cover
Contact Name
Rindha Widyaningsih
Contact Email
rindha.widyaningsih@uinsaizu.ac.id
Phone
+6281328716915
Journal Mail Official
sjp@uinsaizu.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Jl. Jend. A. Yani No. 40A Purwokerto 53126 Jawa Tengah - Indonesia
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Solidaritas: Jurnal Pengabdian
ISSN : -     EISSN : 28073266     DOI : https://doi.org/10.24090/sjp
Solidaritas: Jurnal Pengabdian adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil pengabdian masyarakat yang terbuka untuk umum yang memposisikan Islam sebagai spirit, landasan, dan paradigma dalam pelaksanaannya. Solidaritas: Jurnal Pengabdian membuka kesempatan kepada dosen dan peneliti untuk mempublikasikan kegiatan pengabdiannya di masyarakat yang meliputi pengabdian kepada masyarakat Muslim, pengabdian dalam perspektif keislaman,pengembangan komunitas Muslim, pengembangan institusi Islam, tema lain yang terkait dengan pendidikan dan tema-tema lain yang terkait dengan pengembangan keislaman. Solidaritas: Jurnal Pengabdian dapat diakses secara terbuka (open source) melalui sistem Open Journal System versi 3.0. Solidaritas: Jurnal Pengabdian diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dan terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu Bulan Juni dan Bulan Desember.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Solidaritas: Jurnal Pengabdian" : 10 Documents clear
Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi Produktif Melalui Pembentukan Baitut-Tamwil Berbasis Masjid di Grumbul Kalirajut Desa Notog Kabupaten Banyumas Bani Syarif Maula; Muflihah Muflihah; Vivi Ariyanti
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2022): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/sjp.v2i1.6369

Abstract

Masyarakat Grumbul Kalirajut, Desa Notog, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas merupakan kelompok masyarakat produsen makanan tradisional dan jajanan pasar yang berpusat di rumah-rumah warga (home industry), terutama dikerjakan oleh ibu-ibu (para isteri) dalam rangka mendapat penghasilan tambahan untuk menopang ekonomi keluarga. Sebagai produsen kecil, tentu masyarakat Grumbul Kalirajut mengalami kesulitan jika mereka memerlukan tambahan dana untuk modal dengan jumlah yang kecil. Upaya pendampingan masyarakat ini difokuskan pada pembentukan Baitut-Tamwil (koperasi simpan-pinjam) yang berbasis masjid, disertai dengan pelatihan pengelolaan (manajerial) secara organisasional dan juga pelatihan pendayagunaan koperasi untuk melayani jasa simpan-pinjam berdasarkan prinsip ekonomi syariah. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat dalam upaya untuk membangun daya kreatifitas dengan mendorong, memotivasi dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki masyarakat. Kegiatan pendampingan ini dilakukan berdasarkan pada kebutuhan masyarakat dan potensi yang mereka miliki sehingga upaya pengembangan keterampilan dan pengembangan ekonomi kerakyatan bisa terwujud. Indikator untuk mengukur keberhasilan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi tingkat partisipasi peserta yang cukup tinggi serta tercapainya target-target kegiatan. Namun kendala yang mungkin masih muncul adalah komitmen warga masyarakat peserta program pendampingan ini untuk memulai merintis usaha yang telah diajarkan dalam kegiatan ini.
Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Lalita Melasarianti; Etin Pujihastuti; Uki Hares Yulianti; Septi Mariasari; Didik Rilastiyo Budi; Arfin Deri Listiandi
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2022): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/sjp.v2i1.6514

Abstract

Karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu bentuk peningkatan profesionalisme guru. Karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi seorang guru disamping sebagai bentuk implementasi peningkatan profesionalismenya juga merupakan salah satu komponen yang diperlukan untuk kenaikan pangkat. Permasalahan yang terjadi di SMK N 1 Purwokerto adalah masih rendahnya kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Kurangnya pengetahuan ini mengakibatkan kenaikan fungsional guru menjadi terhambat. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan penyusunan karya ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Guru SMK N I Purwokerto. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah presentasi seminar, diskusi, pelatihan, dan pendampingan. Hasil menunjukan bahwa Guru SMK N 1 Purwokerto mengalami peningkatan dalam pengetahuan dan kemampuan dalam menulis karya ilmiah Peneltian Tindakan Kelas.
Metode Daring dan Luring Guna Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga Tutuk Ningsih; Anggita Isty Intansari
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2022): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/sjp.v2i1.5259

