cover
Contact Name
Marisa Dewi Ariesta
Contact Email
jurnal.karya_masyarakat@starki.id
Phone
+6288291781983
Journal Mail Official
marissa_dewi@starki.id
Editorial Address
Kompleks Billy & Moon, RT. 1/ RW.6, Pondok Kelapa, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)
ISSN : -     EISSN : 27209423     DOI : -
Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM) terkait dengan pengabdian masyarakat di Indonesia. Ruang lingkup untuk jurnal ini terkait: 1. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat; 2. Sosial; 3. CSR. Jurnal Karya untuk Masyarakat dalam satu tahun terbit dua kali periode yaitu Januari dan Juli.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 47 Documents
PENYAJIAN MATERI SECARA SEDERHANA DAN MENGGEMBIRAKAN MENDORONG MINAT MAHASISWA ASING DALAM BELAJAR BAHASA INDONESIA Rs. Kurni Setyawati; Maria Francisca Lies Ambarwati
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (50.184 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.296

Abstract

Belajar bahasa Indonesia bagi orang asing merupakan usaha yang tidak mudah jika harus mencapai tingkat terampil. Namun, lagu dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang ringan dan menimbulkan suasana riang. Pengajaran bahasa Indonesia dengan media lagu ini dilaksanakan dalam pertukaran dosen antara STIKS Tarakanita dengan Polytechnic University Of The Philippines. Dalam kesempatan tersebut bahasa Indonesia merupakan salah satu materi kuliah yang disampaikan. Lagu dipilih sebagai media karena sederhana, menyenangkan dan mudah dipahami. Pengajaran ini memiliki sasaran agar mahasiswa di Phillipine dapat memahami beberapa kosakata bahasa Indonesia, berkomunikasi secara sederhana dan mengenal budaya di beberapa tempat yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, selain lagu sebagai media, budaya juga diangkat karena merupakan khasanah yang dapat menarik perhatian serta menambah wawasan mahasiswa tentang negara Indonesia. Di dalamnya terdapat lagu, tarian, dan tata cara khas yang dapat diangkat sebagai media yang menarik sehingga menimbulkan antusiasme bagi mahasiswa karena merupakan hal baru baginya. Suasana yang menyenangkan dan penyajian materi secara ringan memudahkan mahasiswa dalam menerima materi pembelajaran. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Budaya, Gembira, Lagu, Orang Asing, Sederhana.
PARTISIPASI MASYARAKAT SEBAGAI MODAL UTAMA DALAM PERUBAHAN PERILAKU DI LINGKUNGAN RW LAYAK ANAK Jeanne Noveline Tedja
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (698.582 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.300

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam rangka penelitian untuk penulisan disertasi mengenai penyelenggaraan kebijakan Kota Layak Anak (KLA) di Kota Depok, Jawa Barat. Penelitian ini merupakan sosial policy research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengetahuan yang didapatkan sebagai hasil dari sebuah penelitian sosial dapat digunakan untuk berbagai tujuan, dan secara khusus bermanfaat bagi ‘disadvantaged populations’, yang dalam penelitian tersebut adalah anak-anak. Kebijakan Kota Layak Anak lahir sebagai tindak lanjut Konvensi Hak Anak PBB dan merupakan upaya Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan anak. Penelitian tersebut merupakan studi kebijakan yang menganalisis interpretasi kebijakan KLA di tingkat kota dan implementasi kebijakan KLA di lingkungan RW. Dalam implementasi kebijakan KLA di lingkungan RW, penulis menganalisa dinamika pelaksanaan RW Layak Anak yang kemudian dibedakan menjadi dua kasus. Pada RW Layak Anak kasus pertama, masyarakat memiliki tiga variabel yang berhasil diidentifikasi yaitu: kualitas masyarakat (tingkat pengetahuan masyarakat mengenai manfaat kebijakan dan kesukarelaan mereka untuk berkontribusi demi tercapainya tujuan kebijakan), modal komunitas yang melekat pada masyarakat, dan adanya change agent yang menggerakkan dan melibatkan masyarakat. Tiga variabel inilah yang membuat dorongan motivasi berasal dari dalam diri masyarakat yang menimbulkan inisiatif sehingga menyebabkan partisipasi masyarakat tinggi dan mewujud dalam berbagai pelaksanaan kegiatan pemenuhan hak anak, serta dalam bentuk partisipasi orang tua dan masyarakat secara umum yang dilakukan secara bergotong royong, yang kemudian berdampak pada perubahan perilaku di lingkungan tersebut. Tiga variabel tersebut tidak ditemukan pada RW Layak Anak kasus kedua, dimana masyarakat di lingkungan tersebut pasif sehingga tidak terjadi perubahan perilaku pada anak-anak maupun masyarakat pada umumnya. Sebagai rekomendasi, penulis mendorong agar masyarakat meningkatkan awareness nya terhadap lingkungan sekitar, terhadap penyelenggaraan pemerintah dan terhadap kebijakan publik yang mempunyai manfaat besar bagi masyarakat. Selain itu masyarakat juga harus proaktif memperluas wawasan dengan mengikuti perkembangan yang terjadi di lingkungan sekitar dengan mengakses informasi terkini baik dari media cetak maupun media elektronik. Kata kunci: kebijakan sosial; kesejahteraan anak; kota layak anak; partisipasi masyarakat; rw layak anak.
MEMBANGUN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI KALANGAN GENERASI Z PADA SMUN 91 JAKARTA TIMUR Evvy Silalahi
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.778 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.301

