cover
Contact Name
I Nyoman Tri Anindia Putra
Contact Email
trianindiaputra@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
info@jurnalwidyalaksmi.com
Editorial Address
Br. Srijati No 15, Kel. Sibang Gede, Kec. Abiansemal, Badung - Bali
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
ISSN : 27750191     EISSN : 27749940     DOI : -
Core Subject : Education,
WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengadian Kepada Masyarakat) Journal is a scientific multidisciplinary journal published by Yayasan Lavandaia Dharma Bali twice a year; January and July. It is a national journal that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Authors are required to register prior to submitting articles. Authors who want to submit their manuscript to the editorial office of WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengadian Kepada Masyarakat) Journal should obey the writing guidelines. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 23 Documents
Sosialisasi Pengolahan Sampah Non Organik di SMP Negeri 2 Blahbatuh, Blahbatuh Gianyar-Bali Komang Redy Winatha; Ni Putu Suci Meinarni; Ida Bagus Darma Wiryatama; Ida Bagus Komang Darma Wiryatama; I Gede Made Swantika Pradnyana
Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Publisher : Yayasan Lavandaia Dharma Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.005 KB)

Abstract

Permasalahan sampah di Indonesia merupakan masalah yang belum terselesaikan hingga saat ini, sementara dengan bertambahnya jumlah penduduk maka akan mengikuti pula bertambahnya volume timbunan sampah yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Sampah plastik ini apabila semakin banyak jumlahnya di lingkungan maka akan berpotensi mencemari lingkungan. Kegiatan Pengabdian masyarakat bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan sampah plastik, mengajak masyarakat untuk melakukan upaya pemilahan dan pengelolaan sampah, dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai manajemen sampah. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Blahbatuh yang beralamat di Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar-Bali yang dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2019 dengan melibatkan kurang lebih 60 siswa yang merupakan jajaran anggota OSIS SMP Negeri 2 Blahbatuh. Metode yang digunakan dalam penyampaian materi kegiatan pengabdian masyarakat adalah metode penyadaran/peningkatan pemahaman terhadap suatu masalah. Adapun hasil yang kami dapatkan dalam pelaksanaan sosialisasi terkait yaitu: 1) membuka wawasan baru tentang manfaat dan pentingnya program bank sampah, 2) memberi pemahaman kepada siswa bahwa sampah dapat didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat di kehidupan sehari-hari, dan 3) memberikan pemahaman kepada siswa bahwa dunia telah tercemar oleh sampah sehingga perlu dilakukannya penanggulangan sampah.
PENINGKATAN EFEKTIFITAS PROGRAMMING DENGAN PELATIHAN PYTHON FOR DATA SCIENCE BAGI KOMUNITAS PROGRAMMING PONDOK PESANTREN NAHDLATUL WATHAN ANJANI Ahmad Ashril Rizal; Lalu Puji Indra Kharisma; Fahrurrozi
Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Publisher : Yayasan Lavandaia Dharma Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.848 KB)

Abstract

Nahdlatul Wathan adalah organisasi kemasyarakatan yang didirikan sebagai organisasi koordinasi, pengelolaandan tanggung jawab Diniyah Islamiyah serta amal usaha lainnya yang didirikan dan dikelola oleh para abiturenmadrasah. Sebagai organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Wathan mempunyai struktur organisasi dari tingkatpusat sampai dengan tingkat ranting. Selama hayat berdirinya Nahdlatul Wathan penguatan sektor pendidikansudah dilakukan mulai dari pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi. Bidang yang dikembangkan tidakhanya pendidikan dan ekonomi namun juga pengembangan teknologi informasi. Bentuk dukungan NahdlatulWathan dalam pengembangan teknologi informasi tidak hanya dalam pendidikan formal namun juga pendidikannon formal yang mengedepankan penguatan softskill. Salah satunya adalah dengan dukungan terhadap komunitasprogramming pondok pesantren Nahdlatul Wathan Anjani. Dengan mulainya semua tingkatan pada jenjangpendidikan berorientasi kepada perkembangan dan perubahan global, ilmu pengetahuan, teknologi, seni danbudaya maka penguasaan teknologi dan informasi menjadi penting karena setiap pihak yang terlibat di dalamnyadituntut mampu berpartisipasi secara aktif dan terus meningkatkan kemampuan berkompetisisi. Pengabdian inibertujuan untuk melakukan pelatihan guna meningkatkan kemampuan programming Python untuk data sciencebagi komunitas programming pondok pesantren Nahdlatul Wathan. Hasil pelatihan jika dihitung berdasarkanrasio peningkatan maka persentase peningkatan kualitas programming santri yang dihasilkan adalah 49.88%
PELATIHAN PENGGUNAAN MICROSOFT OFFICE DAN EMAIL UNTUK ADMINISTRASI SURAT MENYURAT DI DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI BALI Putu Wirayudi Aditama Wirayudi; I Gusti Agung Indrawan; I Komang Arya Ganda Wiguna; Ketut Jaya Atmaja
Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Publisher : Yayasan Lavandaia Dharma Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.507 KB)