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan dengan mengembangan model humas dan penerapanya untuk meningkatkan Penerimaan. .Peserta..Didik….Baru.(PPDB)..Madrasah.. melalui.. daring. dan ..luring …di…kabupaten… Purbalingga dan Banyumas. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan melalui wawancara, ceramah observasi, workshop dan pendampingan pada model Daring (online) dan luring (offline). Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat di madrasah melalui implementasi model Humas melalui strategi yang diterapkan di masyarakat, strategi tersebut adalah: 1) pendekatan kepada masyarakat, 2) partisipasi dalam program kemasyarakatan, 3) Anjangsana pada masyarakat sebagai pengguna pendidikan, 4) Program - Program sekolah yang diberikan kepada masyarakat untuk dipresentasikan, 5) keprofesionalan humas. Sedangkan aplikasinya, yang dapat dilakukan oleh petugas humas melalui formulir online, dalam memberikan informasi tentang institusinya kepada publik tidak jauh berbeda dengan formulir online, yang memberikan informasi tentang sekolah untuk disediakan oleh Komunitas, tetapi yang lebih ditekankan adalah formulir online pada media teknologi berbasis internet / media digital online dan informasi pada umumnya. Penyampaiannya menggunakan media sosial seperti: Whatsapp, Facebook, Instagram, Youtube dan website، baik dengan template foto maupun dalam bentuk video
Short Course Manajemen Mutu Internasional, Manajemen Investasi dan Manajemen Finansial di KSPPS-BMT Ummat Sejahtera Abadi Jepara Ibnu Muttaqin; Agep Rumanto; Johan Afandi
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2022): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/sjp.v2i1.6379

Abstract

Jepara merupakan daerah yang sangat potensial sebagai rujukan wisata alam dan olahraga serta kawasan industri yang besar, sebagai salah satu support system dalam aktifitas masyarakat tersebut, lembaga keuangan berperan penting di dalamnya. Lembaga keuangan tersebut harus mampu menyokong dengan baik, untuk itu pengelolaan lembaga yang baik merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema manajemen mutu ISO. 9001, manajemen investasi dan manajemen finansial dilatarbelakangi atas kurangnya kesadaran lembaga keuangan menengah dan mikro dalam mengimplementasikan sistem manajemen mutu, manajemen investasi dan manajemen finansial baik untuk perusahaan maupun karyawan, hal ini kami dapatkan informasi langsung dari BMT ketika melakukan pra-riset pada lokasi pengabdian. Diharapkan dengan adanya pengabdian tersebut dapat meningkatkan kinerja manajemen lembaga serta meningkatkan pengetahuan karyawan mengenai sistem manajemen mutu, investasi, dan finansial. Pengadian kepada masyarakat (PKM) dilaksanakan dengan menyelenggarakan short course secara mendalam terhadap jajaran manajemen dan pengelola BMT. Kegiatan berjalan dengan lancar dan diikuti oleh peserta dengan penuh antusias. Proses diskusi berjalan dengan menarik serta mengembangkan teori yang ada. Para peserta cukup dapat memahami arti pentingnya manajemen mutu, investasi dan finansial baik bagi BMT maupun individu. Manajemen mutu bermanfaat untuk pengembangan dan kelangsungan usaha, manajemen investasi dan finasial bermanfaat untuk karyawan dalam mengelola keuangannya.
Optimalisasi Belajar Menyenangkan di Hari Bermutu pada SD IT BAiturrahim Parik Putuih Iltavia Iltavia; Bambang Trisno; Absharini Kardena; Yulifda Elin Puspita; Puti Andam Dewi; Elviana Elviana; Fathur Rahmi; Hidra Ariza; Fenny Ayu Monia; Wira Wahyuni
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2022): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/sjp.v2i1.6524

Abstract

Pembelajaran di sekolah mesti menyenangkan baik oleh guru apalagi bagi peserta didiknya. Karena dengan belajar yang menyenangkan peserta didik bisa mengembangkan dirinya dalam proses aktivitas belajar. Peserta didik mengekspresikan diri tanpa terpaksa atau dikendalikan oleh peserta didik lain yang berada disekitarnya. Sehingga prinsip belajar dan bermain yang menyenangkan dapat diwujudkan dan potensi yang ada dalam dirinya dapat dioptimalkan. Sementara dilapangan masih banyak guru yang belum mengoptimalkan kreatifitasnya dalam mengembangkan model pembelajaran yang menyenangkan. Padahal, kreativitas guru di dalam pembelajaran yang menyenangkan sangat diharapkan dan sangat dibutuhkan oleh siswa. Oleh karenanya pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan belajar yang menyenangkan di hari bermutu pada SDIT Baiturrahim Parik Putuih. Hasil dari kegiatan pengabdian ini memperlihatkan peserta didik terlihat sangat antusias mengikuti pembelajaran yang kreatif dan inovatif dari pemateri, seperti integrasi permainan dan teknologi pada proses pembeajaran di sekolah
Rekonstruksi Bermazhab Masyarakat Desa Gintungreja Kec. Gandrungmangu Kab. Cilacap Berbasis Pesantren: Kajian Terhadap Organisasi Nahdlatul Ulama Khoerul Umam; Afik Faturahman
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2022): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/sjp.v2i1.6588

