cover
Contact Name
Imam Mahfud
Contact Email
imam_mahfud@teknokrat.ac.id
Phone
+6282280566672
Journal Mail Official
sport@teknokrat.ac.id
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung, Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Sport Science and Education Journal
ISSN : -     EISSN : 27221954     DOI : https://doi.org/10.33365/ssej
Core Subject :
Sport Science and Education Journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development in the field of sports and health education. The articles published in this journal can be the result of research, conceptual thinking, ideas, innovations, best practices, and book reviews.The scopes of this journal include the following topic areas: - Instructional Models - Teaching Methods of Physical Education - Content and Curriculum Knowledge in Sports Education - Health and Nutritions - Children and Content Knowledge of Sports Education - Innovations in Sports and Physical Education
Articles 40 Documents
MODEL APLIKASI SISTEM ORGANISASI PERTANDINGAN SEPAKBOLA LIGA KOTA METRO muna aprilianto; Prahastara Prahastara
SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 2 (2021): SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (928.813 KB) | DOI: 10.33365/ssej.v2i2.1300

Abstract

Peneliti menyusun sebuah program sistem organisasi pertandingan sepakbola berbasis komputerisasi yang bertujuan model ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan sistem pertandingan sepakbola dari mulai proses input data sampai ke tingkat jadwal pertandingan, klasemen, catatan kartu kuning, kartu merah, dan pencetak gol. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) desain draf awal, (3) validasi draf awal dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan revisi, (6) produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) panduan wawancara, (2) angket dan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif pada skala penilaian, deskriptif kualitatif pada masukan penilaian produk dan hasil wawancara. Hasil penelitian dan pengembangan penyusunan model aplikasi sistem pertandingan berbasis komputerisasi bernama “ME System Sepakbola” yang berbentuk link untuk menuju ke file microsoft excel sehingga mudah untuk diakses penyelenggara pertandingan sepakbola.
MODEL LATIHAN DRIBLING SEPAKBOLA UNTUK PEMULA USIA SMA Imam Mahfud; Rizki Yuliandra; Aditya Gumantan
SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL Vol 1, No 2 (2020): SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.863 KB) | DOI: 10.33365/ssej.v1i2.823

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk model latihan dribbling sepakbola untuk pemula usia SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola yang terdiri dari 72 siswa. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah : (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal), (3) ujicoba kelompok kecil, dan (4) ujicoba kelompok besar ( field testing). Uji efektivitas model menggunakan tes keterampilan dribbling untuk mengetahui tingkat kemampuan dribbling anak sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model latihan dribbling yang dikembangkan. Tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat kemampuan dribbling siswa adalah 12.2717 detik. Setelah diberikan perlakuan model latihan dribbling didapatkan tingkat kemampuan dribbling siswa 11.0269 detik. Maka model latihan dribbling sepakbola untuk pemula usia SMA efektif untuk meningkatkan kemampuan dribbling sepakbola. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa : (1) Dengan model latihan dribbling sepakbola untuk pemula usia SMA, dapat dikembangkan dan diterapkan dalam latihan dribbling (2) Dengan model latihan dribbling sepakbola untuk pemula usia SMA yang telah dikembangkan didapatkan bukti adanya peningkatan yang ditunjukkan oleh hasil pengujian data hasil pre-test dan post-test yang terdapat perbedaan yang signifikan antar sebelum dan setelah mendapatkan perlakuan model.
PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN VERTICAL JUMP PESERTA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET SMAN 1 PAGELARAN Reza Adhi Nugroho; Aditya Gumantan
SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL Vol 1, No 1 (2020): SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.673 KB) | DOI: 10.33365/.v1i1.628

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang baiknya kemampuan vertical jump peserta yang mengikuti ektrakurikuler bolabasket SMA N 1 Pagelaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan lompat  terhadap peningkatan vertical jump dalam permainan bolabasket peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMAN 1 Pagelaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan adanya disain pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, peserta yang memenuhi kriteria berjumlah 20 siswa dari 25 siswa yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler bolabasket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu vertical jump test. Sedangkan treatment yang diberikan berupa latihan plyometric dengan beberapa modifikasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler setelah mendapatkan treatment berupa latihan plyometric dengan nilai thitung = 11,903 > ttabel = 1,729.
STUDI EKSPLORASI MOTIVASI DAN MINAT SISWA SMK UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN TINGGI PADA PROGRAM STUDI KEOLAHRAGAAN DI KABUPATEN KENDAL Rian Kurniawan; Muhlisin Muhlisin; Septyani Wahyu Pertiwi
SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 1 (2022): SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.047 KB) | DOI: 10.33365/ssej.v3i1.1774

