cover
Contact Name
Buhuts Al Athfal
Contact Email
ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com
Phone
+6285277363733
Journal Mail Official
ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com
Editorial Address
Jl. T Rizal Nurdin km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan 22733 Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD meliputi; pengembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan artistik dan kreatif, parenting, lembaga pengelola PAUD, asessmen perkembangan anak usia dini, psikologi perkembangan anak, pemberdayaan anak, strategi pembelajaran, bermain alat pendidikan, media pembelajaran, inovasi dalam pendidikan anak usia dini dan berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Buhuts Al Athfal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu Edisi 1 pada bulan juni, Edisi 2 pada bulan Desember, dan telah memiliki nomor registrasi p-ISSN: 2797-3107 dan e-ISSN: 2797-0205 diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
Buhuts Al Athfal
ISSN : 27973107     EISSN : 27970205     DOI : https://doai.org/10.24952/AlAthfal
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD meliputi; pengembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan artistik dan kreatif, parenting, lembaga pengelola PAUD, asessmen perkembangan anak usia dini, psikologi perkembangan anak, pemberdayaan anak, strategi pembelajaran, bermain alat pendidikan, media pembelajaran, inovasi dalam pendidikan anak usia dini dan berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Buhuts Al Athfal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu Edisi 1 pada bulan juni, Edisi 2 pada bulan Desember, dan telah memiliki nomor registrasi p-ISSN: 2797-3107 dan e-ISSN: 2797-0205 diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023)" : 10 Documents clear
Hubungan Perhatian Orangtua terhadap Perkembangan Moral Sosial pada Anak Usia Dini Ahmad Afandi; Ihsan Mulia Siregar; Leni Indriani
BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/alathfal.v3i1.5005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh perhatian orangtua terhadap perkembangan moral sosial pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 responden merupakan orangtua yang memiliki anak usia dini di PAUD Anak Ki Do Hamoraon Desa Bandar Tarutung. Teknik analisis data menggunakan aplikasi (statistical product and service solutions) SPSS versi 23.  Hasil Penelitian menunjukan hasil thitung perhatian orangtua sebesar 6.991, ttabel sebesar 2.00958 (thitung ttabel) dan signifikan 0,000 0,05. Jadi, disimpulkan bahwa perhatian orangtua memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan moral sosial anak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber acuan dan referensi bagi peran orangtua dalam memberikan perhatian kepada anak, agar dapat mengembangkan moral sosial mereka. Kepada orangtua diharapkan dapat mengontrol, memberikan arahan dan juga bimbingan terhadap perkembangan sosial serta meminimalisir dampak negatif yang dapat ditimbulkan.
Pendidikan Anak Usia Dini Berpedoman dengan Psikologi Islam Ade Rabiah Nasution; Iffatul Fauza; Mirna Wati; Nurul Aini; Nashran Azizan
BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/alathfal.v3i1.8225

Abstract

The purpose of this observe is to give an explanation for early adolescence schooling based on Islamic psychology and understand infant psychology and conduct primarily based at the concept of monotheism via a mixture of knowledge and perception. Islamic psychology is a shape of psychology which is primarily based specially at the description of Muslim people who have clear distinctiveness and this conduct is a mirrored image in their stories within the interaction of the arena and the religious surroundings with the intention and goal of improvement. Islamic first-class. The health of spiritual existence and the happiness of the afterlife in Islamic education lays the foundation of the Qur'an for the desires and coaching substances of Islamic education, particularly Islamic education. getting to know is done through exciting and applicable methods to obtain the predicted desires of Islamic training in Indonesia. The studies used in this paintings is library research and makes use of a important descriptive approach that emphasizes the ability to investigate records via textual content and principle. The outcomes of literature studies and the remark that kids are satisfactory seeds can encompass primary human values. however in next developments the human soul is no longer stable. Western education has a tendency to overemphasize intelligence (cognitive) and ignore mental (affective) functions. Islamic psychology is gift in the world of early childhood training as a brand new paradigm that views people as a whole and intact. children now not most effective recognize standard principles but additionally Islamic ideas about humans and feature the bodily and intellectual capacity to forge a near courting between the 2. so as for kids to come to be best human beings, they deal with nature, protect it and look at the commandments of God.
Implementasi Kesetaraan Gender pada Pendidikan Anak Usia Dini Anisa Putri; Darul Arifin; Ali Wardhana Manalu; Novita Cahyani
BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/alathfal.v3i1.7448

