cover
Contact Name
Imam Faisal Hamzah
Contact Email
jurnalpsychoidea@ump.ac.id
Phone
+6281326678470
Journal Mail Official
jurnalpsychoidea@ump.ac.id
Editorial Address
Fakultas Psikologi - Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl. KH Ahmad Dahlan, PO Box 202 Purwokerto 53182
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Psycho Idea
ISSN : 16931076     EISSN : 26543516     DOI : 10.30595/PSYCHOIDEA
Psycho Idea merupakan Jurnal ilmiah yang diperuntukkan bagi akademisi, praktisi, profesional, mahasiswa, maupun kalangan masyarakat lainnya di bidang : - Psikologi Klinis - Psikologi Pendidikan - Psikologi Perkembangan - Psikologi Sosial - Psikologi Industri dan Organisasi dalam konteks kearifan lokal yang bisa diimplementasikan untuk pemberdayaan individu dan masyarakat.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 1 (2023): Psycho Idea" : 11 Documents clear
Peran Istri dalam Membangun Resiliensi Keluarga Pasca Kematian Suami Akibat Covid-19 Firstiara Norabety Lefia; Permata Ashfi Raihana
Psycho Idea Vol 21, No 1 (2023): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.044 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v21i1.15634

Abstract

Salah satu dampak yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 adalah tingginya angka kematian. Hal ini banyak terjadi pada laki-laki dewasa pencari nafkah yang tentunya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperdalam pemahaman terkait peran istri dalam membangun resiliensi keluarga pasca kematian suami akibat Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis pada 2 orang istri yang berstatus janda di Surakarta yang disebabkan kematian suami akibat Covid-19 dengan pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Proses analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis naratif deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa kedua Partisipan dalam menjalankan perannya mampu melewati kondisi memburuk pasca kematian suami akibat Covid-19 melalui berbagai upaya bertahan dan bangkit dari kondisi memburuk, menghadapi dampak dari situasi baru, dan mendorong untuk proses pemulihan hingga dapat memaknai proses yang dilalui.
Proses Pengambilan Keputusan untuk Menikah Pada Mahasiswa Laki-Laki Nurfiqra Adila Nasution; Cut Ita Zahara; Yara Andita Anastasya
Psycho Idea Vol 21, No 1 (2023): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.873 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v21i1.14856

Abstract

Menikah pada saat masih menempuh masa kuliah terlihat tidak mudah untuk dilakukan, namun keputusan mahasiswa yang menikah disaat masih kuliah bukanlah suatu hal yang salah. Individu yang mengambil keputusan menikah pada saat masih dalam masa menempuh kuliah diharapkan mengerti akan konsekuensi, mengingat setelah menikah akan banyak perubahan yang akan dialami nantinya.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pengambilan keputusan untuk menikah pada mahasiswa laki-laki di sebuah Universitas. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif fenomenologis dengan melibatkan tiga mahasiswa laki-laki sebagai partisipan penelitian. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa tahapan yang dilalui oleh mahasiswalaki-laki di sebuah Universitas dalam pengambilan keputusan menikah yaitu identifikasi, pembentukan alternatif, mencari informasi, tahapan proses penilaian, dan yang terakhir yaitu tahapan penentuan keputusan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sebelum mengambil keputusan untuk menikah mahasiswa laki-laki universitas  telah melalui proses sebelumnya untuk menyakinkan dirinya dalam mengambil keputusan untuk menikah dan tetap melanjutkan kuliah.
Hubungan antara Mindfulness dengan Regulasi Emosi pada Guru yang Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus Irmayani Irmayani; Zaujatul Amna; Maya Khairani; Novita Sari
Psycho Idea Vol 21, No 1 (2023): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.863 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v21i1.16156

