cover
Contact Name
Mohamad Aji Prasetia
Contact Email
research.yana@gmail.com
Phone
+6285297583822
Journal Mail Official
research.yana@gmail.com
Editorial Address
Head Office : Jl. Sisingamangaraja Nomor 171 Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara Editorial Office : Jl. Bilal Ujung, Kota Medan, Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Relevan
ISSN : 28088832     EISSN : 28088670     DOI : -
Core Subject : Education,
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang Pendidikan Matematika. Jurnal ini memuat hasil penelitian, studi literatur/literatur, studi empiris, studi kasus, evaluasi, studi kebijakan, isu pendidikan terkini, atau resensi buku, yang terbit enam kali dalam setahun (Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, dan Desember). Relevan : Journal of Mathematics Education with p-ISSN : 2808-8832 and e-ISSN : 2808-8670. This journal is managed by the Amanah Nur Aman Foundation with the theme in the field of Mathematics Education, Relevant: Journal of Mathematics Education, dedicated to all practitioners, academics, researchers, and observers in the field of Mathematics Education. This journal contains research results, literature studies, empirical studies, case studies, evaluations, policy studies, current education issues, or book reviews, which are published six times a year (February, April, June, August, October, and December).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika" : 20 Documents clear
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PROGRAM LINIER Mustofa Akhyar; Mardianto; Siti Maysarah
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.935 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kesulitan siswa kelas XII IPA dalam mengerjakan soal cerita pada materi program linier berdasarkan analisis Newman. (2) Penyebab siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linier. (3) Upaya mengatasi kesulitan mengerjakan soal cerita pada materi program linier. Analisis terhadap kesalahan yang dilakukan dalam mengerjakan soal cerita pada materi program linier yaitu: (1) Kesalahan dalam membaca masalah,(2) Kesalahan dalam memahami masalah,. (3) Kesalahan dalam transformasi masalah, (4) Kesalahan dalam keterampilan proses. (5) Kesalahan dalam penulisan jawaban akhir Adapun upaya dalam mengatasi siswa YANG mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal cerita pada materi program linier adalah dengan: (1) Mengikuti bimbingan belajar, (2) Melakukan edukasi yang baik antara guru dengan para siswa di kelas. (3) Melakukan diskusi kelompok antar teman sejawat, (4) Saling membahas penyebab siswa mendapatkan remedial serta mencari solusinya, serta; (5) Diadakannya bimbingan pribadi antar guru dengan murid. Kata Kunci: Analisis Kesulitan; Soal Cerita; Program Linear; Metode Newman.   ABSTRACK       This study aims to determine: (1) The level of difficulty of class XII science students in working on story problems on linear programming material based on Newman's analysis. (2) The cause of students' difficulties in solving story problems on linear programming material. (3) Efforts to overcome the difficulties of working on story problems on linear programming material. Analysis of the errors made in working on story problems on linear programming material, namely: (1) Errors in reading the problem, (2) Errors in understanding the problem,. (3) Errors in problem transformation, (4) Errors in process skills. (5) Errors in writing the final answer. The efforts to overcome students who have difficulty in working on story questions on linear program material are: (1) Following tutoring, (2) Conducting good education between teachers and students in class. (3) Conduct group discussions among peers, (4) discuss the causes of students getting remedial and find solutions, and; (5) The holding of personal guidance between teachers and students.  Keywords: Difficulty Analysis; Story Problems; Linear Programming; Newman's method.
PERBANDINGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI METODE DRILL DAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK : PERBANDINGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI METODE DRILL DAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK Adelia Wulandari Tanjung; Salim; Indra Jaya
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.964 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Perbandingan Kreativitas melalui Metode Drill  dan Pendekatan Matematika Realistik pada Materi Program Linier di Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasinya seluruh siswa kelas XI IPA SMA Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung. Sampel penelitian ini adalah kelas  XI IPA1  sebagai kelas eksperimen A yang diajar dengan metode drill dan kelas  XI IPA2  Sebagai kelas eksperimen B yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Pendekatana Matematika Realistik. Penelitian ini menggunakan 5 butir tes soal kemampuan kreativitas siswa. Kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik analisis varians dilanjutkan dengan Uji Tukey. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) Terdapat perbandingan kemampuan kreativitas yang diajar menggunakan metode drill dan Pendekatan Matematika Realistik. Kata Kunci : Drill; Pendekatan Matematika Realistik; Kreativitas Siswa.   ABSTRACT       This study aims to determine; The Comparison of Student’screativity and Mathematics the Drill method and Tealistic Mathematics Aprroach in Linier Program Materisals at the Cerdas Murni Tembung Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. This research is an experimental study with the population of all students of class XI IPA SMA Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung. The sample of this research is class XI IPA1  as experimental class A which is taught by drill method and clas XI IPA2  as experimental class B which is taught using Realistic Mathematics Approach Learning Model. This study uses 5 test items about students creativity abilities. Then analyzed descriptive using anlysisis of variance technique followed by Tukey test. Based on the reasult of the study, the following conclusions were obtained; (1) there was a comparison of creativity abilities taught using the drill method and realistic mathematics Approach.  Keywords ; Drill; Realistics Mathematics Approach; Student Creativity.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MAKE A MATCH BERBANTUAN AUTOPLAY Sri Wahyuni Dalimunthe; Nurmawati; Fibri Rakhmawati
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.98 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika make a match berbantuan autoplay untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yakni pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi yang digunakan untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, angket respon siswa, angket respon guru, dan tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yakni RPP dengan skor kevalidan 3,73, LKPD yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan skor 3,82 dan 3,67, serta media pembelajaran yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan skor 3,93 dan 3,67. Respon guru dan siswa dengan persentase 82% dan 87,5% dengan kategori praktis. Selanjutnya, media pembelajaran yang dikembangkan dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan kategori interpretasi indeks Gain ternormalisasi 0,3<g<0,7 tergolong sedang. Kata Kunci: Pengembangan; Make A Match; Autoplay; 4D.   ABSTRACT       This study aims to develop make a match mathematics learning tools assisted by autoplay to determine the validity, practicality, and effectiveness of the developed learning tools. This type of research is development research that refers to the 4D development model, namely definition, design, development, and dissemination. The instruments used in this study were validation sheets which were used to measure the validity of the developed learning tools, student response questionnaires, teacher response questionnaires, and learning outcomes tests. The learning tools developed were lesson plans with a validity score of 3.73, LKPD validated by material experts and media experts with a score of 3.82 and 3.67, and learning media validated by material experts and media experts with a score of 3.93 and 3. ,67. The responses of teachers and students with a percentage of 82% and 87.5% in the practical category. Furthermore, the learning media developed with a significant increase in learning outcomes in the interpretation category of the normalized Gain index of 0.3 <g <0.7 is moderate. Keywords : Development; Make A Match; Autoplay; 4D.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Asminar Siregar; Masganti Sitorus; Reflina
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.94 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimna cara mengembangkan media pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi canva yang pertama yaitu menganalisis karakteristik peserta didik dan media pembelajaran, yang kedua mendesain atau merancang terlebih dahulu media dan materi ketiga yaitu mengembangkan media yang sudah dirancang atau didesain keempat yaitu mengujicobakan media yang akan dikembangkan kepada peserta didik, yang terakhir yaitu mengevaluasi apakah media yang dikembangkan bisa meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Satu Varibael (SPLSV). Tingkat kelayakan dari media dengan menggunakan canva dari dua validator mencapai skor rata-rata sebesar 84,5% dengan kategori sangat baik/valid. Tingkat keefektifan dari media pembelajaran yang dikembangkan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media (pre tes) dan sesudah menggunakan media (post tes) mencapai selisih/perbandingannya sebesar 50 dan 66.  Berdasarkan hasil dari perbandingan dari keduanya diperoleh nilainya sebesar 0,32 dengan kategori baik/cukup efektif meninggkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Pengembangan ; Media Pembelajaran; Canva; Motivasi Belajar.   ABSTRAK          The purpose of this study is how to develop mathematics learning media using the Canva application, the first is to analyze the characteristics of students and learning media, the second is to design or design the media and the third material is to develop media that has been designed or designed, the fourth is to test the media that has been designed. will be developed for students, the last one is evaluating whether the developed media can increase students' learning motivation on the material of Single Variable Linear Equation System (SPLSV). The feasibility level of the media using Canva from the two validators reached an average score of 84.5% in the very good/valid category. The effectiveness level of the developed learning media increased students' learning motivation before using the media (pre test) and after using the media (post test) reaching a difference of 50 and 66. Based on the results of the comparison of the two, the value was 0.32 with the category good/quite effective in increasing students' learning motivation. Keywords: Development; Instructional Media; Canva; Motivation to learn
PERBEDAAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN SNOWBALL THROWING DAN SNOWBALL DRILLING Ramadhika Farhan Husein
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.98 KB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud guna mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling di kelas XI SMA Negeri 1 Kutacane. Penelitian ini secara kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitiannya adalah semua kelas XI SMA Negeri 1 Kutacane tahun ajaran 2021-2022 dengan jumlah 8 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XI IPA Inti 1 dan XI IPA Inti 2 dengan cara cluster random sampling yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II. Instrumen tes menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan cara analisis varians. Hasil temuan ini menunjukkan: Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling pada materi Program Linear;  Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling pada materi Program Linear; Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling pada materi Program Linear. Kata Kunci : Berpikir Kritis; Pemahaman Konsep; Snowball Throwing; Drilling.   ABSTRAK        This study aims to determine the difference between critical thinking skills and the ability to understand mathematical concepts of students who are taught using the Snowball Throwing Type Cooperative learning model and the Snowball Drilling Cooperative learning model in class XI SMA Negeri 1 Kutacane. This research is quantitative, with a quasi-experimental type of research. The research population is all class XI SMA Negeri 1 Kutacane for the academic year 2021-2022 with a total of 8 classes. The sample used by the researcher was class XI IPA Core 1 and XI IPA Core 2 by means of cluster random sampling with 30 students in each class to be used as experimental classes I and II. The test instrument uses a test in the form of a description. Data analysis was carried out by means of analysis of variance. These findings indicate: There are differences in students' critical thinking skills in mathematics taught by the Cooperative learning model of Snowball Throwing Type and the cooperative learning model of the Type of Snowball Drilling in the Linear Program material; There are differences in the ability to understand mathematical concepts of students who are taught with the Cooperative learning model of the Snowball Throwing Type and the cooperative learning model of the Snowball Drilling Type on the Linear Program material; There are differences in critical thinking skills and the ability to understand mathematical concepts of students who are taught with the Snowball Throwing Type Cooperative learning model and the Snowball Drilling Cooperative learning model in the Linear Program material. Keywords: Critical Thinking; Concept Understanding; Snowball Throwing; Drilling.
PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR Auliyah Zahira; Nurmawati; Tanti Jumaisyaroh
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.949 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa, Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa, Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap hasil belajar matematika siswa, Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI M.A Y.P Miftahul’Ulum Dolok Masihul tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 4 kelas, sedangkan yang dijadikan sampel 2 kelas XI IPS-1 dan XI IPS-2 yang berjumlah 25 orang masing-masing kelas. Analisis data dilakukan dengan uji analisis Paired Sample t-Test. Instrument yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil temuan ini menunjukkan : 1). Adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa. 2). Adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa. 3). Adanya model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap hasil belajar matematika siswa. 4). Adanya model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap motivasi belajar matematika siswa. Kata kunci : Motivasi; Hasil Belajar; Problem Based Learning; Missouri Mathematics Project.   ABSTRAK        This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning on student mathematics learning outcomes, the effect of the problem based learning model on students’ mathematics learning motivation, the effect of the Missouri mathematics project learning model on students’ mathematics learning outcomes, the effect of the mathematics project learning model on students’ mathematics learning motivation. This research is a quantitative research with a quasi-eksperimental type of research. The population is all students of class XI M.A Y.P Miftahul’Ulum Dolok Masihul for the academic year 2021/2022, totaling 4 classes XI IPS-1 and XI IPS-2, totaling 25 people in each class. Data analysis was carried out by using the Paired Sample t-Test analysis test. The instruments used are tests and questionnaires. These findings show : 1). There is an effect of Problem Based Learning on students’ mathematics learning outcomes. 2). There is an effect of Problem Based Learning on students’ mathematics learning motivation, 3). There is an effect of Missouri Mathematics Project on students’ mathematics learning outcomes. 4). There is an effect of Missouri Mathematics Project on students’ mathematics learning motivation. Keywords : Motivation; Learning outcomes; Problem Based Learning; Missouri Mathematics Project.