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami bagaimana kesetaraan gender diimplementasikan dalam pendidikan anak perempuan di sekolah umum. Berkenaan dengan interaksi antara pria dan wanita, tidak ada perbedaan gender antara kedua kategori orang tersebut. Memahami kesetaraan gender di kelas dapat membantu siswa tidak menjadi egois tentang apa yang mungkin menjadi sumber serangan pribadi bagi mereka. Oleh karena itu, penting untuk memahami kesetaraan gender di kelas agar siswa perempuan dapat meningkatkan kinerja dan kualitas hidupnya. Stereotip tentang peran dan posisi laki-laki dan anggota perempuan masyarakat umum yang menjadi sasaran dominasi laki-laki terus menjadi sumber utama ketegangan dalam relasi gender masyarakat modern. Hal ini disebabkan maraknya laki-laki dalam kehidupan publik dalam jarak dekat ketika mereka bertukar kelamin dengan perempuan. Jika laki-laki tersubordinasi oleh perempuan, akibatnya adalah ketidakberdayaan laki-laki, yang membuatnya menjadi oportunis perempuan dalam laporan. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan data penelitian dengan analisis data. Teknik pengumpulan data berupa wawancara (interview) dengan jalan tanya jawab sepihak yang dilakukan secara sistematis dan berlandaskan kepada tujuan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini berupa responden dan observasi. Teknik pengumpulan data berupa laporan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan anak usia dini juga diharapkan mampu mengikuti dan mengefektifkan diri agar terjalinnya kesatuan dalam pendidikan yang nantinya berupa penggalian keterampilan dan kemampuan anak.
Dasar Perkembangan Berfikir Anak Usia Dini dalam Presfektif Al-Qur’an dan Hadis Homsani Homsa Nasution; Nur Imam Mahdi; Zayyana Zahrotul Fitri
BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/alathfal.v3i1.7545

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman Perkembangan kemampuan berfikir melalui presfektif Al-Quran Dan Hadis, perkembangan kognitif sangat penting untuk kemampuan anak dalam mengeksplorasi lingkungan, karena berkaitan dengan pikiran seorang anak. Semakin bertambah besarnya koordinasi dan pengendalian motorik, maka dunia kognitif anak berkembang pesat, makin kreatif, bebas dan imajinatif. Pencapaian berfikir anak juga memiliki tujuan untuk membentuk kepribadian dalam berfikir yang baik sebagai manusia individual dan sosial serta menjadi hamba Allah Swt yang mengabadikan dirinya hanya kepada-Nya. Setiap pelaksanaan kegiatan sehari-hari sudah di atur dan di tata dalam kajian Al-Quran dan sunnah. Latar belakang dari penelitian  ini adalah menganalisis dasar perkembangan berfikir anak usia dini dalam kajian Al-Quran. Dalam agama Islam menjabarkan bahwa kemampuan berfikir harus di dasari oleh Al-Quran dan sunnah. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research), penelitan ini yang dikaji melalui penelitian pustaka dengan data kualitatif yang bersumber informasi yang dikaji sumber literasi dan buku, tekni pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Setiap aspek kognitif yang dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini dengan tujuan untuk mempersipkan anak menjadi manusia yang mampu menjalankan kehidupan kedepannya dengan cara berfikir logis dan didasari oleh Al-quran dan sunnah.
Implementasi Pengembangan Agama dan Akhlak Anak Usia Dini di RA Maikha Palembang Nurul Amelia; Nadia Aisya
BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/alathfal.v3i1.7551

Abstract

Agama adalah aturan dan wahyu Tuhan yang sengaja diturunkan agar manusiahidup teratur, damai sejahtera, bermartabat dan bahagia baik di dunia maupun diakhirat. Eksistensi agama merupakan kebutuhan primer bagi seluruh umat manusia didunia ini. Kedudukan agama bersifat primer maka agama sangat perlu ditanamkan sejak dini kepada anak didik kita. Menanamkan nilai-nilai agama kepada anak adalah tugas para orang tua selaku guru pertama dan utama di rumah dan keluarga, juga merupakan tugas guru di sekolah. Agama sangat berperan dalam pembentukan perilaku setiap anak, sehingga pribadi yang dimilikinya akan mudah berbaur sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Kemudian, Pengembangan Akhlak sangat erat kaitannya dengan budi pekerti seorang anak, sikap sopan santun, dan kemauan melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan kegiatan keagaaman di RA MALIKA berupa kegiatan pengembangan agama dan akhlak saat proses pembelajaran, strategi dan metode pengembangan agama dan akhlak, media atau alat peraga edukatif (APE) dalam pengembangan agama dan akhlak, serta peran orangtua dalam pengembangan agama dan akhlak.
Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini pada Kurikulum Merdeka di RA Aisyiyah Jintap Ponorogo Muhammad Azam Muttaqin; Dina Khairiah; Maghfur Hasbullah
BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/alathfal.v3i1.5258

