cover
Contact Name
Mochamad Ighfir Sukardi
Contact Email
gramaswara@gmail.com
Phone
+6285331738771
Journal Mail Official
gramaswara@gmail.com
Editorial Address
Jalan Veteran Malang, Indonesia.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : -     EISSN : 2807369X     DOI : https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara
Jurnal GRAMASWARA bergerak dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra, budaya, dan seni. Jurnal GRAMASWARA mewadahi berbagai artikel ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra, budaya, dan seni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021)" : 5 Documents clear
PENYEDIAAN SARANA INFORMASI CERITA SEJARAH DALAM BAHASA INGGRIS DI DAERAH WISATA ‘KAMPUNG HERITAGE KAYOETANGAN’ MALANG – JAWA TIMUR Irene Nany Kusumawardani
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2021.001.01.04

Abstract

Perkembangan pariwisata di Kota Malang, sebaiknya diimbangi dengan peningkatan kemampuan komunikasi, terutama bahasa asing (bahasa Inggris) bagi para pelaku wisata dan fasilitas wisata yang mampu mengkomunikasikan hal-hal yang mendasar bagi wisatawan asing, seperti penunjuk jalan maupun keterangan/cerita dari suatu spot wisata. Kampung Heritage Kayoetangan (KHK) sebagai salah satu destinasi wisata kampung tematik di kota Malang membutuhkan fasilitas informasi sejarah yang dapat menceritakan asal-usul dan warisan budaya dari spot-spot bersejarah yang ada disana. Oleh karena itu, pengabdian ini dilakukan untuk membantu dalam penyediaan sarana informasi cerita-cerita sejarah di KHK, dan memberi nilai tambah sehingga para pelaku wisata disana dapat terbantu untuk mengkomunikasikan nilai sejarah dari tempat-tempat yang mereka tinggali.
PENGUATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS POTENSI KEARIFAN LOKAL DAERAH DESA TOYOMARTO KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG Vanda Hardinata; Putri Kumala Dewi; Nia Budiana
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2021.001.01.05

Abstract

Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang dengan berbagai potensi daerah yang bernilai ekonomis serta potensi pariwisata yang dapat dikembangkan. Pada sektor pendidikan yang berada di daerah terpencil multi potensi seperti Desa Toyomarto pun kurang begitu mendapat perhatian pemerintahan setempat di dalam upaya mengembangkan kegiatan sumber daya manusia. Kurangnya fasilitas IT dalam dunia pendidikan terutama di sekolah-sekolah yang berada di desa berakibat lemahnya perkembangan IT dalam era revolusi industri 4.0. Pemilihan tema untuk penguatan mutu pendidikan ini diharapkan akan meningkatkan sumber daya manusia terutama tenaga pendidik dan peserta didik. Penguatan mutu pendidikan berbasis potensi kearifan lokal daerah terutama Desa Toyomarto ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama peningkatan kualitas pembelajaran dengan menerapkan potensi yang ada di Desa Toyomarto ini. Oleh karena itu, tim pengabdian merencanakan sebuah konsep penguatan mutu pendidikan di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang berupa mengadakan workshop/pelatihan pengembangan mutu pendidikan dengan berbasis potensi daerah yang bisa dimaksimalkan dalam peningkatan pendidikan. Lebih jauh, perencanaan sinergi pengembangan mutu pendidikan ini akan berdampak positif dalam peningkatan strategi, perencanaan, media, dan evaluasi pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
BIMBINGAN TEKNIS PENGEMBANGAN MATERI AJAR BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI COVID-19: KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN LMS CANVAS INSTRUCTURE Nunung Nurjati; Wahju Bandjarjani; Endah Yulia Rahayu; Samsul Khabib
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2021.001.01.01