EFEKTIVITAS STRATEGI INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Ainun Palihah; Nurmawati; Riri Syafitri Lubis
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.937 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan induksi matematika di kelas XI MAN 3 Mandailing Natal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas XI MIA MAN 3 Mandailing Natal. Dipilih sampel sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIA 1 dengan jumlah 20 siswa dan XI MIA 2 dengan jumlah 20 siswa. Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t-test. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan strategi pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap kemampuan pemecahan maslah siswa di kelas XI MIA 1 dan MIA 2 dengan nilai sig (2- tailed) atau P-value sebesar 0,008. Kesimpulannya terdapat efektivitas strategi pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci : Inquiry; Discovery Learning; Pemecahan Masalah.   ABSTRACT         This study aims to determine the effectiveness of inquiry learning and discovery learning strategies on students' problem solving abilities on the subject of mathematical induction in class XI MAN 3 Mandailing Natal. This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population is all class XI MIA MAN 3 Mandailing Natal. A sample of 2 classes was selected, namely class XI MIA 1 with 20 students and XI MIA 2 with 20 students. Data analysis was conducted by using independent sample t-test. These findings indicate that there is an effective use of inquiry learning and discovery learning strategies on the problem solving ability of students in class XI MIA 1 and MIA 2 with a sig (2-tailed) or P-value of 0.008. In conclusion, there is the effectiveness of inquiry learning and discovery learning strategies on students' problem solving abilities.  Keywords : Inquiry; Discovery Learning; Solution to problem.  
PENGARUH NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH Al Bisilla Al Ali Daulay; Indra Jaya; Isran Rasyid Karo-Karo
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.885 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran numbered head together dan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X MAS NU Sibuhuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAS NU Sibuhuan tahun pelajaran 2020-2021 yang berjumlah 8 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah siswa kelas X MIA  1 dan X MIA  2 yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dan kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey.  Hasil temuan ini menunjukkan:1) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik daripada model pembelajaran numbered head together. 2) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa lebih baik daripada model pembelajaran numbered head together. 3) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik daripada model pembelajaran numbered head together. 4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci : Numbered Head Together; Problem Based Learning; Berpikir Kritis; Pemecahan Masalah   ABSTRACK      This study aims to determine the effect of numbered head together and problem based learning learning models on students' critical thinking and problem solving abilities on the material of a three-variable linear equation system in class X MAS NU Sibuhuan. This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population is all students of class X MAS NU Sibuhuan for the academic year 2020-2021, totaling 8 classes. The samples used by the researchers were students of class X MIA 1 and X MIA 2, each of which amounted to 30 students to serve as the experimental class determined by random sampling. Data was collected using a test instrument for students' critical thinking skills and problem solving abilities. Data analysis was carried out by analysis of variance (ANOVA) and then continued with the Tukey test. These findings indicate: 1) the effect of the problem based learning model on students' critical thinking and problem solving abilities is better than the numbered head together learning model. 2) the effect of the problem based learning model on students' critical thinking skills is better than the numbered head together learning model. 3) the effect of the problem based learning model on students' problem solving abilities is better than the numbered head together learning model. 4) there is no interaction between the learning model on students' critical thinking skills and problem solving abilities. Keywords : Numbered Head Together; Problem Based Learning; Critical thinking; Solution to problem.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR THINK TALK WRITE DAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA MATERI TRIGONOMETRI Ade Siti Armila; Yahfizham; Tanti Jumaisyaroh Siregar