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi, minat, dan aspek yang mempengaruhi siswa SMK Se-Kabupaten Kendal untuk melanjutkan Perguruan Tinggi pada program studi Keolahragaan.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif prosentase menggunakan metode survei. Populasi adalah siswa SMK Se-Kabupaten Kendal dengan penentuan sampel menggunakan rumus slovin margin eror 6%. Analisis yang digunakan adalah deskriptif prosentase dan angka yang digambarkan dengan menggunakan tabel grafik. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi dan minat siswa SMK Se- Kabupaten Kendal melanjutkan ke Perguruan Tinggi Keolahragaan menunjukan kategori tinggi dengan hasil deskriptif prosentase 71% pada jenjang S1 132 siswa (40%), pada prodi pendidikan jasmani diperoleh hasil 82 siswa (25%). Aspek perasaan senang dan keterlibatan mempengaruhi minat menunjukan kategori tinggi. Motivasi siswa melanjutkan pendidikan tinggi karena ingin menjadi orang suskses, di prodi keolahragaan siswa termotivasi ingin menjadi atlet dipengaruhi oleh diri sendiri. Dari hasil analisi data aspek yang mempengaruhi motivasi siswa melanjutkan ke perguruan tinggi yaitu adany
MODEL LATIHAN PASSING (WP) PERMAINAN SEPAKBOLA UNTUK TINGKAT PEMULA SISWA SMA Galang Pakarti Mahardika; Doby Putro Parlindungan
SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 1 (2021): SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.601 KB) | DOI: 10.33365/ssej.v2i1.1011

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan passing pada permainan sepakbola. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola SMA yang terdiri dari 56 anak. Uji efektifitas menggunakan tes passing dan control bola untuk mengetahui tingkat keterampilan passing sepakbola siswa SMA sebelum pemberian treatment berupa model latihan passing yang dikembangkan dan untuk mengetahui tingkat kemampuan passing setelah perlakuan atau treatment model latihan passing yang dikembangkan. Tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat kemampuan siswa sebesar 715, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model latihan passing diperoleh tingkat kemampuan passing siswa sebesar 889. Berdasarkan hasil pengembangan didapatkan bahwa dengan model latihan passing siswa Sekolah Menengah Atas dapat berlatih materi passing sepakbola secara efektif dan efisien. Dengan model latihan passing permainan sepakbola untuk tingkat pemula usia sekolah menengah atas yang telah dikembangkan, diperoleh bukti adanya peningkatan ini di tunjukan pada hasil pengujian data hasil pretest dan posttest adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan model.
MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI CEPAT MELALUI MODEL PERMAINAN MODIFIKASI SD NEGERI WAJAK 02 KAB. MALANG Alfian Yahya
SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL Vol 1, No 2 (2020): SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.386 KB) | DOI: 10.33365/ssej.v1i2.776

Abstract

Gerak dasar lari merupakan salah satu gerak yang penting bagi perkembangan motorik siswa. Siswa yang dapat mempraktikkan gerak dasar lari sesuai dengan teknik yang benar tentunya nanti akan dapat memperbaiki keterampilan psikomotor anak sehingga anak menjadi bugar dan tumbuh kembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran gerak dasar lari cepat sekolah dasar melalui permainan yang dimodifikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam menganalisis dan penyajiannya. Angka-angka yang muncul pada penelitian ini digunakan untuk mendukung data kualitatif yang diperoleh dari observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase untuk skor keterampilan gerak dasar lari cepat siklus 1 pertemuan 1 sebesar 45,18% dengan kategori kurang baik, pada siklus 1 pertemuan 2 mengalami peningkatan sebesar 55,93% tergolong dalam kategori kurang baik, pada siklus 1 pertemuan 3 mengalami peningkatan sebesar 67,40% tergolong dalam kategori cukup baik, pada siklus 2 pertemuan 2 mengalami kenaikan sebesar 77,77% tergolong kategori baik, dan pada siklus 2 pertemuan 2 mengalami kenaikan yang baik mencapai 90,36% tergolong kategori baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran dengan menerapkan metode permainan yang dimodifikasi dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran gerak dasar lari cepat di SD Negeri Wajak 02 Kab. Malang.
HUBUNGAN ANTARA KELENTUKAN PERSENDIAN PINGGUL DAN PANJANG TUNGKAI DENGAN RENANG GAYA BEBAS SISWA SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG Herlin Armisesna; Novi Sefriana
SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 2 (2021): SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.672 KB) | DOI: 10.33365/ssej.v2i2.1308