Abstract

Pandemi COVID-19 menuntut tiap elemen dalam Pendidikan, terutama tenaga pendidik, untuk menyesuaikan diri, seperti mengubah metode pembelajaran; dari pembelajaran tatap muka (luar jaringan) menjadi pembelajaran jarak jauh (dalam jaringan). Para tenaga pendidik untuk semua mata pelajaran, termasuk bahasa Inggris. Oleh karena itu, program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan kontribusi kepada MGMP Bahasa Inggris SMA Negeri dan SMK Negeri di Surabaya dalam proses pengajaran bahasa Inggris, terutama reading, di tengah masa pandemi COVID-19 dengan memanfaatkan media Canvas Instructure melalui bimbingan teknis kepada para pendidik/guru SMA dan SMK Negeri di Surabaya. Adapun tujuan  bimbingan teknis ini adalah: 1) mengenalkan platform aplikasi Canvas Instructure sebagai salah satu Learning Management System (LMS) untuk mengajarkan keterampilan membaca dalam mata pelajaran bahasa Inggris di kelas; 2) memberikan bimbingan teknis kepada para pendidik/guru mengembangkan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media pembelajaran LMS Canvas Instructure; 3) memberikan bimbingan teknis kepada para pendidik/guru mempraktekkan pembelajaran daring menggunakan LMS Canvas Instructure untuk bahan ajar yang telah dikembangkan; dan 4) memonitor penerapan penggunaan Canvas Instructure dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, khususnya keterampilan membaca dengan menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan oleh sekolah.
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI COLLABORATIVE WRITING DAN SYNCHRONOUS CORRECTIVE FEEDBACK BAGI GURU SMA/SMK DI SURABAYA Nukmatus Syahria; Irfan Rifai; Ferra Dian Andanty; Salim Nabhan; Siyaswati Siyaswati
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2021.001.01.02

Abstract

Abstract The strategy of collaborative writing as a means of increasing the success of learning English has been widely studied. Most of the research on the two strategies aforementioned emphasized more on the perspective of students and teachers using conventional methods. However, research on how to use collaborative writing strategies and feedback using Google Docs is least investigated. Therefore, this article aims to describe the process of implementing English language learning through collaborative writing training for Senior High School teachers in Surabaya by using Google Docs application. This training was conducted by English Department of the University of Adi Buana Surabaya in collaboration with MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Inggris or English Teacher Working Group as a part of community service. It is held online and was attended by 65 participants for three days. The data were obtained from the survey, language teachers’ reflections, as well as interview and analysed using content analysis. The results of the data analysis show that in addition to increasing teacher knowledge about the two learning strategies – collaborative writing and corrective feedback, the teachers also get hands-on experience applying these learning strategies with the help of technology applications on Google. Moreover, the collaborative writing and corrective feedback learning strategy through Google Docs provides new nuances in learning English and help motivates teachers to write in groups which in turn can increase interest in publication as part of increasing teacher professionalism.Keywords: learning strategy; collaborative writing; synchronous corrective feedback; Google Docs
PERANCANGAN DESAIN MARCHANDISE SEBAGAI STRATEGI BRANDING PARIWISATA BERBASIS TRADISI LISAN DI DESA TOYOMARTO KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG Femi Eka Rahmawati; Sony Sukmawan; Ahmad Syarifudin; Fitrahayunitisna syarifuddinr@ub.ac.id
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2021.001.01.03

Abstract

Abstrak: Eksistensi dari desa wisata Toyomarto semakin meluas dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung. Pengunjung yang datang memiliki berbagai kepentingan mulai dari yang melakukan kegiatan ritual keagamaan (spiritual) dan non-spiritual. Sebagai desa yang mencanangkan desa wisata, Toyomarto sangat perlu merumuskan citra/ identitasnya agar dapat diketahui banyak khalayak dan mempunyai posisi tawar yang lebih dibanding desa yang lainnya. Sehingga Toyomarto perlu mem-brandingkan diri agar semakin baik, maju dan berkembang. Karena itu, program pengabdian kepada masyarakat dengan tajuk “Perancangan Desain Sebagai Strategi Branding Pariwisata Berbasis Tradisi Lisan di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang” digagas sebagai program strategis dalam rangka membranding desa wisata Toyomarto dikalangan masyarakat luas. Secara umum, bentuk pengabdian ini dilakukan melalui pemanfaatan penelitian mengenai narasi lokal (cerita rakyat, mitos, kesenian tradisional, ungkapan tradisional) yang ada di desa Toyomarto. Narasi lokal yang ada akan secara khusus dipilih sesuai kriteria yaitu yang bersingungan dengan sumber mata air. Melalui ringkasan berbagai sumber narasi lokal tersebut akan divisualisasikan dalam bentuk desain grafis logo, desain ilustrasi, yang dapat diaplikasikan sebagai media promosi dan marchandise khas berdasarkan cerita Desa Toyomarto.

Page 1 of 1 | Total Record : 5