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.947 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Think-Talk-Write dan Learning Start with a Question pada materi trigonometri. Penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh kelas X yang berjumlah 5 kelas. Sedangkan yang dijadikan sampel 2 kelas yaitu kelas X1 berjumlah 30 siswa dan X2 berjumlah 30 siswa, sehingga sampel   seluruhnya  berjumlah 60 siswa. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika adalah tes yang berbentuk soal essay yang sudah divalidasi berjumlah 5 soal. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensi. Hasil temuan ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write lebih baik pada materi trigonometri; (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Learning Start with a Question cukup baik pada materi trigonometri. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa yang berkemampuan penalaran induktif mupun deduktif lebih sesuai diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write daripada pembelajaran kooperatif tipe Learning Start with a Question. Kata Kunci : Hasil Belajar; Think-Talk-Write; Learning Start with a Question.   ABSTRACK        This research aims to find out the difference in the learning outcomes of mathematics students are taught with Think-Talk-Write and Learning Start with a Question learning strategies on trigonometric materials. This research is quantitative, with a pseudo-experimental type of research. The population is the entire class X which numbers 5 classes. While the sample of 2 classes, namely class X1 amounted to 30 students and X2 amounted to 30 students, so that the sample totaled 60 students. Measuring tools used to find out the results of learning mathematics is a test in the form of essay problems that have been validated amounting to 5 problems. The data analysis used is descriptive analysis and inference. The results of these findings show: (1) Student learning outcomes taught with Think-Talk- Write type cooperative learning strategies are better on trigonometric materials; (2) Student learning outcomes taught with learning start with a question type cooperative learning strategies are quite good on trigonometric materials. The conclusion of this study explains that students who are able to inductive reasoning and deductive are more suitable to be taught with a Think-Talk-Write cooperative learning strategy than cooperative learning type Learning Start with a Question. Keywords : Learning Outcomes; Think-Talk-Write Learning; Start with a Question
PENGEMBANGAN LKPD MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF Annisa Sabrina; Didik Santoso; Rusydi Ananda
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.93 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran flipped classroom kelas XI SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan pada materi limit fungsi. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D). Dengan model penelitian 4D yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran dikatakan efektif berdasarkan hasil pretest dan posttest dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dari pretest yaitu 9,09 % ke posttest yaitu 68,1% dengan kategori baik dan juga diukur kesignigikannya melalui uji t dengan hasil t hitung = 15,904 dan t tabel = 2,064, dimana t hitung > t tabel dengan keputusan terdapat perbedaan signifikan.  Kata Kunci : LKPD; Kemampuan Berpikir Kritis; Kemampuan Berpikir Kreatif.   ABSTRAK       This study aims to develop a learning device for Student Worksheets (LKPD) to improve students' critical and creative mathematical thinking skills with the flipped classroom learning model for class XI at Sultan Iskandar Muda Private High School Medan on the limit function material. The quality of the developed products is assessed based on aspects of validity, practicality, and effectiveness. This research uses research and development (R&D) research methods. With a 4D research model that is define, design, develop, and desiminate. The quality of the effectiveness of learning devices is said to be effective based on the results of the pretest and posttest with an increase in the percentage of students' learning completeness from the pretest, which is 9.09% to the posttest, which is 68.1% in the good category and also measured its significance through the t-test with the results of t-count = 15.904 and t-table = 2.064, where t count > t table with the decision there is a significant difference. Keywords: LKPD; Critical Thinking Ability; Creative Thinking Ability.

Page 1 of 2 | Total Record : 20