cover
Contact Name
Arief Fiddienika
Contact Email
arief.fiddienika@gmail.com
Phone
+6285799990048
Journal Mail Official
arief.fiddienika@gmail.com
Editorial Address
Kampus UNM Gunungsari Gedung Pusat Bahasa Arab dan Studi Islam Jalan Raya Pendidikan, Tidung, Rappocini, Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
ISSN : -     EISSN : 27971287     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Fashahah is published by the Arabic Language Education Study Program, Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Letters, Makassar State University. It is a research journal that publishes various research reports, literature studies and scientific writings with the object of Arabic language studies, both language education, linguistics, literature, and Arabic culture. It is published regularly twice a year in April and October. Every article published in Al-Fashahah will undergo an assessment process by a peer reviewer.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature" : 9 Documents clear
Penggunan Media Wall Chart dalam Peningkatan Penguasaan Mufradat di MIN 2 Takalar Handani Handani; Laelah Azizah; Fauziah Bachtiar
Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature Vol 2, No 1 (2022): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/al-fashahah.v2i1.34045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses dan hasil peningkatan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan media wall chart. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV.2 MIN 2 Takalar dengan jumlah siswa 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes (observasi). Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing- masing siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata siswa yang diperoleh dari nilai hasil ulangan harian hanya 70,8%. Kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa yang diperoleh yaitu 82,7% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa yang diperoleh yaitu 90,3%. Hasil ini menunjukkan bahwa penguasaan mufradat siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan media wall chart dalam pembelajaran bahasa Arab.
Efektivitas Penggunaan Metode Imla’ dalam Meningkatkan Maharah Kitabah Siswa Kelas X MA Al-Wasilah Lemo Polman Ridha Amaliah; Wahyu Kurniati Asri; Muhammad Anwar
Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature Vol 2, No 1 (2022): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/al-fashahah.v2i1.34052

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode imla’ (imla’ manqul) dalam meningkatkan keterampilan menulis (maharah kitabah) siswa kelas X MA Al-Wasilah Lemo Kec. Binuang, Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode imla’ (imla’ manqul) sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan menulis (maharah kitabah). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al-Wasilah Lemo Kab. Polewali Mandar yang berjumlah 78 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al-Wasilah Lemo sebanyak 60 siswa yang terdiri dari kelas X Agama 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa dan kelas X Agama 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel bertujuan (purposive sampling). Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test tertulis pada materi “Kehidupan Sehari-hari”. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung 7,0595 > ttabel 2,000. Sehingga hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode imla’ (imla’ manqul) efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis (maharah kitabah) siswa kelas X MA Al-Wasilah Lemo Kabupaten Polewali Mandar.
Efektivitas Metode Permainan Bisik Berantai dalam Maharah Istima’ Siswa Kelas VIII MTS Attaufiq Padaelo Kabupaten Barru Ani Amiruddin; Misnah Mannahali; Siti Muthmainnah
Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature Vol 2, No 1 (2022): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/al-fashahah.v2i1.34046

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode permainan bisik berantai dalam maharah istima’ siswa kelas VIII MTs Attaufiq Padaelo Kabupaten Barru. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode permainan bisik berantai, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah maharah istima’. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Attaufiq Padaelo Kabupaten Barru yang berjumlah 71 orang, adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Attaufiq Padaelo Kabupaten barru sebanyak 48 orang yang terdiri dari kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 24 orang yang dipilih dengan teknik sampel acak (random sampling). Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pre-test dan post-test tertulis pada materi “Olahraga”. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung 4,919 ˃ ttabel 2,013. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan bisik berantai efektif dalam maharah istima’ siswa kelas VIII MTs Attaufiq Padaelo Kabupaten Barru.
Efektivitas Media Gambar dalam Penguasaan Kosakata (Mufradat) Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTSN 1 Jeneponto Riska Idris; Syarifah Fatimah Al Ilmullah; Alamsyah Alamsyah
Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature Vol 2, No 1 (2022): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/al-fashahah.v2i1.34053

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media gambar dalam penguasaan kosakata (mufradat) bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN 1 Jeneponto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata (mufradat) bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Jeneponto yang berjumlah 256 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Jeneponto yang berjumlah 64 orang yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dengan pengambilan sampel yaitu random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes pre-test dan post-test secara tulisan pada materi “Profesi Medis”. Hasil perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa thitung (5,101) > ttabel (1,999) dengan taraf signifikan 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar efektif dalam penguasaan kosakata (mufradat) bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN 1 Jeneponto.
Efektivitas Metode Resitasi dalam Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas XI Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar Nurul Jihad Hamka; Misnawaty Usman; Susiawati Susiawati
Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature Vol 2, No 1 (2022): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/al-fashahah.v2i1.34048

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode resitasi dalam keterampilan menulis siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode resitasi sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan menulis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Wahdah islamiyah Makassar yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 90 siswa, adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPS 2. Untuk kelas XI Mipa 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan posttest tertulis pada materi “Isim, Fi’il, dan Harfu”. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai ttabel sebesar 2,010 dan thitung sebesar 5,147 dimana menunjukkan 5,147 > 2,010 yang artinya thitung lebih besar dari ttabel maka sebagaimana kaidah pengujian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode resitasi efektif dalam keterampilan menulis siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar.
Kemampuan Menyimak Teks Bahasa Arab Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sulawesi Selatan Aulia Shafira; Muhammad Bachtiar Syamsuddin; Hasmawati Hasmawati
Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature Vol 2, No 1 (2022): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/al-fashahah.v2i1.32991