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui data secara empiris mengenai Hubungan Antara Kelentukan Persendian Pinggul dan Panjang Tungkai Dengan Renang Gaya Bebas Siswa Putra yang Mengikuti Ekstrakurikuler Renang di SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Sampel siswa mengikuti ekstrakurikuler renang berjumlah 15 siswa putra. Instrumen penelitian tes kelentukan persendian pinggul yaitu dengan The Modified Sit and Reach Test, tes panjang tungkai menggunakan alat ukur Anthropometer, dan tes hasil renang gaya bebas digunakan tes dengan sprint gaya bebas berjarak 25 meter. Analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi carl pearson dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,644 artinya ada hubungan yang signifikan antara kelentukan persendian pinggul dengan renang gaya bebas (2) diperoleh koefisien korelasi 0,673 sehingga ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dengan renang gaya bebas (3) diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,843 sehingga ada hubungan yang signifikan antara kelentukan persendian pinggul dan panjang tungkai terhadap renang gaya bebas. 
PEMULIHAN SUHU TUBUH DAN DENYUT JANTUNG DENGAN METODE SPORT MASSAGE DAN STRETCHING STATIS SETELAH BERENANG Rodhi Rusdianto Hidayat; Ibrahim Ibrahim
SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 1 (2021): SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1054.458 KB) | DOI: 10.33365/ssej.v2i1.1000

Abstract

The aim of this study was to discover the difference in effectiveness between sports massage, stretching, and conventional recovery in healing body temperature and heart rate after swimming based on the gender of the child. This study used an experimental method with a 2x3 factorial design involving independent variables in the form of the effectiveness of conventional sports massage, stretching, and recovery, and the dependent variables in the form of body temperature and heart rate. We were found that the stretching technique was more effective in restoring body temperature. Meanwhile, conventional massage and recovery techniques are more effective in restoring heart rate. During the Covid-19 pandemic, trainees needed a faster recovery using sports massage and/or conventional recovery methods, to speed up recovery from fatigue and accelerate fitness improvement.
Hubungan Kecepatan dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Mahasiswa UKM Sepakbola Universitas Lampung Tahun 2019 Ziko Fajar Ramadhan; Surisman Surisman; Ade Jubaedi
SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL Vol 1, No 1 (2020): SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.979 KB) | DOI: 10.33365/.v1i1.621

Abstract

Kontribusi kecepatan dan kekuatan otot tungkai terhadap keterampilan menggiring bola mahasiswa UKM sepakbola universitas lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kecepatan dan kekuatan otot tungkai terhadap keterampilan menggiring bola Mahasiswa UKM sepak bola Universitas Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 22 Mahasiswa. Analisis data menggunakan uji korelasi kecepatan sebesar 0.953 > 0.320 dan Kekuatan otot tungkai sebesar 0.946 > 0.320. Berdasarkan pengujian hipotesis ternyata ada korelasi antara kecepatan dan kekuatan otot tungkai terhadap keterampilan menggiring bola. Variabel  kecepatan  memiliki hubungan yang lebih besar dibanding dengan variabel yang lain terhadap keterampilan menggiring bola, dan variabel daya ledak otot tungkai juga memiliki korelasi yang signifikan terhadap keterampilan menggiring bola pada tim UKM sepak bola Universitas Lampung Tahun 2019.
VARIASI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SLB-C KASIH BUNDA LAMPUNG SELATAN Rachmi Marsheilla Aguss
SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 1 (2022): SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.844 KB) | DOI: 10.33365/ssej.v3i1.1890

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi untuk anak berkebutuhan khusus di Slb-C Kasih Bunda Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Sampel penelitian ini adalah proses pembelajaran Penjas Adaptif di Slb-C Kasih Bunda Lampung Selatan. Hasil penelitian yang diperoleh, pada pembelajaran Penjas Adaptif 1 guru Penjas Adaptif yang memimpin proses pembelajaran. Pada murid tunagrahita dalam menyampaikan pembelajaran perlu memodifikasi pembelajaran yang akan disampaikan misalnya peraturan yang digunakan, alat atau media yang digunakan. Pembelajaran yang diberikan kepada murid tidak semua murid dapat melakukannya sendiri, bagi murid yang tidak dapat melakukan tugas gerak sendiri maka guru pendamping akan membantu murid tersebut. Pada kelas kecil (Tingkat Persiapan dan SDLB) proses pembelajaran dilakukan bersamaan dan materi yang sama, begitu pula pada kelas besar (SMPLB dan SMALB) proses pembelajaran Penjas Adaptif dilakukan bersamaan dan dengan materi yang sama pula. 

Page 1 of 4 | Total Record : 40