Abstract

Pendidikan sebagai upaya mencerdaskan bangsa berarti memberdayakan setiap warga negara agar mampu berbuat seimbang baik dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Proses pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan, sesungguhnya merupakan sebuah upaya yang memungkinkan masyarakat dengan segala keberadaanya dapat memberdayakan dirinya. Dan kampus yang terdiri dari tenaga pendidik maupun anak didiknya yaitu mahasiswa punya andil yang besar menjadi jembatan terlaksananya proses pemberdayaan masyarakat. Jurnal ini merupakan salah satu bentuk dari Tridharma Perguruan Tinggi yang mana merupakan jurnal berbasis hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh kampus Tarakanita di SMA N 91 Jakarta Timur. Metode kegiatan dilakukan dengan mengadakan diskusi interakif di kelas dengan topik tentang pentingnya berkomunikasi interpersonal serta sebagai salah satu elemen yang harus dipersiapkan seorang siswa menuju dunia kampus dan dunia kerja yang memiliki budaya dan latarbelakang orang-orang yang berbeda .Mengapa lebih beragam tentunya karena dunia kampus dan dunia kerja dipenuhi oleh individu-individu yang datang dari antar provinsi di Indonesia. Tujuan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini adalah untuk memberikan soft skill di kalangan generasi Z. Kata kunci: komunikasi, soft skill, pemberdayaan masyarakat, tridharma.
PROGRAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DALAM MENGHADAPI WAWANCARA KERJA Elsie Oktivera; F.A. Wisnu Wirawan
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.62 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.302

Abstract

Program peningkatan kemampuan komunikasi dalam menghadapi wawancara kerja merupakan program yang dilakukan oleh Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita bekerjasama dengan Perkumpulan Marga Sejahtera. Program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan dalam menghadapi wawancara kerja. Program ini dilakukan dalam bentuk workshop, setelah diberikan pengetahuan tentang pentingnya pengetahuan tehnik wawancara, cara berkomunikasi yang baik dan benar, peserta melakukan simulasi wawancara menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Setelah dilakukan pelatihan, berdasarkan data wawancara yang didapatkan dari penanggungjawab Perkumpulan Marga Sejahtera, peserta memiliki tingkat kepercayaan diri lebih besar dibandingkan sebelum mendapatkan pelatihan. Selain itu hampir seluruh peserta pelatihan mendapatkan pekerjaan setelah mendapatkan pelatihan tentang menghadapi wawancara kerja. Kata kunci: komunikasi; teknik wawancara kerja.
PELATIHAN KETERAMPILAN SEDERHANA BAGI IBU-IBU PKK KELURAHAN BITUNGSARI BOGOR Cresensiana Widi Astuti
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.18 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.303