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan pembelajaran PAUD pada kurikulum Merdeka di  RA Aisyiyah Jintap Ponorogo, implementasi pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara, dan dokumentasi lalu diuji keabsahannya setelah itu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Silabus pembelajaran PAUD dituangkan dalam bentuk perencanaan semester, perencanaan mingguan, dan perencanaan harian. (2) Pelaksanaan pembelajaran di RA Aisyiyah Jintap dimulai dengan happy morning, kegiatan pembiasaan, transisi, pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan selama main, pengenalan salat, dan penutup. (3) Asesmen pembelajaran di RA Aisyiyah Jintap dilakukan melalui pengamatan, pencatatan anekdot, dan portofolio
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Penerapan Model Pembelajaran Make a Match KB Armilla Nusa Desa Mekarwangi Mei Siti Nurmedisyah; Nika Cahyati
BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/alathfal.v3i1.5874

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas 2022/2023 subyek penelitian adalah anak KB Armilla Nusa Desa Mekarwangi yang berjumlah 10 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi  dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match di KB Armilla Nusa Desa Mekarwangi. Jenis penelitian ini memanfaatkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada semester I tahun 2022/2023. Analisis data digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendapatkan hasil terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf anak setelah pemberian tindakan dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match. Berdasarkan tindakan prasiklus diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak sejumlah 2 anak atau 20%. Siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak sejumlah 4 anak atau sebesar 40%. Siklus II ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak mengalami peningkatan sejumlah 6 anak atau sebesar 60%. Siklus III diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak sejumlah 8 anak atau sebesar 80%. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa anak KB Armilla Nusa mengalami peningkatan 80% ketika mengenal huruf setelah menerapkan model pembelajaran Make A Match yang merupakan kriteria berkembang sangat baik (BSB).
Pembelajaran Matematika Menyenangkan bagi Anak Usia Dini melalui Media Fuzzle Interaktif Eva Monika Safitri Lubis; Didik Reski Suryani; Fitriani Fitriani; Adek Safitri
BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/alathfal.v3i1.7908

Abstract

In the midst of the Covid-19 pandemic, teachers and children (students) have had to undergo an educational transformation that suddenly forced them to embrace digital learning to support online teaching. In the context of mathematics, teachers can use interactive media as a digital device that can trigger active, fun math understanding for early childhood. The purpose of this study was to see student acceptance during learning using interactive puzzle media. This research method is a qualitative method and literature study. The results showed that interactive puzzle media can improve the ability to recognize geometric shapes in early childhood. Because interactive puzzle media is a learning medium that can improve aspects of early childhood development, when using interactive puzzle media children do not feel they are learning but they are playing and by using interactive puzzle media children's learning activities become more fun so children are more interested in learning. follow the learning and the learning outcomes obtained will be better. 
Kemampuan Berhitung Anak 4-5 Tahun Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Loosepart Dea Meideana Haristiaputri; Nika Cahyati
BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan kemampuan mengenal bilangan dan berhitung pada anak usia prasekolah sangat penting karena kemampuan ini merupakan kemampuan awal yang nantinya berguna pada kehidupan sehari-hari. Mengingat masih banyak ditemui anak yang masih kurang dalam mengenal bilangan dan berhitung maka perlu segera diatasi melalui model pembelajaran Make a Match dengan media Loose Part yang bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan dan bagaimana peningkatan kemampuan berhitung anak melalui model Make a Match dan media Loose Part. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis Mc Taggart yaitu berbentuk spiral dari siklus satu ke siklus berikutnya yang setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini peserta didik TK Bina Putra yang berjumlah 10 anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai peningkatan kemampuan berhitung melalui media loose part dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Bina Putra dari hasil data persentase siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sebanyak 50,6% , siklus II diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sebanyak 70,4% , siklus III diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sebanyak 90,8%. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari siklus I, siklus II, siklus III sudah terjadi peningkatan, dengan demikian dinyatakan bahwa dengan penggunaan media loose part dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Bina Putra.
Implementasi Pembelajaran Al-Qu’ran terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Nur Asrima Pasaribu
BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/alathfal.v3i1.6851

Abstract

This study aims to implement learning the Koran on the development of religious and moral values in early childhood at RAQ HAJJAH HALIMATUN, using data collection methods, which include: observation, interviews, and documentation. And the results obtained by this study are that children can get to know the religion of Islam, children can know the names of surahs, children have also memorized daily prayers that are usually done, and children can also know how to be polite, respect those who are more aged, and also can adapt to the surrounding environment.

Page 1 of 1 | Total Record : 10