cover
Contact Name
Marisa Dewi Ariesta
Contact Email
jurnal.karya_masyarakat@starki.id
Phone
+6288291781983
Journal Mail Official
marissa_dewi@starki.id
Editorial Address
Kompleks Billy & Moon, RT. 1/ RW.6, Pondok Kelapa, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)
ISSN : -     EISSN : 27209423     DOI : -
Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM) terkait dengan pengabdian masyarakat di Indonesia. Ruang lingkup untuk jurnal ini terkait: 1. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat; 2. Sosial; 3. CSR. Jurnal Karya untuk Masyarakat dalam satu tahun terbit dua kali periode yaitu Januari dan Juli.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 66 Documents
Pemanfaatan Aplikasi Pencari Kerja Online Dalam Meraih Peluang Kerja bagi Orang Muda Petrus Dwi Ananto Pamungkas; Robertus Koesmaryanto Oetomo; Yoseph Hendrik Maturbongs
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.614 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.313

Abstract

Bekerja menjadi tujuan utama bagi sebagian besar orang muda setelah lulus sekolah. Harapannya, dengan bekerja nantinya akan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Namun saat ini perbandingan antara pekerjaan dengan pencari kerja menjadi tidak seimbang. Mendapatkan informasi lowongan kerja merupakan langkah awal. Dengan semakin banyaknya informasi lowongan kerja yang didapat maka semakin besar pula peluang mendapatkan pekerjaan. Masalah muncul saat akan mengirimkan surat lamaran beserta dokumen-dokumen pendukung. Berapa besar biaya yang harus dikeluarkan, mulai dari biaya fotokopi dokumen-dokumen pendukung sampai dengan biaya transportasi atau biaya pos atau biaya jasa pengiriman dokumen. Tetapi jika mengurangi pengiriman surat lamaran beserta dokumen-dokumen pendukungnya maka berkurang pula peluang mendapatkan panggilan kerja. Melalui pemanfaatan aplikasi pencari kerja secara online maka sangat berkurang biaya yang harus dikeluarkan. Para pencari kerja dapat mengirimkan surat lamaran beserta dokumen-dokumen pendukungnya ke banyak perusahaan dalam waktu singkat sehingga peluang mendapatkan panggilan kerja pun semakin besar. Untuk itu, maka para peserta kegiatan diajak untuk mencoba secara langsung pemanfaatan pemanfaatan aplikasi pencari kerja secara online dengan didampingi oleh para pengajar yang sudah berpengalaman dalam dunia komputer maupun internet. Walaupun waktu kegiatan yang terbatas tetapi sebagian besar peserta sudah mampu melakukan secara sendiri prosesnya. Kata kunci: dokumen pendukung, pekerjaan, situs pencari kerja, surat lamaran.
Pelatihan Membuat Business Plan Bagi Pemuda Karang Taruna RW 01 Pinangsia Taman Sari Jakarta Bryan Givan; Hieronimus Erwin Indrawan; Ade Onny Siagian
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.506 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i2.396

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan tentang e-commerce kepada pemuda Karang Taruna Pinangsia di Jakarta Barat, memberikan pengetahuan tentang model bisnis terkini yang sedang ramai digunakan oleh pelaku usaha dan memberikan bekal untuk membuat business plan guna menciptakan kegiatan usaha yang terukur, terarah dan sistematis di Karang Taruna Pinansia Jakarta Barat. Sasaran kegiatan ini adalah pemuda Karang Taruna Pinansia Jakarta Barat. Permasalahan diselesaikan dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai perkembangan usaha di Karang Taruna. Pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi dilanjutkan diskusi sesi tanya jawab sebagai bentuk kegiatan workshop pembuatan business plan. Kegiatan tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting dikarenakan adanya pandemik corona. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukan tingkat keberhasilan dengan indikasi adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan pemuda Karang Taruna, adanya tanggapan positif dari pesera dan sebagian besar (80%) peserta telah memahami konsep e-commerce dan mampu membuat 8 business plan yang dapat diimplementasikan menjadi kegiatan usaha di Karang Taruna Pinangsia Jakarta Barat.
Pelatihan Etiket dan Penampilan Profesional Demi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Staf Kelurahan Pondok Kelapa Rs. Kurni Setyawati; Maria Francisca Lies Ambarwati
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.448 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i2.397

