cover
Contact Name
Obed Bima Wicandra
Contact Email
obedbima@petra.ac.id
Phone
+62312983147
Journal Mail Official
puslit@petra.ac.id
Editorial Address
Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana
ISSN : 02150905     EISSN : 27215695     DOI : https://doi.org/10.9744/nirmana
Core Subject : Art,
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana is published biannually, in January and July, by Petra Christian University. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana aims to promote a comprehensive approach to visual communication design incorporating viewpoints of different disciplines, strengthen academic exchange with other institutions, encourage scientist, practicing engineers, and others to conduct research and other similar activities. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana welcomes papers with the above aims and scopes. The editorial board decides papers to be published in Nirmana after review by reviewers appointed by the board. Authors will be advised of comments from reviewers and suggestions.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 23 No. 2 (2023): JULY 2023" : 9 Documents clear
Penerapan Design Thinking pada Perancangan Fitur Fleet Management dalam Website Transportation Management System Waresix Meliana Jesslyn Darmawan; Ryan Pratama Sutanto
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 23 No. 2 (2023): JULY 2023
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/nirmana.23.2.113-122

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki pulau sebanyak 17.504 pulau, dan perairan laut yang luasnya 71% dari keseluruhan wilayah Indonesia. Hal ini menimbulkan masalah bagi rantai pasokan Indonesia karena terkendala pada transportasi dan biaya logistik yang besar. Berangkat dari permasalahan tersebut, Waresix hadir untuk membantu meringankan biaya logistik yang efisien secara end-to-end. Waresix merupakan sebuah perusahaan startup di bidang teknologi logistik yang menyediakan solusi penyimpanan end-to-end yaitu mencakup transportasi hingga kebutuhan pergudangan. Saat ini Waresix sedang melakukan pengembangan produk bernama Transportation Management System (TMS) versi ketiga untuk memperbaiki kekurangan dari versi sebelumnya. Pada penelitian ini, salah satu fitur TMS yang akan dibahas adalah Fleet Management yang berfungsi untuk mengelola truk dan driver milik vendor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan teori design thinking dengan penerapannya selama mengerjakan fitur tersebut. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah metode kualitatif komparasi dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan metode 5W+1H untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini adalah teori design thinking diterapkan selama pengerjaan fitur Fleet Management. Walaupun ada beberapa hal yang tidak dilakukan dalam tahapannya, tetapi tidak sampai mengganggu proses dari design thinking itu sendiri.
Hasil Transformasi Bentuk Tokoh Jatayu dalam Bentuk 3 Dimensi Digital Melalui Analisis Analogi Bentuk Ningroom Adiani; Choirul Anam; Riski Sofiyan
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 23 No. 2 (2023): JULY 2023
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/nirmana.23.2.79-88

Abstract

Pelestrian budaya wayang kepada kaum muda saat ini perlu dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital yang sedang berkembang dan dikenali oleh mereka. Karakter tokoh wayang perlu dikenalkan dan dilestarikan dalam bentuk lebih modern, sesuai dengan media komunikasi gawai atau televisi digital. Salah satu tokoh wayang tersebut adalah Jatayu. Jatayu adalah salah satu tokoh wayang tritagonis pada cerita Ramayana yang perlu diteladani kepahlawanannya. Dalam narasinya, Jatayu berani bertarung melawan Rahwana yang lebih sakti dan lebih perkasa demi menolong Sinta, walaupun akhirnya gugur. Bentuk wayang purwa tokoh Jatayu perlu ditransformasikan ke bentuk modern, sehingga dapat diaplikasikan pada media game atau film animasi/kartun. Hasil transformasi tersebut adalah bentuk 3 dimensi digital sesuai karakter tokoh Jatayu. Melalui metode berfikir analogi, akan diwujudkan bentuk 3 dimensi digital Jatayu. Metode ini mengharuskan adanya 3 aspek penting yaitu aspek sumber, aspek kesamaan, dan aspek target. Metode observasi digunakan dalam menemukan sumber-sumber data bentuk-bentuk Jatayu dalam wayang Purwa dan dalam bentuk visual yang dibangun dan diwujudkan oleh para seniman dan sastrawan. Analisis kualitatif digunakan untuk mencari kesamaan pada bentuk-bentuk visual Jatayu tersebut, sehingga didapatkan ciri khas karakter Jatayu. Aspek target dalam penelitian ini adalah wujud bentuk 3 dimensi digital Jatayu yang dapat diaplikasikan di dalam game dan film pada media gadget atau televisi. Beberapa wujud Jatayu dalam bentuk 3 dimensi diekspresikan bergaya kartun.
Analisis Semiotika pada Produk Kemasan Kaleng Kopi “Starbucks BPJS” Martinus Eko Prasetyo; Shierly Everlyn; Yunita Yunita
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 23 No. 2 (2023): JULY 2023
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/nirmana.23.2.106-112