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menyimak teks bahasa Arab siswa kelas X SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel yang berjumlah 12 orang siswa. Adapun sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel sebanyak 12 siswa yang terdiri dari kelas IIS dengan jumlah siswa 9 orang dan kelas MIA dengan jumlah siswa 3 orang. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan memberikan tes tertulis pada siswa dengan tema “Tempat Tinggal”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa kelas X SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel berada pada kategori baik dengan persentase 78,09%.
Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Berbahasa Arab Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Palu Dina Mutiatunnisa; Mantasiah Rifai; Fatkhul Ulum
Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature Vol 2, No 1 (2022): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/al-fashahah.v2i1.34049

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses penggunaan, serta hasil pembelajaran yang didapatkan khususnya pada peningkatan keterampilan menulis dialog sederhana siswa melalui penggunaan media gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah Palu dengan jumlah siswa 17 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan, yakni 2 kali pertemuan penerapan media dan 1 kali pertemuan evaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diperoleh di siklus I yaitu 66,23 dan siklus II yaitu 84,82. Dengan demikian, ada peningkatan hasil belajar sebesar 18,59%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis dialog sederhana siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X SMK Muhammadiyah
Analisis kesulitan belajar bahasa Arab Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar Ruhana Rustam; Sarah Noviyanti Latuconsina; Enung Mariah
Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature Vol 2, No 1 (2022): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menganalisis tingkat kesulitan belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes diagnostik, angket dan wawancara. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar yang berjumlah 40 siswa dan merupakan sampel total. Hasil analisis data menunjukkan tingkat kesulitan belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar sangat tinggi yakni siswa yang memperoleh nilai antara 0-49 sebanyak 26 siswa yaitu sekitar 65%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yakni beberapa faktor, di antaranya faktor internal, yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar siswa, 2) Kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi, serta 3) Kurangnya minat belajar siswa. Adapun faktor eksternal, yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar dari guru serta media pembelajaran yang monoton, 2) Sarana dan prasarana sekolah, dan 3) Kurangnya penunjang belajar siswa dan kegiatan yang berkaitan dengan bahasa Arab di luar jam pelajaran.Kata kunci : Analisis, Kesulitan belajar, bahasa Arab.ملخص البحثهذا البحث هو بحث وصفية تحليل مستوى صعوبة تعلم اللغة العربية لدى طلاب الفصل الحادي عشر في المدرسة الثانوية محمدية ١ بـجامعة محمدية ماكسر ولوصف العوامل التي تسبب صعوبات تعلم اللغة العربية لدى طلاب الفصل الحادي عشر في المدرسة الثانوية محمدية ١ بجامعة محمدية ماكسر. جمع البيانات بطريقة الملاحظة والاختبار الشخصية والاستبيان والمقابل. عينة المستخدم في هذا البحث هي جميع طلاب الفصل الحادي عشر في المدرسة الثانوية محمدية ١ بجامعة محمدية ماكسر، بعدد ٤٠ طالبًا وهي عينة إجمالية. تظهر نتائج تحليل البيانات بمستوى صعوبات تعلم اللغة العربية الطلاب الفصل الحادي عشر من المدرسة الثانوية محمدية ١ بجامعة محمدية ماكسر أي الطلاب الذين يسجلون ما بين ٠-٤٩ من قبل ۲٦ طالبًا أي حوالي %٦٥. العوامل التي تؤثر على صعوبات تعلم الطلاب هي العوامل الداخلية، وهي: ١) قلة الدافع لدى الطلاب للتعلم، ۲) قلة قدرة الطلاب على فهم المواد التي تسببها الخلفية التعليمية للطلاب، و ٣) قلة اهتمام الطلاب بالتعلم. وأما العوامل الخارجية هي: ١) الافتقار إلى الحافز للتعلم من المعلمين ووسائط التعلم الرتيبة، ۲) المرافق المدرسية والبنية التحتية، ٣) عدم وجود دعم لتعلم الطلاب وكذلك الأنشطة المتعلقة باللغة العربية خارج حصة التعلم.الكلمات المفتاحية: تحليل، صعوبات التعلم، اللغة العربية
Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Model Pembelajaran Make a Match Siswa Kelas VIII SMP Buq’atun Mubarakah Makassar Ibrahim Murdianto; Ambo Dalle; Arief Fiddienika
Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature Vol 2, No 1 (2022): Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59562/al-fashahah.v2i1.34050

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana perencanaan serta proses dan hasil perolehan data dari pembelajaran kosakata bahasa Arab melalui model make a match. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Untuk subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Buq’atun Mubarakah Makassar, yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, tes, serta dokumentasi. Hasil rata-rata siswa 53,66% (Pre-test), dan rata-rata siswa  79% (Siklus I) kemudian meningkat menjadi 97,33% (Siklus II). Dengan demikian hasil dari pembelajaran make a match pada pos-test siklus II dapat dikatakan berhasil meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab melalui model pembelajaran make a match siswa kelas VIII SMP Buq’atun Mubarakah Makassar.

Page 1 of 1 | Total Record : 9