Abstract

Melayani masyarakat membutuhkan keterampilan dalam berkomunikasi dan etiket yang memadai. Guna meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kelurahan Pondok Kelapa, para Kader PKK mendapatkan pelatihan Etiket dan Public Speaking. Peserta pelatihan berjumlah 29 Ibu Kader PKK. Kegiatan pelatihan ini dilakukan selama satu hari bertempat di kampus STIKS Tarakanita yang masih berada di wilayah Kelurahan Pondok Kelapa. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan para Ibu Kader PKK dalam berkomunikasi secara efektif dan memiliki sikap yang baik dalam menyampaikan pesan. Materi yang disampaikan adalah bagaimana berkomunikasi dan berpenampilan serta bersikap yang santun. Teknik penyajian yang digunakan adalah pemberian materi berupa ceramah dan diskusi disertai dengan simulasi atau memeragakan secara langsung materi yang telah dipaparkan. Peserta juga diberi kesempatan praktek dengan menggunakan kasus dalam kegiatan PKK, baik di kelurahan, RW maupun RT. Hasil pelatihan secara keseluruhan menunjukkan bahwa peserta memahami etiket dan cara berkomunikasi yang baik, namun masih mengalami beberapa kendala dalam mempraktekkannya antara lain gugup dan kurang percaya diri. Kegiatan pelatihan Etiket dan Public Speaking menumbuhkan semangat baru bagi peserta pelatihanuntuk memberi pelayanan yang lebih baik.
Membuat Laporan Keuangan Sederhana bagi Karang Taruna Taman Sari Jakarta Barat Hieronimus Erwin Indrawan; Agus Sujiarko
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 2, No 1 (2021): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.024 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v2i1.465

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) sedang digalakan oleh pemerintah di masa pandemi ini, karena merupakan salah satu jalan keluar saat banyak perusahaan atau industri yang mengalami kesulitan operasionalnya sehingga harus melakukan effisiensi dimana salah satunya adalah pengurangan tenaga kerja. Sementara itu salah satu hambatan UMKM adalah kemampuan mereka untuk membuat Laporan Keuangan untuk usaha yang mereka jalankan. Sementara untuk melihat perkembangan usaha yang mereka jalankan dapat dilihat dalam Laporan Keuangan, demikian juga bila membutuhkan tambahan modal agar usahanya dapat lebih berkembang dengan omset yang meningkat. Penambahan modal berarti penurunan biaya produksi sehingga produk yang dijual lebih banyak dan dapat menggapai pangsa pasar yang lebih luas. Sasaran kegiatan ini adalah pemuda Karang Taruna Pinansia Jakarta Barat. Permasalahan diselesaikan dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluai. Perencanaan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai perkembangan usaha di Karang Taruna serta pembuatan modul dan video untuk mempermudah peserta memahami materi. Pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi dilanjutkan diskusi sesi tanya jawab sebagai bentuk kegiatan workshop pembuatan Laporan Keuangan. Kegiatan tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting dikarenakan adanya pandemic corona. Evaluasi kegaitan dilakukan dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukan tingkat keberhasilan dengan indikasi adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan pemuda Karang Taruna, adanya tanggapan positif dari pesera dan sebagian besar (80%) peserta telah memahami bagaimana membuat Laporan Keuangan dan mampu membuat Laporan Keuangan yang dapat diimplementasikan pada UMKM di Karang Taruna RW.01 Pinangsia Jakarta Barat.
Pemanfaatan Gang sebagai Ruang Edukasi dan Interaksi Anak pada RW 02 Kelurahan Paseban Jakarta Pusat Sitti Wardiningsih; Sitinah Sitinah; Serepina Tiur Maida; Retno Indriyati K.; Rismen Sinambela
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 2, No 1 (2021): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.461 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v2i1.488