Abstract

Perkembangan teknologi menghadirkan banyak variasi desain dan kemasan produk di era persaingan global saat ini. Persaingan/kompetisi antar brand dengan produk sejenis memaksakan setiap brand harus memiliki cara yang tepat dalam memenangkan pasarnya masing-masing. Viralnya pemberitaan mengenai salah satu brand besar di Indonesia, yaitu kopi Starbucks yang mengeluarkan produk terbarunya dalam bentuk kemasan kaleng yang dijual di berbagai minimarket dan toko online, membuat banyak nitizen cukup antusias dan menamakan produk ini Starbucks "BPJS". Pengeluaran produk semacam ini merupakan salah satu langkah baru yang dilakukan Starbucks khususnya di Indonesia. Penulis tertarik untuk meneliti desain kemasan pada produk keluaran terbaru dari Starbucks dengan harga terjangkau ini karena brand Starbucks yang biasanya ada di harga yang terbilang kopi premium kini hadir sebagai produk kopi kalengan di minimarket. Penelitian ini akan berfokus pada analisis elemen desain pada kemasan kaleng kopi Starbucks dengan varian Mocha dan varian Espresso Latte. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan informasi dari makna visual pada produk kemasan kedua kaleng varian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan semiotik dari Charles Sanders Peirce. Dengan hasil analisis secara representation, object, dan interpretant untuk mengetahui makna dan komunikasi pesan elemen-elemen visual pada desain kemasan kaleng kopi Starbucks.
Buku Ensiklopedia Flora dan Fauna di Hutan Tropis Indonesia untuk Anak Usia 10-12 Tahun Imanuel Sanjaya; Aprilia Kartini Streit
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 23 No. 2 (2023): JULY 2023
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/nirmana.23.2.67-78

Abstract

Flora dan fauna pada hutan  hujan tropis Indonesia sangat beragam dalam hayatinya, dan merupakan aset penting negara, bahkan merupakan aset penting dunia karena diperlukan manusia dan hewan untuk bernafas. Namun, sayangnya tidak banyak yang membahas mengenai hal ini, bahkan masyarakat banyak yang belum mengenal flora dan fauna di hutan  hujan tropis. Maka dari itu diperlukan media untuk mengenalkan kembali flora dan fauna pada habitat hutan  hujan tropis serta lingkungan agar anak-anak kita lebih mengenal kekayaan alam dan dapat lebih menjaga alam dan isinya. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif berdasarkan data yang terkumpul melalui studi kasus, observasi serta kuesioner yang kemudian dijabarkan secara deskriptif. Media pengenalan dilakukan melalui buku ensiklopedia. Dengan terancangnya buku ensiklopedia ini, dapat menambahkan wawasan, pengetahuan, serta lebih mengenal kekayaan alam di Indonesia agar dapat melestarikan serta memeliharanya dengan baik.
Filter Instagram sebagai Media Promosi Soft Selling Bagi Dusun Semilir Ko, Elvina Natania; T. Arie Setiawan Prasida; Michael Bezaleel
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 23 No. 2 (2023): JULY 2023
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/nirmana.23.2.89-98

Abstract

Promosi merupakan suatu bentuk komunikasi antara konsumen dan penjual. Promosi juga merupakan salah satu strategi pemasaran sebuah produk dengan menggunakan media yang mampu menarik perhatian audience. Seiring berkembangnya zaman maka banyak cara promosi yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan melakukan promosi secara digital. Dusun Semilir menggunakan promosi digital menggunakan beberapa platform, yaitu TikTok dan Instagram. Pada platform Instagram, Dusun Semilir aktif melakukan promosi pada fitur Instagram Story dan Instagram Feeds. Audience kurang tertarik dengan konten yang telah disajikan oleh Dusun Semilir pada saat low season sehingga menyebabkan turunnya insight Instagram Dusun Semilir. Selain itu engagement rate Instagram Dusun Semilir mempunyai angka di bawah rata-rata. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu Dusun Semilir menaikan engagement rate Instagram dan insight Instagram agar brand image Dusun Semilir tetap terjaga. Metode penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif serta strategi penelitian linear digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini, audience menyukai new media interaktif yaitu filter Instagram sebagai media promosi soft selling yang interaktif.
Kamar Ganti Virtual: Retail Berkelanjutan di Era Big Data Luri Renaningtyas; Dibya Adipranata Hody
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 23 No. 2 (2023): JULY 2023
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/nirmana.23.2.99-105