Abstract

Nahdlatul Ulama merupakan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. Dalam menjalankan hukum islam (fikih) organisasi tersebut menggunakan pendapat empat mazhab, yaitu mazhab Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hambali (meskipun lebih condong ke mazhab syafi’i). Akan tetapi berbeda dengan realitas yang ada di desa Gintungreja Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. Di daerah tersebut umat muslim yang masuk ke dalam organisasi Nahdlatul Ulama hanya menggunakan pendapat mazhab Syafi’i dan mengabaikan pendapat mazhab yang lain. Hal tersebut tentu tidak sesuai dengan prinsip Nahdlatul Ulama pada umumnya. Akibatnya, banyak kesulitan yang terjadi karena hanya berpatok satu mazhab saja dalam bidang muamalah. Melihat hal tersebut, penulis berupaya melakukan rekonstruksi bermazhab masyarakat desa Gintungreja kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap berbasis pondok pesantren. Langkah pertama yang dilakukan adalah observasi kondisi masyarakat, langkah kedua adalah pelaksanaan yang meliputi identifikasi komponen, identifikasi indikator, dan pembangunan kembali (rekonstruksi) bermazhab. Langkah ketiga adalah evaluasi, dan langkah yang terakhir adalah pelaporan. Setelah dilakukan kegiatan pengabdian, hasilnya masyarakat dapat merasakan kemanfaatan dan kemudahan dalam melakukan kegiatan muamalah karena tidak hanya bersumber pada mazhab syafi’i saja akan tetapi menggunakan pendapat empat mazhab dan menerapkan salah satu pendapat keempat mazhab tersebut dalam bidang muamalah yang paling sesuai dengan kondisi masyarakat dan paling banyak memberikan kemanfaatan kepada masyarakat.
Pelatihan dan Pendampingan Test of English as Foreign Language Bagi Dosen FKIP Universitas Peradaban Mustasyfa Thabib Kariadi
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2022): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/sjp.v2i1.6732

Abstract

Salah satu bentuk peningkatan profesionalisme dalam penguasaan Bahasa Inggris bagi seorang Dosen adalah memperoleh nilai TOEFL (Test of English as a Foreign Language) yang cukup untuk menunjukkan kecakapan mereka dalam berbahasa Inggris. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan dan pendampingan ini diberikan kepada para dosen FKIP Universitas Peradaban Brebes. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman yang lebih baik dan menambah pengetahuan mereka dan bagaimana menghadapi TOEFL. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik mengenai TOEFL kepada para dosen FKIP Universitas Peradaban, Brebes. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Metode ceramah digunakan untuk penyampaian materi pelatihan, sedangkan metode diskusi digunakan dalam sesi tanya jawab. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain: 1) Para pendidik khususnya Dosen FKIP Universitas Peradaban dapat memahami TOEFL dengan lebih baik; 2) Dosen FKIP Universitas Peradaban dapat mengenali jenis soal-soal yang diujikan dalam TOEFL dengan lebih baik; 3) Dosen FKIP Universitas Peradaban mampu menggunakan tips dan trik yang terdapat di dalam soal TOEFL dengan lebih baik; dan 4) Dosen FKIP Universitas Peradaban mampu mendapatkan score TOEFL yang lebih tinggi untuk mengembangkan karir, studi, dan program-program pengembangan diri lainnya.
Peningkatan Kemampuan Baca Kitab Ta’lim Muta’allim di Masjid Al Ma’had Dukupuntang Kabupaten Cirebon Ihsan Sa'dudin; Theguh Saumantri; Novi Rofi'ah Nur Fadilah; Eka Safitri
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2022): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/sjp.v2i1.6757

Abstract

Kitab Ta’lim Muta’alim karya Imam Jarnuzi menjadi sumber bacaan dan kajian di pesantren dan luar pesantren. Kitab tersebut mengandung ajaran yang bermanfaat bagi santri atau peserta didik dalam mencari ilmu, yaitu adab. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini mendampingi santri Masjid Al-Ma’had Dukupuntang Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan kemampuan baca (maharah qiroah) santri terhadap Kitab Ta’lim Muta’alim. Program ini dilaksanakan selama 40 hari dengan metode bandongan dan amtsilati. Tujuan diadakan PkM ini, selain untuk meningkatkan kemampuan baca santri namun juga memberikan kemampuan dasar gramatika bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan santri dalam memahami kandungan kitab Ta’lim Muta’alim. PkM dilaksanakan dengan memberikan pre-test dan post-test untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan program. Hasil pelaksanaan PkM menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman dasar nahwu dan sharaf santri meningkat. Peningkatan ini berdampak pada meningkatnya kemampuan baca (maharah qiroah) santri terhadap kitab Ta’lim Muta’alim.
Menumbuhkan Literasi Siswa Melalui Perpustakaan Luar Kelas Asep Firmansyah; Arief Darmawan
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2022): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/sjp.v2i1.6811