Abstract

Dalam masyarakat desa, sebagian besar perempuan terpinggirkan karena pada umumnya mereka tidak memiliki akses terhadap Pendidikan formal yang memungkinkan mereka untuk direkrut bekerja. Kecenderungan yang berkembang adalah menikah untuk melepaskan diri dari kemiskinan dan untuk mencari sandaran hidup karena mereka lalu menjadi isteri seseorang. Situasi yang kurang menguntungkan ini lalu menjadi ‘beban’ tersendiri bagi para perempuan tersebut karena mereka harus mengurus anak-anak dan pekerjaan rumahtangga sekaligus. Mereka lalu menjadi tergantung kepada laki-laki yang menjadi suaminya dan tak berdaya dalam banyak aspek kehidupan. Arikel ini hendak melaporkan kegiatan pemberdayaan perempuan (ibu-ibu rumahtangga) di Kelurahan Bitungsari, Bogor, Jawa Barat, dengan memberikan pelatihan keterampilan sederhana. Diharapkan ketrampilan sederhana ini akan memampukan mereka memiliki sumber penghasilan tanpa harus meninggalkan rumah mereka. Kata Kunci: pemberdayaan perempuan; pelatihan keterampilan.
Cover, Editorial Team, Table of Contents Tim Editorial
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.119 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.304

Abstract

Cover, Editorial Team, Table of Contents
Pemanfaatan Aplikasi Pencari Kerja Online Dalam Meraih Peluang Kerja bagi Orang Muda Petrus Dwi Ananto Pamungkas; Robertus Koesmaryanto Oetomo; Yoseph Hendrik Maturbongs
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.614 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.313

Abstract

Bekerja menjadi tujuan utama bagi sebagian besar orang muda setelah lulus sekolah. Harapannya, dengan bekerja nantinya akan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Namun saat ini perbandingan antara pekerjaan dengan pencari kerja menjadi tidak seimbang. Mendapatkan informasi lowongan kerja merupakan langkah awal. Dengan semakin banyaknya informasi lowongan kerja yang didapat maka semakin besar pula peluang mendapatkan pekerjaan. Masalah muncul saat akan mengirimkan surat lamaran beserta dokumen-dokumen pendukung. Berapa besar biaya yang harus dikeluarkan, mulai dari biaya fotokopi dokumen-dokumen pendukung sampai dengan biaya transportasi atau biaya pos atau biaya jasa pengiriman dokumen. Tetapi jika mengurangi pengiriman surat lamaran beserta dokumen-dokumen pendukungnya maka berkurang pula peluang mendapatkan panggilan kerja. Melalui pemanfaatan aplikasi pencari kerja secara online maka sangat berkurang biaya yang harus dikeluarkan. Para pencari kerja dapat mengirimkan surat lamaran beserta dokumen-dokumen pendukungnya ke banyak perusahaan dalam waktu singkat sehingga peluang mendapatkan panggilan kerja pun semakin besar. Untuk itu, maka para peserta kegiatan diajak untuk mencoba secara langsung pemanfaatan pemanfaatan aplikasi pencari kerja secara online dengan didampingi oleh para pengajar yang sudah berpengalaman dalam dunia komputer maupun internet. Walaupun waktu kegiatan yang terbatas tetapi sebagian besar peserta sudah mampu melakukan secara sendiri prosesnya. Kata kunci: dokumen pendukung, pekerjaan, situs pencari kerja, surat lamaran.
Pembekalan Administrasi Dasar Bagi Staf Administrasi Instansi Pemerintahan Robertus Koesmaryanto Oetomo; Bertha Reni Pudji Mawarti; Yakin Bakhtiar Siregar; Kartini Ismono
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (937.225 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.314