Abstract

Pemberian pelatihan penggunaan Microsoft Office saat ini sangat diperlukan terhadap lembaga pemerintahan Dinas Perhubungan Provinsi Bali untuk menunjang ketrampilan administrasi dan juga surat menyurat. Dalam hal ini Dinas Perhubungan Provinsi Bali menjalin kerjasama dengan STMIK STIKOM Indonesia untuk memberikan pelatihan terkait Microsoft Office. Pelatihan yang diberikan berupa Microsoft Word untuk membuat surat, Microsoft Exel menyimpan database, Microsoft Power Point untuk membuat persentasi yang menarik dan informatif.
PERISAI DIRI (PELATIHAN KELOMPOK REMAJA HINDARI SEX BEBAS DAN PERNIKAHAN DINI) Made Ririn Sri Wulandari; Gede Arya Bagus Arisudhana; Made Tangkas; Made Oktaviani Bulan Trisna; Ni Luh Indri Astuti; Ni Made Sri Utari
Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Publisher : Yayasan Lavandaia Dharma Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.283 KB)

Abstract

Masa tahap perkembangan remaja memiliki masa perkembangan yang pesat baik fisik maupun psikologis. Masa remaja juga sering terjadi krisis identitas yang membuat remaja bingung untuk menentukan benar atau salah tindakan yang dilakukannya. Remaja merupakan salah satu potensi yang besar sebagai kelompok produktif, namun jika seorang remaja kehilangan arah maupun salah dalam bergaul maka menyumbang angka tertinggi dalam kerentanan terhadap perilaku menyimpang dan beresiko. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membentuk kader remaja di Banjar Batu Culung, Kerobokan dan mengurangi angka kejadian pernikahan dini serta seks bebas dikalangan remaja. Pelatihan diberikan kepada 30 anak remaja selama 3 hari pemberian materi dan selama 1 bulan untuk pendampingan peer education kepada remaja lainnya di lingkungan sekitar yang belum mendapatkan pelatihan. Hasil dari kegiatan yang dilakukan bahwa tedapat peningkatan pengetahuan kader dari 43% menjadi 57% terkait kesehatan reproduksi secara menyeluruh. Evaluasi akhir keberhasilan pelatihan ini adalah tim pelaksana mampu menyiapkan peer education yang baik untuk masyarakat sekitar terutama remaja.
Penerapan e-Commerce Berbasis Desa Adat Di Desa Baler Bale Agung Kabupaten Negara Bali I Gede Santi Astawa; Ngurah Agus Sanjaya ER; Luh Putu Ida Harini
Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Publisher : Yayasan Lavandaia Dharma Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.757 KB)