Abstract

Gang sebagai ruang umum dapat digunakan untuk pemanfaatan sebagai Ruang Publik (RP) untuk berbagai kegiatan edukasi dan interaksi anak. Berdasarkan pengamatan tumbuh kembang anak saat ini di lingkungan RW 02 dalam phase pertumbuhan 3-12 tahun. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang bertujuan agar masyarakatt di Kelurahan Paseban Jakarta Pusat dapat memanfaatkan gang sebagai ruang edukasi dan interaksi anak di luar jam belajar. Pemanfaatan gang sebagai ruang edukasi dan interaksi difungsikan semaksimal mungkin sebagai area belajar, bermain dan interaksi anak-anak warga masyarakat di lingkungan ini. Kegiatan ini dengan metode pencerahan kepada orang tua dan anak yang secara langsung melakukan kegiatan bermain sambil belajar yang terbagi dalam kelompok umur 3-6 tahun bermain dengan kertas dan 6-12 tahun praktik membuat ondel-ondel. Kegiatan ini dimulai dengan diskusi bersama tentang arti dan makna gang sebagai ruang edukasi dan interaksi, sehingga mereka memahmi arti pentingnya kedua hal tersebut. Kegiatan diikuti oleh 10 orang ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak sebanyak 11 orang dalam usia bermain. Hasil akhir dari kegiatan ini menjadikan mereka lebih tanggap dan memahami dalam pemanfaatan gang sebagai ruang edukasi dan interaksi bahkan sebagai area transaksi ekonomi atau ekonomi lowes sesuai kebutuhan warga di limgkungan ini Kelurahan Paseban ini.
Literasi Teknologi bagi Pegiat Anak Indonesia di Era Digital Ester Lumba
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.094 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v2i2.599

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan sosial manusia dan organisasi dalam berbagai lini organisasi. Tidak terkecuali dunia pendidikan, untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi seperti kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu tugas dosen dalam menerapkan keilmuan bagi masyarakat. Berbagai daya dan upaya dilakukan di masa-masa awal pandemi Covid-19 agar kegiatan tetap berlangsung. Sebagai dosen informatika tentu pandemi ini menjadi sarana akselerasi pemanfaatan berbagai teknologi menjadi lebih optimal. Oleh sebab itu selaku dosen Informatika terpanggil untuk membantu organisasi-organisai nirlaba agar tetap bisa melakukan kegiatan di tengah pandemi ini. Jaringan Pelayanan Anak Jakarta yang menjadi mitra dalam kegiatan PKM mengadakan seminar online bagi para pegiat anak untuk meningkatkan literasi teknologi. Seminar online di selenggarakan menggunakan aplikasi Zoom Meetings. Penyebaran informasi seminar online dilakukan melalui grup-grup WhatsApp, Facebook, Instagram dan email. Pendaftaran dilakukan menggunakan Google Form. Berdasarkan data pendaftaran yang di olah menggunakan Pivot Table Microsoft Excel di dapatkan sebanyak 100 peserta yang berasal dari berbagai kota dan provinsi di seluruh Indonesia dan sebanyak 51 lembaga pelayanan atau institusi yang mengikuti seminar online ini.
Pelatihan Daring Kepemimpinan OSIS Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dimasa PANDEMI COVID-19 Reimond Hasangapan Mikkael Napitupulu; Hanif Aulawi; Sukirno Sukirno; Muhammad Takrim; Ade Sapta
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.832 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v2i2.590

Abstract

Pelatihan daring Kepemimpinan OSIS pada saat pandemi Covid-19 saat ini mengalami perubahan pada pimpinan dalam memantau bawahanya. Maka dari itu diperlukan strategi yang tepat dalam mengelola OSIS di dalam lingkungan sekolah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berbentuk pelatihan secara daring yang ditujukan khususnya untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan Telesandi Bekasi bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri para anggota OSIS dimasa Pandemi saat ini. Kegiatan dilakukan secara daring melalui media zoom meeting berbentuk pelatihan. Kegiatan memiliki manfaat yang dapat dilihat dari antusiasme para peserta melalui pertanyaan tentang konsep kepemimpinan OSIS dimasa Pandemi saat ini, mulai dari minat siswa yang akan masuk kedalam OSIS
Pelatihan dan Sosialisasi Laporan Pajak dengan Aplikasi e – SPT PPh untuk Mahasiswa dan Alumni STIEB Perdana Mandiri Dedy Suryadi; Badie Uddin; Ika Jatnika; Yulia Komala; Sitti Chadijah
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1333.373 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v3i1.671