Abstract

Keberadaan buku di sekolah dalam ruangan khusus yang disebut perpustakaan terkadang belum sepenuhnya memberikan manfaat bagi siswa. Seperti yang terjadi di MTs Islamiyah Waled Kab. Cirebon. Dari pengamatan yang Tim Pengabdian lakukan, perpustakaan di MTs Islamiyah Waled belum dikelola dengan baik. Hal ini berdasarkan beberapa indikator 1) tidak ada pustakawan, 2) penataan dan klasifikasi jenis buku tidak rapi, 3) banyak buku hibah pemerintah yang tidak terjamah dan dibiarkan menumpuk, 4) kebersihan buku dan ruangan kurang terawat, 5) tempat membaca tidak tersedia, dan 6) tidak ada sosialisasi dan motivasi tentang membaca kepada siswa. Dari beberapa permasalahan tersebut, Tim Pengabdian kemudian tergerak untuk mengelola sumber bacaan di MTs Islamiyah Waled melalui perpustakaan di luar kelas. Metode yang digunakan Tim Pengabdian adalah metode promosi, kunjungan langsung, atau pelayanan langsung di titik-titik berkumpul siswa seperti di pinggir lapangan, di depan ruang administrasi, dan di dekat tempat parkir. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh siswa MTs Islamiyah Waled dari kelas VII sampai d. kelas IX. Tim Pengabdian melakukan kegiatan ini pada istirahat pertama yaitu pukul 09.30 s.d. 10.00 WIB. Awalnya siswa kurang merespon. Namun, setelah beberapa hari para siswa menjadi tertarik dan perpustakaan di luar kelas mulai ramai. Dalam kegiatan ini Tim Pengabdian juga melayani peminjaman buku. Tim Pengabdian menjajakan berbagai jenis buku antara lain buku-buku ilmu umum, agama, sastra, motivasi, dan lain-lain. Tim Pengabdian juga mengadakan tambahan buku yang dibeli dari toko buku bekas yang dikumpulkan dari dana kegiatan kesiswaan dan dari kas OSIS.
Pemulihan Kegiatan Pariwisata Pada Masa Pandemi Di Desa Wisata Banyubiru, Kabupaten Magelang Melalui Pendampingan Bumdes Nirmala Biru Nur Widiyanto; Tri Suyud Nusanto
Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 2 No. 1 (2022): Solidaritas: Jurnal Pengabdian
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/sjp.v2i1.6820

Abstract

Pariwisata diharapkan menjadi pemicu pemulihan ekonomi di masa pandemic, termasuk bagi desa. Ini mendorong pemerintah desa untuk memaksimalkan peran Bumdes sebagai aktor utama pariwasata, termasuk di Desa Wisata Banyubiru, Kabupaten Magelang. Setelah dua tahun vakum, kegiatan pariwisata mulai dibuka dengan mengandalkan peran Bumdes dan Pokdarwis. Sayangnya, rencana tersebut menghadapi kendala; tidak ada tata kelola dan rencana kerja yang jelas. Masalah lain adalah anggaran dana desa untuk pariwisata tidak ada karena adanya ketentuan dari pemerintah pusat bahwa semitar 48 % Anggaran Dana Desa harus digunakan untuk BLT dan penannganan Covids-19, sehingga beberapa kendala tersebut mempengaruhi kinerja Bumdes dan Pokdarwis. Berdasarkan temuan awal diatas, kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Wisata Banyubiru bertujuan .mendampingi Bumdes Nirmala Biru untuk memperbaiki tata kelola kelembagaan, menyusun rencana kerja dan memonitor implementasinya melalui serangkaian kegiatan; pengamatan terlibat, diskusi, wawancara hingga Focus Group Discussion. Setelah proses pendamping intensif selama sekitar 6 bulan, Bumdes Nirmala Biru berhasil me-reorganisasi kepengurusan dengan tata kelola lebih baik, memiliki program kerja lebih jelas serta menjalanan kembali beberapa agenda wisata dengan lebih inovatif, termasuk memiliki jaringa kemitraan lebih luas.

Page 1 of 1 | Total Record : 10