Abstract

Teknologi Internet sangat bermanfaat dalam kehidupan sosial masyarakat, teknologi ini mendorong pertumbuhan konsep penyimpanan data dalam skala besar (big data) dan media penyimpanan data terintegrasi (data center) yang dapat diakses dari jarak jauh. Pemanfaatan teknologi internet dalam membantu unit-unit produksi di desa adalah sebuah upaya yang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang UMKM di era teknologi 4.0. Apalagi Bali dikenal dengan ketaatan masyarakat terhadap adat, tentu akan sangat baik apabila pemerintahan adat dapat menjadi poros dalam menggerakkan ekonomi desa melalui berbasis teknologi internet. Hal ini yang mendorong tim pengabdi untuk membuat sebuah model pemasaran e-commerce berbasis mobile yang diberi nama aplikasi SukmaBali. Ujicoba penerapan aplikasi ini dilakukan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di desa Baler Bale Agung, Kabupaten Negara, Bali. Dari pelaksanaan ujicoba selama tiga bulan didapatkan kesimpulan bahwa masyarakat desa Baler Bale Agung sudah dapat memahami tatacara penggunaan aplikasi dan serasa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah metode penjualan produk-produk mereka secara online.
SOSIALISASI VIDEO ANIMASI 2D TENTANG PENGENALAN PENGGUNAAN STYROFOAM DAN BAHAN ALAMI DALAM PEMBUATAN OGOH-OGOH dodik putra; Ketut Sepdyana Kartini; I Nyoman Tri Anindia Putra
Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Publisher : Yayasan Lavandaia Dharma Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.86 KB)

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah yang dimana penagbdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan pengenalan tentang penggunaan Styrofoam dan bahan alami dalam pembuatan ogoh-ogoh di Desa Adat Sidakarya, Kecamatan Denpasar Selatan yang dimana banyak kurangnya pemahaman dari masyarakat akan tradisi Bali untuk kedepannya. Dimana tehnik sosialisasi ini dilakukan dengan cara memberikan penjelasan di tambah dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada beberapa teman sambil menampilkan video animasi 2D terkait dari pengenalan penggunaan bahan Styrofoam dan bahan alami dalam pembuatan ogoh-ogoh. Dimana animasi 2D ini berisi tentang penjelasan mengenai penjelasan Styrofoam dan bahan alami dilanjutkan dampak bagi tradisi Bali untuk kedepannya karena Styrofoam tidak hanya tidak dapat terurai oleh alam, namun berbahaya bagi manusia, hewan dan alam bagi kelangsungan hidup jangka Panjang.
PELATIHAN DASAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PERANGKAT DESA KUKUH alit I Nyoman Alit Arsana; Dewa Ayu Putri Wulandari; Indra Pratistha; Devi Valentino Waas; Ni Putu Suci Meinarni
Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Publisher : Yayasan Lavandaia Dharma Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.138 KB)

Abstract

Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan merupakan daerah yang tengah memanfaatkan Teknologi, termasuk Teknologi Informasi dalam rangka memperkuat Data Desa dalam menuju Desa Pintar (Smart village) dan Desa Digital (Digital village). Hal ini sesuai dengan salah satu Misi dari Desa Kukuh. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar, penggunaan dan penguasaan teknologi komputer dan informasi kepada perangkat desa guna meningkatkan skill dan kompetensi dalam dunia kerja melayani masyarakat. Sasaran dari pengabdian ini adalah para perangkat desa di Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan Bali. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode ceramah, demonstrasi, latihan dan evaluasi. Ceramah digunakan untuk memberikan penjelasan tentang materi Teknologi Komputer dan Teknologi Informasi. Metode demonstrasi akan digunakan untuk memperagakan atau menunjukkan suatu proses kerja. Metode latihan digunakan untuk mempraktekkan materi yang telah disampaikan dan didemonstrasikan. Dan evaluasi akan digunakan untuk mengetahui dan mengukur tingkat pemahaman. Dari hasil kegiatan pengabdian yang telah dilakukan, seluruh perangkat desa sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Setelah mengikuti pelatihan komputer, perangkat desa dapat memahami dan mampu mempraktekan dengan baik seluruh materi yang disampaikan selama kegiatan pengabdian.
PERANCANGAN BRANDING PASAR RAKYAT PHULA KERTI SESETAN DENPASAR Putu Wirayudi Aditama; I Nyoman Jayanegara; I Gede Adi Sudi Anggara; I Wayan Adi Putra Yasa
Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Publisher : Yayasan Lavandaia Dharma Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1157.042 KB)

