of the system controlling electromagnetic; (2) to describe the effectiveness the use of mincester media to increase the learning achievement of the system controlling electromagnetic. The subjects of these research are the students at Politeknik Raflesia electrical engineering major. While the object this research is mincester media as a treaning media the system controlling electromagnetic. This research was conducted using the approach of Research and Developmen (Research and Development). Based on the analysis that was conducted in this research, so it can be taken conclusion that: (1) minceste rmedia as a learning media that can exlain working principles of the system controlling electromagnetic components which abstract become concrete and attract the students’ attention so that it can increase the achievement in students’ learning. (2) mincester media is developed. It’s alternative media that is very effective as a learning media of the system controlling electromagnetic to increase the learning for students at Politeknik Raflesia electrical engineering major. The improvement of this achievement is very significant by t-test results 0.00 significance level of less than 5%. The use of mincester media can increase learning motivation. The learning motivation of the students' after using this mincester media is higher than before using minceste rmedia.
Penerapan Manajemen Pembelajaran di Program Studi Teknik Mesin Politeknik Raflesia Mirliani
Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Publisher : LPPM Politeknik Raflesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.509 KB)

Abstract

One of the goals of learning is to initiate, facilitate, and increase the intensity and quality of learning in students. Learning Management helps lecturers, students and educational institutions to achieve lecture goals in general or in particular. The purpose of this study was to determine learning planning, implementation of learning, and evaluation / assessment of learning outcomes in the Mechanical Engineering Study Program at the Raflesia Polytechnic. This type of research is descriptive qualitative, data collection techniques by means of observation, interviews, and documentation. The data obtained were analyzed by data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the learning planning in the Mechanical Engineering Study Program of the Raflesia Polytechnic had been carried out well, this was because before starting the lecture at the beginning of the semester all lecturers Course instructors are required to prepare lecture materials and submit them to the study program.
Penggunaan Teknik Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Ema Misniar; Elvi Listiani; Ade Hidayat
Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Publisher : LPPM Politeknik Raflesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.595 KB)

Abstract

Pembelajaran Kooperatif menjadi isu yang cukup populer untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan pembelajaran kooperatif dengan tipe think-pair-share pada kelas IPS di SMA yang terdiri dari 31 orang siswa dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi akuntansi. Penelitian Tindakan Kelas menjadi pilihan yang tepat pada penelitian ini, yang kemudian diterapkan dalam dua siklus. Hasilnya adalah meningkatnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi akuntansi.

Page 1 of 2 | Total Record : 15