Abstract

Guru yang mengajar anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah inklusi memiliki banyak tantangan dibandingkan guru non-inklusi. Secara tidak langsung tantangan dari pekerjaan tersebut berpengaruh terhadap emosinya, oleh karena itu dibutuhkan regulasi emosi yang baik. Salah satu strategi yang memengaruhi regulasi emosi yaitu mindfulness, karena mindfulness dapat membantu seseorang fokus pada proses dan tujuan hidup, serta mampu mengontrol pikiran agar tidak bereaksi secara berlebihan terhadap kondisi yang tidak menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara mindfulness dengan regulasi emosi pada guru yang mengajar ABK di sekolah inklusi di Aceh melalui pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Sebanyak 116 guru sekolah inklusi terlibat sebagai sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik non probability sampling jenis insidental. Regulasi emosi diukur menggunakan Emotion Regulation Questionnaire (ERQ), sedangkan mindfulness diukur menggunakan Mindful Attention Awareness Scale (MAAS). Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara mindfulness dengan regulasi emosi pada guru yang mengajar ABK. Meskipun tidak terdapat hubungan diantara variabel, hasil menunjukkan guru memiliki regulasi emosi dan mindfulness yang tinggi. Hal ini dapat disebabkan karena adanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi variabel tersebut.
Sampul Volume 21 Nomer 1 Tahun 2023 Psycho Idea Psycho Idea
Psycho Idea Vol 21, No 1 (2023): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.493 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v21i1.17858

Abstract

Sampul Volume 21 Nomer 1 Tahun 2023
Kontrol Diri Dan Konformitas Sebagai Prediktor Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Berbelanja Di E-Commerce Revina Yustika Lorenza; Sri Lestari
Psycho Idea Vol 21, No 1 (2023): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.326 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v21i1.15752

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan individu berbelanja secara berlebihan karena keinginan sesaat pada benda-benda yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang berbelanja di e-commerce. Penelitian ini melibatkan 272 orang mahasiswa (203 perempuan dan 69 laki-laki) dengan rentang usia 18-25 tahun yang biasa berbelanja di ecommerce. Pengumpulan data menggunakan tiga skala, dan data dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan kontrol diri dan konformitas bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang berbelanja di e-commerce. Secara keseluruhan kontrol diri dan konformitas memiliki sumbangan sebesar 31% terhadap perilaku konsumtif, yang 11% dari kontrol diri dan 20% dari konformitas. Konformitas memiliki peranan yang lebih kuat sebagai prediktor pada perilaku konsumtif daripada kontrol diri. Perilaku konsumtif pada mahasiswa terjadi karena konformitas yang tinggi dengan teman-teman dan kurang mampu mengontrol dorongan untuk berbelanja. Implikasi penelitian ini yaitu mahasiswa perlu mengendalikan sikap konform dengan teman dalam memilih barang, dan menggunakan skala prioritas sebagai pertimbangan dalam berbelanja.
Penerimaan Diri Ditinjau Dari Kebersyukuran dan Kesabaran Ibu dengan Anak Berkebutuhan Khusus Partini Partini; Susatyo Yuwono; Soleh Amini; Adiba Salma; Yuliana Pratiwi Sumarno
Psycho Idea Vol 21, No 1 (2023): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.552 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v21i1.15759

Abstract

Sanggar inklusi di Sukoharjo menunjukkan para ibu bersama anaknya yang berkebutuhan khusus bergabung untuk mengikuti kegiatan dan layanan di tempat ini dengan ekspresi syukur dan sabar menemani anaknya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran kebersyukuran dan kesabaran dengan penerimaan diri ibu dengan anak berkebutuhan khusus. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat peran kebersyukuran dan kesabaran terhadap penerimaan diri ibu. Responden penelitian adalah 103 orang ibu yang memliki anak berkebutuhan khusus dan bergabung di Sanggar inklusi di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukoharjo yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan skala kebersyukuran, skala kesabaran, skala penerimaan diri, dan data yang terkumpul dianalisis dengan regresi berganda. Hasil analisis menujukkan adanya peran yang sangat signifikan antara kebersyukuran dan kesabaran terhadap penerimaan diri pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus, dengan F=193.664 signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), kebersyukuran sangat dominan dalam memberikan perannya hingga 76,03% sedangkan kesabaran berkontribusi sebesar 3,47% terhadap penerimaan diri. Hal ini menunjukkan hipotesis yang diajukan terbukti.
Daftar Pustaka Volume 21 Nomer 1 Tahun 2023 Psycho Idea Psycho Idea
Psycho Idea Vol 21, No 1 (2023): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.225 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v21i1.17859