Abstract

Identitas visual merupakan hal yang paling penting dan mendasar dalam meningkatkan kesadaran khalayak terhadap sebuah entitas. Logo sebagai identitas visual tidak hanya sebatas tanda atau merek dagang, melainkan sudah menjadi senjata bisnis, bahkan logo sudah menjadi sebuah kebutuhan utama bagi suatu lembaga atau perusahaan maupun organisasi yang ingin dikenal oleh publik, dimana logo tersebut dituntut untuk mampu berbicara kepada publik bahwa logo tersebut merupakan perlambang atau representasi dari sebuah perusahaan. Pasar Phula Kerti sebagai sebuah entitas dengan citra yang telah terbarukan sangat layak untuk dikomunikasikan kepada khalayak agar memiliki kesadaran akan keberadaan dari entitas tersebut. Dengan perancangan identitas visual Pasar Phula Kerti diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi entitas sekaligus mampu menempatkan posisi entitas dengan baik diantara kompetitor lainnya.
PELATIHAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI Herfia Rhomadhona; Hendrik Setyo Utomo; Winda Aprianti; Wiwik Kusrini
Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Publisher : Yayasan Lavandaia Dharma Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1130.265 KB)

Abstract

SDS Waladun Sholeh merupakan salah satu sekolah swasta di Kabupaten Tanah Laut yang terdampak virus Covid-19, sehingga kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara online atau daring (dalam jaringan) dengan memanfaatkan teknologi komputer yang dilengkapi jaringan internet. Hal tersebut bertujuan agar materi pembelajaran tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Metode pelaksanaan pengabdian terdiri dari 3 (tiga) tahapan yaitu tahapan persiapan berupa koordinasi dengan panitia SDS, tahapan pelaksanaan berupa pelatihan penggunaan 2 (dua) aplikasi pembelajaran besutan google yaitu google meet dan google classroom dan yang terakhir tahapan evaluasi. Pada tahapan evaluasi peserta diminta untuk mengisi kuisioner sebelum dan sesudah pelatihan, hal ini dilakukan agar panitia pengabdian dapat mengetahui tingkat pemahaman dan keterampilan peserta dalam menggunakan google meet dan google classroom. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut terlihat peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dimana rata-rata nilai peserta sebelum pelatihan adalah 59.8 sedangkan setelah pelatihan dilakukan rata-rata nilai peserta meningat menjadi 91.42.
PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGELOLAAN WEBSITE SEKOLAH SEBAGAI MEDIA INFORMASI UNTUK OPERATOR SEKOLAH SE-KECAMATAN BATU AMPAR Veri Julianto; Arif Suprianto; Yunita Prastyaningsih; Wan Yuliyanti
Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Publisher : Yayasan Lavandaia Dharma Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.848 KB)

Abstract

Teknologi informasi sekarang ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam memberikan pelayanan dan penyediaan informasi yang terkait dengan informasi suatu lembaga atau organisasi. Salah satu media yang sering digunakan dalam penerapan teknologi informasi yaitu website. Website merupakan kumpulan dari halaman-halaman situs yang terangkum dalam sebuah domaian atau subdomain pada world wide web (www). Biasanya sebuah website terdiri dari dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language). Dengan adanya website informasi dari sebuah organisasi atau kelompok dapat dibaca dan dilihat oleh user lain yang ingin mengaksenya. Hal ini disadari juga oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) cabang Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut. Melalui lembaga ini pihak-pihak sekolah mengusulkan untuk diberikan informasi terkait dengan pembuatan dan pengelolaan website oleh kampus Politeknik Negeri Tanah Laut. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan terkait pembuatan dan pengelolaan website untuk operator sekolah di Kecamatan Batu Ampar. Berdasarkan evaluasi yang didapatkan menghasilkan tingkat kepuasan yang bagus. Untuk nilai yang didapatkan rata-rata diatas 86,5% tingkat kepuasan.

Page 1 of 3 | Total Record : 23