Abstract

Sumber daya manusia menjadi hal utama dalam kegiatan perkantoran. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan karyawan perlu dilakukan secara berkelanjutan. Dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan kegiatan peningkatan keterampilan bagi staf administrasi dan sekretaris. Melalui metode praktek langsung dengan simulasi berbagai situasi berbeda mampu meningkatkan keterampilan. Fokus dalam pelatihan ini adalah kesekretariatan dan pengelolaan arsip secara efektif. Tetapi tidak kalah pentingnya juga untuk penanganan telepon, penggunaan aplikasi komputer, dan tata cara makan bersama. Hal ini dilakukan karena sebagian besar sekretaris atau orang yang bekerja dalam bidang administrasi ternyata tidak memiliki latar belakang pendidikan sekretaris atau administrasi sehingga penanganan arsip dan bertelepon menjadi kurang. Dari hasil pelatihan dapat ditunjukkan peningkatan keterampilan dan rasa percaya diri para peserta. Ada beberapa pengetahuan yang benar-benar baru bagi para peserta, seperti pembuatan surat masal, tata cara makan bersama kolega dan pimpinan, pengelolaan arsip secara efektif. Kata kunci: kearsipan; pengelolaan arsip secara efektif, penanganan panggilan telepon; pengelolaan tugas.
Keterampilan Bertelepon Dalam Bahasa Inggris Sebagai Sarana Membangun Citra Perusahaan Agustinus Rustanta
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.968 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.315

Abstract

Keterampilan bertelepon dapat dikembangkan atau ditingkatkan dengan cara berlatih atau melakukan simulasi. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu para sekretaris di sebuah perusahaan di Medan khususnya pelatihan bertelepon dalam Bahasa Inggris. Metode yang digunakan untuk menyampaikan materi ini adalah pelatihan atau praktik langsung di bawah binaan narasumber dari Sekolah Tinggi Tarakanita. Pelatihan ini dilakukan untuk menjawab permintaan bahwa percakapan telepon dirasa sangat dibutuhkan untuk menunjang tugas para sekretaris. Kenyataan bahwa sebagai sekretaris perusahaan raksasa, bahwa rekan kerja atau konsumen atau business partners tidak hanya berbicara dalam Bahasa Indonesia. Sangat dimungkinkan para peserta komunikasi berbahasa Inggris. Oleh karena itu, para sekretaris harus mampu menangani telepon menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Kata kunci: keterampilan,komunikasi, pelatihan, telepon.
Kreativitas Warga Kelurahan Bojong Rawa Lumbu Bekasi dalam Mengubah Sampah Plastik Kemasan Menjadi “Emas” Serepina Tiur Maida; Sitinah Sitinah; Sitti Wardiningsih; Retno Indriyati W.
Jurnal Karya untuk Masyarakat Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Karya untuk Masyarakat
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.928 KB) | DOI: 10.36914/jkum.v1i1.320

Abstract

Kemasan plastik sudah tidak asing lagi bagi kita semua saat ini karena hampir setiap hari kita selalu berhubungan dengan plastik, minimum satu kantong plastik setiap satu orang. Ditambah berbagai macam kemasan prodak lainnya yang dikemas dalam plastik, baik makanan ataupun lainnya. Menurut pengamatan penulis kurang lebih sekitar 98 % bahkan 99,5 % semua produk makanan cemilan dikemas dalam plastik. Berdasarkan hal tersebut di atas, dilakukan suatu kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat kelurahan Bojong Rawa Lumbu Bekasi dapat memanfaatkan limbah plastik kemasan tersebut menjadi sesuatu yang berharga dan menambah perekonomian keluarga. Limbah sampah plastik tersebut dikumpulkan warga di RT 04 RW 28 Kelurahan Bojong Rawa Lumbu Bekasi untuk kemudian diserahkan pada Bank Sampah pada setiap hari Sabtu. Kegiatan ini dilakukan dengan metode penyuluhan dan praktik langsung tentang bagaimana caranya memilah sampah plastik untuk dimanfaatkan kembali metode atau metode (3 R) Reuse, Reduse, Recycle. Hasil dari kegiatan ini menjadikan mereka lebih terampil dalam memilah limbah sampah plastik kemasan yang diawali dengan penyuluhan tentang memilah sampah plastik kemasan dan dilanjutkan dengan praktik meningkatkan kreativitas dengan memanfatkan limbah sehingga dapat dijadikan penambah ekonomi rumah tangga. Kata kunci: barang kerajinan, memilah, sampah plastik.