Abstract

Daftar Pustaka Volume 21 Nomer 1 Tahun 2023
Penerapan Goal Setting Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa : Pendekatan Eskperimen Non-Randomized Control Trial Sarah Fauziyah; Ghozali Rusyid Affandi; Zaki Nur Fahmawati
Psycho Idea Vol 21, No 1 (2023): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.768 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v21i1.16476

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam kegiatan belajar karena dapat mendorong siswa untuk teribat dalam kegiatan belajar. Salah satu faktor yang dianggap penting dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu adanya goal setting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan goal setting terhadap peningkatan motivasi belajar siswa SMK Yapalis Krian Sidoarjo. Subjek penelitian ini berjumlah 68 siswa terbagi menjadi 2 kelompok treat berjumlah 34 siswa dan kelompok control 34 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode non-randomized control trial dengan desain yang digunakan pretest & posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan skala adaptasi MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questonnaire) dengan reabilitas sebesar 0.922. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji analisis Independet sample T-Tets dan Paired sample T-Test dengan menggunakan program JASP 0.16. Hasil penelitian ini menunjuukan terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan pelatihan goal setting.
Optimalisasi Pengukuran Resiliensi Akademik: Uji Discriminant Content Validity Pada ARS-30 Versi Indonesia Rifka Florensia; Ide Bagus Siaputra
Psycho Idea Vol 21, No 1 (2023): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.793 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v21i1.16014

Abstract

Resiliensi akademik adalah kemampuan mengatasi berbagai hambatan selama proses akademik yang ditandai dengan kestabilan kondisi sebelum dan sesudah hambatan sehingga memberikan peluang keberhasilan pendidikan. Salah satu alat ukur resiliensi akademik adalah ARS-30 yang terdiri dari 30 butir dan 3 faktor asal. ARS-30 telah divalidasi berdasarkan struktur internal dengan hasil yang kurang memuaskan dan belum dilakukan validasi berdasarkan konten. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas ARS-30 versi Indonesia menggunakan metode discriminant content validtity (DCV). Sebanyak 11 panelis dengan kriteria memiliki publikasi tentang resiliensi atau resiliensi akademik berpartisipasi dalam penelitian ini. Pemilihan panelis dilakukan secara convenience sampling. Pengambilan data dilakukan dengan mengirimkan google spreadsheet yang berisi alat ukur secara daring kepada setiap panelis. Hasil uji reliabilitas intra-class correlation menunjukkan faktor perseverance dan reflecting and adaptive help seeking memiliki reliabilitas baik dan faktor negative affect and emotional response memiliki reliabilitas moderat. Hasil DCV menunjukkan 12 butir bersifat tidak murni dan tidak memiliki faktor asal yang disediakan dan 18 lainnya bersifat murni.
Iklim Sekolah dan Schadenfreude dengan Bullying pada Remaja Sekolah Menengah Atas Astrid Rizqa Widyastika; Laelatul Anisah
Psycho Idea Vol 21, No 1 (2023): Psycho Idea
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.249 KB) | DOI: 10.30595/psychoidea.v21i1.16785

Abstract

Bullying makin marak dilakukan remaja di sekolah mengakibatkan banyak hal buruk terjadi. Bullying di sekolah tidak hanya bentuk fisik namun juga bullying verbal dan psikologis. Proses pembelajaran di sekolah harus mampu menciptakan suasana sekolah yang positif bagi siswa dapat belajar dan bersosialisasi. Remaja saat ini semakin banyak kehilangan empati sehingga schadenfreude muncul ketika teman yang mengalami kesusahan jarang dibantu ataupun ditolong. Penelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan antara iklim sekolah dan schadenfreude dengan bullying di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan. Hipotesis mayor awal diterima yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara iklim sekolah, schadenfreude dengan bullying. Hipotesis minor 1 dan 2 juga diterima, yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara iklim sekolah dan bullying serta schadenfreude dan bullying. Sumbangan efektif dari masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 24,4% untuk variabel Iklim Sekolah (X1) dan 30% untuk variabel schadenfreude (x2). Hal ini menunjukkan bahwa schadenfreude memiliki dampak terbesar pada perilaku bullying di sekolah. Siswa dan guru saling melindungi untuk mencegah bullying di sekolah.

Page 1 of 2 | Total Record : 11