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melatih secara teknis dalam pelaporan perpajakan dengan menggunakan aplikasi e – SPT Pajak Penghasilan (e – SPT PPh). Sasaran dalam kegiatan ini adalah para mahasiswa dan alumni di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Perdana Mandiri (STIEB Perdana Mandiri) Purwakarta. Penyampaian materi kegiatan dilakukan oleh Dosen Praktisi dari Politeknik TEDC dan STIEB Perdana Mandiri, dengan menggunakan metode presentasi dan penjelasannya di depan khalayak serta di dukung dengan pemberian modul materi pada saat masa pelatihan dilaksanakan. Adapun masalah yang dihadapi oleh mahasiswa dan alumni diantaranya adalah kurangnya pengetahuan mengenai pelaporan perpajakan secara elektornik seiring perkembangan teknologi dengan dibuatnya aplikasi e – SPT PPh oleh Direktorat Jenderal Pajak, maka dari itu kami selaku dosen praktisi perpajakan Politeknik TEDC dengan Tax Center STIEB Perdana Mandiri bekerjasama melaksanakan Pelatihan dan Sosialisasi Laporan Pajak Menggunakan aplikasi e – SPT PPh bagi Mahasiswa dan Alumni STIEB Perdana Mandiri dengan tujuan untuk meningkatkan skill mahasiswa dan alumni. Hasil yang didapatkan peserta dari kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain dapat memahami secara teknis pelaporan perpajakan menggunakan aplikasi e – SPT PPh dan menambah skill yang dapat membantu dalam pekerjaan pada administrasi perpajakan.
MEMBANGUN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI KALANGAN GENERASI Z PADA SMUN 91 JAKARTA TIMUR Evvy Silalahi
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.778 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.301

Abstract

Pendidikan sebagai upaya mencerdaskan bangsa berarti memberdayakan setiap warga negara agar mampu berbuat seimbang baik dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Proses pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan, sesungguhnya merupakan sebuah upaya yang memungkinkan masyarakat dengan segala keberadaanya dapat memberdayakan dirinya. Dan kampus yang terdiri dari tenaga pendidik maupun anak didiknya yaitu mahasiswa punya andil yang besar menjadi jembatan terlaksananya proses pemberdayaan masyarakat. Jurnal ini merupakan salah satu bentuk dari Tridharma Perguruan Tinggi yang mana merupakan jurnal berbasis hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh kampus Tarakanita di SMA N 91 Jakarta Timur. Metode kegiatan dilakukan dengan mengadakan diskusi interakif di kelas dengan topik tentang pentingnya berkomunikasi interpersonal serta sebagai salah satu elemen yang harus dipersiapkan seorang siswa menuju dunia kampus dan dunia kerja yang memiliki budaya dan latarbelakang orang-orang yang berbeda .Mengapa lebih beragam tentunya karena dunia kampus dan dunia kerja dipenuhi oleh individu-individu yang datang dari antar provinsi di Indonesia. Tujuan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini adalah untuk memberikan soft skill di kalangan generasi Z. Kata kunci: komunikasi, soft skill, pemberdayaan masyarakat, tridharma.
Pembekalan Administrasi Dasar Bagi Staf Administrasi Instansi Pemerintahan Robertus Koesmaryanto Oetomo; Bertha Reni Pudji Mawarti; Yakin Bakhtiar Siregar; Kartini Ismono
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (937.225 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.314

Abstract

Sumber daya manusia menjadi hal utama dalam kegiatan perkantoran. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan karyawan perlu dilakukan secara berkelanjutan. Dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan kegiatan peningkatan keterampilan bagi staf administrasi dan sekretaris. Melalui metode praktek langsung dengan simulasi berbagai situasi berbeda mampu meningkatkan keterampilan. Fokus dalam pelatihan ini adalah kesekretariatan dan pengelolaan arsip secara efektif. Tetapi tidak kalah pentingnya juga untuk penanganan telepon, penggunaan aplikasi komputer, dan tata cara makan bersama. Hal ini dilakukan karena sebagian besar sekretaris atau orang yang bekerja dalam bidang administrasi ternyata tidak memiliki latar belakang pendidikan sekretaris atau administrasi sehingga penanganan arsip dan bertelepon menjadi kurang. Dari hasil pelatihan dapat ditunjukkan peningkatan keterampilan dan rasa percaya diri para peserta. Ada beberapa pengetahuan yang benar-benar baru bagi para peserta, seperti pembuatan surat masal, tata cara makan bersama kolega dan pimpinan, pengelolaan arsip secara efektif. Kata kunci: kearsipan; pengelolaan arsip secara efektif, penanganan panggilan telepon; pengelolaan tugas.