Abstract

Sejak pandemi penggunaan teknologi dalam setiap aspek kehidupan meningkat. Dengan bantuan teknologi semua dapat diperoleh dengan cepat dan instan. Belanja dilakukan secara remote, termasuk belanja fashion. Retail bergeser dari bangunan fisik di mal menjadi antarmuka di genggaman handphone konsumen.  Konsumen tidak perlu datang dan mencoba pakaian yang dibeli. Di Tokopedia atau Shopee, platform belanja online terbesar di Indonesia, segera setelah konsumen memilih pakaian mana yang disuka berdasarkan foto produk yang ditampilkan, konsumen dapat langsung membelinya. Lebih jauh lagi ada aplikasi Virtual Try-On (VTO) seperti Browzwear dan Lalaland yang memungkinkan konsumen mencoba langsung baju yang akan dibeli. Penelitian ini memberikan gambaran kepada pelaku bisnis fashion, akademisi, dan peneliti tentang bagaimana fashion retail mengkomunikasikan produknya kepada konsumennya dengan memanfaatkan Augmented Reality (AR)/Machine Learning (ML)/Computer Vision (CV) di era big data menggunakan dataset yang terdiri dari ribuan atau jutaan foto. Hal ini membuat proses produksi dan konsumsinya lebih cepat dan lebih hemat, sehingga implementasi AI juga dapat dipandang sebagai salah satu alternatif yang berkelanjutan. Metode penelitian terdiri dari dua tahap. Pertama yaitu dengan analisis jurnal-jurnal sains komputer serta investigasi aplikasi-aplikasi AR seperti Zero 10 dan software 3D seperti CLO atau Browzwear, dikaitkan dengan isu berkelanjutan dengan tujuan untuk mengidentifikasi cara kerja Virtual Try-On. Tahap selanjutnya dilakukan analisis terhadap cara kerja VTO dari perspektif komunikasi brand terhadap konsumen, agar dapat mendeskripsikan seperti apa retail berkelanjutan di era big data.
Perancangan Buku Ajar Tipografi Rendy Iswanto
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 23 No. 2 (2023): JULY 2023
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/nirmana.23.2.123-129

Abstract

Mata kuliah Tipografi adalah mata kuliah wajib yang biasanya ada di semester 1, di mana di mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari teori dasar dari Tipografi, Monogram, Inisial, Typo Images, Black Letters, Layout dan Typeface Design. Melalui mata kuliah ini mahasiswa mampu membuat karya desain dengan mengaplikasikan prinsip dasar tipografi sebagai elemen dasar, melalui teknik manual secara mandiri dan tersupervisi. Penguasaan atau kemampuan dalam Tipografi akan akan memberikan kontribusi pada kualitas estetika desain visual yang dihargai oleh target audience. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan materi Tipografi dalam bahan ajar mata kuliah Tipografi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Strategi Kreatif Iklan Billboard Produk “Sasa MSG” dalam Mengubah Stigma Negatif Wegig Murwonugroho
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 23 No. 2 (2023): JULY 2023
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9744/nirmana.23.2.130-138

Abstract

Bumbu masak “Sasa MSG” pada dekade terakhir ini ditengarai mengandung bahan yang tidak sehat bagi tubuh. Terdapat iklan media luar ruang (billboard) yang berusaha mengedukasi masyarakat guna menepis pandangan negatif. Visualisasi iklan menampilkan berbagai daya tarik mulai dari tampilan anak remaja kekinian, kalimat nyeleneh, hingga ikan cupang yang sedang marak di kalangan masyarakat. Respons masyarakat terhadap media luar ruang tersebut sangat antusias, terlihat dari ramainya perbincangan di media sosial seperti Twitter dan Instagram. Permasalahan muncul di saat masyarakat hanya fokus terhadap daya tarik yang ditampilkan dan tidak peduli dengan pesan yang ingin disampaikan. Metode penelitian menggunakan semiotika Saussure. Dalam analisis pembahasan ditemukan, bahwa menampilkan hal-hal kekinian berhasil menarik perhatian masyarakat, akan tetapi pesan yang ingin disampaikan tidak dapat tersampaikan dengan baik karena masyarakat hanya fokus pada hal-hal kekinian yang ditampilkan. Simpulan dari artikel ini diketahui bahwa keunggulan dari media luar ruang telah berhasil memikat banyak perhatian masyarakat namun kegagalan dari media luar ruang adalah sulitnya untuk menyampaikan pesan dengan baik dan efektif kepada masyarakat. Strategi yang paling tepat guna mengangkat produk yang mengalami citra negatif adalah dengan cara membuat kalimat yang singkat namun informatif dan tidak menampilkan hal-hal kekinian hanya sebagai daya tarik tetapi juga sebagai sarana informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat.
Front Matter (Cover, Editorial, Table of Content) Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana
Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana Vol. 23 No. 2 (2023): JULY 2023
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

.

Page 1 of 1 | Total Record : 9